in

Manfaat RPP Bagi Seorang Guru untuk Kelancaran PBM (Proses Belajar Mengajar)

manfaat RPP SMP

Memiliki profesi sebagai guru profesional bukanlah hal yang mudah, sebab sebagai seorang guru memiliki tanggung jawab besar terutama pada peserta didik. Oleh sebab itu, manfaat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk kelancaran PBM (Proses Belajar Mengajar) sangat penting untuk mempermudah materi yang akan disampaikan.

Seorang guru yang baik akan berusaha agar proses pembelajaran bisa berhasil secara optimal. Salah satu faktor keberhasilan tersebut diantaranya adalah membuat sebuah perencanaan mengajar sebelumnya.

Pentingnya RPP di susun oleh Guru

Secara garis besar, perencanaan pembelajaran bertujuan untuk mengarahkan dan membimbing kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar itu sendiri.

Kemampuan atau kompetensi guru juga harus memperlihatkan prilaku dalam menjalankan tugas secara profesional dengan cara membuat sebuah perencanaan. Untuk itu,  RPP menjadi hal yang wajib bagi seorang guru.

Intinya, RPP penting bagi guru  karena tak sekedar membantu menjalankan kegiatan belajar mengajar, namun guru akan benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional.

Anda bisa baca selengkapnya mengenai Fungsi dan Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Manfaat RPP bagi Guru

Perencanaan adalah kegiatan awal yang wajib dilakukan oLeh setiap orang sebelum melakukan kegiatan. Keberhasilan program kegiatan yang dilakukan guru juga sangat ditentukan seberapa besar kualitas perencanaan yang dibuatnya.

Dalam proses pembelajaran, guru juga wajib mempertimbangkan karakteristik materi yang dibelajarkan serta peserta didik yang akan dibelajarkan.

Disini peran dan manfaat RPP, sebab seorang guru yang melakukan kegiatan tanpa perencanaan bisa dipastikan akan cenderung mengalami kegagalan.

Guru juga harus mampu menyediakan pengalaman belajar kepada peserta didik untuk melakukan berbagai kegiatan dan memungkinkan mereka mengembangkan potensi yang dimiliki.

Potensi pengembangan peserta didik ini haruslah ditetapkan dalam sebuah perencanaan, itulah sebabnya RPP sangat penting disusun oleh guru.

Tehnik menyusun RPP

RPP disusun guru sebagai bentuk terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional. Yaitu dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.

Setidaknya, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan guru ketika akan menyusun RPP, diantaranya adalah :

  • Menyiapkan bahan baku yakni silabus,
  • Mengidentifikasi Materi Pembelajaran
  • Buku-buku materi pelajaran.
  • Sintaks dari model-model pembelajaran yang dipilih,
  • Menginventaris sumber belajar yang mungkin dapat digunakan.

Penyusunan Format RPP ini hendaknya memperhatikan peraturan Kemendikbud tentang mekanisme dan sistematika komponen-komponen RPP,

Selain itu juga harus menyesuaikan berdasarkan ketetapan pada standar isi dan standar kompetensi dasar. Seperti contohnya adalah RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017.

RPP SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017  di susun berdasarkan spektrum keahlian SMP 2016. RPP SMP terbaru ini tetap merupakan RPP seperti konsep sebelumnya.

Dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Salinan Permendikbud, terdapat beberapa bagian proses pengembangan RPP K13 Revisi

Dengan melengkapi bahan dan sumber menyusun RPP SMP, guru bisa menggunakan beberapa referensi berupa materi sebagai bahan praktik, alat simulasi, bahan ajar dan sebagainya.

Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa download RPP SMP kurikulum 2013 revisi 2017 sebagai materi dalam menyusun RPP.

Di situs tersebut, Anda bisa menemukan banyak referensi dari berbagai mata pelajaran untuk membuat dan menyusun RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 secara lengkap.

Beberapa mata pelajaran diantaranya adalah:
  • RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 2 Ganjil dan Genap Lengkap Silabus Promes Prota Dll
  • RPP PKN SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 2 Ganjil dan Genap Lengkap Silabus Promes Prota Dll
  • RPP PAI SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 2 Ganjil dan Genap Lengkap Silabus Promes Prota Dll
  • RPP PKN SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 2 Ganjil dan Genap Lengkap Silabus Promes Prota Dll
  • RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 2 Ganjil dan Genap Lengkap Silabus Promes Prota Dll
  • RPP Seni Budaya SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 2 Ganjil dan Genap Lengkap Silabus Promes Prota Dll
  • RPP Prakarya SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 2 Ganjil dan Genap Lengkap Silabus Promes Prota Dll
  • RPP IPA SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 2 Ganjil dan Genap Lengkap Silabus Promes Prota Dll
  • RPP IPS SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 2 Ganjil dan Genap Lengkap Silabus Promes Prota Dll
  • RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 2 Ganjil dan Genap Lengkap Silabus Promes Prota Dll
  • RPP Matematika SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 2 Ganjil dan Genap Lengkap Silabus Promes Prota Dll

Dan masih banyak lagi…

Author Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0