BloggingDasar dasar Blog

Cara Membangun Reputasi (Baik) Sebagai Blogger yang Tidak Terlupakan

Mempunyai reputasi yang cemerlang di dunia Blogging merupakan impian semua Blogger, termasuk saya. Membangun reputasi yang ingin dicapai bukan hanya kepopuleran dan prestasi di dunia Blogging, tetapi juga seberapa besar kontribusi kita terhadap para Blogger lain maupun pembaca yang ingin belajar dan mencari ilmu.

Membangun reputasi baik sebagai Blogger sebenarnya mudah. Tingkat keberhasilannya tergantung dari tujuan Anda terjun ke dunia Blogging itu sendiri.

Jika Anda ngeblog cuman untuk UANG.

Kemungkinan besar akan sulit menjadi Blogger yang tidak terlupakan.

Sebaliknya, jika Anda ngeblog karena hobby.

Akan sangat mungkin Anda menjadi Blogger yang tidak terlupakan. Selanjutnya tergantung pada prosesnya, jadi Anda harus mengetahui bagaimana cara membangun reputasi baik sebagai Blogger.

Apa Untungnya Menjadi Blogger yang Tidak Terlupakan ?

Siapa yang tidak mau dikenal dan dikenang sepanjang masa…

Semua orang pasti mau.

Loading...

Nah, menjadi Blogger juga seperti itu. Jika kita memberikan kontribusi dan manfaat kepada para pembaca tentu kita akan dikenal dan bahkan dikenang. Yang lebih spesialnya adalah ketika website kita dijadikan rujukan banyak orang, entah itu karena artikelnya yang bermanfaat atau karena penulisnya yang sudah dipercaya sebagai pakar dalam bidangnya.

Cara Membangun Reputasi Baik Sebagai Blogger

membangun-reputasi-Blogger
Cara membangun reputasi Blogger

Website yang Spesial

Yupss… hal pertama yang harus anda miliki adalah website yang spesial. Spesial dalam arti desainnya yang menarik dan enak dilihat, loadingnya cepet, dan yang nggak kalah penting adalah isi atau kontennya yang berkualitas.

Tanpa konten berkualitas, website se-menarik apapun tidak akan membuat pembaca puas, justru pembaca akan kecewa. Karena itu, buatlah artikel yang berkualitas, lengkap, dan menginspirasi pembaca.

Menulis di Blog Populer

Jika pondasi utama yaitu website dan konten berkualitas sudah Anda miliki, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menulis di blog/website lain yang populer.

Contoh kecilnya, seperti yang saya lakukan saat ini.

Tujuan saya menulis di KlikMania.net, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membangun reputasi baik sebagai Blogger. Ada banyak sekali keuntungan yang saya dapatkan dengan menulis di blog ini.

Anda patut mencobanya jika ingin dikenal sebagai Blogger.

Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah :

  • Reputasi Anda sebagai Blogger akan semakin baik
  • Tulisan Anda akan semakin dikenal dan tentunya makin bermanfaat
  • Mendatangkan trafik ke website Anda
  • Sangat mungkin mendapatkan Backlink
  • Nama Anda semakin populer

Baca juga : Syarat (Wajib) Agar Blog Anda Masuk Halaman 1 Google

Gunakan Ebook

Seorang penulis akan semakin diakui kredibilitasnya jika ia banyak membuat karya tulis. Hal ini juga berlaku dalam dunia Blogging, kita sebagai Blogger bisa memanfaatkan media tulis seperti Ebook untuk melakukan Branding dan membangun reputasi.

Membuat Ebook tidaklah susah. Sudah banyak panduan di Internet yang mengajarkan cara membuat Ebook yang menarik. Anda tinggal meniru lalu memodifikasi sesuai selera Anda.

Yang agak rumit ialah membuat konten Ebook. Isinya harus benar-benar berbobot dan mengilhami para pembaca.

Contohnya adalah Ebook diet OCD karya Deddy Corbuzier. Ebook itu sempat menjadi trend dan populer karena banyak orang yang telah merasakan manfaat dan keampuhan diet tersebut.

Nah, hal seperti itulah yang menjadi tujuan kita.

Buatlah Ebook yang berkaitan dengan topik Blog Anda kemudian publikasikan dan bagikan secara gratis agar pembaca semakin respect dengan Anda.

Manfaatkan Youtube

Kalo Google dianggap sebagai rajanya Internet, Youtube juga bisa disebut sebagai ratunya Internet.

Kita bisa melakukan branding disini…

Kabar baiknya pengunjung Youtube ini tidak jauh berbeda dengan Google. Hampir sama banyak, jadi sangat berpeluang besar reputasi Anda sebagai Blogger dikenal banyak orang.

Caranya adalah dengan membuat video Youtube yang berkaitan dengan topik atau konten di website Anda. Misalnya topik website Anda seputar kesehatan, maka Anda bisa membuat video tutorial kesehatan atau tips-tips kesehatan. Mudah kan, gitu aja kok repot…

Manfaatkan Sosial Media

Facebook dan twitter merupakan dua medsos raksasa yang cocok untuk membangun reputasi. Manfaatkan sebaik mungkin kedua medsos ini untuk mengenalkan website Anda.

Mulailah dengan memposting hal-hal yang berhubungan dengan tema website Anda. Ingat ! tidak harus berupa link website, tetapi variasikan dengan gambar, video, maupun artikel singkat.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membangun reputasi di media sosial :

  • Jangan pernah nyepam
  • Ini media sosial, jadi Anda harus bersosialisasi
  • Jangan asal nge-Add teman, cari yang tertarget
  • Jangan terlalu sering melakukan branding/promosi

Aktif di Forum

Forum Online adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin berdiskusi dan mencari informasi. Di tempat inilah Anda bisa membangun reputasi secara tertarget.

Membangun Reputasi
community

Caranya mudah, Anda hanya perlu mencari forum yang temanya serupa dengan website Anda. Jika sudah ketemu, pilih yang terbaik, usahakan pilih forum yang anggotanya aktif berdiskusi, hindari forum yang isinya thread spam dan promosi.

Jika sudah.

… Jangan langsung promosi.

Buatlah beberapa thread atau pertanyaan terlebih dahulu, biarkan para anggota forum tersebut mengenal Anda. Kemudian, sesekali kenalkan website Anda.

Ini akan jauh lebih bagus daripada Anda langsung mempromosikan website Anda.

Ingat tujuan utama kita adalah membangun reputasi baik sebagai Blogger. Ingat tujuan itu baik-baik.

Menulis Buku

Bayangkan Anda sebagai Blogger mempunyai banyak karya tulis berupa buku, pasti kredibilitas Anda sebagai Blogger akan semakin diakui. Buku memang menjadi magnet paling ampuh untuk membangun reputasi seseorang.

Untuk menulis buku, saya tidak mau bilang mudah. Karena saya juga belum pernah mempraktekannya. Tetapi jika Anda sudah mampu membuat karya tulis beruba Ebook, maka kemungkinan besar Anda punya potensi untuk menulis sebuah buku.

Buktikan saja kalau tidak percaya…

Berbagi yang Gratisan

Kebanyakan orang Indonesia memang suka sesuatu yang gratis. Apalagi kalau yang gratis itu mempunyai fitur wahh dan bermanfaat, bisa dipastikan akan ludes dalam sekejap. (hehe, makin kesini kok makin alay tulisan gua).

Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan.

Bagikan sesuatu yang gratis ke pembaca blog Anda atau ke follower di sosial media, bisa berupa Ebook, video, atau buku. Pokoknya terserah Anda, yang penting bermanfaat buat pembaca.

Saran saya, bagikan sesuatu yang masih ada kaitannya dengan tema blog Anda. Misalkan, blog Anda bertema “tips blogging”, maka Anda bisa membagikan Ebook tentang teknik SEO atau panduan membuat blog.

Nah, itulah semua pembahasan kali ini mengenai cara membangun reputasi baik sebagai Blogger. Artikel ini masih butuh perbaikan sana sini, karena itu masukan dan kritikan para pembaca sangat diperlukan.

Sumber gambar :



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya seorang pemula yang suka nulis. Kepuasan tersendiri ketika huruf demi huruf yang saya ketik bermanfaat. Semua ini tidak lengkap jika kalian tidak mengkritik dan mencaci tulisan saya. Semuanya dibutuhkan demi perbaikan. Salam newbie dan happy blogging.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *