Dunia Internet

5 Manfaat Bermain Game untuk Kesehatan, Bukan Sekadar Main-main

Mungkin masih belum banyak yang percaya perihal adanya manfaat bermain game untuk kesehatan. Padahal menurut sebuah studi dari tim peneliti University of Utah, Amerika Serikat, telah membuktikan dampak positif dari bermain game ini.

Bermain game secara berlebihan memang bukanlah sesuatu yang baik. Bahkan sudah ada banyak kasus kematian akibat bermain game. Namun, apabila bermain game dilakukan dengan wajar, ada banyak dampal positif yang bisa didapatkan.

Baca juga: Suka Main Game? Streaming Di 3 Aplikasi Ini Dan Dapatkan Jutaan Rupiah!

Manfaat Bermain Game untuk Kesehatan, Bukan Sekadar Main-main

Pada era saat ini, banyak orang yang mendapatkan penghasilan dari bermain game. Bisa jadi youtuber atau bahkan jadi atlet eSports profesional. Selain itu, bermain game ternyata juga memiliki dampak positif dari segi medis. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan kemampuan memecahkan suatu masalah

Manfaat Bermain Game untuk Kesehatan

Setiap game tentunya memiliki misi yang harus diselesaikan. Dan sebagai pemain, tentunya harus memiliki obsesi untuk menyelesaikan setiap misi atau masalah tersebut.

Menurut para ahli, hal tersebut ternyata bisa ikut terbawa ketika menjalani kehidupan di dunia nyata. Kemampuan memecahkan setiap masalah di dalam game bisa membuat kita terlatih untuk menghadapi berbagai masalah kita sehari-hari.

Selain itu, bermain game, terutama game-game strategi, juga dinilai mampu membuat seseorang menjadi lebih kreatif.

2. Meningkatkan semangat hidup bagi penderita kanker

Manfaat Bermain Game untuk Kesehatan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Departemen Kedokteran Anak di Univesity of Utah, bermain game bisa membuat anak-anak pasien kanker memiliki semangat hidup yang meningkat.

Sebelumnya, mereka telah melakukan percobaan dengan memberi kesempatan kepada setiap pasien untuk bermain game yang sudah disiapkan khusus bagi mereka. Game tersebut adalah game yang hanya membutuhkan gerakan fisik ringan, seperti game pada Nintendo Wii.

Hasilnya, semangat hidup dari para pasien anak tersebut semakin meningkat dan membuat mereka termotivasi untuk terus berjuang melawan penyakit yang diderita.

3. Menyembuhkan penyakit asma dan kelainan saraf motorik

Manfaat Bermain Game untuk Kesehatan

Selain dapat membuat semangat hidup anak penderita kanker, bermain game dengan gerakan fisik ternyata juga mampu menyembuhkan penyakit lainnya. Di antara penyakit tersebut adalah asma, kelainan saraf motorik dan obesitas.

Sebuah studi menunjukkan bahwa penyakit-penyakit tersebut perlahan mulai hilang setelah pasien mendapatkan terapi menggunakan game motorik dengan aktivitas fisik.

Menurut peneliti dari Univesity of Utah, game motorik bisa membuat pasien mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih sehat.

4. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Setiap bermain game, pasti dibutuhkan konsentrasi dan fokus untuk menyelesaikan misi atau mengalahkan lawan. Misal saja ketika bermain game seperti Battle Royale, kita tentu harus mewaspadai kalau tiba-tiba ada musuh yang muncul.

Kalau secara kita intensif kita melakukan hal tersebut, tentu akan melatih kita untuk berkonsentrasi terhadap pekerjaan atau tugas kita.

5. Mengatasi depresi

Menurut sebuah studi dari Grzegprz Bulaj, profesor pengobatan kimia dari Univesity of Utah, bermain game mampu untuk melepaskan hormon dopamin di dalam otak.

Ketika hormon tersebut dilepaskan dalam jumlah yang pas, suasanan hati seseorang akan semakin meningkat. Sehingga akan muncul perasaan lebih bahagian dari orang tersebut.

Dengan bermain game, sistem saraf parasimpatik akan teraktivasi dan membuat ketegangan akibat stres juga akan menurun. Game-game sederhana semisal Angry Birds terbukti dapat mengatasi depresi dan meningkatkan suasanan hati seseorang.

Jadi, kalau kamu lagi galau, mungkin bisa mencoba bermain game-game sederhana dan mudah untuk menghilangkan kesedihan kamu. Jangan langsung bermain game yang sulit-sulit, bisa-bisa kamu malah semakin depresi.

Nah, itulah penjelasan 5 manfaat bermain game untuk kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui. Gimana? Kamu sukanya main game apa, nih? Tapi ingat, kalau main tetap harus ingat waktu dan tanggung jawab, ya!


Loading...

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close