Dunia Internet

16 Makanan Anti Penuaan untuk Tubuh Bugar dan Awet Muda

Makanan Anti Penuaan – Makanan-makanan ini mengandung vitamin, anti-oksidan, dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan kulit. Sehingga makanan ini akan membuat kulit sehat, cerah, dan cantik alami dari dalam.

Anti aging (anti penuaan) bisa berarti tampak lebih muda, tubuh lebih sehat, dan hidup lebih lama. Penuaan bisa ditunda secara alami dengan menjalani gaya hidup sehat, cukup tidur, olahraga teratur, dan makan makanan sehat.

Baca jugaPerlu Anda tau, Inilah Rahasia Bahagia di Usia Senja

16 Makanan yang Akan Membuat Kulit jadi Sehat dan Awet Muda

1. Brokoli

Dilansir dari majalah Forbes1), brokoli mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, sulforaphane2) dan anti-radang. Brokoli mendetok organ tubuh dari dalam, jadi organ tubuh dan kulit terjaga kebersihannya.

Brokoli juga mengandung lignans yang membantu menjauhkan kanker, membantu mencegah penyakit jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan otak.

Dengan semua kandungan manfaat kesehatan tersebut, brokoli adalah makanan penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

2. Biji-bijian

Makanan Anti Penuaan
Chia seed

Biji labu, biji bunga matahari, chia seed, flax seed, dan biji rami, kaya akan nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Biji-bijian mengandung banyak vitamin E dan selenium yang membuat kulit tampak lebih cerah.

Biji-bijian juga tinggi akan omega-3, omega 6, anti-oksidan yang kuat, dan protein untuk melindungi kulit dari kerusakan.

Loading...

Kita tidak perlu memakan semua jenis biji-bijian yang ada. Cukup pilih jenis biji-bijian yang disuka, masukkan ke dalam menu makan sehari-hari, dan nikmatilah hasilnya: kulit sehat dan cantik alami.

3. Buah berry

Buah berry, seperti stroberi, blackberry, blueberry, cranberry, goji berry, dan raspberry, mengandung banyak vitamin C yang dibutuhkan untuk produksi kolagen.

Buah berry juga mengandung anti-oksidan tinggi yang bisa melawan radikal bebas dari polusi dan sinar UV.

Tidak harus memakan semua jenis buah berry, pilih saja jenis buah berry yang disuka. Tapi buah berry dengan warna lebih gelap lebih baik, karena mengandung lebih banyak anti-oksidan dan lebih banyak vitamin C.

4. Ikan salmon

Makanan Anti Penuaan

Asam lemak omega-3 dalam salmon adalah agen anti-inflamasi yang penting untuk tubuh, dan bisa mengurangi gejala berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang berlebihan.

Salmon juga adalah sumber protein yang membantu membentuk otot agar tubuh terasa lebih baik, tampak lebih baik, dan memiliki berat yang lebih sehat.

Ikan salmon tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Dan para peneliti3) menyebutkan bahwa makan ikan salmon dua kali seminggu bisa melindungi kulit dari penyakit kanker.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti almond, kacang tanah, kenari, mete, hazelnut, dan kacang pinus, kaya akan vitamin E, asam lemak omega-3, selenium, dan zinc.

Selenium adalah jenis anti-oksidan yang mengandung banyak mineral. Maka berbagai jenis kacang ini melindungi kulit dari kerusakan sel dan meningkatkan kadar kolagen untuk menjaga kekencangan kulit.

Kacang-kacangan juga mengandung banyak serat yang membuat usus besar bekerja dengan baik. Usus besar memiliki peran penting untuk membuang kotoran dan membersihkan tubuh dari racun.

6. Kubis

Kubis membantu liver dengan cara membersihkan liver, dan menurunkan kadar kolesterol. Makan kubis setiap hari akan melancarkan sistem pencernaan serta memudahkan proses pembuangan kotoran dan racun dari dalam tubuh.

Kubis juga membuat organ dalam tubuh (seperti liver dan usus) serta organ luar (seperti kulit) menjadi bersih dan lebih sehat.

7. Minyak zaitun

Makanan Anti Penuaan

Minyak zaitun adalah penyedia lemak sehat, dan dari semua manfaat kesehatan minyak zaitun, mungkin belum banyak yang tahu bahwa minyak zaitun bisa membantu proses detoksifikasi tubuh.

Minyak zaitun bisa membersihkan liver dan menghilangkan batu empedu. Liver yang bersih akan menghasilkan organ tubuh yang lebih sehat dan kulit yang lebih cerah.

Pilih minyak zaitun murni jenis virgin olive oil, atau extra virgin olive oil, dan makan makan minyak zaitun tanpa dimasak. Bisa langsung minum satu sendok minyak zaitun, atau campur minyak zaitun dengan makanan lain.

8. Tahu

Kulit kehilangan keelastisannya seiring dengan pertambahan usia, artinya kulit akan semakin kendur dan keriput saat makin tua, karena kadar kolagen dalam tubuh semakin lama akan semakin berkurang.

Tahu (yang dikenal sebagai makanan murah meriah di Indonesia) mampu memperlambat pelepasan kolagen dan menjaga kulit tetap elastis. Hal ini berkat kandungan protein, kalsium, dan vitamin E dalam tahu.

9. Madu

Glucose oxidase dalam madu bisa mengeluarkan bakteri berbahaya dari tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membersihkan tubuh dari dalam. Pilihlah madu asli agar tubuh memperoleh manfaat terbaik dari madu.

10. Yogurt

Makanan Anti Penuaan

Yogurt tidak hanya memiliki banyak kalsium, tapi juga kaya akan riboflavin, vitamin B6, vitamin B12, dan protein. Untuk manfaat terbaiknya, pilih plain yogurt atau greek yogurt atau yogurt tanpa perasa dan tanpa pewarna.

Plain yogurt mengandung probiotik yang membantu membersihkan usus. Usus bersih penting untuk kebersihan kulit. Dan yogurt dengan tambahan susu bisa menyebabkan breakouts pada kulit, seperti jerawat dan kemerahan.

11. Apel

Apel kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu mencegah demam, flu, dan penyakit lainnya.

Apel juga tinggi serat yang menjaga sistem pencernaan tetap berjalan, agar tubuh tetap tampil baik dan merasa baik di segala usia.

12. Alpukat

Oleic acid dalam alpukat adalah anti-oksidan yang efektif mencegah kanker, dan memiliki manfaat anti-aging. Nutrisi lain dari alpukat yang memberi manfaat anti-aging adalah lemak sehat, potasium, dan serat.

13. Bayam

Bayam mengandung serat, protein, potasium, vitamin, mineral, dan phytonutrients yang menjaga kondisi tubuh tetap baik. Bayam juga sumber anti-oksidan yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

14. Tomat

Tomat adalah sumber utama lycopene. Dan lycopene dianggap sebagai rajanya anti-oksidan karena terbukti bisa menjaga kesehatan jantung, menjauhkan kanker, juga sangat efektif untuk kesehatan kulit.

Masak tomat terlebih dahulu untuk menghasilkan lebih banyak lycopene, atau makan tomat kering untuk memperoleh lycopene paling banyak.

15. Almond

Makanan Anti Penuaan

Almond mengandung lemak sehat polyunsaturated dan monounsaturated yang dibutuhkan tubuh setiap hari, juga mengandung banyak vitamin E yang menjaga rambut dan kulit awet muda.

Untuk hasil terbaik, makan almond mentah setiap hari, bukan almond panggang apalagi almond asin.

16. Teh

Teh juga bisa dijadikan sebagai makanan, kan? Diminum sebagai air teh, dicampur dengan makanan, atau sebagai pemberi rasa pada kue, sama baiknya.

Teh penuh dengan anti-oksidan termasuk oligomeric proanthocyanidins (OPCs). OPCs bermanfaat mengatasi kerusakan dalam tubuh, melindungi kulit dari radikal bebas, dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV.

Bahkan, sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa orang yang rutin minum teh hijau memiliki resiko lebih kecil terkena penyakit kanker kulit.

Dan penelitian lain menunjukkan bahwa peppermint tea mampu menormalkan kadar hormon4) yang berpengaruh pada kesehatan kulit.

Jalani hidup sehat dengan istirahat cukup, olahraga teratur, dan makan makanan sehat. Maka anda bisa menghambat penuaan dini, serta memiliki tubuh sehat, bugar, dan cantik.

Referensi:

1) http://www.forbes.com/sites/juliewilcox/2012/07/01/health-benefits-of-broccoli/

2) http://en.wikipedia.org/wiki/Sulforaphane

3) http://www.qmul.ac.uk/media/news/items/smd/110592.html

4) http://www.organicauthority.com/health/5-fantastic-health-benefits-of-peppermint-tea.html



Loading...

Baca selengkapnya

Reha Wijaya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *