memanfaatkan pinterest untuk usaha

Memanfaatkan Pinterest untuk Perkembangan dan Pemasaran Usaha

Memanfaatkan Pinterest – Bisnis di abad ke-21 bisa dibilang lebih mudah, ketimbang abad-abad sebelumnya, karena perkembangan teknologi di era saat ini lebih maju.

Bisnis pada zaman ini bisa di mulai dari sosial media untuk pemasaran, dimana keberadaan Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube bisa dimanfaatkan sebagai alat promosi usaha.

Namun, selain sosial media yang sudah disebutkan tadi masih ada yang namanya Pinterest. Pinterest juga bisa digunakan untuk promosi usaha, karena potensinya sama besar dengan Facebook, Twitter, dll.

Bagaimana memanfaatkan Pinterest untuk usaha? Simak ulasan berikut ini!

Mengapa Harus Pinterest?

Pengguna Pinterest di Indonesia mungkin masih sangat sedikit, kurang lebih berada di angka 22%, yakni dibawah LinkedIn yang memiliki angka pengguna di kisaran 28%.

memanfaatkan pinterest

Namun, meski penggunanya masih sedikit, bukan berarti melakukan penetrasi bisnis dengan Pinterest adalah hal sia-sia. Mulailah dari sekarang, karena kita tidak pernah tahu bagaimana perkembangan sosial media untuk ke depannya.

Lagipula jika kamu sudah memulai pemasaran bisnis dengan Pinterest, bisa jadi kamu adalah pembuka jalan (pionir) dalam menggunakan Pinterest untuk sebuah pemasaran usaha.

Loading...

Mengenal Pinterest

Sebelum menggunakan Pinterest, ada baiknya kamu mengenal beberapa fitur yang ada didalamnya. Dan berikut ini adalah penjelasan ringkas mengenai fitur-fitur Pinterest:

1. Pins

Pin adalah fitur gambar yang bisa dipilih seseorang untuk disimpan ke dalam Pinterest. Salah satu keunggulan di fitur ini adalah kita dapat memasukkan link didalamnya, sehingga setiap pin selalu terhubung dengan sumber aslinya.

memanfaatkan pinterest

2. Boards

Kamu bisa menyortir pin yang kamu buat dengan fitur ini. Misal, kamu adalah seorang desainer grafis dan kemudian ingin membuat boards. Maka buatlah papan (boards) dengan nama typografi, sketch, cartoon atau yang lainnya.

memanfaatkan pinterest untuk usaha

3. Feed

Sama seperti sosial media lainnya, keberadaan feed adalah untuk umpan balik yang isinya kumpulan tautan dan konten dari para pengguna yang diikuti oleh Pinners (pengguna Pinterest).

Memanfaatkan Pinterest untuk Bisnis

Jika kamu memiliki akun pribadi di Pinterest, maka bisa merubahnya menjadi akun bisnis. Namun, apabila kamu enggan untuk merubahnya, maka bisa langsung menuju ke tautan jalur bisnis.

Dan yang harus kamu ketahui adalah ketika menggunakan akun bisnis Pinterest, maka kamu akan disuguhi fitur bisnis, seperti analisis dan kemampuan untuk menggunakan iklan Pinterest.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat akun bisnis Pinterest:

Langkah 1: Membuat akun

1. Pergi ke halaman bisnis Pinterest atau klik daftar.

2. Masukkan alamat email, kata sandi, nama bisnis, dan situs web kamu. Dan jangan lupa pilih kategori mana yang menjadi bisnis kamu, seperti profesional, tokoh masyarakat, media, merek, pasar online, bisnis lokal, institusi, atau yang lainnya.

3. Jangan lupa untuk membaca persyaratan layanan dan kebijakan privasi. Kemudian, baru kamu klik buat akun.

Langkah 2: Lengkapi profil

Akun bisnis yang sudah dibuat tadi sudah selesai. Maka, langkah selanjutnya adalah mengisi profil bisnis agar terlihat lebih menarik dan profesional.

1. Masuk ke akun Pinterest, arahkan kursor ke ikon profil di kanan atas dan klik pengaturan. Kemudian, isi foto profil (ukuran: 165 x 165 px), lengkapi bagian Tentang Anda, lokasi bisnis.

2. Kamu juga bisa merubah nama pengguna, yakni alamat URL agar lebih mudah dicari oleh orang lain.

3. Pastikan dari menu profil sampai aplikasi terisi dengan jelas. Dan apabila semua sudah dirasa oke, silahkan lakukan penyimpanan.

Semua proses sudah selesai, maka kamu hanya tinggal mengupload gambar. Kemudian, membuat beberapa kategori dengan boards dan pemasaran melalui Pinterest sudah bisa berjalan.

Tips dalam Menjalankan Pemasaran

Bisnis itu tidak mudah, karena dibutuhkan keseriusan didalamnya. Meski saat ini sudah ada banyak sosial media, namun apabila sang pemilik bisnis tidak sungguh-sungguh, maka yang namanya bisnis tetap tidak akan berjalan.

Dan berikut ini adalah beberapa tips dalam menjalankan pemasaran di Pinterest:

1. Pin secara konsisten

Sama halnya dengan sosial media lain, yang namanya konsisten tetaplah dibutuhkan. Usahakanlah satu hari memasang satu pin agar para pengunjung setia untuk melihat akun kita setiap hari.

Dan usahakanlah, ketika membuat pin tidak hanya menyasar orang-orang di dalam negeri, karena orang-orang di luar negeri pun merupakan pasar yang sangat menguntungkan apabila kita mempertimbangkannya.

2. Fokus pada kualitas

Kualitas disini adalah foto kamu harus jelas, cukup terang, tersusun rapi, dan yang paling penting tidak buram. Jika kamu tidak memiliki alat, waktu, atau keterampilan dalam membuat foto yang berkualitas, gunakanlah tenaga profesional.

Jangan sampai orang lain enggan mengunjungi akun bisnis yang sudah dibuat hanya karena kualitas dan gambar yang diberikan tidak layak untuk dikonsumsi publik.

Kamu mungkin bisa mencontoh HunterBoots, dalam segi kualitas dan ide pengambilan foto. Lihat gambar dibawah ini:

memanfaatkan pinterest untuk usaha

3. Buat konten yang menarik

Hidup manusia sudah sering dijejali dengan banyaknya iklan yang bertebaran dimana-mana. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kamu memadupadankan konten-konten promosi dengan konten-konten yang menarik.

Kenapa begitu? Karena siapapun orangnya pasti akan jenuh apabila harus melihat konten-konten yang isinya jualan terus setiap hari. Jadi, untuk meminimalisir hal tersebut, marilah kita bersikap bijak dengan membuat konten yang menarik.

4. Bermain dengan kata-kata

Meski Pinterest kebanyakannya berisi foto dan gambar, tidak ada salahnya apabila kamu mencoba bermain kata-kata di dalamnya. Permainan kata-kata ini berfungsi untuk memberikan gambaran langsung terhadap konten yang sedang dibicarakan.

Bermain kata-kata bisa langsung dituangkan ke dalam gambar, deskripsi atau menggabungkan keduanya. Dan berikut ini adalah contoh dari Kraft:

memanfaatkan pinterest untuk usaha

5. Gunakan analytics

Pinterest Analytics akan memberikan informasi penting tentang jenis konten-konten yang bekerja dengan baik dan populer, sehingga kamu dapat meningkatkannya atau membuat konten lain agar memiliki hasil yang lebih bagus ke depannya.

Untuk menggunakan Pinterest Analytics, kamu bisa mengaksesnya langsung dari profil. Letaknya di kiri atas layar, dan silahkan kamu mempelajarinya lebih lanjut agar strategi pemasaran berjalan dengan lancar.

6. Coba beriklan

Ini adalah cara yang memang harus dijalankan apabila bisnismu ingin dikenal. Facebook, Instagram dan beberapa sosial media lain juga memberikan layanan serupa. Jadi, harusnya tidak ada suatu masalah apabila kamu ingin beriklan di Pinterest.

Belum paham dan ragu beriklan di Pinterest? Silahkan kunjungi halaman Pinterest Ads agar semakin paham dan keraguan menjadi hilang.

Menyasar Pasar Luar?

Pengguna Pinterest Indonesia memang masih sedikit. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan dalam beberapa tahun ke depan akan semakin populer dan menjadi pilihan utama.

eMarketer mengatakan, bahwasanya sebagian penduduk Amerika Serikat menggunakan Pinterest sebagai rujukan dalam melakukan pembelian. Posisi Pinterest (16,4 %) ini unggul dari Instagram (12,5 %) dan hanya kalah dari Facebook (31,8 %).

Melihat tren yang seperti ini, maka tidak ada salahnya jika kamu juga memanfaatkan Pinterest untuk menarget pasar luar negeri demi kemajuan dan perkembangan usaha yang sedang dijalani.

Kesimpulan

Sekarang pilihan ada di tangan kamu, apakah masih ingin menggunakan Facebook dan Instagram sebagai alat pemasaran usaha atau mulai menambahkan Pinterest.

Baca: Memanfaatkan LinkedIn Untuk Keberlangsungan Karir

Dan itulah tadi pembahasan mengenai memanfaatkan Pinterest untuk perkembangan dan pemasaran usaha. Semoga dengan pembahasan ringkas tersebut, opsi kita dalam memilah dan memilih sosial media untuk pemasaran usaha semakin banyak.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *