Ulasan Bisnis

10 Tips Dalam Memajukan dan Mengembangkan Usaha

Usaha merupakan panggilan hidup, kegiatan wirausaha ini, bukan hanya berguna untuk diri sendiri, tetapi menguntungkan juga untuk orang lain. Sebagai seorang pengusaha, tentu anda dituntut untuk bisa memajukan dan mengembangkan usaha yang anda jalankan.

Pengusaha perlu mencari refrensi serta mempraktekkan cara-cara jitu, dalam mengelola usaha, sehingga hasil yang terbaik dapat terwujud dalam usaha tersebut.

Menjadi pengusaha itu susah-susah gampang, justru beban yang akan ditanggung akan semakin berat, bahkan pekerjaan akan semakin membutuhkan ekstra tenaga. Kalau boleh dibandingkan, menjadi kariawan akan lebih mudah ketimbang menjadi pengusaha. Namun, kerja keras dan beban berat tersebut, tidak akan menjadi alasan untuk mereka yang mempunyai mental sukses, berbeda dengan orang malas yang akan menyalahkan nasib, atas apa yang terjadi dalam hidupnya.

Jika anda merupakan salah seorang dari pengusaha, atau mungkin saja masih berencana untuk memulai karir sebagai pengusaha, maka artikel ini sangat ditujukan untuk anda. Dalam artikel ini, saya akan mengupas tentang bagaimana caranya untuk mengelola, mengembangkan dan memajukan usaha yang sedang anda rintis.

Baca Juga : 10 Tips Agar Bisnis Anda Tetap Eksis di Pasaran

10 Tips Dalam Memajukan dan Mengembangkan Usaha

10 Tips Dalam Memajukan dan Mengembangkan Usaha1# Menentukan jenis usaha berdasarkan minat dan hobi, akan memberikan anda kemudahan dalam pengelolaan usaha

Poin pertama ini, bukan hanya berlaku dalam wirausaha, namun berlaku juga untuk kehidupan sehari-hari. Tentu saja minat dan hobi, merupakan kegiatan atau hal yang benar-benar disukai, bila dijadikan landasan usaha, tentu saja akan memberikan sejuta kemudahan untuk anda sebagai pengelola usaha.

Menentukan jenis usaha, tidak harus berdasarkan trend dan minat pasar, namun bila usaha anda menyediakan produk atau jasa yang kurang diminati orang, mungkin dengan melakukan trobosan, serta inovasi, serta gencar melakukan promosi dapat membantu untuk memajukan dan mengembangkan usaha yang anda miliki.

2# Segera realisasikan ide dan juga usaha anda

Untuk anda yang istilahnya masih pikir-pikir, antara terjun ke dunia wirausaha, atau tetap mengandalkan pekerjaan kariawan, saya rasa anda perlu merealisasikan ide yang anda miliki. Pikirkan dengan matang dan cepat, setelah itu silahkan memulai usaha anda dari nol.

Loading...

Memajukan dan Mengembangkan Usaha

Mengorbankan pekerjaan sebagai kariawan, sebenarnya ada benarnya, namun ada salahnya juga. Memang benar, untuk anda yang memiliki mentar, serta semangat sorang pengusaha, tetapi pilihan anda akan menjadi pilihan yang salah, bila anda sebenarnya tidak “berbakat” dalam berwirausaha.

Untuk anda yang tidak memiliki bakat wirausaha, sebenarnya anda tetap dibolehkan terjun ke dunia wirausaha ini, namun karena kurangnya bakat yang anda miliki, maka kesempatan untuk mendapatkan kesuksesan akan lebih tipis dari mereka yang telah memiliki bakat wirausah.

Dengan berlatih, fokus, telaten, serta mau belajar dari pengalaman, meskipun anda tidak berbakat dalam berwirausaha, tetapi dipastikan usaha anda akan maju dan berkembang, serta memberikan hasil yang manis dikemudian hari.

3# Jangan pernah menyerah saat usaha mengalami situasi terpuruk

Saat usaha dalam situasi terpuruk, biasanya pengusaha akan mengalami tekanan batin, serta pikiran yang sangat berat. Bahkan, kadangkala mereka memutuskan untuk pasrah, dan membiarkan usaha yang dibangunnya runtuh di tengah jalan.

Padahal, usaha yang sedang mengalami keterpurukan, dapat menjadikan bahan pembelajaran, serta pembenahan untuk di kemudiah hari. Anda dapat mengkoreksi, apa saja pemicu terjadinya situasi terpuruk, dalam usaha yang anda miliki, setelah itu anda perlu untuk melakukan pembaruan, dan mengantisipasi keadaan tersebut terjadi kembali.

4# Gunakan teknik berpromosi yang benar

Untuk memajukan dan mengembangkan usaha, tentu saja anda membutuhkan kehadirann konsumen. Konsumen tidak harus dibiarkan datang dengan sendirinya, tetapi anda dapat melakukan beberapa teknik seperti mempromosikan produk atau jasa yang anda tawarkan, guna menarik minat konsumen, untuk datang ke tempat anda.

Akan tetapi, pastikan teknik berpromosi yang anda terapkan dalam usaha, merupakan teknik yang benar. Teknik berpromosi yang salah, hanya akan membuat pemahaman keliru, serta membuat masyarakat tidak menaruh minat sama-sekali, kepada produk atau jasa yang anda tawarkan.

Memajukan dan Mengembangkan Usaha

Tidak harus beriklan, melakukan promosi dapat ditempuh dengan cara yang lebih murah, yakni mempromosikan produk atau jasa, dari mulut-kemulut. Atau bisa juga dengan membuat kaos, atau stiker dengan design yang menarik, agar orang lain senantiasa mempromosikan produk anda secara gratis, dengan menggunakan kaos serta memasang stiker yang berisikan unsur perusahaan yang anda miliki.

5# Pintarlah mengatur pengeluaran dari pendapatan usaha anda

Keuntungan atau pendapatan usaha, bukanlah sesuatu yang dapat dipergunakan berbealanja dengan boros. Pendapatan tersebut, ada baiknya anda kelola dengan maksimal, pendapatan harus dipergunakan lagi sebagai modal, barulah sisanya disimpan untuk kepentingan mendadak.

Dengan gaya hidup boros, tentu saja anda tidak akan merasakan keuntungan dari berwirausaha, sebaliknya bila anda lebih berhemat, serta pintar dalam mengelola serta mengatur uang hasil pendapatan, maka keuntungan dari berwirausaha akan semakin terasa dampaknya.

6# Ciptakan produk atau jasa yang berbeda dari pesaing anda

Masyarakat semkin mudah bosan akan barang yang erkesan monoton, atau itu-itu saja, sehingga menciptakan produk atau jasa yang telah diinovasikan sehingga berbeda dari yang lain, merupakan salah satu cara agar anda tidak kehilangan konsumen.

Selain menciptakan barang yang berbeda, perhatikan juga akan kualitas barang tersebut, jangan sampai barang tersebut memang berbeda, namun kualitas yang didapatkan oleh konsumen sangat buruk.

Karena, konsumen juga menilai bagus atau tidaknya perusahaan, bukan hanya dari uniknya produk atau jasa mereka, melaikan mereka akan menilai dari kualitasnya juga.

7# Carilah partner yang memiliki kemampuan lebih dari anda

Parner memiliki hubungan yang kuat dalam memajukan dan mengembangkan usaha yang anda miliki. Hal ini, dikarenakan partner merupakan orang yang selalu ada, untuk membantu anda mengelola usaha yang ada.

Mengembangkan Usaha

Sedangkan, dalam memilih partner sebaiknya memilih mereka yang memiliki tingkat keahlian di atas anda, namun ada baiknya jua untuk memilih partner dari kalangan keluarga maupun sahabar. Hal ini, untuk memastikan bila partner anda, bukanlah partner yang hanya mencari untung, atau sekedar numpang kesuksesan pada perusahaan anda.

Baca Juga : 5 Alasan Anda Harus Mempromosikan Produk Usaha Secara Online

Maka dari itu, memilih partner perlu ekstra teliti dan hati-hati, kecuali untuk anda yang telah memiliki partner sedari awal terbentuknya usaha.

8# Ramah

Sikap juga merupakan salah satu kuncu dari kesuksesan yang akan anda dapatkan dalan berwirausaha. Ramah, berarti anda perlu memberikan pelayaanan yang baik, serta maksimal kepada para konsumen yang datang.

Sedangkan sikap ramah, dapat memberikan rasa kepercayaan kepada konsumen, dan kemungkinan mereka akan kembali, semakin terbuka lebar.

9# Pilihlah lokasi usaha yang strategis

Selanjutnya, dalam memajukan dan mengembangkan usaha, dapat ditempuh dengan membangun usaha di tempat yang strategis dan bertartget.

Strategis, atau dalam kata lain, lokasi usaha benar-benar dapat dilihat dan mudah diakses oleh orang banyak, sehingga ksempatan untuk mendapatkan konsumen baru, semakin meningkat.

Sedangkan bertartget, maksudnya ialah anda tidak hanya dituntut untuk membangun usaha di temat ramai, namun ramai dan bertarget. Sama seperti berdagang sayur lebih baik di pasar, atau berdagang souveni lebih baik di tempat wisata.

10# Murahkan harga produk atau jasa

Yang terakhir, yakni memurahkan harga produk. Membuat produk atau jasa dengan mematok harga lebih rendah dari pesaing anda, merupakan teknik yang jitu dalam menarik minat konsumen.

Siapa sih, yang nolak jika diberikan harga murah ??

Tentu saja tidak ada. Namun, dalam mematok harga, perlu ditekankan sekali lagi, agar tidak sampai membuat anda rugi. Patoklah harga yang rendah untuk produk atau jasa anda, tetapi pastikan anda tetap mendapatkan untuk dengan memasang harga tersebut.

Baca Juga : Sukses Berbisnis Dengan Fokus Terhadap Konsumen, Bukan Uang

Saya rasa, itu saja 10 tips memajukan dan mengembangkan usaha, yang dapat saya bahas dalam artikel ini. Dalam berwirausaha, anda perlu sabar, dan selalu melakukan inovasi serta pembaruan agar dapat memajukan usaha. Karena, anda adalah pemilik dan pengelola usaha tersebut, dan anda adalah kunci kesuksesan dari usaha tersebut. Selamat berwirausaha 🙂



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *