Tekno

Manfaat Bermain COC dalam Berbagai Aspek Kehidupan

COC atau Clash of Clans merupakan salah satu game tersukses yang mampu menarik perhatian para penggunanya. Bahkan, hingga kini masih terus dimainkan. Terbukti dengan banyaknya bermunculan akun-akun baru dengan TH (Town Hall) yang masih berada di level-level rendah.

Game bergenre strategi besutan Supercell ini memang memiliki keasyikan tersendiri dalam memainkannya. Karena di dalamnya terdapat berbagai manfaat positif yang tanpa kita sadari melekat pada game ini, diantaranya:

1. Strategi

Manfaat pertama yang kita rasakan ketika memainkan game ini adalah belajar tentang apa itu strategi. Dimana kita akan ditantang untuk menemukan strategi penyerangan dan pertahanan terbaik.

Baik.. Saya jelaskan sedikit, strategi penyerangan disini maksudnya adalah teknik yang akan kita gunakan untuk melawan dan menghabisi base-base lawan, baik ketika sedang mengikuti Clan War atau ketika sedang attack untuk melakukan loot (berburu Gold, Elixir, dan Dark Elixir).

Sedangkan strategi pertahanan adalah teknik yang akan kita gunakan untuk bertahan dari serangan lawan dengan cara membangun base dengan mengolaborasikan antara defense (senjata pertahanan) dan Wall (tembok) dengan tepat.

2. Seni Desain

Nah, ini masih ada hubungannya dengan poin pertama tadi. Yakni mengolaborasikan antara defense dengan wall menjadi sebuah base yang kuat dan tidak mudah ditembus.

Tapi, selain itu kreativitas kita juga akan diasah disini. Bagi agan-agan yang jago desain, dapat membuat kreasi base seunik mungkin mengikuti darah seni yang mengalir di jiwa dan raga agan.. aseekkk.

Base yang pernah saya jumpai diantaranya base dengan desain tengkorak, love, logo batman, meja dan kursi, handphone, peta indonesia, dan bahkan ada yang membuat namanya sendiri dan nama pacarnya disana.. ini alay banget sumpah.

Loading...

3. Matematika

Matematika… Haha, jangan takut dulu dengan yang satu ini gan. Ketahuan nih yang paling anti sama pelajaran yang satu ini 😀

Hehe.. Oke, begini gan. Secara tidak langsung ketika kita memainkan COC, kita memang dituntut memiliki hitung-hitungan yang baik. Misalnya nih, ketika kita akan mengikuti Clan War biasanya kita akan menentukan pasukan apa saja yang akan kita gunakan untuk menyerang. Tentunya pasukan tersebut harus disesuaikan dengan kapasitas Army Camp kita. Nah, disinilah proses hitung-hitungan akan dimulai.

Menurut saya pada tahap ini cocok buat adik-adik kita yang sedang belajar menghitung, karena secara tidak langsung, mau tidak mau, pasti mereka akan belajar menghitung sambil bermain. Dan bagi kita yang sudah pada gede, pastinya juga akan melancarkan hitung-hitungan kita. Termasuk menghitung seberapa jauh jarak kita dengan jodoh kita.. hiks.. ketahuan deh.

4. Sosiologi

Dari aspek sosiologi, manfaat yang kita dapatkan adalah kita belajar bersosialisasi dengan orang lain. Ini akan kita dapat setelah kita bergabung dengan sebuah Clan.

Di dalam sebuah clan, kita akan menemukan beragam etnis dan suku dengan budaya yang berbeda tentunya. Nah, disinilah kita dituntut untuk dapat menyesuaikan diri untuk dapat hidup rukun dan damai di dalam sebuah clan demi tercapainya visi dan misi clan yang lebih baik. Saling bantu-membantu (donasi), sharing, diskusi, asal jangan curcol aja deh.. hehe.

5.Keamanan

coc
Source image: www.clashofclans.com

Ini adalah aspek yang paling berat menurut saya. Mempelajari sebuah keamanan yang baik itu ternyata tidak mudah. Bagaimanapun kita berusaha membuat base dan pertahanan yang menurut kita paling baik dan paling kuat, namun nyatanya masih saja bisa ditembus dan kita selalu kecolongan Gold, Elixir, ataupun Dark Elixir.

Hingga saya berpikir bahwa tidak ada yang namanya pertahanan terbaik, sebab selalu saja bisa ditembus dan dihancurkan oleh lawan. Yaaah.. Setidaknya kita pernah berjuang.

6. Ekonomi

Melihat antusias publik terhadap game ini tentu menjadi peluang bisnis tersendiri bagi agan-agan yang memiliki jiwa enterpreneur, yakni menjual akun COC nya kepada calon pemain yang tidak ingin menunggu lama untuk memainkan game ini hingga mencapai level yang tinggi. Untuk satu akun COC dengan TH level tinggi bisa dihargai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ada yang sudah pernah jual akun COC disini?

7. Leadership

Satu hal penting yang bisa kita dapatkan dalam memainkan game ini adalah mengasah jiwa kepemimpinan kita. Hal itu akan kita dapatkan jika kita menjadi seorang Leader di dalam sebuah Clan.

Kita bisa belajar menjadi seorang pemimpin yang bijak, arif, berwibawa, pekerja keras, dan bertanggungjawab. Yang mana sifat-sifat akan kita implementasikan untuk mengatur para anggota demi tercapainya sebuah clan yang aman, damai, makmur, dan sejahtera.. hehe.

Referensi lain : Begini Caranya Main Multi Akun Clash of Clans Pada iOS

Akhir Kata

Bagimanapun juga sebuah game memiliki sisi positif dan negatif. Kita harus mampu menyeleksi game mana yang baik untuk kita dan mana yang bukan. Apalagi jika posisi kita sebagai orang tua, kita wajib mengawasi sejauh mana anak kita larut dalam gadget mereka. Gadget tidak membuat mereka semakin bodoh, justru akan membuat mereka semakin pintar jika tahu caranya.

Info terbaru : Akhirnya Pokemon Go Resmi Rilis di Beberapa Negara Asia, Termasuk Indonesia!!!

Sekian dari saya, silakan komen dengan baik di bawah jika agan ingin menambahkan. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *