Dunia Internet

Membangun Instagram: Tips dan Trik Mendapatkan Banyak Pengikut

Membangun Instagram – Kamu pasti sudah tahu dan sadar jika Instagram adalah salah satu sosial media yang berkembang cukup pesat, sekaligus menjadi tempat bagi individu atau perusahaan memperkenalkan usahanya.

Terkhusus untuk bisnis, Instagram adalah tempat yang cocok untuk memamerkan produk, menyenangkan pelanggan, atau mungkin merekrut karyawan baru.

Namun, semua yang sudah disampaikan itu tidak akan pernah terjadi, apabila kamu tidak bekerja keras untuk membesarkan atau membangun akun Instagram dengan sesegera mungkin.

Bagaimana Membangun Instagram?

Membesarkan Instagram memakan waktu dan perhatian khusus dari penggunanya. Oleh karena itu, mempraktekkan beberapa cara dibawah ini, diharapkan efektif dalam membangun akun Instagram yang hasil akhirnya adalah mendapatkan banyak pengikut, kemudian mendatangkan uang.

Kurang lebih ada 7 cara dalam membangun Instagram. Dan ketujuh cara tersebut adalah:

1. Optimalkan Profil

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan profil Instagram. Pastikan kamu sudah memilih gambar yang terbaik untuk dijadikan foto profil. Namun, apabila akun Instagram yang ingin dibangun memang khusus untuk bisnis, maka gunakanlah logo perusahaan.

Setelah itu, isi bio kamu dengan informasi yang menyenangkan, sekaligus informatif agar orang lain bisa langsung mengetahui siapa kamu atau merek apa yang kamu jual ketika menengok bio Instagram. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan sebuah kutipan, seperti akun Instagram dibawah ini:

@WeWork : “Make a life, not just a living.”
@Oreo : “See the world through our OREO Wonderfilled lens.”
@Staples : “Together we make the workplace work.”

Loading...

Setelah semua proses diatas sudah selesai, tambahkan link ke dalam bio Instagram agar orang lain bisa langsung menuju ke situs yang kamu inginkan. Dalam memasukkan link ini, gunakanlah URL shortener, seperti goo.gl, bitly.com agar link tidak memakan tempat.

Dan yang terakhir adalah aktifkan notifikasi dan pastikan profil kamu bersifat publik. Untuk mengaktifkan notifikasi, buka “Opsi,” kemudian “Pemberitahuan Otomatis,” dan pilih “Dari Semua Orang.” Adapun untuk membuat profil kamu menjadi publik, silahkan menuju “Opsi,” dan pastikan kamu mematikan “Akun Privat.”

membangun instagram

Sebaiknya kamu tidak menautkan Instagram dengan akun lain, seperti Facebook dan Twitter agar ketiga sosial media itu memiliki konten yang berbeda-beda dan terlihat lebih profesional.

2. Tentukan Admin Instagram

Jika kamu super sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk membuat konten atau mungkin memposting, maka serahkanlah pekerjaan itu kepada orang lain.

Terlalu ribet nampaknya, namun itulah yang harus dilakukan apabila ingin menjadikan Instagram sebagai ladang penghasilan atau setidaknya sebagai tempat promosi usaha yang menjanjikan.

Dan yang harus diingat adalah memposting sebuah konten tidak bisa sembarang waktu, karena ada jam-jam tertentu (potensial) dimana sebuah postingan bekerja 100 %.

  • Pagi hari: pukul 06.00-09.00 (sebelum beraktivitas produktif)
  • Siang hari: pukul 11.00-14.00 (waktu istirahat)
  • Sore hari: pukul 06.00-09.00 (waktu pulang kerja)
  • Malam hari: pukul 19.00-21.00 (waktu senggang)

Baca: 7 Cara Mendapatkan Banyak Followers Aktif dan Real Human di Instagram

3. Perhatikan Konten

Poin yang satu ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi, dimana kebanyakan pengunjung yang berubah menjadi followers tertarik karena adanya konten-konten yang menarik. Untuk membuat konten yang menarik, perhatikanlah beberapa poin berikut ini:

Fokus pada satu topik

Jika kamu seorang desainer grafis, silahkan mempublikasikan karyamu di akun Instagram. Pastikan konten desainmu lebih dominan ketimbang konten lainnya agar akun Instagram tidak menjadi gado-gado (tidak jelas).

Contoh:

membangun instagram

Temukan Hal yang Menarik

Membuat meme, quote adalah salah satu cara untuk membuat konten yang menarik. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari konten menarik, salah satu caranya adalah dengan menjadi sosok yang menakutkan.

Contoh:

membangun instagram

Buat Pengikut Tertawa

Instagram adalah sosial media, dan pada dasarnya kehadiran sosial media itu digunakan untuk melepaskan penat, menghibur dan berbagi wawasan. Apabila saat ini masih bingung dengan konten menarik, cobalah memposting konten yang dapat membuat pengikutmu tertawa alias menghibur.

Contoh:

membangun instagram

Untuk lebih mempermudah atau menemukan konten yang menarik, silahkan mengintip akun-akun Instagram yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa tools agar konten yang kamu buat terlihat lebih menarik.

Baca: 6 Situs Editor Foto Online Gratis Terbaik dengan Banyak Fitur Mudah

4. Mainkan Caption

Yang dimaksud memainkan caption adalah bermain kata-kata yang hasil akhirnya adalah promo mengenai keahlian ataupun merek yang kamu jual. Cara yang satu ini tergolong ampuh, apalagi jika kamu mengajak orang lain untuk berinteraksi.

Contoh:

membangun instagram

Apabila saat ini jumlah followers masih sedikit, tidak ada salahnya kamu menggunakan cara yang satu ini. Dalam memainkan caption, kamu juga bisa membuat ajakan bertindak, seperti “ketuk dua kali jika kamu menyukainya” atau “bagikan kisah kamu di kolom komentar.”

5. Gunakan Hashtag yang Relevan

Di Instagram, hashtag menghubungkan percakapan dari satu pengguna ke pengguna yang lain. Gunakanlah hashtag yang relevan, karena dengan melakukan hal tersebut pos yang sudah dibuat akan segera terdeteksi oleh pemirsa (orang lain).

membangun instagram

Kunci untuk menggunakan hashtag secara efektif adalah menggunakannya dengan cerdas dan hemat. Usahakan membatasi jumlah hashtag per caption menjadi tiga saja. Dan jangan menggunakan hashtag #like4like, karena hal tersebut sangat tidak baik untuk kedepannya atau hanya akan menjaring pengikut berkualitas rendah.

6. Jangan Lupa Interaksi

Akun Instagram yang memiliki konten menarik sudah pasti akan memiliki pengikut setia yang tidak mengharapkan follback. Mengapa demikian? Karena menurut mereka akun yang kita buat itu unik, menarik dan didalamnya terdapat manfaat, sehingga apabila kita tidak mem-follback mereka pun tidak akan mempermasalahkannya.

Jadi, apabila pengikut setia sudah hinggap di akun kamu, maka perlakukanlah mereka dengan sebaik mungkin, yaitu dengan membalas komentar yang mereka buat meskipun itu sesekali waktu.

Dan yang harus diingat adalah membalas komentar itu bukan hanya tentang interaksi, melainkan tentang bagaimana kamu menghargai orang lain.

7. Jalankan Kontes

Langkah selanjutnya untuk membangun Instagram adalah dengan menjalankan kontes. Cara yang satu ini sangat bagus untuk memperluas jangkauan pemirsa, sembari memasarkan produk atau merek kepada orang-orang tertentu.

membangun instagram

Bagaimana, apakah kamu tertarik? Bayangkan saja, apabila ada 100 pengikut dan tiap 100 pengikut itu mengikuti akun kamu, kemudian mengajak temannya lagi (mention) dan kemudian menjadi pengikut, maka sudah berapa banyak jumlah followers di akun Instagrammu? Bisa kamu bayangkan betapa luar biasanya cara yang satu ini.

Kesimpulan

Masih ada cara lain untuk membangun Instagram, seperti:

1. Beriklan di Instagram.

2. Melihat statistik dari tiap postingan.

3. Membuat konten video.

4. Menautkan link Instagram ke dalam situs website.

5. Promosi di akun orang lain (endorsement), dll.

Cara-cara diatas bisa dipraktekkan untuk perseorangan maupun bisnis, dan silahkan kamu pilih mana-mana saja yang paling mudah untuk dipraktekkan.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *