Tekno

Amankan Privasi Laptop Dengan Pemindai Detak Jantung

Amankan laptop dengan pemindai detak jantung dan lupakan identifikasi komputer sidik jari atau pemindaian retina. Salah satu team inventor dari universitas ternama di New York Amerika Serikat, University at Buffalo telah mengembangkan sistem keamanan komputer dengan menggunakan dimensi denyut jantung sebagai pengenal identitas.

Sistem ini menggunakan radar Doppler tingkat rendah untuk mengukur jantung seseorang, dan kemudian terus memantau detak jantung untuk memastikan tidak ada orang lain yang masuk untuk menjalankan komputer pengguna.

Pengenal Identitas Biometrik

Teknologi ini dijelaskan dalam sebuah makalah yang akan dihadirkan pada Konferensi Internasional Tahunan ke-28 tentang Komputasi dan Komunikasi Mobile (MobiCom) di Utah. Sistem ini adalah sistem alternatif yang lebih aman dari pada penggunaan password dan lebih efektif dari pengenal biometrik lainnya. Pemindai detak jantung ini diharapkan dapat segera diaplikasikan pada smartphone dan di barikade screening bandara.

Penemuan ini didasarkan karena adanya kebutuhan masyarakat terhadap privasi. Teknologi ini berjalan seperti layaknya router pada Wi-Fi dan pastinya tidak menimbulkan ancaman kesehatan. Bahkan radiasi yang ditimbulkan hanya kurang dari 1 persen dari radiasi yang ditimbulkan oleh Smartphone.

Teknologi ini membutuhkan waktu sekitar 8 detik untuk memindai jantung pada waktu pertama kali, dan setelah itu monitor dapat terus mengenali jantung pengguna.

Konsep Kerja Teknologi Pemindai Jantung

Pemindai Detak Jantung – Sistem yang dikembangkan selama tiga tahun ini, menggunakan konsep geometri jantung atau pengenalan berdasarkan bentuk dan ukuran, serta gerakan berdasarkan denyut yang ditimbulkan untuk melakukan identifikasi. Hal ini menjadikan teknologi pemindai ini sangat aman karena tidak ada orang yang memiliki jantung yang sama.

Sistem biometrik berbasis denyut jantung telah digunakan selama hampir satu dekade, khususnya pengembangan teknologi dengan mengukur sinyal elektrokardiogram. Namun belum ada yang membuat perangkat jarak jauh untuk memindai sifat geometri jantung sebagai identifikator.

Keunggulan Teknologi Pemindai Jantung

Sistem baru ini memiliki beberapa keunggulan dibanding alat biometrik lainnya, seperti teknologi fingerprint atau sidik jari dan pemindai retina. Teknologi ini adalah perangkat pasif dan bersifat non-kontak, sehingga pengguna tidak terganggu dalam mengotentikasi dirinya kapan pun mereka melakukan log-in.

Dan juga, komputer tidak akan beroperasi jika ada orang yang berbeda di depannya. Karena itu, orang tidak perlu mengingat untuk log-off saat jauh dari komputer mereka.

Amankan Laptop Dengan Pemindai Detak Jantung
Wenyou Xu, Ketua Tim Pengembang – Sumber : www.cse.buffalo.edu

Xu berencana untuk membuat miniatur sistem dan memasangnya di sudut keyboard komputer. Sistem ini juga bisa digunakan untuk identifikasi pengguna pada ponsel. Untuk identifikasi penumpang di bandara, alat bisa memantau seseorang hingga 30 meter. Xu bersama dengan tim akan mempresentasikan makalah ini pada 16-20 Oktober di Snowbird, Utah.


Loading...
Baca selengkapnya

etrosinaga

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close