Bisnis Online

Cara Mudah Membangun Email List Untuk Email Marketing

Email marketing atau yang juga email blast adalah salah satu cara yang hingga saat ini menjadi cara favorit untuk mempromosikan website/ blog, terutama toko online. Tujuannya penerapan cara marketing yang satu ini cukup jelas. Yakni guna mendapatkan subscriber/ pelanggan dan juga agar tetap dapat terhubung dengan para pembaca/ customer website terkait.

Email marketing sendiri dapat dijelaskan secara lebih sederhana. Sebagai metode promosi yang dilakukan dengan cara mengirimkan email yang berisi pesan komersil atau persuasif. Untuk mengarahkan recipient atau penerima email ke situs website terkait yang dipromosikan.

Salah satu tantangan dalam menerapkan metode promosi online yang satu ini ”email marketing” terdapat pada pembangunan email list. Dimana Anda harus menemukan mengumpulkan email yang nantinya akan menjadi recipient/ penerima email yang menjadi target promosi.

Tanpa mengetahui trik yang tepat, mengumpulkan email untuk dikirimi pesan promosi tentunya akan menjadi pekerjaan yang cukup menyita waktu. Pada pembahasan kali ini, klikmania akan memberikan trik membangun email list untuk email marketing.

Membangun email list (Mendapatkan Email yang dijadikan target promosi)

Untuk membangun email list alias mendapatkan email yang akan dijadikan target marketing sebenarnya bukanlah hal yang sulit, bahkan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya. Salah satu cara yang belum banyak diketahui oleh para pengguna internet/ marketer adalah dengan memanfaatkan search engine Google.

Pencarian Google dapat digunakan untuk mendapatkan sejumlah email yang dapat Anda jadikan target email marketing. Caranya adalah dengan mengetik intitle:”(nama tempat)”@gmail.com “@yahoo.com dan kemudian telusuri.

Contoh:

Intitle:”Jakarta” @gmail.com “@yahoo.com

Dari hasil penelusuran, Anda akan mendapatkan banyak situs pada halaman pertama yang memuat email di dalamnya. Selanjutnya, Anda dapat mengklik salah satunya. Kemudian menyalin satu per satu alamat email yang ada di dalam situs yang Anda klik ke notepad atau mircosoft words.

Dengan menerapkan cara ini, Anda akan mendapatkan banyak alamat email yang dapat Anda jadikan recipient email promosi ( email marketing).

Menggunakan aplikasi email extractor

email marketing

Masih terkait dengan cara sebelumnya, jika Anda merasa bahwa menyalin/ men-copy email yang ada di situs yang Anda kunjungi satu per satu cukup merepotkan. Anda dapat mengAndalkan aplikasi bernama email extractor.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal aplikasi ini. Kemudian mem-paste kan URL situs yang Anda ingin kumpulkan alamat email di dalamnya ke dalam aplikasi ini, selanjutnya klik extracts emails.

Referensi lain : 3 Cara Mudah Membangun Backlink Berkualitas Untuk Blog

Tunggu sesaat dan Anda akan mendapatkan list alamat email yang ada di dalam URL yang ada input ke dalam software ini sebelumnya.

email marketing

Namun dalam penerapan email marketing, selain membangun email list yang akan dijadikan target promosi, Anda juga harus memperhatikan isi email promosi Anda. Buatlah email promosi yang menarik dan juga menyajikan informasi menarik di dalamnya, bukan hanya pesan komersial yang dipenuhi tautan link keluar.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer. Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close