10 Keuntungan Jika Anda Menjadi Seorang yang Melek Teknologi

Melek teknologi menjadi sebuah keharusan bagi manusia sekarang ini. Semuanya pasti setuju apabila dijaman seperti sekarang ini teknologi dapat dikatakan sebagai salah satu hal yang sangat penting bagi umat manusia.

Pendapat tersebut banyak benarnya, perkembangan teknologi semakin pesat. Tidak hanya sebagai sarana mencari hiburan semata, dewasa ini banyak perusahaan besar di dunia yang berlomba-lomba menciptakan inovasi hebat dalam bidang apapun yang berbasis pada teknologi. Sangat wajar apabila dalam kehidupan sekarang ini kita tidak akan jauh-jauh dari sesuatu yang berbau teknologi.

Meskipun kita tahu bahwa perkembangan teknologi sudah sangat pesat dan sangat dibutuhkan, sayangnya hal tersebut tidak diiringi oleh perkembangan manusia yang bertindak sebagai pengguna teknologi. Maka tidak heran apabila kita menemukan beberapa orang yang bisa dikatakan gagap teknologi, karena tidak mengerti cara mengoperasikan sebuah teknologi yang ada sekarang ini.

Baca Juga : 5 Hewan ini Adalah Inspirasi di Balik Hadirnya Teknologi Masa Kini

Untung saja mempelajari teknologi tidak sesulit yang dibayangkan, bahkan orang awampun mampu menguasai teknologi. Selama mereka mau mempelajari agar terbiasa dengan teknologi tersebut.

Dalam artikel ini pula kita akan membahas mengenai keuntungan yang bisa didapatkan jika anda termasuk kedalam orang yang melek teknologi, di jaman yang serba teknologi seperti sekarang ini.

10 Keuntungan Jika Anda Menjadi Seorang yang Melek Teknologi

melek teknologi

1. Menjadi seseorang yang mengikuti perkembangan jaman

Inilah keuntungan pertama yang bisa anda dapat, jika selama ini anda termasuk orang yang melek teknologi maka secara tidak langsung anda layak disebut sebagai seseorang yang mengikuti perkembangan jaman.

Jangan ditinggal sama jaman! Di era moderen seperti sekarang ini, sangat bahaya jika anda sampai ketinggalan jaman dan tidak mampu menggunakan teknologi sama-sekali. Alasannya sangat jelas, jika anda tidak mampu menguasai teknologi di jaman seperti sekarang ini. Sudah dipastikan anda akan menjadi seorang yang “buta” dan bahkan berpotensi merepotkan hidup orang lain.

Gagap teknologi memang menjadi sesuatu yang mengerikan, terutama jika anda adalah seorang yang masih berusia muda. Dengan usia muda yang produktif seharusnya anda menjadi contoh dan penunjuk jalan bagi mereka yang masih awam dan “buta” terhadap teknologi yang ada di jaman sekarang.

2. Tidak mudah termakan rayuan pedagang elektronik

Pernah gak sih, teman atau mungkin saudara anda bercerita bahwa barang elektronik yang dibelinya tidak sesuai dengan apa yang dikatakan oleh si penjual barang tersebut?

Hal demikian wajar saja, karena si pedagang tentu ingin barangnya laris meskipun menggunakan cara yang sedikit licik. Semua orang bisa saja mengalami hal serupa, tetapi anda tidak akan pernah mengalami hal tersebut apabila anda adalah seorang yang melek teknologi.

Mereka bisa saja mecoba menipu anda, tapi anda tidak akan termakan rayuan karena telah mengetahui seluk-beluk dari barang yang mereka tawarkan.

Seperti contoh kasus penjualan ponsel replika yang marak terjadi belakangan ini. Banyak oknum pedagang yang mencoba menipu konsumen dengan mengatakan bahwa barang yang mereka jual merupakan barang original namun dijual lebih murah karena sedang cuci gudang. Dengan mudah anda dapat mengetahui keaslian barang yang mereka tawarkan sehingga terhindar dari penipuan dari oknum pedagang curang seperti ini.

Tapi wajib diingat lho, meskipun anda termasuk dalam kategori orang yang melek teknologi. Jangan sekali-kali menggunakan kemampuan yang anda miliki untuk merugikan orang lain. Takutnya anda malah memanfaatkan kemelekan anda dalam bidang teknologi untuk mencurangi orang seperti yang saya contohkan diatas.

Menjadi orang yang melek teknologi seharusnya menjadikan anda mampu memberikan petunjuk kepada mereka yang masih “buta” dengan hal tersebut. Toh berbagi ilmu tidak akan membuat anda bodoh, justru anda akan mendapatkan banyak lagi keuntungan dari perbuatan baik tersebut.

3. Lowongan kerja terbuka lebar untuk anda

Ketimbang menipu seperti yang saya contohkan pada poin ke dua, lebih baik kemampuan tersebut dimanfaatkan untuk menjari keuntungan di jalan yang halal.

Kenapa harus menipu jika sebenarnya lowongan pekerjaan sangat terbuka lebar untuk anda. Pekerjaan dijaman sekarang ini, tidak lepas dari penggunaan teknologi. Penggunaan program seperti Word dan Excel adalah salah satu contoh penerapan teknologi yang sering ditemukan dalam bidang pekerjaan. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga yang professional dalam menguasai program tersebut.

Intinya, penggunaan teknologi sudah mencakup hal yang sangat luas. Jika anda merupakan orang yang melek teknologi, maka anda tidak perlu kuatir mengenai pekerjaan. Karena perusahaan dewasa ini mulai mencari mereka yang memang ahli dalam hal teknologi.

4. Mudah dalam menyelesaikan pekerjaan

melek teknologi

Biasanya untuk mereka yang mahir dalam penggunaan teknologi pekerjaan yang diberikan oleh atasan akan selesai dengan lebih cepat.

Contohnya jika pekerjaanmu menggunakan program seperti Word dan Exel. Tentu pengetahuan anda dalam tombol pintas seperti CTRL + S, CTRL + V, CTRL + B dan sebagainya akan memudahkan anda dalam menginput atau menulis data yang sedang anda kerjakan.

Jangan dikira kemudahan dalam bekerja seperti ini hanya berlaku pada mereka yang bekerja di bidang teknologi. Karena anda yang bekerja di bidang lainpun bisa memanfaatkan peran teknologi seperti internet untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaaan yang diberikan kepada anda.

5. Dapat menghasilkan uang tambahan dan lapangan pekerjaan

Keuntungan yang ke lima ini, dapat dibuktikan oleh semua orang terkhusus lagi jika anda adalah seorang ahli teknologi yang masih memiliki ketergantungan dengan orang tua. Anda dapat memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menghasilkan uang sendiri, dan meringankan beban orang tua anda.

Anda bisa memaksimalkan penggunaan teknologi internet dengan mengikuti bisnis online yang banyak bertebaran di internet. Tinggal anda tentukan saja bisnis mana yang paling cocok untuk anda jalankan.

Meskipun bisnis online masih terdengar asing dan kadang meragukan, tapi anda sebagai seorang yang melek terhadap teknologi jangan sampai berpikiran negatif akan hal ini. Ada banyak bisnis menjanjikan yang sudah terbukti keasliannya di internet. Bahkan kebanyakan dari bisnis tersebut tidak menuntut waktu seperti pekerjaan yang dijalankan di dunia nyata.

Baca Juga : 10 Alasan Mengapa Bisnis Online Sangat Menjanjikan di Tahun 2017

Menjadi freelance writer

Jika anda senang menulis cerita atau opini pribadi, anda bisa bergabung di beberapa situs website yang menyediakan kesempatan utuk menjadi freelance writer. Selanjutnya menjadikan hal tersebut menjadi sebuah kolaborasi yang sama-sama menguntungkan.

Atau anda bisa mendaftar di situs freelancer. Situs ini akan mempertemukan anda sebagai penyedia jasa dengan mereka yang merupakan orang-orang yang sedang membutuhkan tenaga ahli untuk menyelesaikan project yang mereka tawarkan.

Menjadi anggota di situs freelancer seperti ini sangat menguntungkan, karena anda bisa memilih-milih mana project yang sekiranya cocok dengn kemampuan yang anda miliki. Sambil berharap dipilih untuk menyelesaikan project teresebut untuk mendapatkan uang. Salah satu situs freelance yang bisa anda coba adalah di www.sribulancer.com

Atau jika anda memiliki sebuah usaha kecil-kecilan, teknologi seperti internet juga memberikan anda kesempatan untuk memperkenalkan produk yang anda miliki kepada orang banyak.

Bayangkan saja, berjut-juta pengguna internet di seluruh dunia mampu melihat iklan yang anda pasang di internet. Hal ini wajar saja mengingat penggunaan internet yang tidak terbatas ruang dan waktu. Semua orang saling terhubung sehingga produk anda akan semakin laku dipasaran.

Membuat sebuah iklan di internet cukup mudah, anda dapat melakukannya secara gratis dengan memanfaatkan website atau sosial media sebagai sarana dalam melancarkan promosi tersebut. Sedangkan jika anda ingin melakukan iklan yang tertartget anda bisa melakukannya dengan beberapa perusahaan iklan seperti milik Google meskipun ini merupakan fitur iklan premium.

Baca Juga : Melirik Peluang Sukses Melalui Internet

Menyediakan lapangan pekerjaan

Tidak hanya sebagai sarana mencari pekerjaan dan mengiklankan produk. Memaksimalkan penggunaan teknologi internet juga mampu membuat anda menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang banyak.

Anda dapat membangun sebuah website atau blog dengan menggunakan jasa dari penulis lepas untuk mengisi blog tersbeut dengan artikel yang berkualitas. Anda memang harus membayar sejumlah uang kepada penulis tersebut dan sebagai gantinya blog yang anda miliki akan memiliki rangking di mesin pencari. Hal inimembuat blog tersebut banyak ditawari untuk pemasangan iklan dari perusahaan besar.

Jadi anda akan mendapatkan uang dari perusahaan yang memasang iklan di blog anda, atau bisa juga dari program-program seperti affiliate dan Google Adsense. Sementara anda menggunakan kemampuan dalam memaksimalkan teknologi untuk keuntungan banyak orang.

6. Memiliki kemampuan dalam menentukan kualitas sebuah barang

melek teknologi

Mereka yang tidak terlalu melek teknologi biasanya akan memilih barang elektronik dengan asal-asalan. Padahal tidakan seperti ini justru hanya membuat isi dompetmu semakin terkuras. Sebab barang tersebut belum tentu tahan lama dan akan membuang-buang biaya untuk melakukan service.

Tapi buat anda yang jago dibidang teknologi, bukan hanya tidak mudah tertipu rayuan gombal oknum pedagang curang. Tapi andapun mampu membedakan kualitas barang elektronik yang beredar di pasaran.

Hal ini sangat menguntungkan apabila anda memutuskan untuk memperbarui gadget anda. Karena pengetahuan tersebut jadi anda bisa memilih gadged dengan membandingkan fitur-fitur yang terdapat didalamnya. Anda juga sudah tahu mana merek yang menawarkan produk yang tahan lama, dan juga mana merek yang tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang.

7. Tidak perlu keluar uang servis selama bisa ditangani sendiri

melek teknologi

Ada suatu kondisi dimana barang-barang elektronik yang kita miliki mengalami kerusakan secara tiba-tiba. Bagi mereka yang kurang ahli dalam teknologi saat mengalami kejadian seperti ini sudah pasti tukang servis adalah jalan keluar bagi mereka.

Berbeda dengan mereka, anda yang melek teknologi tentu akan lebih tenang apabila menghadapi situasi seperti ini. Karena menurut anda peran tukang servis hanya untuk menangani kerusakan yang sangat besar dan membutuhkan alat khusus.

Sedangkan untuk kerusakan ringan, anda lebih suka menemukan penyebab kerusakan dan mencoba menyelesaikannya sendiri. Tindakan yang tenang seperti ini tentu saja akan berdampak baik bagi kelangsungan isi dompet anda. Sebab tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar jasa servis.

Oh ya, bukan hanya menyelamatkan isi dompet saja. Sebab anda juga dapat menambah isi dompet tersebut dengan menawarkan jasa servis kepada teman-teman anda yang memiliki barang elektronik yang perlu di service. Kemelekkan anda di bidang teknologi lagi-lagi menguntungkan finansial anda.

8. Belajar hal-hal baru meskipun berada di rumah

melek teknologi

Keuntungan lain yang bisa didapatkan jika anda adalah seorang yang melek teknologi, yakni kemudahan dalam mempelajari hal-hal baru.

Jika dulu orang membutuhkan kursus jika ingin menguasai suatu hal, di era modern seperti sekarang ini seseorang bahkan dapat mempelajari hal apapun dalam kamarnya. Ya, dengan bermodalkan komputer dan internet anda bisa mempelajari apapun yang anda mau tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Ada banyak sumber informasi seperti Wikipedia, WikiHow dan anda bisa memanfaatkan mesin pencari Google untuk memudahkan proses “kursus online” anda. Atau kalau anda seorang yang harus melihat contoh jika ingin belajar, maka Youtube hadir untuk anda yang memiliki tipe seperti ini.

Internet merupakan teknologi yang sangat berguna jika dipergunakan untuk hal positif seperti ini. Tidak hanya intenetpun merupakan teknologi yang dapat diakses kapanmun dan dimanapun. Jadi selama ada gadget dan koneksi internet, andapun dapat belajar apapun dengan mencari informasi yang bersangkutan di internet.

9. Tidak perlu merepotkan orang lain

Bayangkan saja, jika anda adalah seorang yang “buta” teknologi sudah pasti anda akan sering meminta bantuan orang lain untuk mengatasi kendala-kendala yang tidak anda mengerti.

Namun, meminta bantuan secara terus menerus tanpa peduli situasi tentu akan menjengkelkan orang yang anda mintai pertolongan. Meskipun mereka akhirnya mau menolong tetapi sejujurnya mereka akan sedikit kesal apabila anda terus bertingkah seperti itu.

Tapi untung saja anda adalah orang yang melek teknologi, sehingga anda dapat menyelesaikan permasalahan anda sendiri tanpa membuat repot orang lain.

Tapi buat anda yang sudah melek teknologi, sebisa mungkin bantulah orang sekitar anda yang sedang mengalami kesulitan dalam mengoprasikan produk teknologi mereka. Yah meskipun kadang anda merasa kesal karena orang-orang meminta tolong di waktu yang tidak tepat. Tapi jangan sampai anda menunjukkan secara langsung kekesalan tersebut kepada orang lain. Nanti anda dijauhi lho karena dianggap sombong!

10. Menjadi sosok yang keren dan memiliki banyak teman

melek teknologi

Ini dia keuntungan terakhir yang akan kita bahas, meski terkadang bantuan yang kita berikan sebenarnya mudah. Tapi percayalah bahwa anda sudah sangat keren dimata orang yang anda berikan pertolongan.

Hal ini juga menjadi alasan mengapa orang-orang melek teknologi yang sering saya temukan, biasanya adalah orang yang memiliki banyak teman. Orang lain akan senang bergaul denganmu dikarenakan anda memiliki sebuah kemampuan yang dalam hal ini adalah di bidang teknologi.

Tapi jangan sampai anda menyalah artikan orang-orang yang ingin bergaul denganmu adalah orang yang ingin memanfaatkanmu ya gengs.  Mereka tentu saja berteman bukan hanya karena ingin mendapat bantuan tapi lebih karena anda adalah sosok yang menginspirasi bagi mereka.

Baca Juga : 5 Teknologi yang Tidak Akan Ditemukan Oleh Anak Jaman Sekarang

Gimana, banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapat apabila menjadi sosok yang melek teknologi bukan. Meskipun anda merasa saat ini bukanlah seorang yang melek teknologi, tapi jangan ragu untuk terus mempelajari hal-hal yang berbau teknologi. Karena pada dasarnya manusia hanya butuh terbiasa untuk menguasai suatu hal baru.

Related Posts

About The Author

One Response

Add Comment