Dasar dasar Blog

Manfaat & Pentingnya Menulis Artikel Abadi Untuk Blog

Manfaat membuat dan menulis artikel abadi untuk blog. Pengertian artikel abadi adalah artikel yang mempunyai fungsionalitas yang sama dari masa ke masa, penjelasan dan definisi artikel tetap sama dari waktu ke waktu dan bersifat mempunyai banyak manfaat untuk kepentingan orang banyak.

Biasanya ada sedikit perubahan (update) dan penyempurnaan dari artikel seiring perkembangan jaman, tetapi tetap mengacu kepada dasar yang baku dari sumber asli artikel tersebut.

Jenis artikel ini tetap akan di memberi manfaat untuk hari ini, hari besok dan hari yang akan datang, karena dasar artikel menggunakan pedoman baku yang mempunyai insentifitas peka jaman dan biasanya selalu di cari dan di butuhkan.

Banyak subyek yang bisa di gunakan untuk membuat artikel abadi, banyak hal di sekitar kita yang pada dasarnya baku. Begitu juga untuk menerapkan sebuah artikel abadi untuk sebuah blog, kita bisa manfaatkan hal hal yang baku tersebut untuk di jadikan arsip di blog kita.

Dengan menulis artikel abadi menjadikan blog kita tetap hidup, karena banyak orang yang membutuhkan artikel yang sifatnya permanen, baik dari penjelasan di dalam artikel tersebut, serta manfaat yang di dapatkan.

Manfaat & Pentingnya Menulis Artikel Abadi Untuk Blog

Dasar pembuatan artikel abadi untuk blog

Karena sifat dari artikel ini mempunyai manfaat untuk orang lain, artikel abadi haruslah mempunyai dasar relevansi yang kuat, yaitu sebuah informasi yang dapat di percaya dan dapat di terapkan manfaatnya bagi pembaca. Untuk membuat artikel abadi, haruslah berdasar kepada sumber yang dapat dipercaya.
Manfaat membuat artikel abadi bagi penulis blog

1. Mendatangkan sumber trafik dan pengunjung baru
Jenis artikel ini banyak di cari dan berpeluang menjadikan sumber trafik untuk sebuah blog, dan tentunya tidak lekang oleh waktu. Salah satu manfaat menulis artikel abadi adalah mendatangkan pengunjung baru, yang mencari sumber informasi yang terkait. Biasanya pengunjung datang melalui search engine yang menuliskan kata kunci dalam pencarian informasi yang di butuhkan.

2. Menambah wawasan dan menjadikan arsip
Walaupun rata rata menyajikan artikel lama, setidaknya wawasan tentang materi artikel sudah di kuasai dan menambah pengetahuan bagi penulis sendiri, penulis ibarat mempunyai perpustakaan di dalam blognya. dengan menjadikan beberapa artikel abadi sebagai arsip pribadi.

Loading...

3. Membantu orang lain yang yang membutuhkan
Informasi yang disampaikan terkait dengan apa yang sedang di butuhkan oleh pengunjung, jika informasi di sajikan dan di sertai penjelasan yang lengkap setidaknya kita sudah membantu orang lain mencarikan solusi dan pemecahan sebuah masalah. Sekarang ini sudah bukan menjadi rahasia umum, jika sesuatu yang di butuhkan ada solusinya di internet, melalui pencarian artikel di search engine.

Manfaat membuat artikel abadi untuk blog

1. Menjadikan Visibilitas sebuah blog
Seperti yang di uraikan di atas, dengan membuat artikel abadi akan membuat blog terlihat hidup dari masa ke masa, karena sifat artikel abadi yang tahan lama dan peka jaman. Pengunjung dari masa yang akan datang akan menganggap blog tersebut masih tetap ada, jika artikel tersebut mempunyai daya tarik yang kuat dan banyak mendatangkan manfaat.

2. Berpeluang mendapatkan backlink natural
Informasi itu menjadi sangat menarik walaupun itu sebuah artikel usang (lama), tetapi apabila di sajikan dengan gaya informatif dan kreatif oleh penulis blog itu sendiri, tak jarang akan mendapat applause (tanggapan) yang positif, sehingga ada yang tertarik untuk menempatkan link yang terkait dengan artikel tersebut di dalam posting blog seseorang, kita akan mendapat keuntungan backlink secara natural dari artikel tersebut.

3. Berpeluang bertahan di SERP google untuk waktu yang lama

Salah satu faktor penentu SERP (Search engine result page) adalah jika halaman itu sering di buka dan di kunjungi orang melalui search engine terutama google, jika artikel tersebut bisa memenangkan persaingan di pencarian google akan lebih berpeluang mendapatkan peringkat SERP yang terbaik dalam waktu lama. Selama artikel itu selalu di butuhkan dan di cari.

Tips untuk membuat artikel abadi

Untuk membuat artikel ini terlihat kekal sepanjang waktu, kita juga harus memperhatikan hal hal yang berhubungan dengan pembuatan artikel tersebut, di antaranya adalah :

1. Tidak mencantumkan tanggal pada posting blog
Jika kita memulai untuk membuat artikel yang sifatnya abadi, sebaiknya jangan menautkan tanggal bulan serta tahun pembuatan artikel, hal ini akan membuat artikel terlihat baru, walaupun anda sudah membuatnya 1 atau 2 bulan yang lalu, atau bahkan tahun lalu.

Baca : Menghilangkan tanggal posting dari pencarian google.

2. Menyembunyikan fungsi widget arsip blog

Fasilitas widget blog biasanya menampilkan tanggal dan tahun pembuatan artikel dan akan di susun secara urut dan rapi berdasarkan tanggal dan bulan posting, sebaiknya widget arsip blog di sembunyikan atau jangan di pasang, agar semua artikel lama ataupun semua artikel tidak terdeteksi tanggal postingannya.

Hal ini akan membuat blog terlihat baru untuk sekarang dan masa akan datang.Demikian beberapa hal yang menyangkut manfaat dan pentingnya menulis & membuat artikel abadi untuk blog, intinya artikel akan selalu di butuhkan sepanjang waktu selama banyak orang mencari informasi yang terkait dan di perlukan.

Semoga bermanfaat.


Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

6 Comments

  1. Artikel memang penting, terutama untuk mendatangka pengunjung ke blog 🙂

  2. Min, buat artikel donk tentang step by step cara menulis artikel. Soalnya banyak hal yang mau ane tulis, tapi begitu mau nulis bingung.

    Bingung maksudnya tuh sulit buat kata-kata pembuka yang pas gitu, kalau langsung nulis to the pointnya 200 kata udah selese.

    1. Wah, klo step by step itu menurut naluri dan ide penulis masing masing mas Arifuw, yang penting nyambung sama topik artikel. Ejaan dan tanda baca di perhatikan, sebab jika salah di satu kalimat saja ( tanpa sengaja) akan tidak terlihat profesional dan di anggap asal asalan. Perlu teliti sebelum publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *