BloggingDasar dasar Blog

10 Manfaat Menjadi Penulis Artikel Bagi Seorang Blogger

Sebenarnya manfaat menjadi penulis artikel bagi seorang blogger itu banyak sekali loh… mulai dari bisa untuk mengembangkan diri sendiri perihal kualitas menulisnya, hingga bisa juga dikenal oleh banyak orang.

Menjadi penulis di blog orang lain, ataupun menjadi penulis di media lainnya seperti portal berita itu dituntut untuk mampu memberikan kontribusi yang baik bagi pembacanya, bukan sekedar demi keuntungan pribadi saja, tapi bisa bermanfaat bagi diri si penulis, pemilik blog dan juga si pembaca artikel tersebut.

Sekarang banyak sekali media massa ataupun portal berita yang sekedar mencari jalan pintas dengan membuat artikel berjudul viral tapi setelah diklik itu isinya zonk alias mengecewakan si pengunjung. Mereka itu hanya berfikir akan dapat uang secara instan tanpa peduli terhadap orang lain.

Tipe penulis seperti itu merupakan tipe penulis yang sangat buruk menurut saya, karena mereka tidak memiliki rasa tanggung jawab, kepedulian, kesabaran akan hasil yang akan di dapat dan lainnya. Jadi menjadi penulis di zaman sekarang harus memperhatikan banyak hal, terutama dalam segi kemanfaatannya itu sendiri.

10 Manfaat Menjadi Penulis Artikel

Nah di bawah ini ada 10 manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjadi penulis artikel bagi seorang blogger. Apa sajakah itu? Silakan simak saja pembahasannya:

Manfaat Menjadi Penulis

1. Sebagai ajang dan sarana melatih kemampuan menulis

Manfaat menjadi penulis artikel yang pertama adalah mampu mengasah akan kemampuan dalam menulis artikel. Hal ini karena ada orang yang bakat menulis sejak lahir, ada pula yang memang hobi menulis karena bisa mendapatkan sesuatu hal dari menulis itu sendiri.

Memang kemampuan menulis tiap tiap orang itu berbeda beda dan memiliki gaya penulisan sendiri. Kita sebagai pemilik blog juga perlu mengapresiasi akan gaya penulisan masing-masing orang, kita tak bisa memaksakan kehendak kita, karena sebenarnya dari gaya penulisan yang berbeda beda itulah timbul suatu keunikan tersendiri.

Loading...

Dengan terus menerus menulis kita bisa mendapatkan kemampuan menulis, misal hari ini dapat 1 artikel, besok bisa 2 artikel dan semakin hari semakin meningkat dan bertambah baik kualitas artikel yang di tulisnya. Jadi nggak ada ruginya sama sekali untuk menjadi penulis terlebih dahulu sebelum menjadi seorang blogger.

2. Menjadikan tulisan semakin baik

Tulisan yang baik bukan hanya sesuai dengan kaidah EYD dan baku saja, tapi bila tulisan itu bisa menginpirasi pembaca itulah tulisan yang memang baik. Jadi saat menjadi penulis kita di tuntut untuk bisa menjadi penulis yang baik secara lahir maupun batin.

Dengan menulis kita juga di tuntut untuk bisa menulis yang baik dan disukai pembaca, jadi bagi yang suka nulis alay pake huruf besar kecil dicampur, kata katanya di buat alay nggak karuan dan sangat sulit dipahami itu bisa berubah menjadi penulis yang sesuai dengan aturan menulis.

Jika sudah bisa menikmati akan kegiatan menulis itu maka kamu bisa mendapatkan banyak kepuasan dari hasil artikel yang kamu buat. Karena pada dasarnya bagi seorang penulis jika ada orang yang memberikan komentar positif dan juga menghargai karya tulisan kita, itu sudah merupakan kebanggaan tersendiri yang harus kita syukuri.

3. Kaya akan wawasan

Manfaat menjadi penulis artikel yang selanjutnya adalah mampu membuat si penulis kaya akan wawasan. Ya ini tentunya hal yang wajar, karena semakin banyak yang kita tulis semakin banyak kita mengenal akan materi yang di tulisnya, walaupun sebelumnya belum tahu dan paham betul, namun karena kita menulis tentang Niche blog tertentu, kita jadinya tahu mengenai Niche blog itu.

Saya rasa ini adalah manfaat menjadi penulis yang besar, karena dari sinilah kita bisa jadi lebih pandai bukan?, Bisa berbagi sekaligus mendapatkan banyak ilmu, bukankah ini yang diinginkan setiap orang?

Jadi bila kamu bisa menjadi penulis di usia yang masih belia, misal masih SMP tapi udah bisa produktif dalam membuat karya tulis, maka saat sudah dewasa nanti, reputasi untuk menjadi blogger akan terangkat dan cepat berkembang tapi asalkan tulisan yang dibuatnya berkesan dan berkualitas tinggi.

4. Melatih konsistensi dalam menulis

Banyak blogger yang tidak konsisten dalam menulis, misal saat ini menulis 10 artikel, lalu satu Minggu gak menulis apapun, mereka bukan karena kurangnya waktu online, tapi mereka malas dan sulit bergerak untuk menulis.

Malas merupakan penyakit utama blogger, kadang itulah yang membunuh kreativitas menulisnya sehingga mereka kurang bisa memaksimalkan produktivitas dalam ngeblog. Siapapun memang malas, tapi malas seorang blogger itu tidak bertindak beda dengan malasnya pegawai kantoran walaupun dia malas tapi kalo tidak bertindak akan dimarahi si Boz.

Selain itu, ide yang terbatas juga menjadi salah satu penyebab kenapa kita tidak bisa konsisten menulis. Tapi sebenarnya kalo sudah bisa nulis satu sampai dua paragraf Dalam artikel entah itu dari mana, selalu ada aja ide yang datang serasa nggak mau berhenti. Jadi cari ide artikel dulu dari blog lain atau dari hobi Anda, lalu mulailah menulis, maka naluri menulis Anda akan membuat tangan kamu serasa ingin nulis terus menerus. Coba deh…

5. Menjalin relasi yang baik antar sesama blogger

Dalam dunia apapun, baik dunia kerja atau dunia ngeblog, yang namanya kerja sama dan hubungan dengan sesama adalah hal wajib yang tak boleh dilewatkan sembarangan. Karena dari situlah kita bisa mendapatkan banyak hal dan bantuan.

Memang manfaat menjadi penulis yang satu ini bisa kita rasakan apabila kita sering berkunjung dan bertamu ke sesama penulis, atau sering berkomentar ke blog orang lain, dengan inilah kita bisa saling sharing untuk bisa meningkatkan kemampuan menulis kita sesuai pengalaman masing masing.

Dengan relasi yang baik pula kita bisa cepat bangkit dari keterpurukan, karena kita bisa meminta saran, bisa saling curhat, saling memotivasi agar kita tidak terlalu lama jatuh dalam jurang keterpurukan yang sangat tak berguna dan membuat kita tak berdaya.

6. Bisa merasakan bagaimana susahnya ngeblog

Banyak seorang yang ingin cepat dapat hasil dari ngeblog, “saya sudah menulis banyak artikel kok belum bisa ngasilin duit ya?”… “emang udah nulis berapa artikel mas?”… “10 artikel nih!”…

Kadang orang banyak yang bilang begitu dan bertanya tanya kenapa begitu sulit dan lama dalam menghasilkan sesuatu dari ngeblog itu sendiri. Tapi percayalah bahwa kerja keras kalian saat ini akan dibalas dengan sesuatu yang lebih baik suatu saat nanti, jadi intinya saat ini pula, kamu harus menulis sebaik mungkin, dan Jangan pernah putus asa.

Menulis di blog hingga menghasilkan uang yang banyak setiap bulannya itu butuh kesabaran ekstra. Tidak bisa diraih hanya dalam semalam saja. Jadi dengan kalian menjadi penulis dahulu sebelum memulai menjadi blogger, itu akan menjadikan kamu lebih tahu akan dunia ngeblog seperti apa, karena ngeblog bukan cuma nulis seperti seorang penulis saja, tapi butuh banyak hal seperti backlink, SEO, settings lainnya.

7. Selalu up to date seputar dunia bloging

Dengan menjadi penulis di blog orang lain kita juga jadi tahu akan dunia perbloggingan, kita bisa tahu bagaimana caranya settings wordpress, hosting, domain, tahu akan apa itu SEO, backlink dan istilah lainnya yang berkaitan dengan masalah blog.

Namun bagi seorang penulis yang gak kepikiran dan niat sama sekali untuk menjadi seorang blogger tentu ini tidak menjadi pengaruh baginya. Namun bagi seorang penulis blog atau web berita yang ingin jadi blogger saat telah mahir menulis, tentunya dengan ini mereka mendapatkan manfaat menjadi penulis artikel yaitu bisa tahu akan dunia bloging.

Mereka pun selalu cari tahu bagaimana cara membuat blog, cara belajar SEO, memahami apa itu perkembangan algoritma mesin pencari dan sebagainya.

8. Selalu dekat dengan para senior

Manfaat menjadi penulis artikel selanjutnya adalah bisa di ajari cara menulis artikel yang sesuai dengan keinginan para pembaca dan juga lebih tahu akan banyak hal seputar apa itu blogging dan cara mendapatkan uang dari blog itu sendiri.

Mungkin jika sudah tahu akan manfaat ngeblog dan hasilnya, mereka banyak yang resign dari menjadi penulis artikel blog lain atau sekedar jadi sampingan untuk menulis di blognya sendiri sehingga bisa tahu kalo blog bisa menghasilkan uang.

Dengan selalu menjaga hubungan baik dengan para senior, tentunya kita tak akan kebingungan jika ada masalah yang dihadapi saat ngeblog. Dan jika salah kita bisa meminta mereka untuk mengoreksi kesalahan kita.

9. Menjadi penulis adalah pembelajaran yang mahal tapi gak perlu bayar

Ya benar, jika kita ikut kursus Internet Marketing, ada salah satu bab yang membahas mengenai cara mendapatkan uang dari menulis, disana diajarkan cara menulis ini itu dengan sesuai aturan, memahami cara menulis secara SEO dan lainnya yang harganya mahal bisa sampai belasan juta rupiah.

Namun bila kita belajar sendiri akan mendapatkan juga manfaat menjadi penulis artikel bagi diri sendiri walaupun tidak mengikuti keanggotaan privat apapun. Sudah nggak perlu bayar malahan di bayar , enak sekali bukan?

Ilmu memang mahal harganya loh, jika kita sudah tahu ilmunya kita bisa membuat ribuan produk dari 1 ilmu yang kita miliki, tapi jika kita hanya memiliki produknya saja, kita tak akan bisa menggandakan produk itu untuk menjadi sebuah keuntungan.

10. Jadi tahu apa itu SEO

Ya benar, manfaat menjadi penulis artikel di blog orang lain walaupun kita belum punya blog sendiri adalah bisa tahu apa itu pengoptimalan SEO. Karena kita semua tahu bahwa SEO itu penting untuk dipelajari bagi seorang blogger.

Dengan menulis artikel di blog orang lain, kita dituntut untuk bisa menulis secara SEO Dalam artian sudah dioptimalkan untuk mesin pencari walaupun sebenarnya menulis itu ditujukan untuk pembaca.

Tahu apa itu keyword, apa itu LSI, apa itu internal link, backlink, keyword density dan sebagainya. Namun kembali ke tujuan awal lagi, bila orang itu tidak ada niatan untuk jadi blogger ya pasti nggak ingin tahu apa itu SEO. Karena semua berawal dari niat. Contohnya seperti penulis portal berita, mereka menulis gaya berita dan tak memikirkan apapun perihal SEO.

Baca juga : 5 Kunci Menjadi Blogger Sukses yang Wajib Kamu Lakukan

Ya itulah 10 manfaat menjadi penulis artikel bagi seorang blogger, semoga dengan kita menjadi penulis di blog orang lain, atau di portal media warga seperti Kompasiana, kita akan lebih bisa menjadi penulis yang baik dan dihargai oleh banyak orang.

Sekian dari saya, terima kasih dan semoga pembahasan di atas bermanfaat bagi kita semua. Amiin



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *