Blogging

Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Hosting Pribadi

Dalam beberapa forum diskusi yang membahas mengenai aktivitas web dan blogging. Sering sekali saya menemukan pertanyaan-pertanyaan dari blogger pemula yang sedang kebingungan antara menggunakan hosting pribadi, atau tetap menggunakan hosting gratisan yang disediakan oleh platform blog yang mereka pergunakan.

Jadi, saya rasa fokus dari permasalahan dan pertanyaan mereka, kurang lebih seperti ini : Apakah menggunakan hosting pribadi itu diharuskan?.

Antara harus dan tidaknya menggunakan hosting pribadi, sebetulnya kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing. Jika anda menggunakan blog hanya untuk mengisi waktu luang, dan hanya mengisi blog tersebut dengan tulisan-tulisan yang tidak terlalu serius. Saya pikir menggunakan hosting gratisan saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda.

Sedangkan untuk anda yang menggunakan blog sebagai sarana bisnis dan ingin menjadikannya lebih profesional lagi, tentu saja menggunakan hosting pribadi adalah sebuah keharusan untuk menunjang kebutuhan blog anda.

Alasan Mengapa Anda Harus Meggunakan Hosting Pribadi

Apa itu hosting

Meskipun Hosting sudah banyak diketahui, namun saya yakin pasti ada saja yang masih asing dan belum mengetahui apa itu hosting. Baiklah, hosting dapat diumpamakan seperti sebuah hardisk pada komputer, yang mana fungsi utamanya adalah untuk media penyimpanan. Hanya saja hosting adalah sebuah space, atau media penyimpanan yang terdapa di internet. Dan data-data yang disimpan berupa stuktur website, gambar dan apa saja yang berkaitan dengan situs yang kita miliki.

Terdapat 2 macam hosting yang tersedia, yakni hosting gratis dan juga hosting premium yang bisa diperoleh dengan cara menyewa hosting tersebut. Meskipun sudah banyak sekali yang menyediakan layanan hosting gratis, termasuk hosting bawaan dari sebuah platform blog. Tetapi kualitas dari hosting tersebut serta tingkat kemanan dan keleluasaan yang ada peroleh tidak seperti pada hosting premium.

Alasan mengapa harus menggunakan hosting pribadi

Untuk blogger pemula, yang dalam kasus ini masih belum banyak mengetahui tentang fitur dan fungsi sebuah blog. Maka menggunakan hosting gratisan adalah langkah tepat untuk sekedar belajar dan menguasai penggunaan blog. Sebelum akhirnya memantapkan diri untuk menyewa sebuah hosting pribadi yang harga sewanya tidak bisa dikatakan murah.

Hal berbeda untuk mereka yang telah mengetahui serta menguasai fungsi dan fitur dari blog, khususnya untuk platform WordPress. Maka menyewa sebuah hosting pribadi merupakan hal yang wajib dan harus dilakukan untuk membuat blog mereka terlihat semakin profesional di mata orang yang mengunjungi situs blog tersebut.

Hosting Pribadi

Kelebihan menggunakan hosting pribadi

Kelebihan yang akan dirasakan apabila anda memilih untuk menyewa dan menggunakan hosting pribadi pada situs blog yang anda miliki, antara lain seperti :

1# Blog tersebut akan sepenuhnya milik anda

Jika anda tidak paham akan poin pertama ini, coba bayangkan saja bila anda menggunakan hosting yang disediakan oleh platform blog anda (hosting gratisan). Tentu dibagian belakang nama situs blog anda akan tersemat subdomain dari platform yang anda pergunakan (ex : masbuloh.blogspot.com atau masbuloh.wordpress.com). Hal tersebut pastinya akan sangat mengganggu, terutama untuk blog yang dipergunakan untuk keperluan bisnis.

Meskipun masalah subdomain bisa diatasi dengan menyewa sebuah domain, tetapi bila anda hanya menyewa domain saja dan tidak menyewa hosting. Maka hal tersebut akan terasa kurang lengkap. Anda tetap harus tunduk kepada kebijakan-kebijakan dari pihak platform yang anda pergunakan.

Dan bila suatu saat nanti anda ketahuan melanggar kebijakan mereka, maka siap-siap saja blog anda akan dihapus secara sepihak. Dan andapun akan menyesal karena harus kehilangan seluruh data-data penting yang terdapat pada situs blog yang anda miliki.

2# Anda akan leluasa menyesuaikan tampilan blog

Jika anda menggunakan hosting gratisan dari platform blog seperti pada wordpress, maka anda akan mengalami keterbatasan dalam mengubah dan mengedit template agar menjadi seperti yang anda inginkan. Hal tersebut tidak akan anda jumpai apabila menggunakan sebuah hosting pribadi. Karena situs tersebut sudah menjadi milik anda dan andapun bebas melakukan perubahan dan edit template semau anda.

Keleluasaan dalam menyesuaikan template sangat dibutuhkan untuk anda yang mengelola sebuah situs atau blog bisnis, dan juga untuk anda yang ingin blog anda tampil lebih profesional. Dengan kebebasan tersebut, maka anda dapat mengubah tampilan blog dan menyesuaikannya dengan brand yang anda miliki. Atau menyesuaikannya dengan topik yang anda bahas.

3# Blog akan semakin profesional

Menggunakan Hosting Pribadi

Seperti yang sudah saya bahas di atas tadi, dengan menyewa sebuah hosting pribadi dan menerapkannya untuk blog yang anda miliki, maka blog tersebut akan terlihat semakin profesional. Anggapan tersebut akan muncul karena anda telah berani mengeluarkan modal untuk menyewa sebuah hosting yang harganya tidak murah.

Bukan hanya itu, andapun akan terdorong untuk semakin fokus dan konsisten mengelola blog tersebut. Karena bila anda tetap setengah-setengah mengelola blog, itu sama saja anda menghambur-hamburkan uang untuk menyewa sebuah hosting pribadi.

4# Bebas memasang plugins untuk keperluan optimasi

Untuk anda yang menggunakan wordpress, tentu saja peran plugin sangat diperlukan untuk optimasi terhadap mesin pencari. Keunggulan dan fungsi plugins sendiri dapat berbeda-beda, diantaranya ada yang mampu mempercepat loading sebuah blog. Ada yang mampu membuat blog semakin mudah dijelajahi oleh robot mesin pencari, ada juga yang berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Dan untuk anda yang memutuskan untuk menyewa dan menggunakan hosting pribadi, maka plugin yang mampu anda gunakan tidak terbatas jumlahnya. Hal berbeda bila anda masih menggunakan hosting gratisan yang hanya dilengkapi dengan sedikit plugins karena keterbatasan resource hosting.

5# Anda bisa mendaftarkan blog sebagai publisher Adsense

Hal ini hanya akan dialami oleh mereka yang menggunakan WordPress sebagai platform blognya. Berbeda dengan Blogger yang bisa mendaftar Andsese meskipun masih menggunakan domain dan hosting gratisan. Pada WordPress anda tidak akan bisa memasang iklan adsense jika tidak menggunakan domain dan hosting pribadi.

Tentu saja hal ini akan menjadi pertimbangan untuk menyewa sebuah hosting pribadi untuk blog wordpress anda. Karena Adsense merupakan salah-satu cara untuk menghasilkan uang dari blog, dan sudah banyak juga orang yang sukses dengan menekuni “pekerjaan” sebagai publisher Adsense. Yaa, hitung-hitung biaya sewa domain dan hosting yang mahal akan kembali lagi jika anda sudah mendapatkan penghasilan dari Adsense ini.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Top Level Domain

Tips memilih sebuah hosting

Meski menawarkan begitu banyak keunggulan, tetapi anda perlu berhati-hati dalam menentukan hosting yang akan dipergunakan. Hal tersebut dikarenakan tidak semua penyedia hosting menawarkan kualitas yang baik untuk hosting yang mereka tawarkan. Maka berikut ini adalah beberapa teknik dalam memilih sebuah hosting yang terbaik untuk blog yang anda kelola :

1# Menentukan tujuan pembuatan blog sebelum menyewa hosting

menentukan hosting pribadi dengan melihat jenis hosting yang ditawarkan

Gambar di atas saya peroleh dari salah-satu penyedia hosting terkemuka di negri ini, yaitu situs RumahWeb (tidak bermaksud promosi). Seperti yang terlihat pada gambar di atas, bahwa ada berpedaan jenis hosting, antara lain personal hosting, profesional hosting, dan enterprise hosting yang mana memiliki spesifikasi dan harga sewa yang berbeda tiap jenisnya.

Oleh karena itu, sebelum kita mantab untuk menggunakan hosting pribadi, ada baiknya untuk menentukan terlebih dahulu tipe blog seperti apakah yang ingin kita kelola, akan tetapi saya sangat menyarankan untuk menyewa hosting profesional agar mendapatkan spesifikasi yang sudah bagus dengan harga sewa yang tidak terlalu mahal.

2# Carilah penyedia hosting dengan CS yang responsive

Anda yang merupakan seorang pemula, tentu belum banyak mengetahui tentang apa-apa saja yang perlu dilakukan sebelum menyewa hosting tersebut, tidak hanya itu anda mungkin akan sedikit bingung tentang cara memilih dan membayar sewa saat pertama kali memesan hosting.

Jika hal terebut benar terjadi, maka saat seperti inilah peran seorang Customer Service sangat diperlukan, anda dapat bertanya-tanya kepada mereka untuk memastikan bahwa akan mendapatkan hosting yang tepat. Maka dari itu, carilah penyedia hosting yang memiliki layanan customer service yang baik dan menyediakan 7hari/24 jam dukungan telpon, email, dan juga chat online, hal ini juga berfungsi untuk kedepannya apabila mendapatkan problem pada website atau hosting yang sudah anda pesan.

3# Baca testimoni dan cek siapa saja pelanggannya

Biasanya pada website penyedia hosting terdapat forum diskusi antara sesama konsumen, di sinilah anda harus aktif sebelum menyewa sebuah hosting untuk sekedar melihat dan memastikan bahwa hosting yang mereka tawarkan memiliki kualitas yang baik dan memiliki respon baik dari konsumen yang telah lebih dahulu menyewa hosting di website tersebut.

menentukan hosting pribadi dari melihat daftar pelanggannya

Atau, andapun dapat melihat siapa saja pelanggan hosting tersebut untuk benar-benar memastikan kualitas hosting tersebut. Pada gambar di atas contohnya, saya mengambil gambar tersebut pada website penyedia hosting bernama DewaWeb (tidak bermaksud promosi, di sana terlihat dengan jelas bahwa beberapa situs besar seperti Traveloka dan StarupBisnis menggunakan hosting yang disediakan oleh dewa web, dengan begitu setidaknya anda sebagai konsumen tidak perlu kawatir lagi terhadap kualitas dari hosting yang mereka tawarkan.

4# Kecepatan server

Pastikan juga bahwa hosting yang ingin anda sewa tersebut memiliki kecepatan server yang baik, hal ini sangat dibutuhkan agar website atau blog anda dapat diakses dengan loading yang cepat walaupun dengan koneksi yang lambat sekalipun, kecepatan dalam loading blog tentu sangat berpengaruh dalam meningkatkan kenyamanan dari pengunjung blog atau website anda.

5# Perhatikan bandwith yang ditawarkan

Dalam menyewa hosting, pastikan juga untuk memilih hosting yang memberikan bandwith yang cukup besar, bandwith sangat diperlukan terutama untuk website dan blog yang memiliki jumlah pengunjung yang cukup tinggi. Dengan bandwith yang memadai, maka server tidak akan mengalami down apabila sewaktu-waktu terdapat lonjakan/peningkatan jumlah pengunjung.

6# Dukungan script yang disediakan

Anda juga perlu memperhatikan dan mengecek apa saja dukungan script yang disediakan oleh penyedia hosting tersebut. Script yang dimaksud contohnya seperti script WordPress CMS jika anda ingin membuat blog atau website dengan mempergunakan WordPress. Tapi anda tidak perlu kawatir lagi, karena sekarang ini sudah banyak penyedia hosting yang menawarkan built-in paket script yang membuat instalasi website atau blog anda semakin mudah.

7# Pastikan penyedia hosting tersebut benar-benar profesional

Ada baiknya dalam memilih dan menyewa hosting anda mengutamakan sebuah perusahaan, ketimbang membeli pada orang yang abal-abal. Memang untuk harga yang ditawarkan, biasanya orang abal-abal akan memberikan harga yang luar biasa murah ketimbang dari situs yang merupakan perusahaan yang sudah memiliki badan hukum. Anda perlu memastikan profesionalitas mereka untuk mendapatkan hosting dan juga domain yang benar-benar berkualitas dan aman.

Pastikan domain yang diberikan sudah sepenuhnya milik anda

Apabila anda memutuskan untuk menyewa sebuah hosting sekaligus domain, maka anda perlu menyelidiki terlebih dahulu siapakah pemilik domain tersebut. Hal ini untuk berjaga-jaga karena banyak sekali perusahaan yang tidak transparan dalam memberikan layanan kepada konsumennya, sehingga anda diberikan sebuah domain, namun tidak dilengkapi dengan domain manager yang berfungsi untuk mengelola sendiri domain tersebut.

Apa ruginya ?

  • Anda akan kesulitan dalam melakukan migrasi hosting, karena sebagai customer anda tidak diberikan hak akses untuk pengaturan domain
  • Anda akan kesulitan dalam mentransfer domain ke layanan registar lain, hal ini tidak akan bisa anda lakukan sendiri karena harus membutuhkan bantuan dari pihak registar lama
  • Apabila perusahaan hosting tersebut tutup, Alamak!! bisa-bisa anda akan kehilangan domain untuk selamanya karena tidak bisa diperpanjang lagi.

8# Usahakan untuk tidak menyewa dari reseller

Untuk sekarang ini menjadi reseller sepertinya menjadi salah-satu ladang pencari uang yang cukup menjanjikan. Bisanya beberapa orang atau perusahaan lebih memilih untuk menjadi reseller web hosting dikarenakan mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan perawatan server (karena mereka tidak memiliki server sendiri).

Menjadi reseller web hosting memang menguntungkan, tetapi hal tersebut justru berdampak negatif bagi pelanggan hosting tersebut, karena pengelolaan akun hosting hanya dapat dilakukan oleh pemilik server, maka kendala-kendala yang anda alami tidak akan bisa diselesaikan dengan cepat, dan anda harus menuggu sampai pihak pemilik server melakukan tindakan.

Selain itu pihak reseller biasanya tidak akan tahu-menau akan apa yang terjadi pada server, sehingga apabila server mengalami penurunan kualitas (Down) maka anda harus menunggu pihak pemilik serverlah yang menyelesaikan permasalahan tersebut.

9# Carilah hosting yang bisa melakukan Add on Domain

Add on Domain merupakan domain yang ditambahkan dalam satu buah akun hosting. Mencari hosting yang dilengkapi dengan fitur Add on Domain ini sangat berguna agar anda bisa memiliki beberapa blog dalam satu buah akun hosting tanpa dipungut biaya tambahan lagi.

10# Jangan terlena dengan harga yang murah

Beberapa penyedia hosting dan domain menawarkan harga yang cukup murah, bahkan tidak masuk akal apabila dibandingkan dengan perusahaan hosting lain. Di sinilah anda patut memberikan kecurigaan, dan jangan sampai terlena dengan harga yang murah tersebut.

Domain dan hosting yang murah bisa saja diberikan oleh pihak personal yang bukan berasal dari kalangan perusahaan. Apabila suatu saat nanti mereka tidak lagi bekerja menawarkan hosting dan domain, maka anda tidak akan bisa memperpanjang domain dan hosting tersebut, serta akan kehilangan data-data website yang terdapat pada hosting tersebut. Jadi pilihlah domain dan hosting yang berasal dari kalangan perusahaan, serta menawarkan harga yang rasional.

Baca Juga : 20 Rahasia Membuat Blog Terkenal dan Menghasilkan

Itu dia pembahasan lengkap mengenai hosting pribadi pada sebuah website atau blog, jadi saya rasa hosting pribadi merpakan sebuah keharusan untuk dimiliki oleh anda yang berniat untuk serius dalam dunia website dan blog. Di atas juga telah ada keuntungan dan cara pemilihan hosting terbaik, sehingga blog anda dipastikan akan menjadi semakin profesional. Happy Blogging 🙂


Loading...
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close