Cek email kerja

Hati-hati, Larangan Cek Email Kerja di 4 Waktu Ini!

Email menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi pengguna internet masa kini. Terutama bagi para pekerja, email bisa menjadi sebuah nyawa bagi pekerjaannya. Cek email kerja menjadi hal yang tidak bisa dilewatkan untuk mengetahui apakah ada informasi baru yang dikirimkan atau tidak.

Ponsel menjadi benda bak pedang bermata dua dalam komunikasi seperti email, yang tentu saja memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Pengguna Smartphone yang terus-menerus mengecek email justru dapat merugikan diri sendiri. Mulai dari produktivitas keseharian hingga kesehatan yang dapat terganggu.

Pernah dijelaskan oleh Business Insider bahwa mengecek email di saat waktu liburan dapat menyebabkan stres.

BacaMudah, Begini Cara Mengakses Email Lain di Gmail

Jangan Cek Email Kerja diwaktu ini

Ada beberapa waktu terlarang cek email kerja, seperti misalnya ketika baru sampai di kantor ataupun saat menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih. Inilah alasannya:

Ketika Baru Sampai di Kantor

Amanda Agustine yang merupakan seorang pakar karier menjelaskan bahwa mengecek email kerja di saat baru sampai di kantor adalah opsi yang buruk.

Hal tersebut karena dinilai dapat mengganggu konsentrasi dan jadwal seharian kerja. Mengecek email di pagi hari tidaklah membuat pekerjaan cepat selesai, namun justru membuang waktu di pagi hari akibar sibuk mengecek email.

Loading...

Kebiasaan orang setiap pagi mempengaruhi seorang tersebut sepanjang hari. Oleh karena itu, sebuah pagi yang produktif dan penuh dengan semangat akan membuat hari seseorang lebih produktif lagi.

Daripada membuang waktu dengan sibuk mengecek email ketika baru sampai di kantor, lebih baik mengerjakan hal lain yang lebih baik.

Tentu saja hal-hal yang lebih membangkitkan semangat dan membangun mood baik sehingga seharian bekerja tidak akan jenuh.

Saat Sedang Malas

Sebaiknya jangan mengecek email kerja disaat sedang dalam keadaan malas untuk melakukan hal-hal penting. Apalagi ketika ada hal lain yang lebih mendesak untuk dikerjakan.

Justru cek email disaat seperti ini akan menjadi alasan untuk menunda pekerjaan. Ini adalah suatu hal yang sederhana tetapi kerap kali diabaikan. Kebiasaan yang memicu rasa malas menjadi salah satu alasan seseorang menunda pekerjaan

Maka dari itu sibuk mengecek email disaat sedang malas justru akan menambah besar rasa malas yang muncul pada diri anda. Semakin ditunda pekerjaan, maka akan semakin malas pula karena beban pekerjaan yang ditanggung semakin besar.

Oleh karenanya, segera lakukan pekerjaan anda. Jangan biarkan pekerjaan menjadi menumpuk dengan terus mengecek email disaat sedang malas sehingga pekerjaan menumpuk.

Dengan menyelesaikan pekerjaan secepatnya, anda akan terbebas dari beban pekerjaan yang menumpuk.

Rasa malas memang manusiawi dan biasa dialami oleh siapa saja di dunia ini. Namun bukan berarti anda boleh membebaskan rasa malas terus bergelantungan pada diri anda.

Dengan bersemangat justru akan membuat hidup anda lebih menyenangkan.

Sebelum Tidur

Membuka email di saat sebelum tidur juga akan mempengaruhi kesehatan dan pikiran. Bagaimana tidak, mengecek email kerja di saat sebelum mematikan lampu tidur dapat meningkatkan debaran jantung.

Mengecek email kerja terus-menerus saat sebelum tidur justru akan membuat pikiran anda terus bekerja di saat harusnya beristirahat.

Cahaya yang dipancarkan oleh alat elektronik seperti smartphone akan mengganggu kualitas tidur seseorang. Dan mengecek email kerja sebelum tidur akan membuat anda terus bermimpi tentang pekerjaan.

Hal tersebut menyebabkan anda menjadi larut dalam keresahan dan merasa lelah ketika pagi hari tiba.

Menggunakan smartphone sebelum tidur dapat membuat mata terjaga. Cahaya yang dipancarkan akan mengirim pesan ke otak untuk tidak memproduksi melotonin karena belum waktunya tidur.

Di sisi lain, kurang tidur dapat menurunkan kesehatan tubuh karena beberapa alasan lainnya. Maka dari itu sebaiknya anda mematikan gadget anda satu jam sebelum tidur.

Baca jugaFitur Scheduled, Fitur untuk Mengatur Jadwal Pengiriman Email di Gmail

Ketika Bersama Orang Terkasih

Berkumpul bersama keluarga adalah opsi yang terbaik untuk mengisi waktu libur setelah sepekan bekerja. Kegiatan ini dapat menjadi obat dan waktu rehat yang terbaik dari kesibukan sehari-hari.

Maka dari itu, janganlah sibuk mengecek email kerja anda di saat berkumpul bersama orang-orang terkasih anda.

Hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi maya seperti halnya email ketika waktu bersama orang terkasih akan membuat mereka merasa terabaikan.

Padahal dalam situasi seperti ini seharusnya anda hanya fokus terhadap orang-orang terkasih anda dan menikmati liburan.

Selain dapat membuat orang lain merasa terabaikan dengan anda cek email kerja saat sedang berkumpul, hal tersebut juga dapat mempengaruhi mood anda.



Loading...

Bagikan

ArifaNida

Penulis

"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer- Email: [email protected] IG: @arifa_nida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *