Internet

Lawan COVID-19, Aplikasi 10 Rumah Aman Diluncurkan Pemerintah

Setelah resmi meluncurkan aplikasi PeduliLindungi untuk melawan Corona (COVID-19). Kali ini, pemerintah kembali menghadirkan aplikasi baru yang kurang lebih fungsinya sama untuk melawan Corona, yakni aplikasi 10 Rumah Aman.

Aplikasi 10 Rumah Aman bukanlah pesaing dari aplikasi PeduliLindungi, melainkan pendukung aplikasi buatan Kemkominfo dan juga Kementerian BUMN tersebut agar masyarakat makin paham bagaimana caranya melawan pandemi COVID-19.

Baca juga: Akhirnya, Aplikasi PeduliLindungi Sudah Bisa Digunakan

Aplikasi 10 Rumah Aman Andalkan AI

Kehadiran aplikasi 10 Rumah Aman disampaikan langsung oleh Moeldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan RI. Aplikasi tersebut memang produk buatan Kantor Staf Presiden dan juga Kemkominfo di mana keduanya saling menjalin kerja sama.

“Melalui aplikasi 10 Rumah Aman ini, KSP dan Kominfo mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama menghadapi wabah COVID-19 sesuai dengan jiwa kita, yaitu gotong royong dan saling berbagi,” ucap Moeldoko seperti yang dikutip dari Tek ID, (1/4/2020).

Jika aplikasi PeduliLindungi mengandalkan fitur bluetooth, maka 10 Rumah Aman lebih mengandalkan Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI akan menghubungkan data berbasis peta dan juga lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler dan terhubung dengan platform media sosial.

Selain itu, aplikasi 10 Rumah Aman juga akan menyediakan fitur lain di antaranya adalah memungkinkan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan bantuan dari berbagai macam platform pendukung seperti Sayur Box, TaniHub, Kimia Farma, dan Alfa Group.

Aplikasi 10 Rumah Aman juga terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain, di antaranya adalah chatbot covid19.go.id, PeduliLindungi, Halodoc, Alodokter, Good Doctor, Sahabatdokter, SehatQ, Sehatpedia, dan KlikDokter.

“Aplikasi 10 Rumah Aman menjadi bagian dari program dasawisma yang selama ini telah berjalan. Ini juga didukung teknologi Artificial Intelligence, dan pendekatan online to offline. Diharapkan aplikasi 10 Rumah Aman ini bisa menjadi pendukung dari aplikasi PeduliLindungi,” ucap Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko.

Baca juga: Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp COVID-19 Kemkominfo

Keberadaan aplikasi 10 Rumah Aman diharapkan mampu mengurangi kegelisahan masyarakat, karena melalui aplikasi ini, pemerintah telah menyediakan berbagai macam fitur seperti pengukuran suhu berkala, berbagi masakan atau makanan, inspirasi hidup sehat, periksa mandiri, dan update sebaran individu lewat suhu tubuh dalam bentuk apa pun.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close