Membangkitkan semangat ngeblog

10 Cara Membangkitkan Semangat Ngeblog Paling Ampuh

Terkadang karena suatu alasan tertentu seperti banyak urusan, capek, malas, gak ada ide nulis dan sebagainya membuat seseorang merasa kurang semangat ngeblog. Sebenarnya mereka bisa kembali bergairah ngeblog apabila mereka tahu cara membangkitkan semangat Ngeblog.

Semangat seseorang itu bagaikan angin, angin yang bisa membawa apapun walau tak bisa terlihat wujudnya, kadang hilang, kadang datang dan bisa semakin besar, namun bila terlalu besar, hanya malapetaka yang akan terjadi.

Demikian pula semangat ngeblog pada diri seorang blogger, kadang datang dan menjadikan ia sangat produktif, kadang hilang dan tak memiliki nafsu sedikit pun demi sebuah blog nya. Tapi kita tak bisa membiarkan semangat pergi begitu saja, kita harus bisa membangkitkan semangat ngeblog, agar tujuan kita bisa tercapai dengan baik dan sesuai rencana.

Tips dan trik membangkitkan semangat ngeblog bagi diri setiap orang itu berbeda beda, karena pada dasarnya masing masing individu itu punya satu cara untuk meningkatkan semangat ngeblog yang belum tentu cocok digunakan oleh orang lain. Nah kali ini, saya ingin memberikan sedikit tips kepada Anda secara General alias umum yang mungkin cocok dilakukan oleh Anda semua.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin sedikit memberikan beberapa motivasi kepada kalian semua terutama pada para blogger untuk bisa kembali seperti dulu saat semangat 45. Untuk mengetahui berbagai cara membangkitkan semangat Ngeblog, silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Membangkitkan Semangat Ngeblog

10 cara membangkitkan semangat Ngeblog di bawah ini saya ambil dari beberapa referensi motivasi dan pengembangan diri secara umum, serta juga dari berdasarkan pengalaman pribadi sendiri, sehingga sangat pas untuk di terapkan pada diri Anda.

1. Pahami Niat Anda Ngeblog

Cari tahu untuk apa Anda bekerja, apakah hanya untuk diri sendiri, orang lain ataukah untuk beribadah kepada Tuhan?.

Jika niat Anda adalah karena materi alias uang, maka Anda akan selalu terpaku pada uang itu tanpa memikirkan untuk memperbaiki kualitas dari setiap artikel yang kalian buat.

Loading...

Namun apabila niat Anda Ngeblog adalah karena Allah, maka Anda akan memiliki keyakinan dalam diri kita untuk melakukan segala sesuatu dengan cara yang paling baik, sehingga kita itu hanya mengharap ridho dari Sang Illahi semata.

“Inna a’malu binniat”, segala sesuatu itu dimulai dari niat, jadi apabila niat kita baik maka hasilnya baik, apabila niat kita buruk maka hasilnya buruk juga. Seperti peribahasa bahwa kita tidak akan memanen padi apabila yang kita tabur itu benih rumput.

Jadi mulai saat ini, kita ngeblog itu jangan hanya melihat dari sisi luar saja (keuntungan dalam bentuk materi), tapi juga harus bisa melihat dari seberapa orang lain mendapatkan manfaatnya dari apa yang telah kita tulis, bukan malah membuat pengunjung kecewa karena datang ke blog kita.

Yang penting tanamkan niat untuk mencari ridho Allah dalam hati kita, niscaya kita akan diberi jalan yang terbaik nantinya. Hal ini juga menuntun kepada kita untuk bekerja secara Ikhlas, sehingga tidak merasa terbebani oleh suatu apapun.

2. Tanamkan tujuan, harapan, dan cita cita ngeblog Anda

Kita hidup harus punya tujuan, punya impian dan cita cita yang harus kita capai dan juga terwujud, jadi kita bisa memiliki prioritas dalam setiap tindakan untuk bisa melakukan apa yang harus didahulukan dan apa yang kurang penting bisa kita tinggalkan.

Membangkitkan semangat ngeblog

Ini sama halnya dengan kita ngeblog, kita juga butuh sesuatu yang bisa dilakukan berdasarkan tujuan awal kita. Sehingga kita punya rencana dan strategi yang tepat dari setiap tindakan kita untuk meraih tujuan awal itu. Jangan hanya kita biarkan mengalir begitu saja tanpa suatu strategi, karena kita akan hanyut didalamnya.

Membuat suatu visi misi bagi seorang blogger itu adalah sebuah hal yang sangat baik, kita jadi bisa selalu kembali kepada visi misi itu apabila ada sesuatu yang melenceng jauh dari tujuan awal. Sehingga kita tak akan tersesat lebih jauh yang akan membuat harapan tak akan pernah terwujud.

Buat suatu tujuan Anda ngeblog, misal agar bisa mendapatkan uang dari blog itu sendiri, jadi sebelum kita bisa mendapatkan uang itu, kita terus berusaha pantang menyerah sebelum semuanya itu terwujud.

Buat tujuan dan selalu fokus pada tujuan adalah salah satu cara membangkitkan semangat ngeblog yang paling baik

3. Hindari apa saja yang merusak semangat ngeblog Anda

semangat ngeblog

Mungkin malas, pesimis, mudah putus asa, kekuatan fisik yang kurang prima, mood yang buruk, karena banyak urusan, dan sebagainya adalah banyak alasan bagi diri kita sendiri untuk bisa berhenti ngeblog. Karena rasa rasa seperti itu kadang hilang kadang cepat meresap ke dalam jiwa kita sehingga semangat ngeblog berkurang alias ngedrop.

Cara membangkitkan semangat ngeblog untuk masalah ini adalah dengan cara mengontrol serta menghancurkan rasa itu sendiri dengan berani melawannya, jangan hanya kita biarkan melekat dan menyatu terhadap kehidupan kita. Kita harus berani menyikapi hal ini.

Misalnya kalau kita malas, kita bisa menghancurkan kebiasaan malas itu dengan mencoba untuk memaksa diri kita sendiri untuk menulis dan menulis, pasti semangat ngeblog akan bangkit kembali apabila rasa malas itu telah terkalahkan oleh kebiasaan disiplin diri kita.

Misalnya juga kita seringkali mudah putus asa karena tidak sesuai rencana dan kurang kesabaran. Misal ” sudah punya 100 artikel kok belum bisa menghasilkan apapun, ah jadi malas.” Nah sikap kita yang mudah menyerah dan tidak percaya diri terhadap apa yang kita kerjakan adalah salah satu penyebab kenapa kita tidak memiliki semangat ngeblog lagi.

Maka dari itu, cobalah untuk menganalisis apa saja yang membuat diri kita turun semangatnya, lalu kita coba buat suatu trik agar bisa menghilangkan penyebabnya tersebut. Jadi sebisa mungkin kita harus bisa menghindari dan menghancurkan penyebabnya itu.

4. Selalu Optimis serta percaya bahwa Anda mampu dan bisa

Banyak blogger yang tidak percaya akan kemampuan dirinya sendiri, entah itu karena apa tapi mereka menjadi pasrah begitu saja saat kenyataan menghampirinya. Mereka tidak mau lagi mengembangkan kemampuan yang dimilikinya dengan membiarkannya terbengkalai di tengah jalan.

Namun kepercayaan pada diri sendiri bahwa kita mampu untuk berbuat sesuatu sesuai dengan tujuan kita itu adalah hal yang paling dibutuhkan untuk sampai ke harapan Anda sendiri, karena orang lain belum tentu bisa mengantarkan Anda kepada kesuksesan. Diri Anda sendirilah yang memiliki suatu alat untuk mengantarkan Anda ke puncak kesuksesan.

Banyak blogger yang psimis untuk bisa seperti blogger sukses lainnya. Mereka tidak pernah tahu bahwa dibalik kesuksesan seorang blogger sukses itu penuh pengorbanan, perjuangan dan kerja keras yang melelahkan. Jadi itu bukanlah suatu usaha yang dapat terjadi dalam sehari saja, melainkan dari kepercayaan dirinya bahwa dia bisa sukses.

Jadi untuk bisa membangkitkan semangat ngeblog dalam diri kita semua, maka yang harus kita lakukan adalah menjalin kepercayaan kepada diri kita sendiri, kemampuan kita sendiri dan kekuatan kita sendiri, sehingga dari sinilah kesuksesan yang selama ini kita nanti nantikan akan dapat terwujud dengan mudah.

Contohlah mereka yang terlebih dahulu sukses, sehingga kamu bisa melakukan apapun sesuai dengan caranya, lalu kamu lakukan lebih banyak hal dengan optimisme yang menggebu-gebu. Niscaya tujuan Anda akan segera terlaksana dengan lancar.

5. Perhatikan kenyamanan lingkungan sekitar Anda

Membangkitkan semangat ngeblogCara membangkitkan semangat ngeblog selanjutnya adalah dengan memperhatikan kenyamanan Anda ngeblog itu sendiri. Jangan remehkan hal kecil ini, karena ini bisa membuat kamu cepat merasa bosan dan malas malas jadi ngeblog.

Perhatikan ruangan Anda, tempat duduk Anda, posisi Anda, kebersihan lingkungan sekitar, kebisingan, dan juga Apakah Anda merasakan kedamaian disitu atau justru malahan merasa bosan. Ini penting untuk menjaga kamu agar merasa selalu nyaman karena tubuh fit dan juga penuh rasa damai. Jadi sehat secara jasmani maupun rohani (fisik maupun psikis).

Misal kalau kamu bosan dengan tempat ngeblog yang hanya di kamar, kamu coba pindah keluar ruangan seperti di tempat terbuka di pantai yang sejuk, atau di kebun belakang rumah yang asri, dan bisa juga kumpul bareng teman untuk ngeblog bareng di suatu tempat nongkrong atau di rumah temen. Dengan saling bertemu kita bisa bertukar pikiran dan informasi serta inspirasi antara yang satu dengan yang lain, sehingga semangat ngeblog kita bisa bangkit kembali.

Selalu menjadikan tempat ngeblog Anda merasa nyaman dengan kondisi yang tidak pernah bikin bosan, maka ini bisa memicu mood menulis Anda lebih baik lagi. Jadinya selalu terpicu untuk bisa ngeblog setiap waktu apabila tempatnya bagus dan nyaman bukan?.

6. Kuasai Kelebihan yang Anda miliki

**Kuasai Kelebihan Anda?, Apa maksudnya dan apa hubungannya dengan membangkitkan semangat ngeblog?**

Maksudnya adalah dengan kita melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan kelebihan yang kita miliki, maka kita akan merasa senang dan lebih ikhlas dalam menjalaninya, sehingga kita tidak pernah patah semangat lagi dalam hal ini.

Kita tentunya tahu bahwa kadang saat kita diberi pekerjaan yang ringan dan mudah walaupun kita bisa tapi kita tidak semangat menjalaninya, karena kita tidak senang akan hal itu, bisa jadi karena kemampuan kita tidak bisa tercurahkan dalam hal itu juga. Namun saat kita diberi pekerjaan yang menantang dan berat, kita bisa jadi merasa semangat untuk menjalankannya, karena ada dasar rasa suka dan kita bisa melatih dan mengembangkan kemampuan kita saat kita menghadapi pekerjaan itu juga.

Membangkitkan semangat ngeblog

Jadi bekerjalah kepada pekerjaan yang kita kuasai dan kita senangi, Jangan sampai kita merasa tertekan, dan membunuh kemampuan kita sendiri. Jadilah orang yang bebas, jangan mudah tertekan oleh orang lain termasuk atasan Anda.

Nah para blogger itu sebenarnya jika memang dari dalam hati sanubarinya memiliki bakat dan kemampuan menulis yang bagus, maka itu bukan hal jadi beban, mereka justru semakin mengasah kemampuan yang dikuasainya tersebut untuk terus aktif dan berkembang menjadi lebih baik lagi, bahkan selalu berusaha menjadi yang terbaik dengan karya karya yang ditulisnya yang dihasilkan dari minatnya itu sendiri.

Memang sih uang itu menjadi tujuan utama juga, tapi bagaimanapun juga jika yang kita kejar terus menerus itu uang dan uang yang bersifat material semata, maka kita akan terus berlanjut mengejar itu. Namun jika yang kita kejar itu kebahagiaan, itu akan membuat uang datang sendiri kepada kita walaupun tak diundang.

Jadi percayalah pada kemampuan diri sendiri, selalu mencari kebahagiaan yang diutamakan bukan uang saja dan terus menerus melatih kemampuan yang dikuasainya itu, maka kamu bisa segera menjadi blogger sukses yang selalu memiliki semangat membara setiap saat.

Baca: 10 Hal Yang Wajib Dilakukan Webmasters Untuk Optimasi SEO Blog

7. Selalu Fokus terhadap apa yang Direncanakan

Fokus fokus dan fokus! Itulah kata kata yang sering diucapkan oleh seseorang untuk membuat dirinya lebih bisa berkonsentrasi terhadap apa yang sedang ia lakoni. Dengan selalu merasa fokus, maka segala yang kita inginkan akan mudah tercapai, sehingga kita selalu bersemangat dalam setiap tindakan kita.

Memang fokus ini menjadi cara membangkitkan semangat ngeblog bagi seorang blogger, namun ini tak semudah yang diucapkan, dalam kenyataannya, ada banyak sekali halangan dan rintangan yang bisa kita temui suatu saat. Karena pekerjaan seorang blogger itu bukan hanya di dunia maya tapi ada segudang pekerjaan yang harus ia lakoni, mulai dari mengurus rumah tangga, menyelesaikan masalah ini, menyelesaikan masalah itu, bayar ini bayar itu dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang membuatnya fokus pada ngeblog itu hilang.

Membangkitkan semangat ngeblog

Mungkin kita punya komitmen tinggi terhadap blog yang kita bangun, misalnya kita harus bisa buat minimal 2 artikel Perhari, dan akan selalu mengupdate setiap Malam hari dan pagi hari. Ini komitmen, namun ini sangat sulit untuk kita seriuskan. Karena kita bisa dengan mudah akan kehilangan fokus saat sedang berada pada saat yang tidak terlalu bersemangat entah itu karena urusan apa pun.

Jika kalian ingin membangkitkan semangat ngeblog kembali, maka fokus dulu terhadap apa yang dulu kalian sudah rencanakan, dan buang semua rasa malas untuk melakukan rencana ngeblog awal Anda. Misal malam hari sudah direncanakan untuk jadwal ngeblog bikin 1 artikel, tapi tiba tiba Anda merasa sangat ngantuk, jadi cobalah untuk melawan rasa kantuk itu dengan berbagai cara seperti cuci muka, atau membuat secangkir kopi hitam hangat.

Para blogger sukses dunia itu mereka bisa sukses karena fokus terhadap apa yang mereka sedang bangun, tidak cuma membuat lalu meninggalkankanya begitu saja tanpa ada bekas yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Mereka selalu bisa menyingkirkan semua hambatan yang dapat membuat dirinya tidak fokus terhadap apa yang sedang dikerjakannya. Jadi bagaimana caramu untuk membangkitkan semangat ngeblog lagi?, Apakah bisa lebih fokus lagi terhadap blog mu?

8. Menyusun jadwal ngeblog dan artikel yang harus ditulis

Tidak ada sesuatu yang besar yang tidak direncanakan dalam pembuatannya. Dari rencana itulah seseorang bisa menyiapkan banyak hal dari waktu yang belum terjadi, serta dapat membuat jadwal apa saja yang harus dilakukan nantinya saat telah dimulai. Begitu juga dengan ngeblog, apabila kita terus menerus selalu menggunakan jadwal yang telah kita buat, maka kita akan memiliki sebuah pegangan yang bisa menuntun kita agar tidak berbuat melenceng lebih jauh lagi.

Membangkitkan semangat ngeblog

Menyusun jadwal ngeblog itu penting, itu menandakan bahwa kita telah memiliki progam kerja yang bagus dan terarah, sehingga kita bisa lebih disukai dan dipercayai oleh banyak orang karena keseriusan kita dalam melakukan sesuatu. Sehingga itu akan memberikan keuntungan kepada kita juga Nantinya.

Ini merupakan salah satu hal yang bisa membangkitkan semangat ngeblog kita, karena dengan ini kita bisa semakin terpacu untuk bisa berbuat sesuai dengan jadwal yang memang telah dibuat oleh dirinya sendiri. Kita akan merasa lebih ringan tangan karena segala sesuatu memang telah ada jadwalnya, sehingga tidak kerepotan akan hal ini maupun hal itu.

. Kita bisa menyusun jadwal sesuai kemampuan diri kita masing masing, misalnya kita bisa mengatur jadwal ngeblog dengan kuantitas ngeblog 5 posting artikel Perharinya (dilakukan oleh part time blogger, bukan full time blogger):

1. Pagi hari sebelum subuh: 1 artikel
2. Pukul 05.00-06.00: 1 artikel
3. Saat istirahat’ kerja: 1 Artikel.
4. Sore hari sehabis ashar: 1 artikel
5. Mala hari pukul 20.00 keatas: 1 artikel.

Baca : 10 Hal Yang Menunjang Produktivitas Seorang Blogger

Kan sudah jadi 5 artikel Perharinya tanpa perlu mengganggu pekerjaan kita, dan kita pun bisa menulis hingga 5 artikel setiap hari. Namun apabila dilakukan oleh seorang full time blogger tentu bisa membuat banyak artikel dalam sehari. Jadi pandai-pandailah kita untuk menyusun jadwal ngeblog tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari lainnya. Ini Anda sendiri yang tahu kegiatan Anda setiap saat, jadi saya hanya memberikan contoh dasar saja.

9. Tentukan target dan batas waktu kerja

Menentukan target dan batas waktu ngeblog Anda dengan terstruktur juga bisa membangkitkan semangat ngeblog Anda loh, Hal ini karena akan memicu jiwa Anda untuk selalu bisa mencapai target yang telah Anda buat. Misal hari ini ” saya harus bisa membuat 5 artikel sebelum pukul 3 sore”, nah hal itulah yang akan memicu semangat Anda sendiri untuk bisa mencapai target sebelum batas waktu berakhir.

Membangkitkan semangat ngeblog

Kalian harus bisa menekan diri sendiri, karena seorang blogger itu sebagai bos bagi dirinya sendiri, jika kalian disuruh meyelesaikan tugas kantor hari itu juga pasti kalian akan rela lembur dan bekerja ekstra keras untuk bisa menyelesaikan tepat waktu bukan?. Jadi diri Anda jangan hanya mau dikendalikan oleh bos Anda yang galak saja, tapi bila bisa mengendalikan dirinya sendiri itu lebih baik lagi.

Coba deh kalian mencoba untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari target yang ditetapkan. Dalam menentukan target juga harus di sesuaikan juga dengan kemampuan Anda, karena kalau tidak maka Anda akan menemukan kesulitan sendiri dan bisa juga akan mengalami frustasi karena harus berulangkali kecewa terhadap dirinya sendiri. Jadi jangan muluk muluk membuat target. Bagi Anda seorang blogger, menulis 7 artikel setiap hari itu sudah lebih dari cukup, karena kalau kebanyakan, dikhawatirkan kualitas akan berkurang.

Jadi mulai sekarang cobalah untuk menentukan target. Coba tulis dalam kertas putih kosong yang berupa target harian artikel Anda. Atau Anda juga bisa menjadikan target lainnya misal dalam 3 bulan minimal sudah bisa meraih 2000 visitor unik setiap hari, atau bisa juga dalam waktu 6 bulan saya sudah memiliki 1000 follower setia. Hal ini akan mempermudah Anda menjangkau target itu.

Baca : 10 Manfaat Menjadi Penulis Artikel Bagi Seorang Blogger

Lakukan target itu dengan bersungguh-sungguh, semangat, bahagia dan penuh keseriusan, hal ini agar Anda tidak akan mudah patah semangat saat segalanya tidak sesuai target, yang penting Anda bisa merasakan proses itu didalamnya. Mulai saat ini juga beranikah Anda menantang diri sendiri untuk bisa mengatasi masalah yang muncul dalam mencapai target Anda?

10. Baca berbagai kisah dan inspirasi dari blogger sukses

Ini yang menjadi mood booster bagi saya dikala saya sangat penat dan serasa mau putus asa ngeblog, saya akan browsing dan mencari berbagai kisah inspiratif dari seorang yang telah sukses baik itu seorang blogger maupun bukan blogger, namun karena perjuangan mereka dahulu yang penuh kepahitan sebelum mereka bisa sukses itulah yang membuat saya jadi semangat lagi.

Cara membangkitkan semangat ngeblog melalui membaca berbagai kisah orang sukses yang penuh akan inspirasi dan motivasi ini akan membuat saya menjadi lebih bisa bangkit dari keterpurukan yang selalu menghambat saya untuk bisa sukses seperti mereka.

Membangkitkan semangat ngeblog

Dengan membaca artikel motivasi juga kita bisa belajar bahwa mereka itu saat menuju sukses itu perlu ujian dan cobaan yang besar, namun berkat perjuangan, kesabaran dan ketekunan dirinya, mereka bisa menjadi seseorang yang memiliki banyak sekali kesenangan. Hal ini sama seperti seseorang yang minum jamu, walau awalnya terasa sangat pahit, namun kita akan merasakan manfaatnya dikemudian hari.

Pengalaman adalah guru terbaik

Kita tentu pernah mendengar mengenai pepatah tersebut diatas bukan?. Jika kita mau belajar dari pengalaman orang lain, maka kita sendiri akan lebih mudah untuk mencapai tujuan tanpa harus jatuh ke lubang yang sama. Maksudnya adalah kita tak perlu melakukan segalanya dari awal, kita cukup mencontoh mereka yang telah sukses, kita contoh pengalaman dia, jadi yang bisa menyebabkan sesuatu yang buruk, maka kita tak perlu melakukannya juga.

Jadi bagi kamu yang lagi drop, membaca kisah orang sukses yang penuh inspiratif akan membangkitkan semangat ngeblog Anda dengan cukup ampuh dan cepat. Tapi kita juga tidak hanya sekedar membaca, tapi juga meniru apa yang bisa membuat dia bisa sukses dan menghindari apa yang membuatnya bisa gagal. Jangan hanya membaca tanpa suatu pengamalan, karena itu tak akan berguna selamanya. Paham?

Baca : 4 Kebiasaan Kecil Yang Mengubah Orang Menjadi Sukses Besar

Demikianlah pembahasan mengenai 10 cara membangkitkan semangat ngeblog yang bisa kalian lakukan sendiri dengan mencoba satu persatu. Semoga kalian cepat bisa membangkitkan semangat ngeblog diri Anda sendiri.

Dari semangat yang terus membara inilah segala impianmu walau setinggi apapun itu, kamu pasti bisa meraihnya. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi saya pribadi dan juga Anda semuanya. Terima kasih….


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Komentar

    Avatar

    Ejang

    ( - 04:17)

    Buat poin 7 suka susah, terkadang kalau baca kisah sukses orang lain suka gk fokus.
    Jadi pengennya ngikut gaya ngeblognya. Padahal blog yang saya tekuni beda kategorinya…

    Avatar

    Rohman Faoji

    ( - 13:32)

    Menurut saya poin ke 9 adalah poin yang paling susah.. dikarenakan pendapatan dari blog yang belum bisa mencukupi kebutuhan yang mengharuskan saya bekerja… karna waktu kerja cukup panjang jam 10pagi-jam 9malam.. pulang kerja baru bisa nengokin blog… buat artikel lembur sampai pagi dan akhirnya bangun selalu siang, badan jadi kurus kering. Keluarga terlantar, anak kurang perhatian. Mungkin akan berbeda buat mereka yang belum rumah tangga, ataunsetidaknya penghasilan dari blog sudah memadai. Jadi bisa memutuskan untuk fokus ngeblog atau bekerja.

    Avatar

    Big BoSs

    ( - 18:06)

    membaca cerita orang sukses memang cara yang cukup ampuh untuk bengkitkan semangat kita mas. nice :d

    Avatar

    STAFABAND

    ( - 18:04)

    bisa di coba kang tips nya biar makin bangkit semangat ngeblognya .. go .. go .. go 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *