Tutorial Blog

Memasang Iklan Adsense Di Posting WordPress (Atas Tengah Bawah)

Ini pertama kalinya saya pasang iklan adsense di wordpress yang akan ditempatkan dalam deretan artikel atau postingan. Berbeda ketika dulu menerapkan kode iklan adsense di blogspot, ternyata untuk memasang iklan di wordpress jauh lebih mudah dan cepat dengan bantuan plugins.

Jadi kita tidak perlu repot untuk urusan kode html di template, karena jika salah menempatkan kode template akan rusak. Itu sangat beresiko sekali seandainya kita kurang memahami kode kode html yang ada di dalam template wordpress. Dengan menggunakan plugin ini, pekerjaan memasang iklan akan lebih efisien dan kita akan dengan mudah mengganti iklan kapan saja.

Untuk cara memasang iklan adsense di posting wordpress baik itu di atas, tengah ataupun di akhir postingan dengan rapi kita bisa menggunakan plugin Quick adsense. Plugin ini sangat bagus untuk di gunakan dalam pemasangan iklan di tengah posting.

Dengan pengaturan yang mudah, iklan bisa di tempatkan dimana saja, sesuai dengan keinginan kita atau di dalam area postingan yang strategis, misalnya di bawah judul yang letaknya bisa kita atur (kiri, tengah atau kanan) setelah judul posting. Atau bisa dalam tengah tengah posting (kiri, tengah dan kanan) dan di akhir postingan.

Contohnya bisa anda lihat dalam artikel ini.

Memasang Iklan Adsense Di Posting WordPress

Untuk memasangnya, cari plugins ini dalam dashboard wordpress > Plugins > add new > dan ketikkan Quick adsense. Setelah selesai di unduh, instal dan aktifkan plugins tersebut.

Untuk membukanya cari pada setting > Quick adsense.

cara menggunakan quick adsense
Seting quick adsense
  1. Pilih jumlah iklan adsense yang akan dipasang, bisa gunakan 2 atau 3 iklan.
  2. Plih penempatan iklan, dalam keterangan nomor 2 untuk memasang iklan pada awal postingan dibawah judul.
  3. Pilih penempatan iklan untuk di letakkan di akhir postingan.
  4. Pilih penempatan iklan pada paragraf, anda bisa menentukan paragraf berapa iklan ditampilkan.
  5. Untuk Appearance, centang post dan page. (jika ingin menampilkan iklan di page)

Anda bisa ubah pengaturan tersebut sesuai dengan keinginan anda sendiri dalam penempatan iklan. Untuk pengaturan selanjutnya adalah meletakkan kode iklannya.

Bisa lihat gambar dibawah ini untuk memperjelas.

penempatan kode iklan adsense
Meletakkan kode iklan adsense
  • Ads1 adalah kode iklan untuk di bawah posting, sebaiknya gunakan ukuran 300 x 250. Atur letaknya sesuai anak panah.
  • Ads2 adalah iklan di akhir posting, ukuran bisa ambil yang responsive , atur letaknya sesuai anak panah.
  • Ads3 adalah iklan ditengah posting (paragraf), gunakan iklan teks responsive ukuran terkecil.

Untuk pemasangan iklan adsense di header dan sidebar juga di sediakan kolom serta pengaturan yang mudah digunakan. Semuanya bisa dikerjakan dalam beberapa tahap saja, mudah dan cepat.

Dengan plugin Quick adsense, kita juga bisa mengganti iklan dengan gampang, karena untuk menemukan kode iklannya tinggal buka dipengaturan ini.

Saya sendiri baru menerapkan iklan adsense di blog ini setelah tahu cara menggunakan plugin Quick adsense dari melihat video di youtube. Sekalian share ke sobat jika kebetulan mencari artikel pasang iklan adsense di tengah postingan, karena plugins ini bisa mengerjakannya dengan sempurna. Semoga bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

67 Comments

  1. Mas, maaf saya mau nanya. Kan GA sy udah di acc, apakah tutorial diatas berlaku untuk GA yg udah di acc ?. Karena tampilan web saya, iklan GA yg muncul hanya di atas aja pas tampilan utama. Tks

  2. Makasih banget mas informasi.
    Sebagai rasa terima kasih dari saya, tak klik mas iklan sampean :). Dtunggu postingan2 lainnya

  3. mas, kalo pake kode iklan Google Adsense yang sama untuk pasang di di atas, tengah, bawah artikel boleh atau tidak? atau kita harus tambah iklan lagi?

  4. Akhirnya saya praktekan juga tapi saya kombinasi dengan edit html.
    Untuk pasang iklan di bawah judul tengah dan bawah saya pake plugin ini tapi untuk pasang di sidebar saya pake wiget teks dan untuk iklan pegelevel saya edit html template langsung ,maaf saya baru belajar wordpress self hosting ,

  5. Mas, saya pasang iklan up to 10 di page. tapi kok yang nongol cuma 2-3 itu knapa ya?
    pakai quick adsense

  6. Saya masih belajar wordpress ,ternyata pake plugin itu, tapi nanti setelah postingan saya banyak saya mau terapkan cara ini.trimakasih artikelnya sangatmembantu

  7. Oh ini pluginnya, berarti pemasangan iklan lebih mudah jadinya. Lagi cari-cari ketemu artikel sampean. Terima kasih

  8. Mas @ganisebastian, minta pencerahannya, mau amasang iklan di Side pada blog, contohnya seperti iklan dikanan blog klik mania ini, bagaimana ya mas cara membuatnya, minta solusinya, belum paham?

  9. Sangat bermanfaat artikelnya om. maaf sebelumnya, saya ada sedikit masalah. kondisi Google Adsense saya masih dalam tahap review kedua om. saya coba artikel om ini, tapi kenapa malah muncul sebagian skrip nya yah om? seperti dibawah ini :

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

    kan seharusnya “blank” karna masih dalam tahap review kedua.
    untuk screenshotnya disini om :
    SS

    Mohon bantuannya om. terimakasih

      1. Itu saya pakai Ad Units om. bukan iklan page level ads.
        kalau page level ads itu kan dari awal sudah saya simpan pada header (dibawah tag head) sebagai syarat tahap review pertama. apa mungkin karena masih tahap review kedua om?

        1. Kalau kode javascript iklan sampai tidak dirender (muncul di theme), besar kemungkinan kodenya tidak lengkap. Bisa gunakan alternatif dengan menggunakan kode unit iklan Syncron. (ada 2 pilihan, Asyncron dan Syncron)

  10. Mas Gani tolong Bantu…

    saya tidak bisa menempatkan iklan ditengah postingan secara otomatis dengan menggunakan tamplate yang saya pakai.

    Saya pakai blogger Mas.

    saya sudah cobakan seperti tutorial yang banyak di internet namun tidak berhasil..

    mudah2an….mas Gani bisa membantu saya.

    Sebelumnya saya ucapkan Terima Kasih.

  11. Mohon Pencerahan Mas, Iklan Saya tidak muncul blog wordpres saya, cuma layar putih. sebelumnya perna muncul tapi hilang lagi mas, tingal layar putih…

  12. Lagi belajar banyak Adsense Mas. Nampaknya blog saya sedang dalam proses review kedua. semoga bisa full approved 🙂

  13. Disisi lain ak udah pakai plugin adsense untuk masang iklan.
    Trus kalau ak pakai plugin quick ini spy posisi iklan bisa disesuaikan slera kita, apakah gak apa² mas?
    Hehehehhe

      1. berhubung plugin adsense sudah akan di hapus oleh google pada bulan Mei 2017. Mulai sekarang aku terus pakai quick adsense, Nah untuk penempatan iklan di home, bagian taruh di bawah menu itu bagaimana caranya mas?

  14. Terima kasih suhu untuk artikelnya..
    untuk iklan yg di wideget sebelah kanan pakai yg mana itu ya ?
    yg link tapi ada gbr & judulnya

  15. thanks bang.. jadi pede nih mau pindah hosting dari blogspot ke hosting berbayar dan pake wordpress.
    Emang kalo di utak atik gampangan wordpress dibandingkan blogspot.
    ()

  16. Mas bagaimana cara mengatur agar iklan tidak tampil jika paragraf yang dibutuhkan kurang, pengalaman saya jika jumlah paragraf kurang maka iklan paragraf akan menumpuk di bawah dengan iklan dibawah postingan (quick adsense)

  17. Tambahan dikit Mas Gani, bila iklan tidak muncul, alignment coba dirubah. Waktu saya pakai ‘left’ tidak muncul lalu saya ganti ke center iklan langsung muncul.

  18. Mas Gani,.. saya kan coba pasang iklan di tengah, akhir, dan setelah paragraf 2,.. Tapi yang di paragraf 2 tidak muncul.. Sudah saya coba ganti di paragraf 1 atau 3 juga tidak mau muncul.. Tapi yang di tengah dan akhir muncul normal. Itu kenapa ya mas? Apa meletakkan gambar di awal postingan berpengaruh?
    Pertanyaan ke-2 (maaf keluar topik :D) : kalau saya meletakkan link di dalam postingan sering berubah jadi link mati… Gimana cara ngatasinya…mas Gani, makasih sebelumnya

    1. 1. Apa sudah di seting place up to (pada gambar nomor 1) jumlah iklan adalah 3 ?
      Coba clear cache terlebih dahulu jika menggunakan plugin cache.

      2. PAstikan untuk memasang link menggunakan menu link pada dashboard posting, jika hanya meletakkan link saja tanpa ada penambahan dari menu link maka akan terlihat sebagai link mati (tidak bisa di klik)

      Sorot pada link yang tertulis di posting, dan gunakan menu link pada dashboard masukkan URL-nya.
      Maaf balasnya kelamaan, soalnya sibuk kerja 😀

  19. Halo mas, mau tanya, apa mas sudah pernah pakai plugin Google Adsense dari google? saya mau memasang iklan google adsense di wordpress dengan menggunakan plugin ini,tapi di bagian seting saya nggak menemukan tempat paste code nya.

    1. Plugin Gooogle Adsense menempatkan kode iklan secara otomatis mas Rachmat, jadi penempatan kodenya memang sudah langsung diatur plugin.

      1. owh begitu ya mas, makasih ya mas untuk respon dan jawabannya. Saya kemarin pakai plugin google adsense dalam proses review, dan setelah sebulan belum juga ada konfirmasi penerimaan ataupun penolakan. Akhirnya saya memutuskan untuk menghapus plugin itu dan mencoba daftar adsense dengan akun email baru.

  20. salam mastah..
    bang kalau pake quick adsense itu bentrok tidaknya themas..
    soalnya di themes seo kan sudah ada untuk naruh iklan adsense..
    ane coba kok tidak muncul iklannya

    1. Kalau pakai Quick Adsense, sebaiknya kode iklan ditempatkan semua pada plugin tersebut.,terkadang untuk theme tertentu memang unsupport, jadi iklan tidak tampil.

  21. Nice info Mas…
    sebagai maharnya, saya sudah klik iklan di blog Anda ini. 🙂

  22. Salam Mas Bro

    Terimakasih banget tulisannya.

    Cari caranya udah 1 malaman ini.

    Mauliate
    Terimakasih

  23. joss gan….tidak membebankan server seperti plugin adsense yg lain… sipp makasih gan sharenya…

  24. Saya belum punya iklan untuk di tayangkan, tapi suatu saat pasti akan di coba. terimakasih

    1. Sama kayak saya, belum daftar Adsense tapi udah kesana kemari cari tutorial masang iklan Adsense di WordPress. Btw thnk atas ilmunya om Gani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close