InternetReview Produk

Mac OS Sierra Review Fitur, Cara Download & Instalasi

Mac OS Sierra Review – Setelah diperkenalkan pada pertengahan Juni di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2016, di San Fransisco, Oleh Apple. Sekarang sistem operasi terbaru Mac OS Siera pengganti OS X (Oh-Ess-Ten), sudah tersedia untuk seluruh pemilik MacBook, mulai dari : (MacBook Air, Mackbook Pro, iMac. Mac Mini, dan Mac Pro).

Selain nama baru, sistem operasi premium Apple Mac OS Sierra ini juga telah mendapatkan sejumlah pembaharuan dan perubahan dari versi sebelumnya.  Dan dipastikan benar-benar akan membuat perangkat MackBook dan iMac anda menjadi lebih fresh.

Mac OS Sierra dilengkapi sejumlah fitur-fitur baru yang terinspirasi oleh sistem operasi OS, dan dirancang untuk membuat perangkat Mac anda dapat menjalankan produk iOS dengan sangat baik.

Mac OS Sierra
Gambar : OSXDAILY via Googleimage

Mac OS Sierra Review Indonesia

Apple Siri

Seluruh pemilik MacBook dan iMac kini dipastikan dapat menggunakan fitur yang begitu populer pada perangkat iPhone. Sistem operasi Mac OS Sierra dibekali dengan fitur asisten digital pribadi Apple yang populer, yang dikenal dengan sebutan “SIRI”.

Tidak ada perbedaan dengan yang ada pada iOS, setiap perangkat Mac dan iMac yang sudah terinstal dengan sistem operasi Mac OS Sierra dapat mengaktifkan Apple Siri dengan sangat mudah.

Anda cukup menekan shortcut keyboard Cmd+Space, atau mengaksesnya langsung dengan cara klik ikon siri pada dock, dan selanjutnya mengucapkan perintah yang anda inginkan.

Semua hal standar seperti informasi cuaca, bisnis lokal bekerja sesuai harapan. Anda dapat mem-pin informasi skor olah raga serta informasi stok dan harga ke panel notifikasi, dan dapat melihatnya kapan saja.

Siri pada Mac OS Sierra sudah benar-benar canggih. Anda dapat melakukan pencarian file dengan cepat dan mudah berdasarkan tipe file, tanggal, dan kata kunci.

Loading...

Sebagai contoh, ketika anda mengucapkan kata “screenshot” pada Siri, maka Siri pada Mac OS Sierra akan menampilkan semua file gambar dua minggu sebelumnya.

Ini benar-benar akan membantu pengguna Mac yang malas dalam mengelola dan menata file dengan baik dan rapih, dalam menemukan file atau gambar yang mereka cari dengan cepat.

iCloud untuk Menghemat Kapasitas Drive

Mac OS Sierra juga sudah dibekali dengan fitur iCloud. Fitur ini memungkinkan pengguna Mac melakukan penyimpanan, berbagi foto, dan file dalam sebuah penyimpanan dari pihak ketiga atau penyimpanan Awan (cloud) layaknya Google Drive atau Dropbox.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan mudah. Ketika anda memberikan tanda checkbox pada pengaturan menu iCloud, maka seluruh file dan dokumen pada Mac akan tersinkronisasi secara otomatis.

Ini benar-benar mengesankan. iCloud pada Mac OS Sierra memungkinkan anda dapat mengakses seluruh file yang ada pada Mac anda yang berada dirumah, ketika anda berada ditempat kerja.

Karena semua file sudah tersimpan di dalam iCloud, maka anda sangat mungkin untuk mengatur Mac anda. Misalnya, menghapus film-film iTunes dan pertunjukan TV yang sudah ditonton secara otomatis, menghapus email-email dengan file attachment berukuran besar, atau membersihkan folder yang berada di dalam kotak sampah setelah 30 hari.

Messages Layaknya iOS

Mac OS Sierra juga dibekali dengan fitur messages. Seperti yang ada pada iOS, Messages pada Mac juga sudah mengalami pembaharuan yang dramatis.

Semua sama. Mulai dari ukuran emoji yang lebih besar, teks message yang lebih baik, termasuk fitur penulisan message menggunakan format invisible ink (Message tersembunyi yang hanya dapat ditampilkan dengan usapan jari).

Menariknya foto dan karakter text pada message Mac OS Sierra tetap dapat tampil dengan baik pada gadget yang menggunakan sistem operasi Android.

Menonton Video dalam mode Picutre in Picture

Fitur ini memungkinkan anda menonton video sambil melakukan beberapa aktifitas lain seperti melakukan browsing atau mengerjakan tugas kantor. Video tetap dapat diputar dan ditonton dalam sebuah pop out berukuran kecil di sisi layar.

Terintegrasi dengan Apple Watch

Mac OS Sierra juga memastikan anda dapat melakukan pairing dengan mudah dan cepat dengan beberapa produk Apple lainnya.

Mac yang sudah didukung dengan Mac OS Sierra dapat diintegrasikan dengan Apple Watch yang menggunakan sistem operasi WatchOS.

Anda dapat menggunakan Apple WatchOS untuk membuka Mac dengan cepat dan mudah tanpa harus menginputkan password.

Clipboard Lebih Universal

Fitur ini memudahkan anda untuk berbagi ke clipboard dengan cepat.

Syaratnya cukup mudah, perangkat harus sign in terlebih dahulu pada satu akun iCloud yang sama, Bluetooth pada perangkat sudah dalam posisi On, dan perangkat saling berdekatan.

Sebagai contoh, anda dapat menyalin url (copy) yang ada pada browser safari iPhone, lalu menempelkannya (paste) ke address bar browser Mac.

Berbelanja dan Melakukan Pembayaran Toko Online menjadi Lebih Mudah

Pengguna Mac yang sudah menggunakan sistem operasi Mac OS Sierra, kini dapat berbelanja dan melakukan pembayaran di toko online dengan mudah, cepat, dan aman.

Syaratnya toko online tersebut harus sudah mendukung sistem pembayaran menggunakan Apple Pay.

Anda cukup melakukan pairing Mac, dengan iPhone atau AppleWatch. Selanjutnya, melakukan pembayaran menggunakan aplikasi Apple Pay yang sudah terpasang pada iPhone dan Apple Watch.

Tab lebih Fungsional

Mac OS Sierra membuat semua pengguna MacBook dan iMac dapat menambahkan tab di browser, yang tidak hanya berfungsi sebagai pemisah antara satu website dengan website lainnya.

Tab pada safari browser yang ada pada Mac kini dapat digunakan untuk membuka semua aplikasi yang terinstal pada Mac.

Memories

Ini adalah salah satu fitur manajemen dan pengelolaan foto yang sudah ada pada iOS lebih dulu. Dan sekarang pengguna MacBook dan iMac juga dapat menggunakan fitur Memories.

Fitur ini memungkinkan anda melakukan pengelolaan foto dengan mudah, dan memungkinkan anda membuat semua foto tersebut menjadi sebuah video.

Fitur ini juga dilengkapi dengan mode deteksi wajah dan tempat, serta fitur pencarian cerdas. Jadi setiap pengguna Mac dan iMac dapat mengetahui teman dan keluarga dengan mudah dan cepat saat melihat sebuah foto kelompok.

Sementara fitur pencarian cerdas dapat anda gunakan untuk menemukan foto atau gambar berdasarkan objek yang menjadi latar belakang atau background foto tersebut.

Berapa Harganya dan Dimana saya bisa mendapatkan Mac OS Sierra ?

Hampir sama dengan sistem OS X yang sudah diluncurkan lebih dulu, oleh Apple. Anda bisa menggunakan sistem operasi Mac OS Sierra pada perangkat Mac anda secara cuma-cuma alias gratis.

Khusus bagi anda yang membeli MackBook dan iMac setelah tanggal 20 September, dipastikan perangkat tersebut sudah didukung dengan sistem operasi Mac OS Sierra.

Sementara bagi anda yang sudah menggunakan MackBook dan iMac, informasi download dan update Mac OS Sierra sudah ditampilkan di layar menu pengaturan atau notifikasi update.

Persiapan, Cara Download, dan Instalasi Mac OS Sierra

Sistem operasi Mac OS Sierra saat ini sudah tersedia pada Mac App Store. Pastikan anda mengetahui apakah perangkat Mac anda Kompatibel dengan OS baru ini, dan mengetahui persiapan apa saja yang perlu anda lakukan sebelum mendownload dan melakukan instalasi Mac OS Sierra ke perangkat anda.

Cek Versi Perangkat Mac Anda

Untuk dapat mendownload dan melakukan update Mac dan iMac anda dengan sistem operasi Mac OS Sierra terbaru, anda harus mengetahui apakah perangkat anda kompatibel.

Caranya, Klik logo “Apple” di bagian sudut kiri atas, lalu klik “About this Mac” (Mengenai Mac Ini). Informasi tahun perangkat Mac anda ditampilkan di bagian bawah versi OS yang anda gunakan saat ini. Lihat gambar :

mengetahui-versi-os-dan-tahun-pembuatan-macbook-dan-imac

Berdasarkan informasi dari Apple, sistem operasi Mac OS Sierra dapat digunakan atau kompatibel dengan perangkat :

  • MacBook 2009
  • iMac 2009 atau di atasnya
  • MacBook Air 2010 dan di atasnya
  • MacBook Pro 2010 dan di atasnya
  • Mac Mini 2010 dan diatasnya
  • Mac Pro 2010 dan di atasnya

Buat Folder Baru

Buat folder baru sebagai tempat untuk meletakan seluruh file Mac OS Sierra. File Mac OS Sierra yang tersedia pada Mac App Store memiliki ukuran sekitar 4,78 GB.

Agar tidak terlalu memakan space pada disk drive anda, maka tips yang bisa dilakukan adalah menghapus beberapa aplikasi lama yang tidak penting, atau menyalinya ke dalam iCloud.

Backup Seluruh File pada Mac Terlebih Dahulu

Membackup seluruh file adalah salah satu aktifitas wajib sebelum anda memulai untuk melakukan update Sistem Operasi baru.

Agar dokumen penting, foto, dan file musik pada Mac anda tidak hilang, anda harus membackup seluruh file tersebut dengan software Time Machine yang terdapat pada perangkat Mac anda.

backup-file-dengan-time-machine-sebelum-update-mac-os-sierra

Memulai Download dan Instalasi Mac OS Sierra ke Perangkat

Mendownload dan melakukan instalasi sistem operasi Mac OS Sierra, dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah melalui Mac App Store. Update dengan cara ini terbilang cukup mudah dan instalasi dapat dilakukan dengan cepat.

Cara Download Mac OS Sierra Melalui Mac App Store

Silahkan Klik gambar atau logo “Apple” di sudut atas untuk membuka “Apple Menu“, lalu pilih “App Store“.

mengakses-app-store-untuk-download-dan-update-mac-os-sierra

Pada kotak pencarian atau “search box App Store” silahkan ketik Mac OS Sierra. Lihat Gambar:

melakukan-pencarian-update-macos-sierra-menggunakan-fitur-serach-box-pada-app-store

Atau agar lebih mudah, silahkan klik link ini untuk membuka halaman download Mac OS sierra pada Mac dan iMac anda.

Menginstal Mac OS Sierra pada MackBook dan iMac

Setelah file sistem operasi Mac OS Sierra selesai di download, maka anda akan diminta untuk merestart perangkat Mac anda.

instal-macos-sierra-pada-mackbook-dan-imac

Setelah parangkat MackBook dan iMac anda selesai direstart. Mac OS Sierra installer secara otomatis akan berjalan pada perangkat anda.

Selanjutnya, klik “Continue“, Setujui Apple’s Terms and Conditions, lalu kilik “Install“. Lihat gambar :

2

3
4

5

Lalu masukan username dan password anda dan klik add helper, lihat gambar :

6

Mac atau iMac anda akan otomatis restart kembali setelah tahap ini.

Selanjutnya masukan password iCloud anda, lalu klik Continue, seperti gambar dibawah ini :

7

Setuju persyaratan dan kondisi sekali lagi :

8

Beri tanda “centang” pada bagian yang menjelaskan bahwa anda akan menggunakan iCloud untuk menyimpan data pada Mac dan iMac anda, lalu klik Continue, lihat gambar :

9

Selanjutnya tentukan apakah anda ingin mengirimkan Diagnostics and Usage data ke Apple, jika tidak ingin, biarkan checkbox tetap kosong, lalu klik Countinue :

10

Aktifkan fitur Siri dari Mac OS Sierra pada Mac dan iMac anda, dengan cara memberi tanda checkbox lalu klik “Continue“.

11

Instalasi Mac Sierra selesai.

12

Penutup

Setelah membaca macOS Sierra Review di atas, sekarang anda semua sudah mengetahui apa saja perubahan baru yang ditawarkan oleh sistem operasi terbaru Apple ini.

Mac OS Sierra tidak hanya menyajikan tampilan antar muka yang belih modern dan ramah pengguna. OS terbaru pengganti OS X ini juga dipastikan dapat dengan mudah untuk melakukan interaksi pada perangkat Apple lainnya yang menggunakan sistem operasi iOS dan WatchOS.

Review lain : Huawei P9 Lite ke Indonesia, Ini Bocoran Spesifikasi & Harganya!

Penasaran untuk mencoba Mac OS Sierra ? tunggu apa lagi segera download dan instal Mac OS Sierra pada MacBook atau iMac anda sekarang juga.



Loading...

Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *