backlink berkualitas

3 Cara Mudah Membangun Backlink Berkualitas Untuk Blog

Salah satu tahapan penting dalam pembangunan blog adalah link building atau yang lebih akrab disebut membangun backlink. Dalam ilmu SEO(Search Engine Optimization) sendiri, pembangunan backlink/ link building merupakan salah satu bagian dari penerapan SEO Offpage yang tidak boleh dilewatkan,terutama backlink berkualitas.

Keberadaan backlink pada suatu blog membawa pengaruh besar terhadap perkembangan visibilitas blog tersebut di mata search engine” Google”. Dimana jumlah backlink berkualitas akan membantu dalam memperbaiki peringkat blog pada SERP Google. Bicara mengenai backlink, backlink dapat secara sederhana diartikan sebagai tautan yang menghubungan suatu blog dengan blog lainnya.

Untuk link building, terdapat banyak cara yang Anda” para blogger” lakukan. Yang menjadi masalah sebenarnya adalah waktu yang dibutuhkan untuk membangun backlink itu sendiri. Dimana membangun backlink berkualitas biasanya membutuhkan waktu alias tidak dapat dilakukan secara instant.

Namun mengesampingkan hal tersebut, mari simak beberapa cara berikut ini:

Membangun backlink berkualitas

backlink berkualitas

Berkomentar di blog lain

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membangun backlink berkualitas adalah berkomentar di blog orang lain. Cara ini juga lebih dikenal dengan istilah blog walking, dimana Anda dapat mengunjungi blog dengan traffic kunjungan tinggi dan berkomentar sembari meninggalkan jejak di kolom komentar.

Meninggalkan jejak yang dimaksud sebelumnya adalah memberikan tautan halaman(url) artikel atau blog Anda pada kolom komentar artikel yang Anda kunjungi. Namun untuk melakukan blog walking ini, disarankan untuk Anda agar memberikan komentar yang relevan dengan isi post dimana Anda berkomentar.

Jangan hanya melakukan hal layaknya spamming, dimana Anda tidak memberikan komentar. Melainkan hanya meninggalkan tautan Anda di kolom komentar. Selain itu, pertimbangkan untuk memilih blog yang memiliki niche yang sama dengan blog Anda sebagai tempat Anda menanamkan backlink(blog walking).

Loading...

Mendaftar di forum diskusi online

Cara lainnya yang dapat dicoba untuk membangun backlink berkualitas untuk blog Anda adalah dengan bergabung di forum diskusi online. Untuk menjalankan poin atau cara yang satu ini, Anda harus tergabung di dalam suatu forum diskusi online.

Namun disarankan untuk memilih forum diskusi online yang berhubungan dengan niche blog Anda, sehingga Anda dapat berpartisipasi secara optimal tanpa kendala di dalam forum diskusi tersebut. Setelah tergabung, Anda dapat melakukan beberapa action. Seperti menjawab pertanyaan dari anggota diskusi online dan Anda dapat meninggalkan tautan blog Anda di setiap respond komentar Anda.

Anda juga dapat berbagi informasi dari blog Anda dengan men-share beberapa artikel konten dari blog Anda dan tentu saja tetap lampirkan tautan blog Anda pada bagian ini.

Referensi lain : Cara Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Optimisasi Blog

Membuat blog bayangan atau blog dummy

Masih membahas cara membangun backlink berkualitas untuk blog, opsi atau cara lain yang dapat dipilih adalah dengan membuat blog dummy atau blog bayangan. Cara yang satu ini dapat dikatakan sebagai cara yang paling ampuh untuk membangun backlink berkualitas.

Anda dapat menerapkannya dengan membuat satu atau beberapa blog dummy yang akan menjadi sumber backlink ke blog utama Anda. Contohnya, jika Anda memiliki blog yang ditujukan untuk kepentingan bisnis yang bergerak di bidang jasa pembuatan website. Anda dapat membuat blog dummy/ bayangan yang juga berkaitan dengan hal tersebut dan memberikan tautan keluar ke blog utama Anda pada postingan di dalamnya.

Untuk membuat cara ini bekerja, Anda harus dapat membuat blog dummy terindex ke Google dan juga melakukan update blog( berkaitan dengan konten, maintenance blog dan lainnya) untuk menjadikan blog dummy Anda menjadi backlink berkualitas.



Loading...

Bagikan

endarjulian

Penulis

Saya adalah content writer dan juga social media designer.Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Komentar

    Avatar

    ANDI

    ( - 04:34)

    OTW nyari backlink 🙁

    Avatar

    Fadil

    ( - 08:59)

    kenapa harus backlink?

    Avatar

    Loker Medan

    ( - 19:16)

    Min, apakah aman membangun backlink ke blog dummy yang domainnya masih hosted?

    Avatar

    Jalan-jalan

    ( - 02:09)

    wuihh salah satunya adalah berkomentar di blog lain alias blogwalking ya… sip dah terima kasih gan infonya.. sangat membantu 🙂

    Avatar

    Angga Indriya

    ( - 15:43)

    Sudah lama saya mendengar istilah backlink. Namun baru sekarang ini mencari tahu manfaatnya. Ternyata penting juga ya manfaat backlink untuk blog kita. Dan yang baru-baru ini saya tahu tentang membuat backlink adalah cara yg ketiga dengan membuat blog dummy. Makasih atas penjelasannya dan ini sangat membantu bagi saya.

    Avatar

    Indowebtravel

    ( - 22:51)

    Terkadang susahnya adalah konsistensi untuk membangun backlink. kadang banyak malasnya. kira2 gmana ya biar motivasinya ada terus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *