Optimasi Blog

Strategi Membangun Backlink Secara Efektif dan Berkualitas

Strategi membangun backlink secara efektif dan berkualitas – Internet telah membumi di era ini dan mulai banyak orang membuat toko online. Contohnya seperti blog/website dengan harapan dan tujuan besar menggapai impian nya menjadi juara atau mendapatkan peringkat 1 di halaman mesin pencari Gooogle.

Kita akan membahas tentang bagaimana seseorang dapat meningkatkan kondisi atau keadaan situs web/blog nya dengan backlink berkualitas. Metode backlink memang bukan satu-satunya cara untuk membangun kekuatan situs Anda, namun minimal Anda sudah berusaha dengan baik untuk menyelesaikan satu dari banyaknya Metode SEO.

Link kembali (backlink) adalah Link atau URL situs web/blog kita yang dibuat oleh seseorang dari halaman luar web/blog (eksternal) dan di arahkan menuju ke situs web/blog milik kita. Hal itu Bisa juga kita sebut sebagai Inbound Link (link masuk).

Google merayapi situs web lalu melihat berapa banyak backlink yang sudah ada dan juga melihat sumber-sumber backlink di situs kita, Mesin pencari juga melakukan penilain pada situs kita tentang kualitas backlink yang kita dapatkan dan juga menilai Outbound link yang kita terapkan.

Mesin pencari sekelas Google akan semakin bersahabat dengan website/blog yang memiliki backlink dari situs terpercaya atau situs yang memiliki reputasi baik.

Google terkesan mencoba melakukan penglompokan jaringan (keterhubungan) website/blog. Artinya, situs baik-baik diharuskan memberikan backlink ke situs baik-baik dan situs baik-baik perlu juga membangun backlink dari situs yang baik-baik!

Beberapa mesin pencari, contohnya seperti Google, akan memilih website/blog yang memiliki backlinks, fungsinya tidak lain adalah untuk melakukan filter dan menentukan peringkat yang lebih baik lagi di halaman mesin pencari (SERP) pada situs-situs yang menerapkan strategi backlinks berkualitas.

membangun backlink

Loading...

Memiliki kualitas backlink yang relevan dari situs terpercaya itu adalah hal yang cukup sulit, karena tidak semua situs baik-baik yang sudah dianggap memiliki reputasi jempolan di mesin pencari mau sembarangan memberikan backlink gratis.

Dengan membangun backlink akan membawa web/blog kita merangkak naik secara perlahan pada halaman mesin pencari. Backlink memang bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan peringkat 1 di halaman mesin pencari. Ada banyak faktor disana, salah satu faktor yang paling kuat pengaruhnya terletak pada kualitas konten itu sendiri.

Cara Membuat Backlink yang Benar dan efektif

Kualitas konten yang mampu mendapatkan backlink

  • Berikan beberapa konten inspiratif yang mereka ingin baca lagi, lagi dan lagi. Ini adalah inti dari backlink yang berkualitas.
  • Jika Anda memiliki konten yang baik, maka orang akan bersedia untuk menautkan link situs milik Anda. Setiap kali Anda mempublikasikan konten, pastikan bahwa itu cukup bernilai dan membuat mereka ingin membagikan nya lagi ke orang lain.

Fokus pada situs-situs yang populer 

  • Jika Anda ingin menulis konten untuk situs-situs lain guna membangun beberapa Backlink yang efektif, Anda dapat fokus pada situs-situs populer yang memiliki lalulintas/trafik yang baik.
  • Misalnya, jika Anda ingin membangun beberapa backlink di forum, Pilihlah Forum aktif yang memiliki tingkat lalu lintas tinggi. Sama berlaku nya untuk jenis konten artikel yang Anda buat. Anda perlu fokus menyebarkan konten pada situs atau komunitas populer yang memiliki lalulintas padat (ramai).
  • Jika hal tersebut Anda abaikan, maka itu artinya waktu, tenaga dan pikiran Anda tidak digunakan secara efektif.

Membuat konten viral

  • Berikan pembaca Anda memiliki pemikiran untuk berbagi konten dengan orang lain. Anda juga harus berbagi konten milik Anda di berbagai Platform Media Sosial setelah Anda mempublikasikannya di situs web/blog milik Anda.
  • Dengan cara ini, Ada harapan pengikut (jaringan) media sosial milik Anda dapat menyebarkan konten ke jaringan mereka, ini sama halnya dengan menciptakan varian virus lalu lintas dengan metode konten viral agar trafik mendarat ke website/blog milik Anda.

Membuat backlink relevan 

  • Anda perlu menempatkan backlink di situs-situs yang relevan dengan topik milik Anda di website/blog. Menghubungkan backlink di situs-situs yang tidak relevan akan membuat website/blog Anda dianggap sebagai spam oleh mesin pencari.
  • Ketika Anda menyewa orang lain untuk membangun backlink situs Anda, pastikan Anda mengetahui di mana mereka akan menempatkan backlink untuk website/blog Anda.
  • Semua orang mudah dan bisa menempatkan backlink di dalam blog yang masih memiliki lalu lintas rendah, Jika backlink ditempatkan di situs-situs yang berkualitas rendah walaupun relevan, Anda harus lebih banyak membangun backlink dari situs-situs yang berkualitas rendah tersebut.

Itu adalah beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan dalam rangka membangun backlink secara efektif dan berkualitas. Ingat bahwa Backlink yang berkualitas bukanlah proses mudah yang dapat dilakukan dalam waktu singkat, atau bukanlah proses mudah yang dapat di bangun dengan hitungan minggu atau hitungan bulan.

Karena ini adalah tentang proses berkesinambungan (proses panjang) yang akan membantu Anda untuk memaksimalkan trafik menuju ke website/blog Anda. Jadi, Anda perlu untuk melakukan cara-cara tersebut dengan tepat. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.



Loading...

Baca selengkapnya

ninoartikel

Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.

Artikel terkait

27 Comments

  1. Informasinya lumayan membantu saya sebagai newbie dalam dunia maya permainan backlink. Dari artikel ini sedikit banyak saya paham mengerti menanam backlink yang berkualitas.

  2. Sangat membantu mas artikelnya, lalu bagaimana caranya kita tau kalo blog/web yang akan kita akan tepatkan backlink lalu lintasnya bisa dikatakan tinggi ?
    trik aman agar tidak terdeteksi oleh search enggine sebagai spam gimana mas…..

  3. Ada ngak cara yang terbukti efektif untuk Membuat konten viral ? sebab sampai saat ini yang share artikle saya masih sedikit…..

  4. terima kasih mas nino,,,, setelah membaca ini,, disarankan untuk konsisten mengunjungi artikel yang pupuler,, baiklah saya akan mengunjungi website ini,, siapa tau ikut poluler heheh

  5. terimakasih mas untuk informasinya sangat membantu saya yang masih baru,, jadi saya paham tentang bagaimana membangun backlink yang berkualitas. salam kenal mas hehe

  6. terimakasih mas untuk informasinya, saya jadi paham tentang bagaimana caranya untuk membangun backlink yang berkualitas. salam kenal mas hehe

  7. btw thank you mas atas informasinya. katanya sekarang backlink sedikit pengaruhnya terhadap SEO. Yang lebih penting adalah dari kunjungan dari Search Engine ?

  8. Mantap mas, berarti intinya membangun backlink yang berkualitas itu dengan cara bagaimana mengajak pembaca konten kita agar berminat mengunjungi link yang kita buat. Luar biasa ilmunya.

  9. Terima kasih atas infonya mas, sangat bermanfaat buat pemula seperti saya untuk lebih memahami tentang backlink dan penerapannya.

    1. Sama-sama mas. Saya juga lagi belajar, lagi banyak2 nyari ilmu ttg pola-pola membangun backlik yg baik dan benar. 🙂

  10. Untuk mendapat baclink yang berkualitas memang dibutuhkan kesabaran dan juga cukup waktu yah.
    Blog saya aja backlinknya masih dikit baget walau udah lumayan lama ngeblog.
    Keren dan bermanfaat artikelnya mas Nino, makasih mas Nino mas Gani.

    1. Tepat sekali mas. Bukan perkara mudah mmg, perlu ada strategi khusus agar kita bisa mendapatkan backlink gratis yg berkualitas. Awalnya saya nggak kepikiran tentang backlink mas, tapi setelah dipahami mekanismenya, ternyata masuk akal dan ada dampak positif bagi blog/web. 🙂

  11. Intine dapat backlink berkualitas harus sabar,,, sabar dan sabar. kalo gak mau sabar ya, cari yang kualitas rendah saja.. hahaa

  12. saya sampai bingung mau komentar, lantaran poin poin diatas bagi saya nibwie ini masih sulit. saya sepakat butuh proses.

    1. Mungkin kalau mau menyempatkan waktu nya membaca ulang artikel, poin-poin tersebut bisa dipahami. Saya juga sama newbie hehe dan mungkin mmg tulisan saya di atas masih kurang di susun dengan rapih. Lain waktu saya usahakan untuk menulis artikel lebih baik lagi, supaya cukup sekali baca orang-orang bisa cepet