Langkah-Langkah Khusus Membersihkan Layar Laptop Tanpa Merusaknya

Laptop merupakan salah satu peralatan elektronik yang kegunaan dan fungsinya sangat dibutuhkan oleh manusia, maka kita harus merawat serta membersihkan layar laptop sebaik mungkin. Peralatan elektronik seperti laptop ini akan mudah terkena debu atau kotoran setelah digunakan dalam jangan waktu yang cukup lama.

Melihat noda atau debu menempel pada LCD laptop, sobat sering kali membersihkannya dengan cara-cara sederhana. Seperti menggunakan tissue untuk membersihkan noda atau debu yang menempel.

Sebetulnya cara seperti itu merupakan cara sederhana, namun sebaiknya dibutuhkan perawatan/langkah-langkah khusus untuk menjaga kebersihan laptop sobat!

Kemudian, apa saja yang harus kita perhatikan? Berikut ini saya memiliki tips/langkah – langkah khusus membersihkan layar laptop tanpa merusaknya., yang bisa sobat lakukan dengan cara yang benar!

1. Matikan laptop yang akan dibersihkan

Ketika hendak membersihkan layar laptop, sebaiknya pastikan kondisinya dalam keadaan mati. Dan perlu sobat ingat, cabut adaptor dan baterai pada laptop. Kemudian perhatikan seberapa banyak debu yang terlihat dengan mata dan menempel pada layar LCD laptop sobat.

Pada Saat layar LCD sedang tidak menyala, maka hal tersebut memudahkan sobat untuk bisa melihat dengan lebih jelas berapa banyak debu yang sedang menempel.

2. Gunakanlah kain yang lembut

membersihkan layar laptop

Proses membersihkan layar laptop sebaiknya menggunakan kain yang lembut. Pastikan kain yang dipakai merupakan berbahan dasar katun atau lap serat mikro yang tidak berserat dan tidak menyisakan serpihan serat pada layar LCD.

Hindarilah membersihkan layar laptop  dengan menggunakan tissue biasa atau bahan-bahan lainnya yang terbuat dari kertas. Karena hal tersebut bisa meninggalkan goresan di laptop sobat.

3. Hindari tekanan saat membersihkan layar laptop

Membersihkan layar laptop terutama pada Layar LCD merupakan bagian yang sangat sensitif, kenapa? Ketika sobat membersihkannya, sobat perlu memperhatikan dengan seksama seberapa besar kekuatan yang kita keluarkan melalui tangan pada saat menggosoknya.

Usahakanlah untuk jangan terlalu menekan dengan tenaga yang besar pada layar LCD karena akan membahayakan kondisi laptop. Selain itu, hati-hati juga agar tidak terlalu kasar ketika membersihkan bagian-bagian laptop yang lain.

4. Gunakanlah cairan pembersih

Kalau sekedar menggunakan kain tidak cukup bagi sobat, cobalah tambahkan cairan pembersih pada lap kain supaya kotoran bisa terangkat dan menempel dengan lebih mudah. Jangan memakai cairan dari air keran atau air minum biasa pada saat membersihkan layar laptop, karena dapat meninggalkan bekas-bekas putih pada layar LCD laptop.

Demikianlah artikel tentang “Langkah-langkah khusus membersihkan layar laptop tanpa merusaknya, yang saya tulis ini semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi sobat yang sering melakukan kegiatan atau pekerjaan dengan laptop.

Related Posts

About The Author

3 Comments

    • Mangky
      Mangky

Add Comment