Ulasan Bisnis

Manfaat Mengikuti Pelatihan Bisnis Untuk Perkembangan Bisnis Anda

Dalam artikel kali ini saya akan membagikan sedikit ulasan saya mengenai manfaat pelatihan bisnis. Tulisan ini didasari pada satu kenyataan banyaknya para pelaku usaha yang gagal dalam menjalankan bisnisnya. Bisnis itu ibarat dua bilah sisi mata uang bagi para pelakunya. Kadang menguntungkan terkadang juga sering mengakibatkan kerugian. Tapi hal ini tidak menyurutkan niat para pelaku bisnis baru setiap harinya yang semakin banyak jumlahnya.

Hal tersebut tentu ada alasannya kenapa bisnis kian hari kian banyak digeluti. Saat ini, dunia bisnis menjadi salah satu bidang yang semakin diminati sebagai sumber penghasilan. Baik bisnis dalam skala besar maupun kecil, saat ini jumlah angka pertumbuhannya melonjak cukup signifikan.

Tapi seperti yang saya utarakan di atas, bisnis tidak selalu menguntungkan, sehingga tidak sedikit dari mereka yang terjun ke dunia bisnis yang gagal kemudian hilang dengan cepat entah kemana.

Mayoritas mereka yang gagal itu adalah mereka para pelaku bisnis pemula yang masih minim pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola bisnis mereka.

Takut gagal inilah yang kemudian menjadi faktor penghambat utama bagi para pemula untuk terjun ke dunia bisnis. Mungkin sebagian dari kita sering beranggapan bahwa kesuksesan bisnis ditentukan oleh bakat.

Hal ini tidak sepenuhnya benar, meskipun bakat juga ikut andil dalam sebuah kesuksesan tetapi nilainya hanya 20% selebihnya adalah bagaimana seseorang bersikap dengan bisnisnya.

Pada dasarnya suatu bisnis yang sukses merupakan gabungan antara kreatifitas dan perencanaan yang matang.

Oleh karena itu, itu bisnis sama dengan pelajaran di sekolah yang bisa dipelajari dan dipraktekkan oleh siapa saja yang punya kemauan dan menjalankannya dengan tepat.

Manfaat pelatihan bisnis untuk kemajuan bisnis anda

Melihat fakta semakin menjamurnya para pelaku bisnis baru ternyata dibarengi dengan munculnya berbagai pelatihan bisnis yang diselenggarakan oleh berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta.

Menyikapi hal tersebut, sebaiknya bagi anda calon pelaku bisnis atau  yang telah berkecimpung dalam dunia bisnis untuk mengikuti training/pelatihan bisnis. Agar bisnis yang anda jalankan lebih terarah dan mencapai tujuan dari bisnis anda tersebut .

Pelatihan bisnis dibuat sebagai tempat memberikan solusi terhadap berbagai pertanyaan dan masalah yang biasanya diajukan seseorang baik ketika akan membuka bisnis maupun mengelola bisnis tersebut.

Sebuah pelatihan bisnis, dirancang untuk memberikan bekal bagi para calon pelaku bisnis pemula dan para pelaku bisnis yang telah berjalan.

Misalnya, apa alasan-alasan mendasar menjalankan suatu bisnis, apakah harus memiliki bisnis sendiri, bagaimana memilih bidang usaha yang memberikan peluang untuk berhasil, hingga perbekalan memecahkan persoalan pencarian modal.

Berikut beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika mengikuti pelatihan bisnis adalah :

Mengetahui jenis bisnis yang tepat

Banyak orang yang berbisnis tetapi tidak tahu bisnis yang dijalankannya.

Ya, sering kita temui para pelaku bisnis yang menjalankan bisnis tanpa mengetahui arah bisnisnya sehingga dalam mengelola dan menjalankan bisnis mereka sering asal-asalan. Entah karena mereka ikut-ikutan jenis bisnis yang sedang tren atau memang keterbatasan pengetahuan.

Akibatnya bisnis menjadi tidak karuan dan akhirnya bubar. Hal ini dilandasi karena mereka tidak mengetahui jenis bisnis yang pas buat mereka.

Bagi anda yang tertarik menjalankan suatu bisnis, namun mengalami kesulitan dalam menentukan jenis bisnis apa yang paling cocok untuk digeluti, maka dengan mengikuti pelatihan bisnis dapat membantu anda menemukan jawabannya.

Jenis bisnis setiap orang bisa berbeda-beda karena beberapa sebab, bisa dipengaruhi oleh ketertarikan pribadi atau peluang di daerah masing-masing.

Di pelatihan bisnis anda akan mendapatkan berbagai metode bagaimana mencari peluang bisnis yang paling tepat bagi rencana bisnis anda.

Baca juga : Lakukan 5 Kiat Sukses Usaha Ini Untuk Perkembangan Bisnis Anda

Mempermudah akses permodalan

Satu hal yang biasanya menjadi halangan dalam memulai ataupun mengembangkan bisnis adalah kekurangan modal. Mungkin anda saat ini juga termasuk orang yang bingung kemana harus mencari tambahan modal.

Dengan mengikuti pelatihan bisnis anda juga akan mendapat materi bagaimana mencari tambahan modal serta bagaimana cara mengelola modal dengan baik.

Dengan berinteraksi dengan para peserta lain andapun juga dapat mencari tambahan modal bisnis anda. Hal ini dapat anda lakukan dengan mencoba mencari investor dari peserta pelatihan yang lain.

Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan peserta lain yang sekiranya memiliki bisnis atau ketertarikan terhadap jenis bisnis yang sama dengan anda. Hal ini lebih menguntungkan bagi anda karena disamping anda mempunyai tambahan modal juga mempunyai partner bisnis yang tentunya sudah anda ketahui kualitasnya.

Tambahan pengalaman dan pengetahuan terbaru

Manfaat lain dai mengikuti pelatihan bisnis adalah anda akan mendapat pengetahuan dan inovasi terbaru dunia bisnis yang sedang berkembang saat ini.

Dunia bisnis bergerak sangat cepat. berbagai inovasi selalu muncul setiap saat. Sehingga pengetahuan mengenai inovasi terbaru sangat penting sebab para pesaing dalam bisnis anda akan semakin banyak dan semakin kreatif dalam menjalankan bisnis mereka. Kalau anda tidak mengikuti inovasi yang ada maka akan tergilas oleh para pesaing anda.

Dengan mengikuti pelatihan bisnis akan membantu anda meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai dunia bisnis yang anda digeluti.

Pengetahuan bisnis yang diberikan biasanya termasuk pemahaman mengenai budaya bisnis di perusahaan serta para pesaing dan tantangan yang biasanya akan dihadapi.

Demikian sedikit coretan saya mengenai manfaat pelatihan bisnis, semoga setelah membaca artikel ini dan mengikuti pelatihan bisnis yang ada, bisnis anda menjadi lebih terarah dan semakin berkembang. Salam sukses….


Loading...

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close