Tekno

Lineage OS: Custom ROM Terbaik untuk Android Saat Ini

Lineage OS: Custom ROM Terbaik untuk Android Saat Ini – Bagi para Oprekers Android, kabar mengenai berhentinya pengembangan custom ROM Cyanogen Mod tentu menjadi sesuatu yang sangat menyedihkan. Terlebih Cyanogen Mod menjadi custom ROM yang paling banyak digunakan oleh pengguna Android.

Namun, sebenarnya Cyanogen Mod tidak benar-benar memberhentikan proyek mereka. Karena, tim developer tetap akan mengembangkan custom ROM yang sama seperti halnya custom ROM Cyanogen Mod tetapi tidak lagi ada sangkut pautnya dengan perusahaan. Kini, mereka menggunakan nama Lineage OS di pengembangan proyek custom ROM mereka yang baru.

Apa itu Lineage OS?

Lineage OS

Lineage OS merupakan custom ROM lanjutan dari Cyanogen Mod yang bersifat open source dan berbasis Android. Operating system ini dirilis pada tanggal 24 Desember 2016 (beberapa hari setelah proyek pengembangan Cyanogen Mod diberhentikan).

Meski terbilang baru, namun Lineage OS bukanlah Custom ROM abal-abal. Sebab, pengalaman developernya selama mengembangkan Cyanogen Mod patut diacungi jempol.

Di awal pengembangannya, operating system ini meluncurkan versi utama dengan kode 14 yang berbasis Android versi 7.1 (Nougat). Dan tentunya akan tetap berkembang secara berkelanjutan.

Perangkat Apa Saja yang Mendukung Lineage OS?

Meski baru dirilis, nyatanya beberapa smartphone Android sudah bisa mencicipi cita rasa dari Lineage OS ini. Seperti Xiaomi, Google, Asus, Oppo, LG, Lenovo, HTC, Samsung, dan lain sebagainya. Untuk melihat apakah smartphone kamu mendukung operating system ini atau tidak, kamu bisa mengeceknya disini.

Antarmuka

Lineage OS

Lineage OS menggunakan antarmuka yang diberi nama Trebuchet, yang terdiri dari tampilan utama dan tampilan drawer. Di tampilan utama, kita bisa memasang widget berupa jam, cuaca, dan widget aplikasi lainnya.

Sedangkan tampilan drawernya secara default tersusun secara vertikal, berurut menurut abjad. Jika kurang familiar dengan tampilan drawernya kamu masih bisa kok mengustomisasikannya.

Jaringan 4G LTE

Lineage OS

Pengguna Xiaomi? Pernah mengalami jaringan 4G hilang ketika upgrade ke MIUI versi Global? Hehe.. Saya juga pernah mengalaminya guys.

Salah satu alasan Xiaomi (maaf melenceng sedikit dari pembahasan) menghilangkan jaringan 4G di beberapa smartphonenya adalah karena alasan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).

Agar bisa meloloskan smartphonenya ke Indonesia, maka Xiaomi terpaksa menghilangkan jaringan 4G di beberapa smartphone mereka walaupun pada secara hardware smartphone tersebut telah mendukung jaringan 4G.

Lineage OS merupakan solusi yang tepat bagi kamu yang tetap ingin merasakan kecepatan jaringan 4G di smartphone kamu tanpa takut terkena aturan TKDN.

Baterai

Lineage OS

Menurut pengalaman saya, penggunaan baterai di smartphone Xiaomi Redmi 1S menggunakan custom ROM Lineage OS memberikan durasi penggunaan yang sedikit lebih lama dibandingan ketika menggunakan ROM bawaan, yaitu MIUI.

Hal ini ditunjang oleh salah satu fitur di Android Nougat yaitu pengoptimalan baterai. Selain itu, kamu juga bisa mengubah tampilan baterai menjadi portrait, landscape, persentase, maupun menjadi ikon lingkaran (favorit saya nih guys).

Kamera

Lineage OS

Di segi kamera sebenarnya Lineage OS menawarkan fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan MIUI. Namun, dari sisi ketajaman masih dibawah kamera bawaan MIUI. Serta, tidak hadirnya fitur Beautify tentu kurang menarik minat bagi maniak selfie.

Artikel Menarik Lainnya : SHAREit: Aplikasi Transfer Data Tercepat di Berbagai Platform

Berikut ini video Xiaomi Redmi 1S yang telah saya install Lineage OS:

Bagaimana? Tertarik mencoba Custom Rom ini? Kamu bisa mengunduhnya langsung disini. Semoga bermanfaat.


Loading...

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU. Kunjungi: @PenggunaGadget

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close