Internet

Mau Buat Kata Sandi yang Kuat? Gunakan 3 Generator Kata Sandi Ini

Sayangi Akun Anda dengan Membuat Kata Sandi yang Kuat

Memiliki kata sandi yang kuat adalah sesuatu yang penting yang harus diperhatikan oleh setiap pengguna internet. Baik kata sandi email, media sosial, atau akun lain, kekuatan kata sandi harus benar-benar dipastikan kuat agar risiko peretasan bisa dhindari.

Jika kata sandi yang Anda gunakan saat ini masih lemah, maka Anda bisa membuatnya kembali (membuat ulang) melalui bantuan generator kata sandi untuk memastikan tingkat kekuatannya. Dan berikut ini 3 generator kata sandi yang bisa Anda gunakan untuk membuat kata sandi yang kuat.

1. Dashlane

Ketika Anda membuka tautan menuju ke Dashlane, maka Anda akan langsung disuguhkan kata sandi yang bisa Anda gunakan. Pihak Dashlane akan memberikan kata sandi yang panjangnya 16 karakter. Namun Anda bisa mengubahnya menjadi lebih pendek. Untuk mendapatkan sandi baru, Anda hanya perlu menyegarkan halaman Dashlane.

Selain itu, Anda juga bisa memilih kata sandi berdasarkan tiga karakteristik, yaitu huruf, angka, dan juga simbol. Setelah memutuskan karakteristik yang Anda pilih, silakan klik copy password. Anda pun bisa mengubah satu atau dua karakter dari kata sandi yang sudah jadi agar tidak sama persis dengan yang diberikan oleh Dashlane.

2. Perfect Passwords

Perfect Passwords sama seperti Dashlane di mana mereka sudah menyediakan tiga opsi kata sandi yang bisa digunakan oleh para penggunanya, yaitu heksadesimal 64 karakter (yaitu 0-9 dan AF), kata sandi ASCII 63 karakter (hampir setiap karakter, termasuk simbol), dan kata sandi alfanumerik 63 karakter (yaitu az, AZ, dan 0-9).

Silakan Anda pilih kata sandi manakah yang paling cocok atau ingin Anda gunakan. Untuk mendapatkan kata sandi baru di Perfect Passwords, Anda hanya perlu menyegarkan atau refresh halamannya saja, dan sandi baru akan ditampilkan.

3. Secure Password Generator

Ini adalah situs atau generator terakhir yang bisa Anda gunakan. Untuk membuat kata sandi di Secure Password Generator cukup mudah di mana Anda hanya perlu mencentang karakter yang ingin Anda pakai. Setelah semuanya sudah Anda pilih, langkah terakhir adalah klik generate password.

Kata sandi yang dihasilkan melalui Secure Password Generator memang sangat rumit sehingga butuh perjuangan untuk menghafalnya. Namun ternyata, Secure Password Generator sudah memikirkan akan hal tersebut, dan mereka membantu para penggunanya untuk mengingat kata sandi melalui kata-kata yang lucu.

Berikut ini contohnya:

inilah generator kata sandi

Memahami Pembuatan Kata Sandi yang Kuat

Kata sandi yang kuat itu memiliki dua karakteristik, yaitu panjang dan acak. Panjang kata sandi memiliki pengaruh terhadap lamanya waktu pemecahan, sehingga semakin panjang kata sandi yang dibuat, maka akan semakin lama pula atau kesulitan para peretas untuk memecahkannya.

Karakteristik kedua adalah keacakan. Keacakan kata sandi dikenal sebagai entropy. Semakin acak sebuah kata sandi yang dibuat, maka tingkat kekuatannya akan sangat baik atau sulit dipecahkan. Jika ada sandi delapan karakter, seperti 01234567, maka itu adalah sandi yang lemah. Untuk membuatnya menjadi semakin kuat harus dilakukan pengacakan, seperti [email protected]#?T. Semakin tinggi entropy, maka sandi semakin bagus atau kuat.

Baca juga: Cara Mudah Koreksi Password Sebelum Login ke Sebuah Situs

Itulah cara mudah membuat kata sandi yang kuat. Jika selama ini sandi yang Anda gunakan belum panjang dan juga tidak acak, silakan Anda ubah sekarang. Selain itu, pastikan satu sandi untuk satu akun. Jangan gunakan satu sandi untuk banyak akun, karena hal yang demikian itu akan membahayakan diri Anda sendiri. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close