Internet

Lawan Corona, WHO Luncurkan Aplikasi WHO COVID-19

Dalam menghadapi pandemi Corona (COVID-19), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan banyak pedomannya agar diikuti oleh negara-negara yang terjangkiti maupun yang belum terjangkiti Corona.

Pihak WHO sendiri juga sudah membuat chatbot WhatsApp yang bisa digunakan oleh publik dunia yang berisi tentang beberapa informasi seperti cara melindungi diri dari COVID-19, informasi terbaru seputar perkembangan COVID-19, hingga travel advice.

Baca juga: Kian Meluas, Corona Ditetapkan WHO Sebagai Pandemi

WHO Luncurkan Aplikasi WHO COVID-19

Dilansir dari 9to5Google, (12/4/2020), WHO telah meluncurkan aplikasinya yang bernama WHO COVID-19. Namun, aplikasi tersebut masih dalam akses awal. Dalam beberapa hari atau minggu ke depan, WHO COVID-19 besar kemungkinan sudah bisa diakses oleh publik.

Aplikasi WHO COVID-19 sendiri akan tersedia untuk para pengguna Android dan iOS. Namun, aplikasi akan lebih dulu menghampiri para pengguna Android sebagaimana yang disampaikan oleh 9to5Google dalam laporannya.

Sebelumnya, WHO COVID-19 bernama WHO MyHealth. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia itu memilih untuk mengubah nama aplikasinya. Selain mengubah nama aplikasi, WHO juga merombak besar-besaran UI dari aplikasinya tersebut.

Masa pengembangan WHO COVID-19 sendiri sudah memakan waktu selama 14 hari hingga sekarang. Aplikasi tersebut juga digarap oleh beberapa tim ahli, yakni tim yang terdiri dari mantan karyawan Google dan Microsoft, penasihat dan duta WHO, serta para pakar di industri lainnya.

Masih melansir dari 9to5Google, aplikasi WHO COVID-19 tidak jauh berbeda dengan chatbot WhatsApp yang dimiliki oleh WHO di mana aplikasi yang sebelumnya bernama WHO MyHealth itu juga menginformasikan seputar cara menjaga diri dari bahaya COVID-19, pertanyaan dan jawaban, hingga travel advice.

Baca juga: TikTok Jalin Kerja Sama dengan WHO untuk Informasi COVID-19

Dengan memanfaatkan aplikasi besutan WHO tersebut, publik dunia bisa mendapatkan berbagai macam informasi seputar COVID-19 seperti yang sudah disebutkan. Selain itu, aplikasi juga akan menawarkan notifikasi peringatan khusus ke lokasi para pengguna, serta fitur yang dapat membantu untuk mengidentifikasi apakah pengguna memiliki gejala sakit yang mirip dengan gejala COVID-19.

Dalam aplikasi WHO COVID-19, para pengguna juga dapat menemukan informasi terbaru tentang jumlah kasus global dan kematian terkait yang dilaporkan ke WHO. Lebih penting lagi, aplikasi ini juga menyertakan tautan kepada para pengguna untuk mendermakan hartanya di COVID-19 Response Fund – World Health Organization.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close