Internet

Mau Hemat Kuota Ketika Main Instagram? Begini Caranya

Instagram adalah salah satu media sosial yang biasanya dimiliki oleh pengguna internet yang ada di dunia, tak terkecuali Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, terdapat tiga media sosial yang umumnya dimiliki oleh para netizen, yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram.

Pengguna Instagram di Indonesia sendiri juga cukup banyak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hootsuite pada bulan Januari 2019 kemarin, dilaporkan jika jumlah pengguna Instagram yang ada di Indonesia berada di angka 80 persen.

Media sosial berlambangkan kamera itu hanya kalah dari media sosial keluaran perusahaan induk, Facebook, yang berada di posisi kedua dengan persentase sebesar 81 persen. Adapun untuk posisi pertama ditempati oleh YouTube dengan persentase sebesar 88 persen.

Baca juga: Cara Menyimpan Instagram Stories Orang Lain Tanpa Aplikasi

Cara Hemat Kuota Ketika Bermain Instagram

Daya tarik Instagram ada pada konten visualnya di mana para pengguna akan dimanjakan dengan konten yang berupa foto dan juga video. Biasanya, ketika seseorang dijejali dengan konten visual, maka ketertarikannya akan jauh lebih besar.

Hal yang demikian itu bisa Anda lihat sendiri di mana ada banyak para pengguna Instagram yang rela menghadap smartphone selama berjam-jam hanya untuk melihat-lihat konten yang dibuat oleh orang lain.

Hasilnya, bukan hanya waktu mereka saja yang terbuang. Namun, kuota internet dari para pengguna pun juga harus terbuang lantaran terlalu asyik melihat konten yang terpampang.

Berbicara tentang masalah kuota internet, tentu semua pengguna ingin sebisa mungkin untuk menghemat kuotanya, khususnya ketika mereka bermain Instagram. Namun, tahukah Anda jika pihak Instagram sendiri telah menyediakan fitur yang memungkinkan para pengguna untuk menghemat kuota internet mereka?

Jika Anda belum mengetahuinya, maka Anda tidak perlu khawatir, karena pada pembahasan kali ini kita akan mengulas bagaimana caranya menghemat kuota internet ketika bermain Instagram melalui platformnya langsung.

Langkah:

1. Silakan buka aplikasi Instagram yang terpasang di ponsel Anda.

2. Ketuk ikon profil.

kuota instagram 1

3. Pilih pengaturan dengan mengetuk tiga garis horizontal yang terletak di pojok kanan atas atau menggesernya ke arah kanan.

4. Ketuk akun.

5. Ketuk penggunaan data seluler.

6. Aktifkan penghemat data.

7. Selesai.

Baca juga: Fitur Restrict Resmi Diluncurkan Instagram, Begini Lho Cara Pakainya

Dengan menerapkan cara di atas, maka pihak Instagram akan menurunkan resolusi foto dan video yang disajikan. Dengan menurunkan resolusi, maka kuota yang terpakai pun akan jauh lebih sedikit. Adapun apabila Anda menggunakan WiFi, maka Anda bisa memilih untuk tidak mengaktifkan penghemat data di Instagram.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close