Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi: Destinasi Wisata Yogyakarta yang Memicu Adrenalin Anda

Lava Tour Merapi, merupakan destinasi wisata yang menjadi primadona Kabupaten Sleman sejak Erupsi Merapi November 2010 yang lalu. Bencana alam memang tidak pernah bisa dihindari oleh siapapun. Namun yang paling penting dari sebuah bencana adalah bagaimana harus menyikapinya. November 2010 silam erupsi merapi meluluh lantakkan kawasan yang berada di kaki gunung Merapi bagian selatan, tepatnya wilayah Cangkringan Sleman Yogyakarta.

Rasa penasaran pada dahsyatnya erupsi merapi dipadukan dengan keindahan gunung Merapi menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu  Lava Tour Merapi menyediakan banyak pilihan bagi anda untuk menikmati keindahan alam Merapi mulai dari Jeep Wisata Merapi, Trail Adventure, Ojek Wisata bahkan bagi anda yang suka berjalan kaki disediakan tour guide yang akan menemani anda trekking menjelajah kaki merapi.

Setelah lebih dari 5 tahun Lava Tour Merapi resmi dibuka, banyak sekali perkembangan yang terjadi, terutama fasilitas yang disediakan untuk para wisatawan. Berikut ini sembilan hal yang akan anda temui, apabila anda berniat menghabiskan libur panjang di Lava Tour Merapi.

Sembilan Hal di Lava Tour Merapi

1. Jeep Wisata Merapi

Lava Tour Merapi

Berwisata di hamparan pasir hasil erupsi tentu saja membutuhkan kendaraan yang kuat dan aman sekaligus dipandu oleh tour guide lokal yang memahami seluk beluk destinasi wisata. Dengan menyewa jeep, anda akan dibawa ke beberapa pos yang menjadi catatan sejarah erupsi merapi. Tentu saja dengan sensasi yang sangat mengagumkan karena jeep akan melewati jalan jalan yang ekstrim sehingga akan memicu adrenalin anda.

86 Merapi Jeep Tour Comunity  adalah komunitas Jeep Wisata Merapi yang berdiri pertama kali yaitu pada bulan Desember 2011. Mobil Jeep andalan komunitas ini adalah Jeep Willys, sehingga sangat cocok bagi anda yang suka berfoto ria karena jenis jeep ini memiliki tampilan klasik yang sangat unik.

Lima tahun berjalan, saat ini dapat anda temui puluhan basecamp jeep yang menyediakan jasa transportasi wisata. Anda cukup menyiapkan 350 Ribu Rupiah untuk dapat menikmati sensasi berwisata dengan Jeep selama satu hingga satu setengah jam.

Harga ini sudah termasuk asuransi jiwa untuk 4 orang dan sopir yang sekaligus akan menjadi tour guide anda. Apabila anda menginginkan waktu tempuh yang lebih panjang anda dapat memilih rute yang lebih panjang. Anda juga dapat memilih paket sunrise untuk dapat menikmati matahri terbit di kaki gunung Merapi.

Loading...

2. Trail Adventure

Berbeda dengan Jeep Wisata, Trail adventure menyediakan jasa penyewaan Trail KLX 150cc bagi anda yang suka berkendara pada jalur jalur ekstrim di Lava Tour Merapi.

Dengan harga yang cukup terjangkau wisatawan akan mendapatkan fasilitas yang cukup banyak sehingga akan nyaman selama berkendara, yaitu helm fullface, sarung tangan, pelindung siku, dan sepatu boot.

Anda tidak tahu jalan untuk berkendara? Tenang! Anda akan dikawal oleh pemandu wisata tanpa harus mengeluarkan uang tambahan.

3. Video dan Foto Erupsi Merapi

Tidak lengkap rasanya apabila anda menikmati keindahan merapi dan limpahan pasir sisa erupsi apabila anda tidak mengetahui bagaimana kejadian erupsi berlangsung.

Selama berjalan jalan anda akan menemui pedagang pedagang, baik yang berada di kios maupun penjaja keliling yang menawarkan video dan foto erupsi merapi enam tahun silam itu. Barang barang ini biasanya ditawarkan dengan harga yang cukup mahal, sehingga anda perlu lihai lihai dalam menawar

4. Museum Mini Sisa Harta

Ibarat mantan, masa lalu selalu meninggalkan kenangan. Museum mini sisa hartaku adalah salah satu ikon andalan lava tour merapi yang terletak di Dusun Petung Kepuharjo. Museum ini merupakan kumpulan benda benda yang terbakar oleh panasnya lahar merapi.

Di museum ini anda akan menemukan gelas yang meleleh, lembaran Al Quran yang tidak ikut terbakar, sepeda motor yang hanya tinggal kerangkanya saja hingga sisa sisa tulang sapi yang ikut terbakar. Namun terdapat satu benda yang unik, yaitu Jam Erupsi Merapi.

Jam ini tentu saja mati ketika awan panas meluluh lantakkan desa. Sehingga menjadi bukti nyata waktu kejadian erupsi merapi, yaitu pukul 00:05.

5. Makam Juru Kunci Merapi

Mbah Maridjan, siapa yang tidak mengenal sosok satu ini, semua orang tentu sudah tau karena tokoh fenomenal ini selain menjadi juru kunci merapi, beliau pernah menjadi bintang iklan salah satu produk minuman penyegar.

Mbah Maridjan meninggal bersamaan dengan erupsi merapi Oktober 2010 silam. Banyak wisatawan yang selalu menyempatkan diri untuk berziarah ke makam mbah maridjan. Selain itu anda dapat juga singgah sebentar ke pemakaman masal, yaitu tempat dimana ratusan orang yang meninggal karena erupsi merapi dimakamkan.

6. Prewedding Lava Tour Merapi

 

Lava Tour Merapi
Preweding via http://www.spotunik.com

Satu hal yang belum banyak masyarakat tahu adalah lava tour merapi dapat digunakan sebagai tempat untuk foto prewedding. Keindahan alam lava tour merapi dipadukan dengan background gagah dan cerahnya gunung Merapi merupakan tempat yang tepat untuk mengabadikan momen indah anda yang hanya terjadi satu kali seumur hidup.

Beberapa spot yang cocok untuk digunakan sebagai tempat foto prewedding yaitu di Sungai Gendol, Sungai Opak dan Bukit Glagahsari yang dapat dijangkau dengan jeep maupun trail.

7. Batu Alien

Dari namanya mungkin kita akan berfikir mengenai benda yang berasal dari luar angkasa. Tentu saja bukan, batu alien merupakan besar hasil erupsi merapi yang berasal dari sungai Gendol di dusun jambu kepuharjo. Kekuatan dorongan lahar merapi menyebabkan batu ini naik hingga ke bibir sungai.

Lantas mengapa disebut batu alien? Batu besar ini apabila diperhatikan dengan seksama makan akan terlihat seperti bentuk wajah. Dimana ada bagian hidung dua mata telinga dan mulut sehingga masyarakat sekitar menyebutnya sebagai batu alien atau alien stone.

8. Bunker Merapi

Bunker merapi sebenarnya sudah dibangun sejak belasan tahun silam di dusun kaliadem kepuharjo cangkringan. Sebelum erupsi merapi tempat ini sudah menjadi tempat wisata dan memiliki sebutan rumah teletubies. Bunker merapi dibangun sebagai tempat berlindung dari awan panas merapi.

Namun sayang, pada saat erupsi 2 orang warga terjebak didalamnya karena bukan saja awan panas yang menyelimuti, melainkan lahar dari puncak merapi.

9. Oleh-oleh khas lava tour merapi

Lava Tour Merapi

Berwisata di merapi tentu saja belum lengkap apabila tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga, tetangga bahkan sahabat. Anda dapat menemukan banyak oleh-oleh khas merapi di lava tour. Oleh-oleh berupa barang, anda dapat membeli bunga edelweis, bunga kebun warna warni, hingga kaos unik yang bertema merapi.

Barang barang ini bisa anda dapatkan dengan harga yang cukup murah, tentu saja apabila anda pandai menawar. Oleh-oleh berupa makanan, anda dapat membeli makanan khas kabupaten sleman yaitu jadah tempe. Jadah merupakan makanan gurih yang berasal dari beras ketan dipadukan dengan tempe bacem yang berasa manis.

Referensi lain : Nikmatnya Gudeg Wijilan Asli Jogja

Sembilan hal diatas akan anda temui apabila anda menghabisakan libur panjang anda di lava tour merapi. Lava tour merapi berkembang pesat dalam lima tahun ini, penyediaan kualitas dan kuantitas fasilitas wisata semakin memadai. Meskipun begitu, tak dapat dipungkiri bahwa masih ada banyak hal yang perlu dibenahi.

 


Loading...

Bagikan

Tristianto Nugroho

Penulis

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Banyak menulis tentang tips Android seperti cara memindahkan file, aplikasi dan lain sebagainya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *