Fetch As google

Manfaatkan Fetch As Google Agar Artikel Terindex Dengan Cepat

Fungsi  Fetch As Google (Ambil sebagai Google) adalah membuat artikel baru terindex dengan cepat. Hal ini yang sangat penting dilakukan apabila kita baru menyelesaikan sebuah postingan, agar artikel langsung dimasukkan kedalam daftar pencarian google pada saat itu juga.

Ini adalah tehnik SEO sederhana yang paling bagus dan bermanfaat, karena pihak google sudah menyediakan fasilitas tersebut jika blog sudah terdaftar dan terverifikasi di Google webmaster Tools.

Banyak yang belum memahami arti dan pengertian Fetch as google dan menggunakannya secara maksimal. Padahal fitur ini merupakan ujung tombak agar artikel kita cepat dibaca dan terindex, terutama pada mesin pencarian google.

Di dalam Fetch as google terdapat perbedaan untuk mengeksekusi artikel atau postingan baru dari blog, yaitu Fetch dan Fetch and Render. Nah dalam posting kali ini saya akan menjelaskan fungsi dan kegunaan dari masing – masing fitur tersebut.

Perbedaan Fetch (Ambil) dan Fetch and Render

Pada pilihan menu ini terkadang kita dibuat bingung dengan pilihan tersebut, penggunaan mana yang tepat untuk mengeksekusi URL atau postingan baru.

Dibawah ini adalah keterangannya

Fetch (Ambil)

  • Digunakan untuk postingan yang diperbaharui artikelnya atau halaman posting baru, jadi jika kita selesai melakukan posting tanpa melakukan perubahan pada template, kita bisa pilih opsi ini.

Fetch and Render

Loading...
  • Digunakan untuk halaman yang mengalami  perubahan pada strukktur template / penambahan kode script baru, widget baru atau laman baru

Penerapan Fetch serta Fetch and Render bisa kita lihat pada halaman dashboard google webmaster untuk setiap artikel baru. Penjelasan lengkapnya bisa kita ikuti langkah demi langkah.

Login dan masuk ke dashboard google webmaster tools

  1. Masuk ke menu perayapan
  2. Kemudian pilih  ambil sebagai google
  3. Masukkan URL posting yang baru di buat, karena dikolom sudah tersedia nama URL blog kita, maka hanya Url yang belakang saja yang dimasukkan, seperti pada gambar.
  4. Setelah selesai memasukkan URL, klik ambil atau Ambil dan Render.

Setelah itu klik pada “Kirim ke indeks” pada URL yang baru saja anda masukkan tadi, akan terlihat pilihan seperti gambar dibawah.

Manfaatkan Fetch As Google Agar Artikel Terindex Dengan Cepat

Pilih rayapi URL ini saja

  • Keterangan yang tertulis adalah ” URL tunggal “, opsi ini hanya merayapi ulang URL di atas, Anda memiliki 500 sisa pengiriman dari 500 kuota bulanan untuk pilihan ini.”

Rayapi URL ini dan tautan langsungnya

  • Opsi ini merayapi ulang URL diatas dan laman yang tertaut dengannya secara langsung, Anda memiliki 10 sisa pengiriman dari 10 kuota bulanan untuk pilihan ini.

Biasanya untuk posting pada blog atau web secarta kontinue, pilih “Rayapi URL ini saja“. Jika proses sudah selesai maka akan terlihat keterangan “Succes/ selesai” pada daftar URL yang baru di masukkan.

Pada kasus tertentu, terjadi hanya partial/sebagian, tetapi hal ini tidak menjadi masalah karena URL tersebut tetap terindex dalam mesin pencarian.

Berapa lama waktu untuk mengindex artikel?

Biasanya hanya beberapa menit saja setelah proses Fetch AS google dilakukan, dan artikel sudah terindek di pencarian google. Untuk mengeceknya bisa dilakukan dengan cara menuliskan pada kotak pencarian google seperti ini site:URL posting baru anda.

Jika URL yang dimaksud muncul dibawah hasil kotak pencarian, maka artikel/posting baru tersebut sudah berhasil terindex.



Loading...


Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Aattaaki

    Aattaaki

    ( - 20:09)

    Langsung praktek…

    Adya razan

    ( - 09:11)

    Wah makasih udah posting, jadi ngerti saya

    ardhanny

    ( - 16:44)

    Porses untuk merubah indexing requested berapa lama ya om setelah kita masukkan link kita dan di fetch.
    apakah memang prosesnya berhari2 atau bisa langsung berubah statusnya, karna web sudah beberapa hari statusnya masih indexing requested

    mohon arahannya

    d'Lemonie

    ( - 18:49)

    Kalau petch as terus menerus bagus gak?

    Top Info

    ( - 15:18)

    Terima kasih atas info dari artikelnya, namun setelah saya baca kok saya merasa banyak yang belum faham.
    Jadi mohon bantuannya mas admin.
    Permasalahan saya adalah, beberapa waktu lalu saya menghapus property di webmaster.
    kemuadian saya daftarkan ulang web saya ke webmaster dgn url baru https://www.pedekik.com/ (sebelumnya hanya http, karena baru saya pasang SSL jadi katanya harus di daftar ulang di webmaster.)
    Permasalahannya setelah saya daftarkan web ke webmaster google tersebut, semua data menjadi kosong. padahal saya sudah mengirimkan sitemap yang baru.
    Nah, apakah dalam hal ini harus saya lakukan fetch as google utk semua link atrikel yang ada di web saya agar data2 yang ada di webmaster tool tersebut bisa terisi lagi?
    Atau memang web saya jadi hilang indeksnya alias tidak terdeteksi lagi oleh google?
    Mohon sekali mas admin pencerahannya.
    sekalian petunjuknya gabaimana cara memeperbaiki?
    terima kasih.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:00)

      Sebenarnya tidak perlu dihapus untuk property lama mas, cukup buat property baru dengan protokol https. Tidak perlu melakukan fetch as google untuk semua link atrikel, nanti data akan terindek otomatis setelah 24 jam apabila sitemap baru sudah dikirimkan.

        Sayuti

        ( - 12:59)

        Mas, maksud nya menambah protokol https baru bagaimana ya cara nya. Mohon di bimbing langkah langkah langkah nya

    Marulak

    ( - 07:58)

    Terima Kasih banyak gan
    semoga web saya jadi cepat ter index

    Galang Adhi Wirasto

    ( - 06:27)

    Kan ada dua pilihan, desktop sama mobile. Itu pilih salah satu aja atau dua-duanya mas?

    Saya pernah coba fitur ‘fetch as google’ ini di salah satu artikel, tapi tulisannya ‘indexing request’ terus, padahal artikel sudah ter-indeks. Itu bagaimana, ya?

      Ijin menjawab dan semoga membantu Mas Ganisebastian

      Pilih desktop jika pengunjung anda sebagian besar datang melalui desktop

      Pilih Mobile jika pengunjung anda dari android

      Tapi menurut saya kedua keduanya tetap sama saja, karena jika sudah ter-index link akan tetap akan tampil baik itu dari desktop maupun mobile .

      Keterangan dari “indexing request” berarti , proses index pada halaman anda sedang diproses . Dalam proses index memerlukan waktu , kadang cepat dan kadang juga memerlukan waktu yang lama .

      Ohiya tambahan, menurut info yang saya dapat dari web luar katanya dalam sebulan ada batas proses indexnya .

      Koreksi bila terdapat kekeliruan mas Ganisebastian

    noviyanto

    ( - 19:25)

    Thanks gan infromasi, saya juga binggu, jadi itu 500 setiap bulan di kasih jatah ya.

    hadi

    ( - 23:18)

    Saya sudah melakukan submit ke search console dan fetch as google, tapi statusnya tetap “pengindeksan diminta”. Apakah karena saya mensubmit di search console makanya status saat saya ketika mem-fetch as google “pengindeksan diminta”?

    niko

    ( - 09:57)

    terima kasih gan, sangat bermanfaat

    Tyo Nugroho

    ( - 13:56)

    Beberapa hari yang lalu saya update templete dan informasi di website saya https ://www,voucherzalora,com . Namun di google search masih menampilkan informasi website sebelum diganti. Apakah harus pakai “Rayapi URL ini dan tautan langsungnya” agar informasi di google search menampilkan informasi terbaru website saya setelah ganti tempelete? Berapa lama perubahan akan terjadi di google search? Trimakasih.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:33)

      Pertama kalinya, submit ulang sitemap di webmaster, setelah terindex maka bisa lakukan fetch dengan opsi “Rayapi URL ini saja” untuk setiap posting baru.

    intan

    ( - 06:19)

    saya mau tanya mas,

    ” ketika fetch as google kan ada pilihan “dekstop” sama “smartphone” itu bedanya mas? soalnya kalau saya pilih dekstop, setelah pencet fetch ” ada tulisan complete di centang di sebelahnya. dan kalau saya pilih smartphone tulisannya “redirected” dan ada gambar tanda seru kuning. terima kasih “

    riski anang

    ( - 00:47)

    mas saya mau tanya. ketika saya melihat di googlewebmaster artikel saya yang terindex hanya sekitar 30 dari 80 artikel yang ada. tapi ketika saya cek satu satu dengan “site:urlartikelsaya” saya hitung ada sekitar 75 artikel yang dapat muncul. lalu saya cek lagi dengan “site:domainblogsaya” dan hasilnya sama saya hitung ada 75-76 artikel yang dapat tampil. kenapa ini bisa berbeda mas? mana yang benar?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:54)

      Untuk perhitungan total index, terkadang halaman webmastermembutuhkan waktu. Asalkan sudah di test,,dan artikel terindex maka jangan terlalu dibuat pusing mas. Intinya artikel sudah terindex 😀

        riski anang

        ( - 02:54)

        soalnya halaman webmaster index saya sering naik turun. nah kalo lagi turun ini yang bikin saya down. jadi anggap aja yang bener itu yang make “site:urlartikel” ya mas?

    Mau tanya mas, kalau sudah menggunakan fetch as, apakah masih dibuthkan melakukan ping blog?

    apakah bolhe memasukkan semua url blog kita di fetch as google ini?
    oh ya, kalau pengen pencarian index ada di halaman pertama dngn menggunakan kata kunci , bukan menggunakan site url gmn ya?
    salam kenal

    Thinkers

    ( - 04:07)

    Mantap mas gani benar sekali hehe bahkan beberapa detik pun langsung terindex

    Amir Haerudin

    Amir Haerudin

    ( - 17:38)

    Lahlah… Saya dari dulu masih bingung soal ini. Ternyata ini toh fungsinya? Mas Gani keren!!!!

    aan

    ( - 17:45)

    sudah saya coba namun untuk jadi urutan pertama masih sulit gan

    kang rifqi

    ( - 14:56)

    apakah benar dengan melakukan submite url google juga bisa tidak tahan lama di halaman pertama google?
    allias cepat terindeks juga cepat tersingkir? mohon pencerahannya mas gani… trims

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 04:12)

      Tidak ada hubungannya mas 😀 fetch as google kan saran dari google dihalaman webmaster.

        kang rifqi

        ( - 11:18)

        jadi klo terlalu sering fetch as google jg g masalah y… selama kuota msh ada? heee

    Tamvan Crew

    ( - 11:08)

    Mas, saya mau tanya.
    Apa perbedaat Fetch As Google dengan Submit URL yg dilakukan dengan lama google https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url ?

    Kalau saya sih biasanya pakai Submit URL untuk mengindex artikel terbaru.
    Apakah ada dampak jika kita tidak memakai Fetch As Google mas?

    Makasih Mas 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *