keuntungan internet marketing

Manfaat Dan Hasil yang Didapatkan dari Internet Marketing

Ada beberapa kelebihan internet marketing , manfaat dan hasil yang didapatkan cukup menggiurkan. Apalagi cara menjalankannya sangat mudah dan tidak membutuhkan modal besar. Internet marketing sendiri adalah cara memasarkan produk baik berupa barang maupun jasa secara online.

Cara pemasaran online berbeda dengan pemasaran offline yang mengharuskan tatap muka antara penjual dan pembeli. Kelebihan internet marketing adalah tidak terbatas ruang dan waktu. Kegiatan jual beli dapat berlangsung dalam waktu 24 jam. Jangkauannya juga lebih luas, sehingga perkembangan bisnis lebih cepat terlihat.

Selain itu, internet marketing menawarkan risiko yang kecil, keuntungan besar, dan kebebasan waktu. Masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang didapat dari internet marketing. Itu sebabnya banyak yang tertarik terjun ke dunia internet marketing.

Kelebihan Internet Marketing

1. Biaya pemasaran online lebih murah, bahkan bisa gratis.

Cara berpromosinya lebih fokus dan sesuai sasaran. Ada dua metode beriklan di internet, yaitu dengan membayar per tampil (Pay Per Impression) dan membayar per klik (Pay Per Click).

2. Jangkauan target pasar lebih luas.

Karena bisa mencapai seluruh dunia, apalagi dengan berpromosi melalui sosial media yang dapat menjadi viral dalam waktu sekejap.

3. Konsumen juga diuntungkan karena lebih praktis dalam berbelanja. Orang tidak perlu lagi keluar rumah untuk berbelanja, barang diantar sampai tujuan.

Loading...

4. Pembeli bisa menelusuri produk yang diminati dengan membandingkan, dan memilih produk sesuai keinginan dengan lebih mudah dan cepat.

5. Melalui internet marketing, pengusaha berkesempatan menarik konsumen lebih cepat.

6. Internet marketer lebih mudah mengukur statistik pemasaran melalui promosi. Semua jejak di internet bisa ditelusuri, diukur dan diuji.

7. Menghasilkan keuntungan dalam waktu cepat, karena sistem pemasaran yang efektif dan efisien. Pengusaha juga lebih mudah memberikan harga murah, karena ongkos produksi dapat dipangkas.

Kekurangan dari Internet Marketing

  • Selain kelebihan internet marketing, ada juga kelemahan dari sistem ini. Dari sisi pembeli, tidak dapat menyentuh, mencium, dan melihat langsung produk yang akan dibeli. Itu sebabnya untuk menjaga kepercayaan, penjual perlu memberikan garansi atas produk yang dijual.
  • Sedangkan, dari sisi penjual kekurangan dari sistem online adalah pembeli bisa sesuka hati membatalkan orderan. Risiko ini memang banyak dialami marketer online dan tentu saja merugikan pengusaha.

Meskipun demikian, internet marketing terus bertambah setiap harinya karena merupakan model pemasaran yang menjanjikan.

Baca : 7 Keuntungan Internet Marketing Dalam Bisnis

Metode pemasaran ini memiliki peluang bagus dan mampu menggeser pekerjaan-pekerjaan yang sudah ada. Artinya pasar internet semakin hari semakin luas dan tidak terbatas, tidak ada istilah ‘krisis global’ dalam dunia internet marketing.

Apabila Anda sudah menguasai ilmu internet marketing, Anda bisa menjual apa saja, ke mana saja, dan kapan saja ada mau tanpa harus keluar rumah. Apalagi di tahun-tahun mendatang teknologi akan menggantikan tenaga manusia. Maka orang yang menguasai ilmu teknologi akan tampil sebagai pemenang.

Menjual dengan Internet Marketing

Seiring dengan membesarnya pangsa pasar internet, terjadi perkembangan internet marketing dengan berbagai bentuk sesuai kebutuhan pemasaran. Bentuk pemasaran tersebut berupa penjualan produk hasil buatan sendiri atau orang lain, membuat toko online, menciptakan market place.

Bahkan sekarang memungkinkan menjual produk-produk yang belum pernah ada, seperti jasa SEO, penjualan konten artikel, investasi saham dan mata uang asing dengan modal kecil, dan sebagainya.

Saat ini, internet marketing merupakan lahan bisnis potensial yang bisa dijalankan siapa saja untuk meraup untung. Secara tidak langsung internet marketing membantu masyarakat terlepas dari garis kemiskinan. Sudah tidak terhitung bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) yang terbantu dalam hal pemasaran melalui internet.

Untuk menjual dengan cara internet marketing diperlukan beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu :

Pertama Anda harus mencari hot market

Yaitu mencari produk yang sedang dicari masyarakat baik berupa barang atau jasa. Anda bisa melihatnya dari tren yang sedang terjadi di masyarakat. Dalam satu waktu mungkin terdapat beberapa item yang sedang tren. Tapi jika ingin sukses cukup fokus pada satu produk dan kembangkan.

Membuat website atau blog

Sebelum membuat tempat jualan ini, perlu diketahui dulu siapa yang menjadi target pengunjung website Anda dan berpotensi menjadi konsumen. Dengan mengetahui target sasaran akan memudahkan dalam menggunakan hosting serta domain. Hal ini akan menentukan tingkat kecepatan dan efisiensi waktu website tersebut.

Setelah melakukan dua langkah tersebut, selanjutnya membuat orang mengunjungi website yang telah dibuat. Caranya dengan membuat website Anda mudah ditemukan pengguna internet melalui mesin pencari Google.

Menggunakan teknik  optimasi SEO

Strategi internet marketing perlu disesuaikan dengan perilaku target sasaran pemasaran. Misalnya pengguna internet internasional selalu mencari tahu informasi pertama dari mesin pencari Google untuk setiap hal yang dibutuhkan.

Oleh sebab itu, seorang marketer harus menggunakan cara berpikir pengunjung website-nya untuk memaksimalkan hasil yang didapatkan dari internet marketing.


Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *