Optimasi Blog

Negative SEO Attack 2016 : Langkah Tepat Melindungi Situs Anda Dari Berbagai Ancaman

Apakah kita selalu waspada dan bisa melindungi situs atau blog dari berbagai kemungkinan ancaman terburuk setiap saat? Sedangkan kita tau pekerjaan utama pengelola blog adalah menulis konten secara rutin untuk mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya.

Pasti ini tidak pernah terlintas dibenak anda, bahwa tanpa kita sadari ada beberapa ancaman yang tujuannya menumbangkan peringkat blog kita secara diam-diam.

Mengapa hal ini terjadi? Jawabannya sangat mudah, karena dalam dunia blogging kita tidak sendirian, banyak kompetitor atau persaingan dalam memperebutkan peringkat.

Apa yang disebut Negative SEO?

Di dalam search engine dan SEO (Search Engine Optimation)  ada istilah kampanye negative atau sering disebut Negative SEO yang tujuannya adalah menjatuhkan kompetitor atau persaingan dalam search engine, terutama google.

Hal ini tentunya akan sangat merugikan dan berdampak buruk terhadap situs atau blog yang terkena serangan Negative SEO, salah satunya adalah dapat menurunkan reputasi situs di mata google, dan akan lebih parah lagi jika SERP (Search Engine Result Page) artikel mendadak turun secara drastis.

Apa saja Jenis Negative SEO?

  1. Melakukan tindakan [email protected] atau meretas situs yang menjadi sasaran.
  2. Membuat banyak link spam menuju situs sasaran dalam jumlah ratusan bahkan ribuan.
  3. Memperbanyak atau mengcopy secara langsung konten dari blog atau situs kita dan mempublishnya di berbagai tempat, hal ini jelas memicu duplikat konten.
  4. Mengarahkan link situs korban ke situs dewasa dan merusak reputasinya.
  5. Dan masih banyak hal yang sejenis ini.

Nah, apakah hal-hal diluar dugaan tersebut bisa kita pantau secara langsung? Karena pelakunya bisa siapa saja.

Loading...

Tindakan keamanan untuk melindungi situs anda

Saat ini hanya tindakan keamanan yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi Negative SEO dan melindungi situs anda, adapun hal ini sangat penting untuk menjaga semua aset situs atau blog yang dengan susah payah kita kelola dari bawah.

Di WordPress terdapat 2 buah plugin penting untuk mengantisipasi berbagai serangan komentar SPAM serta mencegah dan memblokir upaya masuk jahat secara paksa.

Kedua plugin ini adalahWP Limit Login Attempts dan Akismet yang selalu disarankan ketika pertama kali selesai menginstal WordPress.

melindungi situs
Image from Akismet

Dengan kata lain, kedua plugin ini wajib dipasang bagi pengguna wordpress. Karena plugin ini melindungi situs secara realtime, bahkan tanpa pengawasan langsung dari anda. Secara otomatis menghapus komentar SPAM dan melindungi situs dari upaya masuk jahat secara paksa.

melindungi situs

Bagi pengguna flatform blogger

Untuk pengguna blogger bisa menggunakan fitur moderasi komentar, sehingga komentar SPAM berbahaya bisa dihapus secara manual. Memang tak seperti woredpress yang bisa menghapus semua komentar spam secara otomatis, tetapi cara ini adalah yang paling efektif.

Aktifkan Alerts Email Pengaturan Google Webmaster Tools

Dengan mengaktifkan fitur alert email di google webmaster akan membantu dan memberitahukan secara langsung melalui email jika terjadi beberapa masalah di webmaster tools, seperti

  • Website Anda sedang diserang oleh malware.
  • Halaman situs Anda tidak ter-index.
  • Anda memiliki masalah denagn konektivitas Server
  • Anda mendapat manual penalty dari google

Melindungi Situs

Untuk mengaktifkan alerts email anda bisa pergi ke menu preferences yang ada di gambar roda gigi sebelah kanan atas. Seperti gambar di atas., jangan lupa disimpan.

Melacak Backlink dari situs anda

Untuk melacak keberadaan backlink dan lalul intas link lainnya, kita bisa menggunakan tool secara online melalui Monitor Backlink. Tetapi untuk hasil pelaporan secara berkala, situs ini dikenakan biaya alias harus berbayar. Tetapi jangan khawatir, anda bisa mencoba versi Trialnya selama 30 hari.

Setelah Anda membuat account monitor backlink, selanjutnya adalah menambahkan domain Anda dan menghubungkannya dengan akun Google Analytics Anda.

Mencegah Pencurian Artikel Oleh AutoBlog (AGC)

Automatically Generated Content (AGC) adalah tindakan pencurian artikel/konten yang memanfaatkan situs agregator atau RSS (Rich Site Summary ) reader yang ada di internet untuk mengirim umpan dari blog lain ke blog pencuri. Dan hal ini bisa dilakukan secara mudah denga bantuan plugin tertentu.

Apa yang dilakukan oleh blog AGC ini jelas merugikan pemilik konten aslinya, karena artikel di cloning dan sama persis baik judul dan isinya, kemudian dipublikasikan. Hal ini jelas memicu duplikat konten di google webmaster tool.

Ubah setelan dalam dasboard wordpress anda, masuk ke Pengaturan > Membaca > 
Dan ubah untuk tiap artikel di dalam umpan, tampilkan ringkasan.

melindungi situs
Pengaturan ringkasan

Untuk mencegah terjadinya pencurian konten dengan blog AGC, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah membuat format umpan ringkas/pendek di feedburner. Dan syaratnya blog anda harus sudah terdaftar di feedburner.

Cek Duplicate Content

Untuk memeriksa duplikat konten yang ada baik itu hasil di copas murni atau hasil dari blog AGC, kita bisa memeriksa dengan tool online Copyspace. Caranya mudah sekali, cukup masukkan alamat URL artikel anda dan Copyspace akan mencari secara otomatis jika ada konten atau artikel lain yang di copas dari blog anda.

melindungi situs

Nah, contoh di atas adalah salah satu artikel blog ini yang di copas mentah-mentah dan dipublikasikan. Untuk itu kita bisa ambil tindakan dan Laporkan Ke Google DMCA Jika Artikel Anda Di Copas. Pasti google akan merespon dan memberikan sanksi kepada blog tersebut.

Amankan situs Anda dari Malware dan Hacker

Ada beberapa cara melindungi situs/blog dan mengamankan dari malware dan tangan hacker yang tidak bertanggug jawab, salah satunya adalah membuat password verifikasi 2-langkah. Jika anda pengguna wordpress bisa menggunakan plugin Google Authenticator.
melindungi situsSetiap kali Anda login ke situs WordPress , Anda akan diminta untuk menambahkan kode yang dihasilkan oleh Google Authenticator pada perangkat smartphone Anda (tersedia di iOS dan Android).

Tindakan ini akan menambah keamanan login dan melindungi situs anda dari usaha peretas, terutama untuk masuk atau login kedalam dashboard WP-admin.

Baca juga : Akun Gmail Anda Pernah Di jahilin Orang? Cegah dengan 3 Cara ini

Nah, itulah beberapa Negative SEO Attack yang harus anda perhatikan, terutama bagi yang mengandalkan situs atau blog untuk menghasilkan uang dan beberapa situs bisnis online agar keamanan situs atau blog tetap terjaga.

Apakah anda menganggap blog sebagai aset yang berharga??



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

14 Comments

  1. Salam kenal, Mas. Saya ingin berbagi pengalaman, yang mungkin masih berkaitan dengan artikel ini. Siapa tahu Anda atau pembaca lain bisa ngasih pencerahan atas yang pernah saya alami.

    Saya punya blog (menggunakan domain sendiri, dengan menginduk hosting ke Blogger). Saya ngeblog secara wajar saja, tanpa kepikiran bersaing dengan siapa pun. Tapi ternyata ada orang yang sirik atau entah apa, dan mengusili blog saya.

    Mula-mula, beberapa artikel di blog saya tiba-tiba mengarah ke web lain. Jadi, kalau saya meng-klik suatu judul artikel tertentu di side bar blog, yang terbuka bukan artikel di blog saya, tapi mengarah ke web lain yang buruk (tidak pantas). Atau, jika saya masukkan link artikel tadi ke google, lalu meng-klik link tersebut, tetap mengarah pada web buruk tadi, bukan ke blog saya, meski link itu nyata-nyata merpakan link blog saya.

    Singkat cerita, setelah masalah itu beres, giliran widget blog saya tiba-tiba menghilang. Padahal saya tidak ngutak-atik template sama sekali. Widget follower blog, misalnya, tiba-tiba hilang. Saya mengatasi masalah itu dengan menginstal template kembali, dan widget follower pun muncul lagi. Masalah demi masalah seperti itu terus muncul, dan alhamdulilah bisa saya atasi, meski dengan segala kebingungan dan keterbatasan.

    Nah, yang terakhir, yang membuat saya sangat bingung, adalah kata kunci di Alexa. Di Alexa itu kan ada bagian berisi kata-kata kunci (keyword) yang paling banyak masuk ke blog kita (biasanya 5 buah keyword). Ketika saya cek blog saya di Alexa, keyword yang ada di sana sama sekali bukan keyword yang ada di blog saya. Lima keyword yang tercantum di Alexa adalah kata-kata tidak pantas, yang tampaknya dimaksudkan untuk mencemarkan nama baik saya. (Kata-kata/keyword itu sama sekali tidak terdapat di blog saya).

    Jadi, saya menyimpulkan, seseorang telah menginjeksikan keyword tersebut ke data blog saya di Alexa. Kenyataannya, setelah keyword2 itu muncul, rank Alexa blog saya macet, meski saya tetap update secara rutin.

    Yang masih menjadi pertanyaan, saya sama sekali tidak tahu bagaimana cara orang itu menginjeksikan keyword tertentu ke data blog saya di Alexa. Kata beberapa teman sesama blogger, ada plugin yang ditujukan untuk hal-hal semacam itu, meski mereka juga tidak tahu pasti plugin apa. Selain itu, saya juga tidak tahu bagaimana mengatasi masalah semacam itu. Bagaimana mengembalikan data keyword blog saya di Alexa, agar kembali normal seperti semula?

    Kalau Mas Gani atau pembaca lain yang bisa ngasih pencerahan, saya sangat berterima kasih. Maaf kalau komentar ini kepanjangan. Juga maaf, saya sengaja tidak menyebutkan blog saya di sini, karena saya masih trauma.

    1. Terimakasih mas/mbak widya masukannya.
      kalau ini jelas sekali dari RSS yang tidak dilindungi, sepele sebenarnya tapi bisa berakibat fatal.

      Sayang sekali dalam artikel ini tidak dijelaskan secara spesifik mengenai perlindungan RSS secara lengkap.

      Sebenarnya dalam feedburner terdapat juga pengaturan ringkasan secara spesifik dan itu yang sebenarnya melindungi konten dari pencurian.

      Walaupun RSS feed dalam blog sudah disingkat (diperpendek admin) tapi masih ada kemungkinan untuk mendompleng kata kunci atau feed yang berisi artikel.

      Ini yang dimanfaatkan oleh pencuri, karena feed tersebut tidak diarahkan ke homepage pemilik blog (widya), namun diarahkan ke berbagi situs.

      Ada keuntungan yang bisa diambil dari sini, yaitu URL home page bisa menyebar ke berbagi penjuru, dan ini akan membuat URL tersebut populer.

      Tetapi, jika RSS feed tersebut di arahkan ke situs konten dewasa atau situs terlarang lainnya akan berakibat buruk.

      tentunya kata kunci akan mengikuti RSS umpan yang sudah diarahkan kepada situs terlarang itu.

      Nah, untuk sementara ini saya sarankan agar secara spesifik mengatur RSS/umpan situs di feedburner.

      Setelah itu tinggal resubmit saja sitemap URL di google webmaster.
      Semoga bisa sedikit membantu.

  2. alhamdulillah, terima kasih Mas + Gani atas masukannya…..

    tak lanjut dulu kalau begitu.. hehe… ^_^

  3. Wah untuk masalah copas ini terkadang yang sedikit membingungkan saya Mas +Gani ; kebetulan blog saya tentang pendidikan… tentu sebagian informasi yang saya dapatkan juga hasil baca dari sumber laman tentang pendidikan juga. Dan mau tidak mau saya juga harus menyajikan isi kurang lebih sama dengan apa yang saya baca, tapi disertai sumber asalnya. Untuk materi lain, seperti tutorial insya Allah hasil karya sendiri. menurut sampean gimana Mas?… apa harus distop materi tentang informasinya atau lanjut. sedang saat ini teman2 seprofesi membutuhkan informasi terbaru, terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan beritanya. Dan saya juga tidak asal ambil berita saja Mas, tentu dipilah-pilih agar bermanfaat dan tidak menimbulkan mudharat dilain waktu. Monggo ditunggu saran dan masukannya… hehe ^_^

    1. Wah, maaf telat balesnya mas Indra, soalnya sibuk kerjaan diluar 😀
      Menurut saya bagus, materi yang didapatkan dari sumber resmi dan di sadur ulang itu bukan merupakan copas kok.

      Justru akan memberi nilai lebih bila disajikan dalam bahasa mas indra sendiri, asalkan topik dan materi tetap berdasar pada sumber resmi.

      Saya rasa bagus, karena artikel yang mas Indra tulis termasuk artikel abadi. Yang dalam rentang beberapa waktu yang akan datang dibutuhkan oleh generasi penerus. 😀

      Lanjut mas indra, tetap semangat dan sukses selalu.

  4. wah baca postingan Sampean ngeri juga ya Mas +Gani , ternyata tidak di dunia nyata saja persaingan tidak sehat terjadi. Di dunia maya pun juga bisa terjadi. Segala sesuatu yang diawali dengan baik, insya Allah hasilnya juga baik, meski tidak seberapa, tapi terasa luar biasa karena penuh dengan berkah. Begitu juga sebaliknya, hasil melimpah ruah tapi dari hasil yang tidak baik, maka akan terasa kurang dan kurang, karena hilangnya berkah.

    Bahkan tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti ‘karma’ bisa saja terjadi, entah pada diri sendiri, keluarga yang kita sayangi yang mendapatkan makan dari cara yang tidak baik. wAllahu A’lam.

    itu pendapat saya pribadi Mas, maaf kalau salah hehe ^_^

    1. Betul sekali pendapatnya mas indra, setidaknya kita jangan sampai merugikan orang lain yang sudah berjuang mati-matian. Contoh sederhana saja, membuat artikel itu susah payah dan di copas mentah2, kadang kita juga merasa jengkel juga :D. Yah, namanya manusia, sikap dan perilaku tidaklah sama mas 😀

    1. Blog itu aset, walaupun data dan konten bisa di backup. Tetapi peringkat situs yang tidak bisa dibeli, dan cara mendapatkannya tidak mudah.

      Thanks mas Isrofi, atas atensinya selama ini 😀

      1. Ngomong-ngomong tentang peringkat situs, ada yang ingin saya tanyakan mas, ” hari ini kok alexa rank global blog saya kembali ke 1 jutaan lagi ya, padahal 3 hari yang lalu udah 800 an mas.

        1. Alexa bukanlah penentu kualitas suatu blog, pernah ada yang berpendapat, jika anda update artikel tiap hari, maka angka alexa akan cepat turun? Memang benar, jika kita rajin update artikel tiap hari maka dengan otomatis angka alexa rank akan turun, itu juga berlaku bagi blog baru sekalipun. Berarti nilai alexa tergantung dari kita, yang penting update artikel dan posting, entah itu posting original (asli) ataupun hasil copy paste.

          Untuk pembahasan mengenai Alexa bisa simak disini mas : Perhitungan alexa rank

          Tapi itu artiikel jadul, tulisan juga acak-acakan 😀

Tinggalkan Balasan