Internet

Malware Judy, Ancaman Baru Untuk Smartphone Berbasis Android

Malware Judy – Setelah sebelumnya heboh akan serangan Ransomware WannaCry, kali ini para pengguna android harus berhati-hati dengan serangan baru yang bernama Judy.

Apa itu Judy? untuk mengenal apa itu Judy, silahkan teman-teman sekalian membaca ulasan ringkasnya pada artikel dibawah ini.

Malware Judy, Apa Itu?

malware judy
Malware Judy | indianexpress.com

 

Sebagaimana yang dilansir dari situs Huffington Post, bahwasanya Checkpoint Security telah melakukan penelitian dan menemukan kurang lebih 36,5 juta perangkat android menderita serangan malware Judy.

Lalu, apakah malware Judy itu?

Adalah sebuah game anak-anak (memasak) yang terdapat di Google Play. Sayangnya, game yang sangat bagus ini berhasil diretas oleh para hacker yang kemudian digunakan untuk melakukan klik otomatis terhadap iklan Google.

Jadi, apabila game ini terpasang di smartphone kita, maka akan secara otomatis melakukan klik terhadap iklan Google yang pendapatannya akan langsung mengalir ke kantong sang hacker.

Apakah Berbahaya?

Jika ditanya bahaya atau tidak, maka jawabannya tentu berbahaya. Setiap malware yang masuk ke dalam perangkat smartphone pastinya akan merusak, mencuri data penting yang kemudian akan dikirimkan kepada sang pembuat malware (hacker).

Google sendiri dikabarkan sudah melakukan proses pemindaian, namun meskipun begitu kita harus tetap waspada karena serangan cyber akan selalu ada.

Cara Menghindari Judy

Cara paling efektif untuk menghindari atau mengamankan android kita dari Judy adalah dengan berhati-hati dalam mendownload aplikasi yang kurang familiar. Selain itu, kita juga harus mengecek, apakah game asal Korea Selatan itu terpasang di gadget kita.

Dan apabila sudah terjangkiti, maka yang harus dilakukan adalah melakukan pemformatan ulang agar smartphone berfungsi seperti semula.

Awas! Malware Ini Lebih Berbahaya Dibanding WannaCry

Kesimpulan

Intinya adalah apabila ingin android kita aman dari serangan cyber, usahakan untuk tidak mengunduh aplikasi atau software secara sembarangan.

Selain itu, pastikan smartphone yang kita gunakan memiliki antivirus. Dan yang harus diingat adalah jangan melakukan atau sering bertransaksi melalui smartphone agar data-data penting kita tidak dicuri.

Semoga artikel ringkas mengenai “Malware Judy” ini, dapat memberikan manfaat untuk saya pribadi dan teman-teman sekalian. Ingat, kita harus berhati-hati dalam menggunakan internet.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close