Peluang usaha

9 Macam Usaha Dibulan Puasa yang Pasti Laris

usaha di bulan puasa – Bulan Ramadan atau yang seringkali disebut sebagai bulan puasa merupakan salah satu bulan yang istimewa. Ada banyak sekali perubahan perubahan yang terjadi dalam 1 bulan ini, mulai dari perubahan gaya hidup hingga perilaku usaha juga turut berubah. Dari sinilah timbul banyak ide bisnis yang bisa kita jalankan selama bulan puasa. Apa sajakah hal tersebut? Silakan simak pembahasannya.

Bagi mereka yang bekerja bukan sebagai karyawan atau sebagai pekerja tetap, tentu mereka harus selalu memanfaatkan setiap momen yang terjadi. Salah satunya ialah momen bulan ramadan seperti ini. Namun tak ada salahnya juga bagi mereka yang memiliki pekerjaan tetap dengan memanfaatkan sela-sela waktu mereka untuk menjalankan usaha sampingan. Karena tentunya waktu kerja di bulan puasa akan dikurangi daripada waktu biasa.

Menjalankan usaha, apapun usahanya itu susah susah gampang, risiko tidak laku atau rugi adalah hal biasa. Namun dibalik itu, jika tahu cara menjalankan usaha yang tepat, anda tidak akan rugi, justru mendapatkan untung yang berkelanjutan. Contohnya seperti usaha di bulan puasa seperti ini, bagi mereka yang bisa membidik pasar yang tepat dengan menjual produk yang tepat, tentunya hasil yang didapatkan ialah untung, bukan rugi.

usaha di bulan puasa yang Laris Manis

usaha di bulan puasa

Memang saat puasa kita lapar dan haus, tapi bukan berarti hal tersebut menjadikan kita berhenti untuk melakukan apapun dan bermalas malasan. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk mengisi kekosongan waktu dengan membuka usaha di bulan puasa ini. Inilah beberapa macam usaha di bulan puasa yang bisa anda coba.

1. Jualan sajian makanan hidangan buka

Banyak orang yang tidak suka untuk membuat makanan untuk buka sendiri. Sehingga mereka lebih mengandalkan untuk beli takjil dari tempat penjual. Inilah kesempatan anda untuk menjual berbagai makanan-makanan yang cocok untuk disajikan saat berbuka puasa. Yang penting makanan-makanan tersebut aman dimakan saat perut kosong dan tidak bikin perih di perut.

Contoh makanan makanan yang unik dan cocok untuk semua kalangan meliputi:

  • Es kelapa muda plus cincau
  • Sirup orange mint dengan lychee salad
  • Puding jagung dengan seduhan krim kental
  • Kolak pisang plus labu kuning
  • Jus sirsak kelengkeng dengan campuran susu
  • Jelly dengan tambahan buah naga merah
  • Klepon ketan atau ubi warna warni
  • Chocolate milkshake alpukat
  • Martabak dengan selai kurma dengan potongan apel merah
  • Smoothies dari alpukat plus mangga
  • Blueberry frozen yogurt
  • Lychee jelly dengan yogurt
  • Es putu mayang dengan tambahan potongan strawberry

Gimana sajian makanan diatas? Memang tidak biasa dari biasanya. Tapi dari ketidakbiasaan itu timbul suatu keunikan keunikan yang akan menarik daya minat konsumen untuk menjajal makanan tersebut. Jika anda dapat mempraktikan contoh makanan diatas yang dipadukan dengan kreasi dari diri anda sendiri pasti akan menjadi sebuah makanan takjil yang begitu fenomenal.

Tak hanya makanan segar dan manis

Tapi perlu anda tahu, orang berbuka puasa itu tidak hanya suka akan hal manis manis dan segar saja. Melainkan makanan seperti gorengan, kue atau makanan gurih gurih itu dibutuhkan oleh banyak orang. Jadi alangkah baiknya untuk tidak menjual makanan yang sejenis saja. Semakin banyak keragaman maka semakin banyak yang terjual nantinya.

Memang ide untuk membuat makanan yang tepat untuk dijadikan sajian buka puasa itu tidak mudah. Walau sudah menemukan ide dan sudah membuatnya, belum tentu makanan tersebut laku. Maka dari itu perlu mencoba coba terlebih dahulu.

Usahakan anda jual makanan tersebut di tempat yang terjangkau orang banyak dan sering diakses oleh orang orang yang jalan jalan sebelum berbuka puasa atau disebut juga ngabuburit. Jadi nantinya mereka yang tertarik dengan sajian makanan anda akan membelinya. Maka dari itu, usahakan makanan yang dijual cocok untuk kalangan anak muda yang suka ngabuburit seperti contoh makanan diatas.

Bisnis dadakan seperti ini pun tak hanya bisa diterapkan dibulan puasa saja. Anda bisa menjual di lain waktu, terutama jika sudah tempat yang mapan dan strategis untuk usaha. Ini bisa jadi usaha yang berkelanjutan, jadi tidak hanya terpatok saat hari hari dibulan ramadan. Bahkan jika hal ini sukses, maka anda bisa meneruskan pekerjaan sampingan ini menjadi pekerjaan tetap.

2. Jualan kuliner untuk hari raya

usaha di bulan puasa

Jualan berbagai kuliner, bingkisan makanan, atau parcel untuk hari raya bisa dibilang hal yang pasti laris. Kalau anda membuatnya, dan harganya bersahabat tetangga tetangga pasti banyak yang membelinya. Karena sajian kuliner seperti kue saat hari raya merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Anda akan rugi jika pandai membuat berbagai sajian untuk hari raya namun tidak memanfaatkannya. Padahal peluang ini bisa sangat menggiurkan jika anda memanfaatkan sosial media untuk mempromosikannya. Terlebih jika sajian kuliner anda unik dan memiliki tampilan yang menawan maka bisa menjadi viral lalu diburu banyak orang.

Karena banyaknya usaha usaha yang membuat makanan untuk hari raya, terlebih banyak perusahaan yang sudah terjun kedalamnya, maka anda bisa memilih membuat makanan yang tradisional tapi disertai dengan sentuhan-sentuhan yang baru dan kekinian. Misalnya kue kering seperti roti kacang anda buat dengan desain cetakan berbagai macam karakter yang menarik. Atau dodol dengan rasa dan warna yang lebih variatif.

usaha di bulan puasa satu ini memang tidak harus tergantung pada yang namanya pasar. Karena apapun yang anda jual pasti akan dibutuhkan banyak orang. Anda tinggal membuat berbagai makanan semenarik mungkin, lalu kenalkan ke tetangga anda, atau titipkan ke warung warung terdekat anda dan juga kalau perlu ke swalayan atau ke pasar. Nantinya pasti akan banyak peminat.

3. Jualan buah-buahan

Daya beli masyarakat antara saat bulan puasa terhadap buah dibandingkan dengan bulan biasa justru tinggi saat bulan puasa. Karena walaupun siangnya puasa, tapi keingingan untuk mengonsumsi makanan yang segar begitu tinggi. Berbeda dengan bulan bulan lain walau siang harinya bebas makan apapun tapi mereka justru tidak begitu tertarik kepada buah. Apalag dibulan puasa buah sangat dibutuhkan untuk berbagai olahan olahan menarik seperti es buah.

Dari sinilah anda bisa memanfaatkannya untuk membuka usaha di bulan puasa dengan berjualan buah buahan. Apalagi, kemungkinan besar, musim buah buahan di bulan puasa ini sedang tiba, mulai dari mangga, rambutan, dan lainnya sehingga anda bisa membelinya dengan harga murah dan menjualnya dengan harga yang lebih mahal.

Tak hanya berjualan buah buahan saja, anda bisa menyajikan berbagai sajian yang berasal dari buah buahan untuk sajian buka puasa. Mulai dari manisan buah, es buah, dodol buah, kue dari buah, puding buah dan lainnya. Jadi jika ada buah buahan yang tidak laku daripada terbuang mubazir, maka anda bisa mengolahnya menjadi makanan yang lebih tahan lama.

4. Busana muslim

usaha di bulan puasa

Siapapun ingin tampak indah disaat hari raya. Maka dari itu, berburu pakaian muslim adalah hal yang paling dinanti nantikan oleh siapapun juga. Ini adalah peluang anda untuk menjual berbagai pakaian muslim.

Namun yang perlu diperhatikan juga adalah para pesaing yang semakin banyak. Karena saat hari raya, sebagian besar orang memanfaatkan bisnis satu ini. Jadi kalau anda tidak bisa membuat pakaian sendiri tapi dropship atau menjadi reseller dari pihak lain, pasti anda akan kurang laku, karena memiliki kesamaan dari yang lain. Terutama jika yang lain ada yang menyediakan lebih murah daripada anda, pasti pembeli lebih memilih mereka.

Karena berdasarkan data dari beberapa situs toko online atau marketplace, produk fashion merupakan produk paling dicari diakhir bulan ramadan. Kenaikan belanja konsumen terhadap produk fashion mencapai 40 persen pada saat itu. Hal ini mengindikasikan bahwa produk yang kita jual nantinya akan laku.

Anda juga bisa menjual busana muslim di marketplace seperti tokopedia dan bukalapak. Dengan memajang produk disana, maka kemungkinan akan dilihat oleh ribuan orang bahkan jutaan orang. Jadi jika produk anda memang unik dan menarik dan harganya tentunya ramah dikantong, maka kemungkinan besar akan laku.

Namun jika anda takut akan persaingan didunia online yang semakin besar, maka anda dapat membuat toko online terlebih dahulu mulai dari sekarang lalu menggunaan fb ads untuk beriklan. Apalagi sekarang kita bisa mengiklankan apapun dengan mudah di FB ads melalui bank lokal dengan cukup menggunakan ponsel.

5. Penyalur jasa baby sister atau Asisten Rumah Tangga

Salah satu kendala yang sering ditemui oleh orang orang yang biasa memiliki ART adalah saat menjelang hari raya hingga beberapa hari setelah hari raya. Karena waktu itu para pembantu semuanya pulang kampung.

Nah dari ini maka anda dapat mensiasatinya dengan menjadi penyalur asisten rumah tangga. Namun anda harus memiliki sistem seleksi yang ketat terhadap calon asisten rumah tangga. Hal ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap anda dan mereka yang membutuhkan jasa tersebut.

Memang usaha di bulan puasa ini bisa dibilang langka. Namun jika anda memanfaatkan hal ini dengan baik, pasti tetap laku. Terlebih jika anda melengkapinya dengan sistem berbasis IT, misalnya dengan aplikasi dan lain-lain.

6. Rerservasi tiket mudik

usaha di bulan puasa

Menjadi reservasi atau agen tiket mudik merupakan usaha di bulan puasa yang tepat. Bagaimana tidak, biasanya sebelum hari lebaran tiba, tiket pasti sudah habis ludes terjual. Karena minat seseorang terhadap tiket sangat tinggi, maka alangkah baiknya bagi anda untuk ikut ambil bagian dalam usaha ini.

Untuk pengambilan keuntungan saya sarankan tidak usah terlalu banyak banyak. Yang penting anda harus berusaha sebisa mungkin menjaring pembeli. Apalagi jika si pembeli merefensikan ke calon pembeli yang lain dan seterusnya, maka jualan anda akan laris.

Tak hanya itu, keragaman penjualan pun perlu. Jangan hanya menyediakan tiket pesawat saja, tapi harus menyediakan tiket kereta api, kapal, atau kalau perlu hotel. Ini membuat pembeli memiliki alternatif pilihan lain untuk mudik. Jika ditekuni, usaha di bulan puasa satu ini memiliki potensi yang luar biasa.

Baca :  8 Cara Mudah Dapatkan Tiket Pesawat Murah

7. Jualan pernak pernik bernuansa muslim

Seringkali seseorang yang datang dari kota ke kampung menginginkan untuk memberi oleh oleh kepada mereka yang berada dikampung. Tapi tak semua oleh oleh itu patut atau cocok diberikan. Misalnya oleh oleh berupa makanan seperti kue kering, itu sudah sangat biasa, selain itu makanan pasti dikampung pun ada.

Nah maka dari itu, anda bisa menjual berbagai oleh oleh selain berupa makanan. Apapun itu yang berbau muslim akan sangat cocok diberikan ke mereka yang ada dikampung. Terlebih jika memiliki nilai guna disamping nilai estetis yang dimiliki.

Untuk menjalankan usaha di bulan puasa satu ini, anda bisa membuat produk sendiri ataupun dengan menjadi reseller dari pihak lain. Yang penting ketepatan pemilihan produk akan sangat mempengaruhi kuantitas penjualan produk itu sendiri.

Untuk penjualannya sendiri saya kira tidak begitu sulit. Cukup gunakan media sosial dan targetkan kota kota besar seperti Jakarta. Dengan mengiklankan produk di media sosial bisa menjangkau audiens yang tepat. Jadi peluang untuk terjual pun lebih tinggi.

Walau usaha di bulan puasa ini sangat potensial, bukan tidak mungkin jika produk ini akan laris dijual dibulan lain. Jadi jika anda tertarik menggeluti bidang ini, maka tekuni dan terus kembangkan usahanya. Siapa tahu suatu saat akan menjadi besar bahkan mencukupi kebutuhan ekspor, terlebih orang luar negeri sangat menyukai produk kerajinan tangan yang unik.

8. Penyewaan Kendaraan

Banyak orang yang ingin pulang kampung satu keluarga tapi mereka tidak memiliki mobil pribadi sendiri. Mau naik kendaraan umum banyak yang mengatakan tidak aman, sesak, dan tidak nyaman saat bawa banyak barang. Maka dari itu, menyewa kendaraan adalah pilihan sebagian besar orang.

Dibalik itu, anda bisa memanfaatkanya untuk menyediakan jasa rental kendaraan. Namun tentunya anda harus punya kendaraan sendiri. Untuk harganya ditentukan berdasarkan hari, misal mereka meminjam selama seminggu, maka hitungannya tinggal perhari kali seminggu berapa. Misal sehari anda ambil 1 juta, maka anda mendapatakn 6 juta atau 7 juta dalam seminggu. Menguntungkan bukan daripada mobil anda nganggur tidak digunakan untuk pulang kampung.

Namun anda harus selektif dalam menyewakan mobil tersebut. Jangan sampai ada orang yang tidak memiliki identitas lengkap atau orang yang tidak ahli nyetir menyewa kendaraan anda. Itu bisa jadi masalah besar. Untuk itu, perlu adanya syarat dan ketentuan yang harus disetujui penyewa kendaraan agar kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan.

9. Jasa / Penyalur jasa perbaikan dan perawatan rumah

Saat mau lebaran, kegiatan bersih bersih rumah merupakan hal yang biasa dilakukan. Namun kadangkala, entah itu karena tidak punya waktu atau karena malas mereka jadi tidak melakukan hal tersebut. Mereka membiarkan rumah mereka kumuh saat lebaran.

Jika anda punya ide, maka anda biasa menyiasati hal ini dengan menyediakan jasa renovasi atau perawatan rumah. Contoh jasa yang bisa didapatkan meliputi mengecat, memperbaiki atap rumah yang bocor, menata rapi bagian rumah baik eksternal ataupaun internal. Yang pasti usaha di bulan puasa satu ini begitu banyak dibutuhkan banyak orang.

Penutup

Ingat, usaha apapun itu butuh yang namanya tekad, keberanian dan kemauan yang kuat. Tanpa itu semua ini hanya sia sia. Tanpa “memulai”, usaha apapun tak akan bisa tercapai. Jadi berbagai referensi usaha diatas pun tidak akan bisa terwujud dan selamanya hanya sebuah bacaan yang tak berguna jika anda tidak segera mempraktikannya mulai dari saat ini.

Maka dari itu, alangkah baiknya setelah anda membaca berbagai referensi bacaan diatas adalah dengan memilih yang paling cocok dengan diri anda. Setelah itu tinggal take action dengan modal secukupnya baik modal dari dalam diri ataupun modal materiil.

Itulah pembahasan mengenai macam macam usaha di bulan puasa yang pasti laris karena melihat perkembangan dari tahun ke tahun memang peluang bisnis tersebut begitu menghasilkan. Semoga hal tersebut memerikan manfaat bagi diri anda semua. Jangan lupa untuk share artikel ini jika anda peduli teman anda untuk mengetahui akan informasi ini. Terima kasih.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

One Comment

  1. Wah bisa jadi ide buat buka usaha nih.. Selain tetap bisa beribadah sekalian nyari rezeki di bulan yang penuh berkah ini. Satu tambahan bang jualan pakaian selain bju muslim pun cocok buat lebaran karena gak semua orang mampu beli di toko yang harganya relatif mahal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close