Internet

Lebih Galak, Twitter Akan Hapus Akun yang Lama Tidak Aktif

Ketika media sosial lain mencoba mendatangkan fitur baru ke dalam platformnya, Twitter juga berusaha keras untuk menghadirkan fitur baru. Namun selain menghadirkan fitur baru, Twitter juga lebih memperketat aturan layanannya.

Seperti yang dikutip dari The Verge, Twitter telah mengirimkan email pemberitahuan kepada pemilik akun yang tidak aktif dengan peringatan yang kurang lebih bunyinya meminta para pengguna untuk login ke akun Twitter mereka sebelum 11 Desember 2019.

“Masuklah pada tanggal 11 Desember, atau akunmu akan menjadi sejarah dan username akan siap diperebutkan lagi.” Masih mengutip dari The Verge, akun apa pun yang belum masuk selama lebih dari enam bulan akan menerima email peringatan.

Baca juga: Ketahuan, Twitter Sedang Uji Emoji Reaksi di Direct Messages

Akun Twitter Tak Aktif 6 Bulan? Ucapkan Selamat Tinggal

Jika saat ini Anda memiliki akun Twitter yang sudah lama tidak dibuka, maka silakan login ke akun Anda tersebut. Dengan login, maka akun Twitter Anda tidak akan dihanguskan oleh media sosial berlambangkan burung itu. Artinya, pihak Twitter hanya meminta Anda untuk login saja tanpa harus membuat cuitan.

Twitter sendiri mengungkapkan jika penghapusan akun dilakukan untuk menghindarkan para pengguna dari informasi yang menjerumuskan. Maksudnya, akun-akun yang tidak aktif bisa saja disalahgunakan atau menipu orang lain. Untuk menghindari hal tersebut, maka pihak Twitter memutuskan untuk menghapus akun yang lama tidak aktif.

‚ÄúSebagai bagian dari komitmen kami untuk melayani percakapan publik, kami berupaya membersihkan akun yang tidak aktif untuk menyajikan informasi yang lebih akurat dan kredibel yang dapat dipercaya orang di Twitter,” ucap juru bicara Twitter kepada The Verge

melalui email.

“Kami telah memulai penjangkauan proaktif ke banyak akun yang belum masuk ke Twitter selama lebih dari enam bulan untuk memberi tahu mereka bahwa akun mereka mungkin dihapus secara permanen karena ketidakaktifan yang berkepanjangan.”

Ini Adalah Kabar Gembira

Keputusan Twitter yang akan menghapus akun yang tidak aktif atau tidak login selama 6 bulan adalah kabar yang menggembirakan. Alasannya, nama pengguna atau username dari akun yang dihapus itu bisa digunakan lagi.

Anda pasti sering mendapati tidak tersedianya username yang Anda incar bukan? Contoh, Anda ingin membuat username Twitter @abdullahleo. Namun terkadang, username tersebut tidak tersedia karena sudah digunakan oleh orang lain. Hasilnya, kita pun terpaksa menambahkan angka, huruf, atau tanda baca di username yang kita buat.

Apabila saat ini username Anda sudah digunakan oleh orang lain, maka bersiap-siaplah untuk melakukan pergantian pada bulan Desember nanti karena bisa jadi akun yang menggunakan username favorit Anda itu akan dihapus oleh pihak Twitter akunnya lantaran tidak login selama 6 bulan.

Baca juga: Asyik, Twitter Sedang Uji Coba Fitur Penjadwalan Tweet

Juru bicara Twitter juga mengatakan bahwasanya perusahaan sedang memikirkan bagaimana caranya untuk tetap mengabadikan akun milik pengguna yang sudah meninggal. “Kami saat ini tidak memiliki cara untuk mengenang akun Twitter seseorang begitu mereka meninggal, tetapi tim sedang memikirkan cara untuk melakukan ini.”

Jadi, kita tunggu saja gebrakan Twitter selanjutnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close