Adsense Di Youtube

Maksimalkan Kualitas Video YouTube dengan Plugin Adobe Premiere

Memaksimalkan kualitas video terlebih bagi para YouTubers merupakan prioritas utama untuk meningkatkan traffic penonton. Sebagus apapun konten yang dimiliki oleh sebuah video, tidak akan maksimal jika tidak didukung oleh kualitas video seperti resolusi gambar, suara, animasi, dan lain sebagainya.

Adobe Premiere CS Pro merupakan salah satu software editing untuk video yang sudah sangat terkenal dikalangan YouTubers. Hal ini disebabkan banyak fitur yang canggih yang mampu meningkatkan kualitas video yang dibuat.

Namun tidak sedikit para YouTuber yang belum menggunakan semua plugin secara maksimal. Untuk itu, berikut beberapa plugin yang wajib kamu gunakan untuk membuat video kamu semakin keren.

Plugin Crop

Memaksimalkan kualitas video tidak hanya terfokus pada resolusinya saja, tetapi juga pada kreasi tema. Mungkin kamu sering menonton film yang memiliki frame atau bingkai berwarna hitam dibagian atas dan bawah video. Kreasi ini disebut Frame Cinema Look atau tampilan menggunakan frame.

Untuk membuat tampilan seperti ini, biasanya para YouTubers menggunakan teknik “insert black image” atau menggunakan gambar berwarna hitam yang diletakkan pada bagian belakang video. Sehingga dengan mengecilkan ukuran video pada editor film, secara otomatis frame akan terbentuk.

Namun tidak semua ukuran video dapat di resize untuk membuat frame hitam tersebut. Karena hal ini akan memaksa video untuk mendapatkan posisi yang sama antara bagian atas dan bawah sehingga terkadang membuat gambar menjadi terpotong.

Untuk itu, terdapat plugin Crop yang mampu mengerjakan pembuatan frame hitam dengan cepat.

Memaksimalkan Kualitas Video
Plugin Crop

Untuk menggunakan plugin ini, kamu cukup menemukannya pada item Effect dibagian Video Effect. Setelah itu pilih Transform dan plugin Crop akan kamu temukan disana.

Kamu cukup menyeret plugin tersebut pada video yang akan dibuat frame. Setelah itu kamu dapat membuatnya dibagian Effect Control dengan menganti persentase pada poin ‘Top’ dan ‘Bottom’.

Ultra Key

Selain memaksimalkan kualitas video menggunakan frame cinema melalui plugin Crop, terdapat juga plugin yang selalu digunakan oleh para video editor profesional. Ultra key yang terdapat pada menu Keying di item Effect, menjadi primadona yang tidak lepas dalam memaksimalkan kualitas video.

Plugin ini digunakan untuk menghilangkan latar layar atau background yang berwarna tunggal. Lebih dikenal dengan istilah Green Screen, plugin ini akan bekerja secara maksimal pada background yang berwarna terang seperti hijau, kuning, dan merah.

Teknik green screen sering digunakan pada film-film produksi terbaru yang mampu membuat efek dramatis pada film. Namun tidak itu saja ultra key juga digunakan untuk membuat watermark animasi video seperti logo channel YouTube Mela Belajar.

Dengan plugin Ultra Key ini, kamu bisa memaksimalkan kualitas video di Channel YouTube.

Memaksimalkan Kualitas Video
Plugin Ultra Keying

Jika kamu berminat menggabungkan beberapa video pada satu frame, kamu bisa mencobanya dengan mengunduh video green screen di YouTube dan mengeditnya di Adobe Premiere. Setelah itu seret plugin ultra key ke video tersebut dan hilangkan warna layar berwarna hijau menggunakan icon key color.

Layar hijau tersebut akan otomatis menjadi kosong dengan warna hitam dan kamu bisa menempatkan video lainnya pada untuk mengisi layar hitam tersebut. Sederhananya, plugin ini akan menjadikan video layaknya gambar berformat PNG.

Parametric Equalizer

Meningkatkan kualitas audio adalah salah satu cara memaksimalkan kualitas video pada YouTube. Tidak semua perangkat Laptop atau PC memiliki kemampuan yang sama menangkap kualitas suara yang baik.

Terkadang suara yang dihasilkan dari proses rekaman tidak memiliki tingkat balancing yang rata antara output speaker kanan dan kiri. Kamu boleh saja mendengar hasil suara rekaman kamu sangat seimbang jika didengarkan menggunakan speaker internal laptop.

Tetapi ketika kamu mendengarkan menggunakan headset, pasti suara yang dihasilkan akan tidak seimbang. Oleh sebab itu, dengan Parametric Equalizer kamu dapat mengedit kualitas suara kamu menjadi lebih stabil.

Kamu dapat menemukan plugin ini pada item Effect dibagian Audio Effect. Kamu dapat melakukan hal yang sama seperti plugin diatas, untuk dapat menggunakannya. Setelah itu, putar video yang akan kamu edit dan lihat ketinggian bar volume video seperti gambar berikut ini.

Memaksimalkan kualitas video
Plugin Parametric

Jika bar video sama rata, maka kamu tidak perlu mengeditnya. Tetapi jika tidak, kamu tinggal menganti angka pada bagian seperti gambar berikut ini.

Memaksimalkan kualitas video
Balncing Suara

Putar video secara berulang untuk mendapatkan suara yang seimbang pada bagian kiri dan kanan. Dengan memaksimalkan kualitas video pada bagian suara ini, penonton akan merasa nyaman dan mau untuk menonton video kamu yang lain.

Mastering

Bagi para editor musik, istilah mastering memiliki arti finishing. Namun pada para pencinta video YouTube tidak dikenal istilah finishing. Karena kita perlu mengedit setiap bagian yang mungkin terlewat walau video sudah selesai di render.

Plugin Mastering pada Adobe Premiere memiliki kemampuan untuk memaksimalkan kualitas video pada bagian suara. Dengan plugin ini, kamu dapat mengubah kejernihan suara kamu semakin maksimal.

Memaksimalkan kualitas video
Plugin Mastering

Terkadang suara yang dihasilkan dari take vocal tidak begitu jelas, dan dengan plugin ini kamu bisa menjadikan suara terdengar lebih jelas tanpa mengurangi kualitas yang diinginkan.

Dengan menambahkan efek seperti reverb, exiter, wideness, dan output gain, maka kamu akan mendapatkan suara yang lebih baik dan enak didengar.

Pitch Shifter

Dan plugin terakhir untuk memaksimalkan kualitas video kamu adalah editor suara Pitch Shifter. Plugin ini merupakan salah satu plugin yang sering saya gunakan dan menjadi plugin favorit.

Plugin ini sangat cocok bagi YouTubers yang memiliki kategori video nasrasi seperti tutorial atau berita. Plugin ini mampu mengubah suara kamu menjadi lebih tinggi ataupun lebih berat.

Sebagai contoh kamu bisa melihat perbandingan pada dua video Youtube pada Channel Mela Belajar tersebut.

Untuk beberapa kasus, plugin ini biasanya digunakan untuk menyamarkan suara asli. Mungkin dikarenakan pemilik suara tidak ingin dikenali ataupun merupakan saksi kejahatan yang harus dilindungi.

Tetapi bagi saya pribadi, plugin ini sangat berfungsi untuk memperbaiki suara yang dirasa sedikit cempreng, tidak keren, dan lain sebagainya.

Dengan suara saya yang tidak terlalu enak didengar, saya menggunakan plugin ini untuk mengubah suara saya terdengar lebih berat seperti suara Batman.

Bahkan bagi pencinta topik Flat Earth, konon katanya BossDarling menggunakan plugin ini untuk menjadikan suaranya terdengar lebih keren.

Memaksimalkan kualitas video
Plugin Pitch Shifter

Kamu dapat mencoba plugin ini pada bagian Audio Effect di item Obsolete Audio Effect. Cukup dengan menyeret plugin ini pada bar suara video, kamu bisa memaksimalkan kualitas video dengan lebih baik. Untuk mengubah suara menjadi lebih berat atau tinggi, kamu hanya perlu mengurangi rasio suara pada pilihan Semi-Tones.

Untuk menggunakan plugin ini sebagai cara memaksimalkan kualitas video, sangat disarankan untuk tetap konsisten pada satu jenis suara saja. Jangan menggunakan suara yang berbeda-beda pada channel YouTube kamu, karena akan dianggap kalau video yang kamu unggah bukan milik kamu sendiri.

Jadi cukup itu saja pembahasan untuk memaksimalkan kualitas video pada YouTube. Semoga dengan informasi ini, kamu bisa membuat video yang lebih baik. Jika informasi ini dirasa bermanfaat, tinggalkan komentar dan bagikan ke media sosial kamu yah.


Loading...
Baca selengkapnya

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close