Bisnis Online

Tips Sukses Membangun Toko Online bagi Pemula

Tips sukses membangun toko online – Toko online merupakan salah satu hal yang sangat berkembang pesat di 3 tahun belakangan ini. Karena banyak yang bisa sukses dari toko online sehingga yang ingin merasakan hal yang sama juga banyak. Di Indonesia saja sudah ada jutaan toko online, baik yang digunakan untuk jual beli dari produk yang dimiliki, untuk media pembelajaran, menjadi dropshiper atau reseller atau hanya digunakan sebagai sarana iseng.

Nah pada artikel kali ini, saya ingin membahas mengenai tips sukses membangun toko online. Jadi sukses disini bukanlah kita membuat toko online lalu kita tinggalkan begitu saja, namun kita bangun sampai bisa menghasilkan uang yang cukup untuk kegiatan. Dari sinilah kita bisa mengatur sebaik mungkin untuk bisa menghasilkan keuntungan dari produk yang kita jual.

Tips sukses membangun toko online

Pada artikel ini, saya ingin memberikan sedikit penjelasan kepada Anda semua. Mengenai tips dasar yang sekiranya bermanfaat bagi anda semua yang mencoba membangun toko online dari awal dan belum pernah mencobanya.

1. Pahami siapa anda

membangun toko online

Untuk membangun toko online yang terpenting adalah dengan memahami siapa anda. Mungkin banyak dari mereka yang baru saja terjun ke dunia bisnis online seperti toko online yang mana mereka tidak memikirkan siapa diri mereka. Kebanyakan hanya berfikir kenapa si B lebih laris dari pada saya, tanpa ingin tahu apa saja yang telah ia perbuat agar lebih sukses lagi kedepannya.

Dengan memahami diri sendiri, maka kita menjadi semakin yakin bahwa kalau kita ingin sukses seperti mereka, maka harus melalui banyak hal terlebih dahulu. Termasuk membesarkan nama, sebuah nama itu menjadi besar tidak semudah yang digambarkan. Namun banyak rintangan serta perjalanan panjang yang harus dilalui untuk itu.

Jadi mulai sekarang, lakukanlah yang terbaik sesuai diri kita dengan memahami diri sendiri terlebih dahulu. Kalau sudah paham siapa kita dan banyak orang termasuk konsumen sudah menjadi pelanggan setia kita, maka kita sudah lebih jauh tahu tentang siapa sebenarnya.

Memahami kemampuan diri sendiri juga sangat penting loh..karena dengan kita bisa mengukur seberapa jauh kekuatan yang kita miliki baik dari segi modal, ketenaran maupun pelayanan yang bisa kita berikan kepada para calon pembeli nantinya. Jadi kalau kemampuannya kurang dalam hal A maka dengan kemampuan B kita bisa melengkapinya. Jadi hal itu tidak terlalu buruk terhadap pelayanan nantinya.

Loading...

Di internet banyak sekali toko online, antara satu sama lain banyak sekali yang menjual hal sejenis. Misalnya anda ingin membuka toko online yang menjual berbagai jenis produk terkait dengan pakaian seperti kaos, kemeja, jaket dan sebagainya. Perlu kalian tahu, bahwa sebenarnya hal itu sangat sangat banyak yang menjual seperti anda.

Dengan memahami diri sendiri terlebih dahulu maka anda akan bisa membuat sesuatu yang berbeda dari mereka walaupun produk yang dijual tersebut sama. Anda bisa memunculkan sebuah inovasi atau hal unik lainnya yang mengundang banyak orang untuk bisa ikut membeli produk yang dijual.

Jadi untuk langkah awal sebelum membangun toko online, pahami terlebih dahulu siapa anda. Seberapa besar kemampuan anda, dan seberapa jauh yang bisa anda ciptakan untuk membuat sesuatu yang berbeda dari yang lainnya.

2. Pahami apa produk anda

membangun toko online

Untuk membangun toko online harus tau cara memahami apa saja produk yang dijual. Mungkin bagi yang tidak punya barang sendiri untuk dijual, mereka menggunakan suatu riset tentang berbagai hal yang berkaitan dengan suatu produk. Misalnya barang paling laris, paling diminati oleh anak anak, paling banyak keuntungannya dan lain sebagainya.

Namun apabila anda menggunakan barang milik sendiri, maka alangkah baiknya untuk membandingkan dengan berbagai saingan saingan dari toko online atau produsen yang menjual produk serupa. Hal ini dimaksudkan agar tidak sama plek dan ada unsur ciri khas yang melekat pada produk yang mau dijual.

Misalnya punya produk berupa aneka kerajinan tangan. Nah di Indonesia ini berbagai kerajinan tangan sudah banyak sekali yang buat. Antara satu sama lainnya kadang hampir sama, baik dari segi bentuk maupun dari segi harga dan fungsi.

Nah disini anda ditantang untuk bisa membuat suatu produk yang berbeda dari mereka. Misalnya dari segi bentuk yaitu dengan memberikan kesan yang lebih klimis dan elegan, dari segi harga ini bisa lebih murah (disesuaikan juga dengan banyak hal). Atau dari segi manfaat, misal dengan membuat barang yang memiliki multi fungsi.

Dengan memahami lebih jauh mengenai produk sendiri, maka akan muncul berbagai inovasi untuk bisa membuat sesuatu yang berbeda namun tetap memiliki suatu ruang di hati para konsumen. Dari sinilah alasan mengapa mengetahui berbagai produk yang akan kita jual itu penting.

3. Pahami siapa saja konsumen anda

Memahami siapa saja konsumen anda juga termasuk salah satu hal yang menjadi bagian dari tips sukses membangun toko online. Dengan mengetahui berbagai golongan konsumen, maka anda akan lebih mudah dalam menjangkau mereka lebih baik lagi dan juga adanya peningkatan dari segi kualitas. Baik dari produk itu sendiri maupun dari segi pelayanan.

Disini yang harus anda pahami adalah dengan cara melihat siapa saja konsumen anda, termasuk ke dalam kategori manakah konsumen anda tersebut. Misalnya bisa kalian klasifikasikan dari segi usia, jenis kelamin, geografi, minat, pendidikan, taraf hidup, kekayaan dan sebagainya. Kadang kala mereka punya keinginan berbeda beda walaupun banyak kesamaan.

Misalnya orang yang sama sama orang kota dan berjenis kelamin sama yaitu perempuan, mereka belum tentu menyukai satu produk yang sama. Misal yang satunya menyukai baju berwarna merah muda, dan satunya lagi menyukai baju berwarna kuning.

Jadi dengan mengetahui siapa konsumen dari toko online kebanyakan, maka anda bisa mempelajari dan membandingkan untuk klasifikasi juga. Misalnya Anda ingin mengelompokan berdasarkan jenis kelamin (ini yang paling umum) dalam jualan aksesoris pakaian, maka harus membuat kategori yang berdasarkan jenis kelamin.

Misal dari segi minat, ada dari sebagian orang yang suka akan barang dengan harga murah. Maka hal ini bisa ditentukan menyesuaikan dengan harga. Misal membuat kategori harga di atas 50 ribu, di atas 100 ribu, di atas 500 ribu atau yang satu juta keatas.

Atau kalau berdasarkan minat yang lainnya yaitu dengan cara memberikan nama produsen pada kategori. Misal kalau jualan smartphone bisa menyediakan kategori seperti ASUS, Apple, Blackberry, Samsung, Lenovo, Mito, evercoss, smartfren. Hal ini untuk memudahahkan pengunjung mencari produk yang ada di toko online dengan mudah.

4. Ketahui siapa saja saingan anda

Bisnis apapun memang ada saingannya, entah itu bisnis usaha skala kecil maupun besar. Dengan adanya saingan inilah justru bisa membuat anda semakin bagus lagi. Misalnya kalau saingan anda bisa menjual barang dengan harga lebih murah, maka jualah barang dengan kualitas yang semakin terjamin.

Kalau saingan menjual barang dengan lebih laris, maka cobalah lakukan sesuatu yang melebihi dia dalam melakukannya. Misalnya dengan cara menjadikan kualitas lebih baik, promosi yang tepat sasaran, memberikan potongan harga dan diskon serta berbagai promo yang menarik. Hal itu bisa dilakukan untuk menjadikan lebih baik lagi kedepannya.

Kalau bagi yang baru pertama kali terjun ke dunia toko online, maksud dari mengetahui saingan bukan dengan seperti di atas. Tapi mencoba dengan melihat siapa saja yang menjual produk serupa dan lihat seberapa jauh mereka sudah melangkah. Kalau mereka sudah memiliki nama dan brand yang besar, saya rasa anda jika terjun juga akan selalu terlindas oleh mereka.

Usahakan kalau mau membangun toko online itu yang produknya spesifik, sedikit saingan, dan banyak yang mencari. Ini lebih untung daripada harus memaksakan untuk menjual yang sudah bertebaran.

Jadi harus pandai pandailah mengetahui saingan anda, tapi jika ada kekurangan antara satu pihak denga pihak lain maka kalian bisa menjadikannya sebagai kerja sama. Jadi tidak perlu bersaing lagi, tapi saling melengkapi untuk membentuk produk yang terbaik. Namun saya kira hal ini jarang bahkan sangat jarang terjadi, mereka lebih suka hidup sendiri sendiri seadaanya daripada harus bekerja sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Membangun toko online bukanlah menjadikan saingan menjadi musuh, tapi agar bisa menjadikan diri sendiri menjadi lebih baik, karena dengan bersaing secara sehat maka kita akan menjadi lebih baik lagi. Dengan berhubungan baik dengan mereka juga akan menjadikan suatu kerja sama apabila itu saling melengkapi dan saling membutuhkan antara kedua pihak tersbut.

5. Pahami apa saja kesulitan anda

membangun toko online

Dalam menjalani apapun kesulitan memang selalu ada, termasuk dalam membangun toko online ini. Nah tips yang dapat anda gunakan adalah dengan mencari tahu apa ke kelemahan dan juga ancaman kedepannya. Dengan melihat kedua hal tersebut, maka kita setidaknya bisa mengurangi risiko kesulitan di masa masa yang akan datang.

Dalam sistem SWOT kesulitan ini bisa timbul karena faktor W dan T yakni Wakness dan Threat (kelemahan dan ancaman) . Jadi yang harus kalian analisan ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Untuk faktor internal, itu ada kelemahan. Memang gak ada sesuatu yang gak memiliki kelemahan, namun setidaknya kita harus bisa meminimalisir dari kelemahan yang ada dalam diri sendiri. Misalnya saja kalau kita lemah dalam hal pendanaan atau keuangan.

Maka dari sini kita tunjukan keunggulan kita, misal semangat untuk maju dan punya sumber daya manusia yang bagus. Tunjukan dan maksimalkanlah itu, maka dana akan tiba tiba bisa datang dari manapun.

Faktor eksternalnya adalah ancaman, salah satu hal yang bisa menjadi ancaman adalah adanya saingan yang terlalu banyak dan mereka jauh di atas kita. Nah dari sini anda bisa menggunakan berbagai hal yang terkait dengan peluang apa yang dimiliki.

Misalnya mempunyai produk yang langka, nah ini bisa menjadi senjata buat toko online anda untuk bisa membuat orang orang berpaling ke toko anda. Jadi sebenarnya gak ada yang sulit apabila ada sesuatu yang kita miliki dan persiapan yang matang.

6. Pelajari hal yang bisa membuat berkembang

Apa sih yang membuat saya berkembang? Bagaimana ya cara supaya saya bisa seperti mereka yang sukses?, mengapa saya selalu diam di tempat, padahal yang lain sudah berkembang?. Itulah beberapa pertanyaan yang mungkin ada dibenak anda saat anda sudah lama menjalankan toko online tapi gak ada perkembangan sama sekali.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sulit berkembang, mulai dari diri sendiri atau dari pengaruh pasaran. Kurang pandai dalam mengatur keuangan juga menjadi salah satu penyebab yang bisa menjadikan sulit berkambang. Karena saat tidak bisa menjadikan keuntungan sebagai modal lagi untuk membuat toko online lebih berkembang, maka itu akan membuat semakin kecil pemasukannya kedepannya.

Mungkin beberapa hal yang berkaitan dengan ketakuan untuk bersaing dengan yang lain atau juga bisa karena kurangnya suatu inovasi bisa membuat toko kurang berkembang. Jadi hal yang dapat dilakukan adala dengan mencoba untuk tidak takut dalam melangakah dan mencoba sesuatu yang baru.

Dan apabila ada dana maka jangan sungkan sungkan mengeluarkan dana tersebut untuk berbagai hal yang berkaitan dengan iklan, promo barang dan sebagainya. Karena itu bisa menjadikan lebih banyak yang mengetahui anda.

Dan yang terpenting selalu melangkah walaupun itu apa saja halangannya. Karena biasanya bagi mereka yang baru saja terjun ke toko online ini, banyak yang putus asa di tengah jalan. Sehingga terkadang mereka harus berhenti dan meninggalkan toko online begitu saja tanpa diketahui lagi toko online tersebut masih hidup atau tidak.

7. Pelajari apa kemauan dan kebutuhan konsumen

Ini juga bagian yang penting dalam membangun toko online yang bisa memberikan suatu keuntungan bagi toko online dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Karena sebagian besar dari konsumen itu tidak mau datang lagi ke toko online yang pada saat pertama kali ia di acuhkan atau mendapatkan pengalaman yang kurang enak dan tidak menyenangkan.

Misalnya saat beli barang A dengan ukuran M lalu dikasihnya barang A dengan ukuran S. Ini tentunya sangat mengecewakan dan membuat mereka tidak mau datang lagi ke toko online tersebut. Jadi kalau ada konsumen yang menginginkan produk A namun produk tersebut tidak ada. Maka yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengatakan sejujurnya kepada mereka bahwa produk tersebut sedang tidak ada. Jangan memberikan dengan warna lain atau ukuran lain.

Kalau memang mereka butuh toh mereka saat ditawari dengan barang yang serupa mereka akan mau juga. Jadi jangan sampai memberikan pelayanan yang kurang baik saat melayani pelanggan, karena ini bisa merusak nama dari toko online anda.

Berbagai hal yang menyebabkan beberapa orang kurang suka dengan toko online meliputi:

1. lama dalam memberikan respon
2. kurang baik dalam memberikan respon
3. tidak sesuai dengan pesanan
4. kondisi barang setelah sampai
5. lamanya pengiriman
6. penipuan

Nah beberapa hal di atas yang sering sekali dikeluhkan oleh mereka yang suka beli di toko online dari berbagai testimoni atau dari berbagai komentar tentang toko online tersebut.

Memberikan apa yang sesuai dengan keinginan konsumen adalah hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk selalu menjadi yang terbaik. Karena mereka lah yang bisa membuat anda semakin maju dan berkembang. Tanpa konsumen toko online tak akan mempunyai arti apapun.

Maka dari itu mulai sekarang jika anda mulai melangkahkan kaki untuk menekuni bisnis online dalam hal toko online. Setelah membaca tisp sukses membangun toko online di atas, setidaknya itu bisa menjadi dasar pengetahuan untuk bisa diterapkan dalam membangun toko online.

Sekarang yang sama-sama mencari peruntungan melalui toko online seperti anda semakin banyak. Jadi tanpa adanya suatu hal yang berbeda, maka akan sangat sulit rasanya untuk bisa bersaing dengan mereka semua. Jadi mulai sekarang kalau sudah melangkah, jangan takut untuk terus melangkah. Karena ada kesuksesan yang setiap saat di depan sana yang menunggu kedatanganmu.

Referensi lain : 7 Penentu Kesuksesan Bisnis yang Wajib Anda Lakukan

Itulah pembahasan mengenai tips sukses membangun toko online yang bisa Anda lakukan dan terapkan mulai dari saat ini juga. Selain itu kalau artikel ini bermanfaat, silakan share ke orang yang anda kenal, sehingga mereka juga akan mendapatkan manfaat yang sama. Terima kasih atas kunjungan anda, jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk selalu mendapatkan ilmu baru.



Loading...

Baca selengkapnya

Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *