Internet

Pilih Waktu Terbaik untuk Liburan dan Traveling ke Dubai

Kapan Musim Terbaik untuk Traveling ke Dubai? Sebagai salah satu kota paling maju di dunia, Dubai menawarkan daya tarik wisata padang pasir yang menantang, pulau buatan yang menakjubkan, dan gedung tertinggi di dunia. Maka tak heran jika banyak orang ingin liburan ke Dubai setidaknya sekali seumur hidup.

Terletak di  Uni Emirat Arab, Dubai juga menjadi salah satu destinasi wisata belanja barang mewah terbaik di dunia. Satu hal yang paling menarik bagi saya dari pasar di Dubai adalah: mereka menjual emas batangan di vending machine (mesin penjual otomatis).

Bayangkan kalau ada mesin vending machine emas batangan di Indonesia. Pasti habis oleh perampok. Vending machine makanan ringan saja belum tentu aman, apalagi vending machine emas. (red: sekadar tambahan)

Musim Terbaik untuk Traveling ke Dubai

Meski Dubai menawarkan banyak sekali daya tarik wisata, tapi iklim dan musim di Dubai tidak selalu ramah bagi para wisatawan.

Karena itu, anda perlu tahu waktu terbaik untuk traveling ke Dubai supaya tetap bisa liburan dengan nyaman.

BacaBegini Cara Traveling Asyik di Era Modern Agar Berjalan Sesuai Rencana

Overview Bulan November hingga Maret

Musim Terbaik untuk Traveling ke Dubai
Image : gulfnews.com

Kalau anda ingin menikmati safari padang pasir dan olahraga air di Dubai, maka datanglah di musim dingin yang terjadi antara bulan November hingga Maret. Karena suhu udaranya sangat ideal untuk berbagai aktivitas di luar ruangan.

Musim dingin di Dubai tak seperti musim dingin di Eropa. Suhu udara di Dubai menjadi sejuk dengan suhu rata-rata 14°C sampai 31°C. Tapi curah hujan naik, begitu pun dengan biaya akomodasi yang makin mahal di musim dingin Dubai.

Acara utama yang terjadi di musim dingin Dubai adalah Shopping Festival dari bulan Desember hingga Januari, Dubai Food Festival di bulan Februari, kemudian ada berbagai acara seni dan festival buku di bulan Maret.

  • Suhu rata-rata: 14°C sampai 31°C
  • Kelembaban rata-rata: 61% (baik, November), 64% (nyaman, Desember), 65% (nyaman, Januari), 65% (nyaman, Februari), 63% (nyaman, Maret).
  • Curah hujan: sekitar 90 mm untuk sepanjang periode
  • Musim: Musim dingin

Overview Bulan April

Musim Terbaik untuk Traveling ke Dubai
Image : acookingpotandtwistedtales

Musim terbaik untuk traveling ke Dubai adalah bulan April. Suhu udara meningkat, tapi tidak terlalu panas, dan suhu air menjadi lebih hangat.

Bulan April juga menjadi waktu pelaksanaan beberapa acara publik yang menarik di Dubai.

Acara utama di bulan April adalah Middle East Film and Comic Con bagi pencinta karya fiksi, Dubai World Cup yaitu ajang pacuan kuda termahal di dunia, dan Al Marmoom Heritage Festival dengan acara utamanya adalah balap unta.

  • Suhu rata-rata: 20°C sampai 32°C.
  • Kelembaban rata-rata: 55% (baik)
  • Curah hujan: 10 mm
  • Musim: Musim semi

Overview Bulan Mei hingga September

Musim Terbaik untuk Traveling ke Dubai
Image: saudigazette.com.sa

Musim panas biasanya jadi waktu favorit untuk liburan ke pantai di Indonesia dan negara lain, tapi tak seperti itu di Uni Emirat Arab. Aktivitas pantai di Dubai jadi menimbulkan resiko tinggi karena bisa terjadi heat stroke (sengatan panas).

Meski biaya sewa hotel lebih murah dibanding musim lainnya, tapi musim panas tetap bukan waktu terbaik liburan ke Dubai.

Kecuali jika anda memang sengaja traveling ke Dubai untuk menikmati acara indoor dan diskon di pusat perbelanjaan.

Acara utama yang bisa dinikmati antara bulan Mei hingga September adalah Dubai Sports World yang dilaksanakan dalam ruangan di bulan Juli.

Ada pula festival Dubai Summer Surprises yang dimeriahkan oleh diskon, acara seni dan kuliner.

  • Suhu rata-rata: 24°C sampai 41°C.
  • Kelembaban rata-rata: 53% (lembab, Mei), 58% (lembab, Juni), 56% (sangat lembab, Juli), 57% (sangat lembab, Agustus), 60% (lembab, September).
  • Curah hujan: sekitar 50 mm untuk sepanjang periode.
  • Musim: Musim panas

Overview Bulan Oktober

Musim Terbaik untuk Traveling ke Dubai
Image : Magazine Federmobili

Bulan Oktober adalah masa transisi di kota Dubai. Suhu udara menurun lebih cepat dibanding suhu air, dan cuaca berubah dari panas menjadi hangat. Artinya bulan Oktober adalah musim terbaik untuk traveling ke Dubai karena memiliki iklim yang baik.

Acara utama yang diselenggarakan di bulan Oktober adalah pertunjukan seni dan fashion. Dengan acara paling terkenal adalah Dubai Downtown Design, dan acara Fashion Forward yang selalu jadi favorit bagi para pencinta fashion.

Kekurangan dari bulan Oktober adalah biaya traveling dan biaya sewa hotel makin mahal karena jumlah wisatawan meningkat. Oleh sebab itu, anda perlu menyiapkan anggaran lebih besar untuk traveling ke Dubai di bulan Oktober.

  • Suhu rata-rata: 23°C sampai 35°C.
  • Kelembaban rata-rata: 60% (lembab)
  • Curah hujan: 10 mm
  • Musim: Musim gugur

P.S.: Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha selalu dirayakan meriah di Dubai. Tapi perayaan bisa terjadi di musim berbeda. Karena waktu pelaksanaan Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha mengikuti Kalender Hijriah, bukan kalender Masehi.

Kesimpulan:

Kalau anda berminat pada wisata outdoor seperti safari padang pasir, maka datanglah di musim dingin antara bulan Oktober hingga Maret. Sedangkan musim panas di bulan Mei hingga September ideal untuk beragam acara dalam ruangan.

Berminat liburan musim dingin di Dubai? Di bulan Desember ini sedang ada banyak diskon menanti anda untuk traveling ke Dubai.


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close