Dasar dasar Blog

Kiat Sukses Memaksimalkan Penghasilan Blog Personal Dari Awal

Make Money Blogging. Sudah bukan menjadi rahasia umum kalau tujuan utama membuat blog adalah sekaligus  menjadikan blog tersebut sebagai mesin pencetak uang.

Jika anda perhatikan di balik layar sebuah blog ada seorang admin yang bekerja dari senin sampai senin lagi untuk memaksimalkan penghasilan blog dengan cara rutin mengupdate artikel.

Mimpinya hanya satu, yaitu menghasilkan uang sebanyak banyaknya dari blog personal yang di kelola.

Mungkin tidak terlintas dalam benak kita untuk memaksimalkan penghasilan blog walaupun itu blog personal (blog yang di kelola oleh satu orang saja). Apakah mungkin sebuah blog personal mampu menghasilkan uang puluhan juta dalam 1 bulan atau bahkan lebih?

Jawabannya adalah bisa, karena sebuah blog yang mempunyai trafik tinggi akan sangat berpeluang untuk menghasilkan uang jutaan rupiah perbulan.

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari blog yang sudah terbukti secara nyata mampu menghidupi seorang blogger, bahkan menjadi pendapatan utama meraka. Di antaranya adalah

  • Menjadi publisher google adsense.
  • Mendaftarkan blog dan mengikuti program affiliate seperti amazon.
  • Mendaftarkan blog pada iklan mandiri.
  • Membuat toko online.
  • Membuat blog jasa online
  • Dan lain sebagainya.

Nah, untuk mewujudkan hal tersebut memang tidaklah secara instant atau hanya memerlukan waktu dalam sekejab saja, seorang blogger di tuntut untuk bekerja keras agar impian tersebut bisa tercapai.

Cara memaksimalkan penghasilan blog bisa dilakukan sejak awal, yaitu semenjak kita berencana untuk membuat blog pencetak uang.

Loading...

Memilih Flatform blog yang tepat

Jika anda berkeinginan membangun sebuah blog yang profesional, sebaiknya gunakan flatform yang tepat untuk membangun sebuah blog. Saat ini wordpress adalah pilihan yang paling tepat, karena banyak sekali fitur yang bisa kita manfaatkan dari wordpress. Kita bisa membuat blog self hosting dari CMS wordpress.org yang di hosting sendiri.

Memilih nama domain

Jika niat pertama kita adalah menjadikan blog sebagai mesin uang, maka memilih nama domain adalah hal yang sangat penting. Pilih nama domain yang sesuai dengan niche blog yang anda tentukan.

Tujuannya agar lebih SEO dan fokus terhadap kata kunci yang berhubungan dengan niche blog. Sehingga mempunyai kesempatan memenangkan di halaman pencarian.

Baca :Cara Memilih Dan Menentukan Nama Domain Blog

Memilih hosting yang tangguh

Biasanya paket domain dan hosting menjadi satu dalam sebuah jasa provider, pastikan anda memilih jasa hosting yang tangguh, kapasitas data yang sesuai dan yang paling penting adalah bandwith yang menunjang.

Saat ini banyak sekali penyedia jasa provider hosting yang menyediakan fasilitas menarik, akan tetapi pilihlah sebuah hosting yang sudah terpercaya dan banyak direferensikan.

Baca : Memilih hosting yang bagus dan berkualitas untuk blog anda

Memilih niche blog yang ramai di kunjungi banyak orang

Niche blog adalah termasuk faktor penentu sebuah blog ramai untuk di kunjungi, jika kita berniat membangun sebuah blog yang bertrafik tinggi, sebaiknya pilih niche yang sesuai dan banyak di cari orang.

Tetapi perlu di ingat juga, harus di sesuaikan dengan kemampuan kita dalam menguasai materi yang akan di sajikan.

Baca :  Niche blog paling laris sepanjang masa

Memaksimalkan SEO Onpage dan Offpage

SEO adalah faktor utama untuk mendatangkan pengunjung secara signifikan dari search engine terutama google, sebaiknya optimasi blog secara maksimal melalui SEO onpage dan off page.

Tahap ini yang seharusnya di khususkan, seperti optimasi meta tittle, diskripsi, meta keyword dan juga sitemap blog yang di kirimkan ke google webmaster.

Baca : Optimasi SEO Onpage dan Offpage untuk blog

Riset kata kunci

Ini yang banyak sering di abaikan oleh seorang blogger pemula, kita harus melakukan riset kata kunci sebelum menentukan judul blog. Jika blog yang akan kita bangun bertujuan mencari trafik sebanyak banyaknya, kita harus mengetahui jumlah kompetitor kita di search engine.

Tujuannya adalah mengetahui banyaknya persaingan dan kepadatan kata kunci dan mengambil kata kunci terbaik yang mempunyai sedikit persaingan dan jumlah pencarian yang banyak.

Baca :Riset kata kunci dengan keyword planner tool

Membuat artikel berkualitas dan update secara continue

Nah, pada tahap ini seringkali kita menemui hambatan, karena kemampuan seorang blogger itu berbeda beda. Akan tetapi tidak perlu khawatir, yang penting kita menguasai materi untuk posting, untuk selanjutnya bisa kita kembangkan menjadi sebuah artikel yang berkualitas di mata google.

Yang penting artikel bukan copy paste, dan usahakan bisa update artikel setiap hari untuk memperoleh trafik secara bertahap.

Baca :Tips agar bisa update artikel blog setiap hari

Promosi blog dengan langkah yang tepat

Langkah terkahir adalah mempromosikan blog, hal ini bisa kita lakukan secara online. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk melakukan hal ini, bisa melalui media sosial, forum ataupun jejaring sosial yang khusus mempunyai topik seputar blog.

Adapun cara lain adalah dengan cara berbayar, yaitu memasang iklan di facebook ataupun melalui program adwords milik google. Untuk berpromosi blog lakukan dengan cara yang benar, jangan melakukan spam yang akan berakibat buruk pada blog anda sendiri.

Kesimpulan

Untuk memaksimalkan penghasilan blog kita butuh trafik yang sebanyak banyaknya. Trafik blog tidak bisa di peroleh dengan seketika, akan tetapi bisa kita dapatkan secara bertahap melalui update artikel secara berkala dan berpromosi secara benar.

Pondasi blog yang kuat sangat penting di bangun sejak dari awal, agar mampu bersaing dengan blog lain terutama dari segi SEO. Dengan trafik blog yang tinggi akan sangat berpeluang mendatangkan uang yang melimpah bagi pemilik blog itu sendiri.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

21 Comments

  1. sangat bagus dan membantu sekali artikel klikmania. mohon review my blog bimahartono dong .tentang judul dan isi tulisan yang saya sudah terbitkan. terimakasih salam kenal

  2. informasi dari master yang satu ini selalu top, salah satu blog referensi buat saya kalau mencari tahu tentang blogging dan youtube.
    Alhamdulillah adsense sudah jalan meskipun masih kayak siput, hehehe…
    Hanya saja, sampai saat ini saya masih belum begitu mengerti tentang SEO (On Page maupun Off Page)… pokoknya terus belajar lah. Salam sukses mas Gani…

  3. Tekun… Tetap jadi kuncinya ya mas….

    Saya sendiri masih menggunakan blog gratisan….

    Tapi untuk domain sudah punya sendiri….

    Dan saya sendiri belum pernah dapat uang dari blog…..

    ?????

  4. Lengkap dan runtut kak penyajiannya.
    Berguna bagi pemula kayak saya. Apakah saat ini hanya adsense yang paling cocok untuk penghasilan seorang blogger kak?

  5. Maunya update artikel setiap hari gan hanya saja berbenturan dengan jadwal kerja kanotr, mau resign agar bisa fokus 100% di blog tapi masih ragu… wah serbah salah ne gan hehehehe… Btw blog agan keren dan penuh dengan artikel yang bermanfaat

    1. Wah..kalau masih ragu mending jangan resign dulu mas Hendra. Sebab walaupun penghasilan tinggi dari blog juga tidak bisa dipastikan, bisa naik bisa turun.

      Thanks juga atensinya mas 😀

  6. Tkasih atas penerangan tuan Gani, saya akan mencuba dgn rss feed….harap berjaya…$$

  7. Pagi mas Gani, makasih artikelnya. Kalau untuk upgrade adsense lebih mudah pakai platform wordpress pakai self hosting ya mas ketimbang masih berplatform blogger. Makasih panduannya…

    1. Pagi juga mas Widodo..Sebenarnya sama saja mas, yang penting konten sudah cukup memadai. Hanya saja untuk WordPress self hosting tidak harus menugggu sampai 3 bulan seperti halnya blogspot yang harus menunggu tombol earning menyala.

      Tetapi semua tergantung kebijakan Tim adsense, apakah diterima atau ditolak.

      1. Makasih mas Gani, soalnya blog saya ini kok rasanya susah keterima adsense ya, padahal jumlah artikel lebih dari 250 ketikan sendiri dan pv lebih dari 1500/hari. Jawabannya selalu bbelum memenuhi ketentuan webmaster. Yang terakhir malah konten tidak memadai. Solusinya bagaimana ya mas 😀

        1. Wah, kalau saya lihat memang blognya mas widodo unik, yaitu secara spesifik mengulas tentang bus. Saya lihat juga sudah lama dari 2014. Konten tidak memadai pengeertiannya sangat luas mas, bisa diantaranya adalah gambar yang digunakan dalam blog bukan milik sendiri, artinya gambar sebelumnya yang dipasang di blog sudah pernah terindex di google penelusuran gambar.

          Itu menjadi salah satu faktor konten tidak mermadai, sedangkan google itu mintanya semua original, bukan hanya artikel teks, melainkan termasuk gambar yang digunakan. Nah, dari sini banyak calon pendaftar adsense gagal melaui review ke 2.

          1. Betul mas Gani, saya memang penggemar bus dan dulu sempat ikut andil dalam majalah BusMagazine era 2008-2010. Oh jadi masalah gambar juga menjadi salah satu faktor konten tidak mermadai ya mas Gani, susah juga ya kalau kita sedang membahas sejarah hehe…

            Kalau untuk gambar sepertinya sih 70% gambar sendiri plus kiriman teman itu pun foto baru langsung kirim via email atau WA. Kecuali memang untuk artikel sejarah bus era Hindia Belanda saya banyak ambil dari KITLV dan juga Tropenmuseum. Makasih mas, saya koreksi semua artikel semoga nanti keterima adsense.

            1. Memang cukup merepotkan jika harus mengganti satu persatu mas, sebaiknya semua gambar upload yang bukan milik sendiri dicantumkan sumber linknya (source link image). Walaupun linknya mati, google akan merender hasil image bukan suatu bentuk pelanggaran. (Kerena sebelumnya gambar sudah terindex).

              Bisa dicoba lagi nanti mas setelah 10 hari, jangan cepat putus asa…Biasanya kalau sudah ada email penolakan begitu prosesnya akan lebih cepat..Saya dulunya juga ditolak berkali-kali, tapi saya selalu yakin masih ada harapan.

              Keep spirit mas Widodo : D

  8. Sama-sama tuan Gani….saya akan berusaha untuk memastikan kejayaan step-step yang telah tuan ajar..tapi mngkin faktor usia menyebabkan saya lambat belajar….apa pun saya akan setiap hari akan masuk ke blog tuan untuk pembelajaran…..terima kasih untuk bantuan yang telah tuan beri kan pada saya…saya akan terus berusaha semampu terdaya….dan saya akan letakkan simbol pada komen tuan…pada ayat penghujung apabila saya klik dgn simbol ini$$$ elakan google ckp kita spam klik…tq tuan $$$

    1. Kalau menurut saya, belajar tidak mengenal usia. Bisa dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun yang di anggap mampu untuk lebih mengembangkan Ilmu pengetahuan. Salam dari saya Tuan Aree $ 😀

  9. Tkasih diatas panduan tuan yang sanggup berkongsi dgn saya dan rakan lain… sya sudah kesan kesilalan dari blog pasar malam saya yg tajuk blog sudah lari dari niche atau konten….blog Tapi tajuk The Silent Pasar Malam Billionaire…dan konten kisah peniaga pasar malam. Kalau saya tukar url pastinya seo akan kembali lembab dan menjadi baru…

    Mohon panduan dan pendapat tuan….satu klik utk tuan ..tkasih ya atas bantuan. Dari Rakan Malaysia