Internet

Malas Bersih-bersih Rumah? Begini Cara Mudah untuk Merawat Rumah

Rumah merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi setiap orang apabila ingin kehidupannya berjalan secara normal. Rumah sendiri bisa dimiliki dengan dua cara, yaitu membeli atau menyewanya.

Untuk saat ini sendiri, kebanyakan masyarakat lebih memilih untuk menyewa rumah mengingat untuk membeli sebuah rumah membutuhkan dana yang besar. Oleh karena itu, apabila Anda sudah memiliki rumah, maka Anda wajib untuk selalu bersyukur.

Bersyukur dengan Cara Merawat Rumah

Salah satu bentuk syukur ketika sudah memiliki rumah adalah dengan merawat rumah itu sendiri. Merawat rumah berarti menjaga, memelihara, dan mengurus rumah dengan sebaik mungkin. Dan salah satu cara untuk merawat rumah adalah dengan rutin membersihkannya.

Terkait urusan bersih-bersih ini, harusnya tidak diserahkan kepada pembantu saja, karena sang pemilik rumah juga harus sadar diri akan kebersihan rumah yang ditempatinya, sehingga ketika pembantu mengajukan cuti, rumah akan tetap terawat.

Dengan selalu bersihnya rumah, maka suasana nyaman akan terwujud. Dan ketika suasana nyaman terwujud, maka aura positif pun akan muncul di dalam rumah yang kemudian memberikan efek yang luar biasa bagi seluruh anggota keluarga.

Cara Mudah untuk Merawat Rumah

Ada banyak cara untuk merawat rumah yang bisa dilakukan, dan berikut ini beberapa cara untuk merawat rumah agar rumah selalu bersih dan rapi.

1. Letakkan Barang pada Tempatnya

Salah satu kebiasaan buruk yang menyebabkan rumah cepat kotor adalah meletakkan barang-barang sembarangan. Jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan, rumah tidak hanya cepat kotor, namun ketika ingin membersihkan pun juga membutuhkan waktu yang lama.

Selain memudahkan diri ketika ingin bersih-bersih rumah, ketika barang tersebut dibutuhkan pun, Anda tidak perlu bingung mencarinya, karena barang tersebut sudah berada di tempatnya masing-masing.

2. Lakukan Hal Sederhana Sesering Mungkin

Ada banyak hal sederhana yang bisa Anda lakukan ketika berada di rumah, di antaranya adalah mencuci piring setelah makan, meletakkan baju kotor di keranjang cucian, hingga mengembalikan buku di rak buku.

Dengan melakukan hal tersebut, rumah akan selalu bersih dan rapi, karena tidak ada barang-barang yang menumpuk sehingga ketika ingin bersih-bersih pun bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus memakan waktu berjam-jam.

3. Buang Barang yang Tidak Dibutuhkan

Salah satu kebiasaan buruk yang hampir dimiliki oleh kebanyakan orang adalah menyimpan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Padahal, barang-barang yang menumpuk ini bisa mendatangkan nyamuk, kecoa, hingga tikus.

Oleh karena itu, apabila di rumah Anda ada barang yang tidak dibutuhkan, maka silakan Anda membuangnya. Maksud membuang di sini bisa diberikan kepada orang lain yang membutuhkan atau dijual di tukang rosok.

4. Ajak Anggota Keluarga untuk Bersih-bersih

Bersih-bersih rumah merupakan pekerjaan yang cukup melelahkan. Oleh karena itu, ajaklah anggota keluarga untuk melakukannya, terutama anak-anak. Dengan mengajak anggota keluarga, maka pekerjaan pun akan cepat selesai.

Selain mempercepat pekerjaan, bersih-bersih rumah dengan anggota keluarga juga mengajarkan mereka akan tanggung jawab terhadap kebersihan. Jadi selain rumah menjadi bersih, anggota keluarga pun juga semakin sadar akan pentingnya kebersihan.

5. Gunakan Dua Keset

Untuk mendapatkan rumah yang selalu bersih, Anda bisa menempatkan dua keset pada ruangan yang sering digunakan untuk keluar masuk, seperti pintu keluar rumah, pintu kamar mandi, hingga pintu kamar.

Dengan menempatkan dua keset, resiko kotoran menempel di lantai bisa dihindari. Selain berfungsi untuk menjaring kotoran, keberadaan keset juga mampu membuat rumah lebih indah dan terlihat rapi.

Cara mudah untuk merawat rumah yang sudah disebutkan harus Anda praktikkan, khususnya ketika pembantu sedang tidak berada di rumah karena izin cuti. Dengan menerapkan beberapa cara yang sudah disebutkan, aktivitas bersih-bersih rumah tidak akan memberatkan.

Share
Leo Setiawan

Cek Harga Smartphone Terbaru