LG V20

LG V20 Review Indonesia Spesifikasi, Fitur, & Perbandingan

LG V20 Review – Saya adalah salah satu pengaggum brand ini. Dan mungkin anda juga sama seperti saya. Sebagai pengaggum, mendapatkan informasi atau kabar seputar produk terbaru dari produsen asal Korea Selatan ini, tentu akan menjadi sangat menarik.

Melalui postingan ini, saya akan mengajak anda semua untuk melihat lebih dekat salah satu produk generasi penerus LG V10, yang diberi nama LG V20.

Anda akan mengetahui tanggal rilis dan rumor peluncuran smartphone LG V20 di Indonesia. Mengetahui bagaimana spesifikasi yang mendukung LG V20.

Menengok keindahan desain LG V20, mengukur kualitas kamera LG V20 dan kapasitas baterai smartphone flagship LG ini.

Tidak hanya itu, anda juga akan mengetahui siapa rival terdekat LG V20 lengkap dengan tabel perbandingan spesifikasinya.

Jadi, pastikan anda tetap bersama saya di sini, untuk membaca postingan LG V20 review Indonesia spesifikasi, fitur, dan perbandingan hingga selesai.

Gambar via Googleimage
Gambar via Googleimage

 

Rumor Perilisian LG V20

LG V20 sepertinya mengikuti jejak pendahulunya LG V10, dimana LG V10 mulai ramai diberitakan dan akhirnya dirilis secara resmi pada Oktober 2015 tahun lalu.

Rumor perilisan LG V20 pun demikian, perilisan dilakukan oleh LG mendekati penghujung tahun. Smartphone flagship dengan nama lain V11 ini, akhirnya diperkenalkan secara resmi oleh Pimpinan divisi komunikasi mobile LG Cho Jun-ho, pada 7 September 2016. Perilisan ini lebih cepat dari jadwal yang telah direncanakan yang seharusnya dilakukan bulan Oktober.

Loading...

Pengajuan jadwal perilisan ini dilakukan oleh LG untuk mendapatkan perhatian pasar lebih dulu dibandingkan kompetitornya. Karena, LG mempredikisi akan ada banyak produsen smartphone, yang akan merilis produk baru mereka pada bulan Oktober.

Setelah secara resmi dirilis, seperti dilansir 88mobile pada 21/09/2016, konsumen di negara Korea Selatan menjadi konsumen pertama yang dapat langsung menemukan dan membeli LG V20 dipasar pada 29/9/2016, dengan harga KRW 899.800 atau sekitar Rp10,5 Jutaan.

Sementara pekan berikutnya, LG V20 mulai tersedia untuk pasar Amerika Utara, Asia, Amerika Latin dan Timur tengah.

Rumor Perilisan LG V20 di Indonesia

Product Marketing LG Mobile Communications Indonesia, Nitta Novita, dalam keterangan resminya menyatakan bahwa “negara Asia” yang dimaksud dalam keterangan resmi perusahaan memang tidak mencantumkan negara mana saja, karena belum ada keputusan pasti, termasuk Indonesia. “Saat ini (peluncuran LG V20 di Indonesia) masih dalam diskusi,” tambah Nitta. (selularid)

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Klik Mania, LG akan mengumumkan informasi harga dan ketersediaan di setiap negara tujuan secara simultan. Dan, pastinya harganya lebih murah dibandingkan Samsung Glaxy Note 7 dan Apple iPhone 7.

LG V20 Review Indonesia

Spesifikasi LG V20

Selama berada didalam genggaman pemiliknya, smartphone LG V20 dipastikan benar-bener handal untuk digunakan berbagai macam aktifitas seperti bermain game, mengolah dokumen, serta melakukan aktifitas browsing.

Kinerja dari smartphone LG V20 menjadi begitu mumpuni berkat adanya dukungan prosesor Quad Core 2,15 GHz dan 1,6 GHz berchipset Qualcomm Snapdragon 820 dan paduan RAM sebesar 4 GB. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya chipset snapdragon 820 merupakan chipset terbaru generasi penerus dari chipset snapdragon 810.

Qualcomm Snapdragon 820 juga sudah digunakan pada beberapa smartphone flagship lain seperti Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Chipset ini diklai Qualcomm memiliki skor performa yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya. Dan menariknya, chipset 820 mengkonsumsi daya baterai lebih sedikit.

Sementara satu-satunya keunggulan dari prosesor yang memiliki banyak inticore adalah, memungkinkan penggunanya menjalankan aplikasi-aplikasi multithread dan game-game berat yang harus dijalankan secara multicore. Untuk membuat V20 dapat menampilkan grafis lebih baik, terutama gambar-gambar berkualitas 3D. LG menyematkan GPU Andreno seri 530.

Desain LG V20

Sedikit berbeda dengan LGV10, LG membekali layar utama V20 yang memiliki bentang seluas 5,7 inci dengan layar skunder seluas 2,1 inci.

Layar skunder ini memiliki fungsi untuk menampilkan notifikasi penting aplikasi utama, dan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk menjalankan aplikasi.

Layar LG V20 mengusung teknologi IPS QHD yang mampu menampilkan gambar beresolusi 2560 x 1440 pixel secara tajam, terang, dan jelas, dengan tingkat kerapatan mencapai 513 ppi.

Teknologi ini mirip dengan yang dapasang pada Samsung Galaxy Note 7. Layar juga sudah diproteksi dengan anti gores Corning Gorilla Glass 4.

Body Super Slim Tanpa Desain Unibody

Desain body yang super slim dengan ketebalan kurang dari 8 mm serta bobot yang ringan kurang dari 200 gram, membuat smartphone flaghsip LG V20 dipastikan sangat nyaman digenggam meski dengan satu tangan sekalipun.

LG V20 tidak menggunakan konsep unibody. Ini artinya cover bagian belakang smartphone LG V20 dapat dibongkar pasang. Body atau cover belakang, selain terdapat kamera utama.

LG juga telah menambahkan sensor finger print (sidik jari) yang tergabung pada tombol ON/OFF dan Home. Hadirnya logo V20 di bawah bagian belakang body mampu menghadirkan kesan yang benar-benar prestisius.

Tombol shutter berada di sisi kanan, sementara tombol pengatur volume di sisi kiri, masing-masing tombol dapat diakses dengan mudah dan cepat menggunakan jari tangan anda.

Selain menawarkan desain ringan dan super tipis, body LG V20 diklaim dirancang menggunakan bahan alumunium alloy AL6013, dan sudah mendapatkan sertifikasi standard MIL-STD810G.

Bahan tersebut merupakan bahan yang ringan dan memiliki daya tahan terhadap korosi sangat baik. Bahan alloy AL6013 juga merupakan bahan yang sering digunakan untuk pembuatan kapal atau pesawat.

Sementara sertifikasi MIL-STD810G, adalah sertifikasi uji material berdasarkan standar militer Amerika Serikat. LG V20 dipastikan dirancang dari material yang memiliki daya tahan terhadap sebuah benturan.

Sedikit berbeda dengan sebagian besar smartphone lainnya. Port earphone berdiameter 3,5 mm, diletakan oleh LG berdampingan dengan port USB, dan tiga microphone, di sisi body bagian bawah.

Desain tata letak ini sepertinya akan membuat earphone lebih tahan lama. Mengingat posisi ini (bagian atas berada di posisi bawah), adalah posisi yang sering dipilih para pengguna, ketika meletakan atau memasukan ponsel ke dalam saku.

Desain tata letak 3 microphone atau speaker pada LG V20, pun benar-benar tepat. Speaker benar-benar dapat mengeluarkan suara audio dan suara video dengan baik, meski dalam keadaan layar terkelungkup atau tidak.

Kamera LG V20

LG V20 dibekali dengan dual kamera. Kamera utama di atas bagian belakang, sementara kamera kedua terletak di atas bagian depan. Kamera utama didukung dengan dua kamera berkualitas 16 MP dan 8 MP.

Masing-masing kamera memiliki lensa berdiafragma f/1.8 dan f/2.4, dengan kemampuan menangkap gambar dengan jangkauan sudut mulai dari 75 dan 135 derajat. Dua kamera belakang LG V20 juga didukung dengan optic image stabilization (OIS), dual LED flash, serta sebuah laser hybrid auto focus.

LG V20 menjadi smartphone pertama yang membekali dua kameranya menggunakan lensa berangle luas. Kamera belakang ini dipastikan dapat menangkap gambar dengan mode panorama atau berlatar belakang gedung tinggi dengan sangat baik hanya dengan satu kali bidikan.

Bahkan anda tidak membutuhkan sebuah tongkat tambahan ketika ingin mengambil foto wefie.

Ketika digunakan untuk aktifitas merekam sebuah video, LG menjanjikan bahwa hasil video rekaman dipastikan sangat memuaskan.

Steady Record 2.0 & 3.0 Image Stabilizer

LG V20 dilengkapi dengan steady record 2.0 dan dipadukan teknologi 3.0 image stabilitation yang dikembangkan oleh Qualcomm. Teknologi ini dapat meminimalisir gerakan-gerakan yang tidak sengaja yang terjadi saat proses rekaman berlangsung.

Selain kualitas gambar yang halus dan lembut, setiap video yang direkam dipastikan akan memiliki sound yang mengesankan.

LG V20 mampu merekam suara berkualtias dnegan resolusi tinggi mencapai 24-bit/48 kHz Linear Pulse Code Modulation (LPCM).

LG juga menambahkan pilihan Low Cut Filter, yaitu sebuah mode pengaturan yang memungkinkan anda untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan suara bising (noise) dari lingkungan disekitar yang muncul selama melakukan perekaman video.

LG juga sudah menyediakan beragam pilihan pengaturan yang dapat diseting secara manual untuk keperluan rekam video. Jadi jika anda pernah berfikir untuk menciptakan video berkualitas terbaik melalui sebuah smartphone, maka LG V20 lah jawabannya.

Fitur LG V20

Fitur Sensor Sidik Jari, Ini adalah fitur yang banyak ditemukan pada smartphone premium terbaru. Selain dapat berfungsi untuk keperluan otentifikasi saat berbelanja atau bertransaksi online. Fitur sensor sidi jari juga membuat smartphone memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Bahkan ketika pencurian terjadi pada smartphone ini, maka fitur ini dapat mencegah pencuri melakukan akses lebih jauh pada smartphone yang mereka curi.

Port USB Tipe C, bila dibandingkan dengan port tipe sebelumnya, port tipe C memungkinkan smartphone LG V20 dapat melakukan transfer data dengan lebih cepat.

Fitur pengisian baterai cepat, ini adalah sebuah fitur yang dikembangkan Qualcomm yang bernama Quick Charging. Fitur ini memungkinkan pengguna smartphone dapat mengisi baterai berkapasitas besar dalam waktu yang lebih cepat.

Kapasitas Baterai LG V20

Smartphone LG V20 dibekali dengan baterai berkualitas Li-Ion dapat dibongkar pasang berkapasitas sebesar 3.200 mAh. Baterai ini memiliki daya tahan yang cukup lama.

Ketika LG V20 digunakan untuk keperluan aktifitas ringan maupun aktifitas berat, smartphone ini dapat bertahan hingga dua hari.

Berkat fitur Quick Charging, baterai berkapasitas besar ini dapat diisi dari 0 persen hingga terisi 100 persen penuh hanya dalam hitungan 1,5 jam saja.

Sistem Operasi

Smartphone LG V20 menjadi satu-satunya gadget pertama yang menggunakan sistem operasi Google terbaru yang bernama OS Nougat. LG V20 menggunakan sistem operasi Nougat 7.0 yang dikombinasikan dengan antar muka bawaan LG.

Foto Produk & Tabel Spesifikasi LG V20

LG V20

Detail SpesifikasiSmartphone LG V20
OSAndroid OS, v7.0 (Nougat)
ProsesorQuad-core Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
GPUAndreno seri 530
RAM4 GB
ROM32/64 GB + microSD hingga diatas 256 GB
Layar5,7 inci IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
ProteksiCorning Gorilla Glass 4
Dimensi total159.7 x 78.1 x 7.6 mm
Bobot174 g
BateraiRemovable Li-Ion 3200 mAh
Teknologi JaringanGSM / HSPA / LTE
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.2, A2DP
Pilihan WarnaTitan, Silver, Pink
SIMNano SIM
KameraDual 16 MP, f/1.8 & 8 MP, f/2.4 + 5 MP, f/1.9

 

Rival LG V20

foto-produk-rival-lg-v20-samsung-glaxay-s7
Samsung Galaxy S7 Gold & Silver (Foto via GSMARENA)

Seperti biasa, setiap review produk yang dipublikasikan, selalu menyajikan alternatif lainnya. Selain sebagai pembanding. Pilihan tambahan yang dapat dikatan sebagai rival terdekat ini, nantinya dapat menjandi referensi tambahan bagi anda.

Kehadiran smartphone LG V20 yang lebih awal dari rencana perilisan sebelumnya, dipastikan dapat menjadi rival terberat bagi dua brand besar, salah satunya adalah Samsung. Smartphone flagship ini dipastikan akan menjadi rival terberat Samsung Galaxy S7.

Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, Samsung Galaxy S7 juga datang dengan spesifikasi yang mumpuni. Khusus pada bagian chipset. S7 juga menggunakan chipset Qualcomm 820 untuk pasar tertentu.

Bila LG V20 menawarkan dual layar, Samsung Galaxy S7 menawarkan layar dengan desain yang juga khas. Yaitu melengkung ke arah sisi kiri dan kanan bingkai.

Smartphone Samsung Galaxy S7 juga sudah dibekali dengan fitur Qualcomm Quick Charging 2.0. Ini artinya baterai berkapasitas besar pada Samsung juga dapat diisi dengan sangat cepat.

Tabel Perbandingan Spesifikasi LG V20 dengan Samsung Galaxy S7

Detail SpesifikasiSmartphone LG V20Samsung Galaxy S7
OSAndroid OS, v7.0 (Nougat)Android OS, v6.0 (Marshmallow)
ProsesorQuad-core Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820Exynos 7420 Octa Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
GPUAdreno seri 530Adreno seri 530
RAM4 GB4 GB
ROM32/64 GB + microSD hingga diatas 256 GB32/64 GB + microSD hingga diatas 256 GB
Layar5,7 inci IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors5,1 inci Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
ProteksiCorning Gorilla Glass 4Corning Gorilla Glass 4
Dimensi total159.7 x 78.1 x 7.6 mm142.4 x 69.6 x 7.9 mm
Bobot174 g152 g
BateraiRemovable Li-Ion 3200 mAhNon-removable Li-Ion 3000 mAh
Teknologi JaringanGSM / HSPA / LTEGSM / HSPA / LTE
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.2, A2DPWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.2, A2DP
Pilihan WarnaTitan, Silver, PinkHitam, Putih, Gold, Silver, Pink Gold
SIMNano SIMSingle SIM (Nano-SIM)
KameraDual 16 MP, f/1.8 & 8 MP, f/2.4 + 5 MP, f/1.912 MP, f/1.7, 26mm + 5 MP, f/1.7, 22mm

Pro

  • Desain premium
  • Layar skunder tambahan sangat bermanfaat
  • Kamera dengan angle lebih luas
  • Sound audio dan video mengesankan

Kontra

  • Boot terlalu lambat
  • Temperatur suhu panas cukup tinggi
  • Tidak tahan air 

Penutup

Setelah membaca review produk smartphone LG V20, kita jadi tahu bagaiamna spesifikasi dan keunggulan smartphone flagship LG terbaru ini.

Dengan menyajikan fitur yang lebih baik dari pendahulunya, yang tidak terlalu laku LG V10. LG sepertinya akan memiliki kesempatan benar-benar dapat mencuri perhatian gadget holic kelas menengah ke atas.

Berkat dukungan spesifikasi terbaik membuat smartphone LG V20 tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana komunikasi, browsing, download.

Ponsel pintar LG ini dipastikan dapat digunakan oleh seluruh pengusaha dan profesional untuk berbagai keperluan mulai dari melakukan aktifitas pengelolaan dan pengolahan dokumen, hingga menciptakan audio visual dengan hasil yang benar-benar pro.

Bagaimana ? sebagai pengagum brand LG, apakah anda tertarik untuk menggunakan smartphone LG sebagai sarana pendukung segala aktifitas anda yang super sibuk dan super ketat ? Jika ya, saya berharap LG benar-benar segera meluncurkan LG V20 ini ke Indonesia dalam waktu dekat.

Terakhir, jika anda memiliki pertanyaan seputar smartphone LG V20 atau sanggahan, dan koreksi. Silahkan sampaikan pertanyaan anda pada kolom komentar yang tersedia di bawah postingan ini.

Referensi lain : LG X Power Review Desain, Performa, dan Kualitas Kameranya

Jika anda merasa informasi dalam postingan ini bermanfaat untuk anda, maka jangan lupa bantu juga yang lainnya yang ada di dunia ini, untuk mengetahui dan membaca LG V20 review Indonesia ini, dengan cara menekan tombol share yang tersedia di bawah postingan ini. Salam Tekno, sampai ketemu lagi pada review produk berikutnya.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *