Adsense Di Youtube

Tutorial Membuat Akun Adsense Youtube Terbaru (Update)

Akun adsense youtube – Mendengar kata adsense apa yang terlintas dipikiran anda? Apakah uang? Atau sebuah media penampung uang? Ataukah bank online? Banyak sekali julukan untuk adsense, bahkan tiap-tiap orang mempunyai julukan tersendiri.

Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang nama-nama julukan itu. Melainkan saya ingin memberikan bagaimana membuat akun adsense youtube. Perlu diingat bahwa adsense youtube dengan adsense blog berbeda. Mungkin adsense youtube lebih mudah diterima dibanding dengan adsense blog.

Dari pada lama langsung saja kita ke TKP.

Adsense.. siapa yang tidak tahu?

Bagi orang-orang yang memulai bisnis online kebanyakan mengerti apa itu adsense. Sama seperti blogger. Sungguh disayangkan jika tidak mengenal adsense.

“Terus bagaimana cara membuat adsense youtube? “ Sabar. Jadi adsense youtube sangat mudah sekali membuatnya.

“Saya mau beli akun adsense youtube boleh nggak kak?”

Kalian nggak perlu membeli akun adsense. Jika kalian kepingin silahkan, tapi ngapain. Karena kalian sudah bisa membuatnya sendiri dengan hanya membutuhkan proses kurang lebih 1 hari. Sudah seperti sistem loundry kilat aja kan? Hehehe.

Loading...

“Gimana caranya kak? Ayo buruan jelasin.” Sabar.

Oke let’s go.

Tahapan membuat akun Adsense Youtube

Jadi yang kalian butuhkan jelas akun youtube. Ya kali seorang youtubers nggak ada akun youtube kan parah. Itu namanya bukan youtubers dong. Akun youtube nggak perlu susah-susah dibuat. Karena kalian hanya membutuhkan satu email gmail untuk mengaksesnya.

Jadi disini saya menyarankan sobat Klik Mania untuk membuat akun gmail terlebih dahulu jika kalian belum punya akun gmail. Karena jika memakai akun email yahoo atau yang lainnya mungkin akan menjadi lebih rumit.

Maka dari itu saya sangat-sangat menyarankan menggunakan gmail. Sudah? Oke lanjut.

Gunakan email dari google (Gmail)

“Kenapa mesti gmail kak?”

Karena gmail sudah berkoneksi dengan youtube dan kalian kan mau menyambungkannya dengan google adsense kan? Nah dengan gmail akan lebih mudah juga. Oke sip!

Jadi apa yang harus dilakukan untuk mengaktifkan akun setelah membuat akun gmail. Jadi yang kalian perlukan adalah login ke youtube dengan akun kalian itu. Sudah? Oh iya saya lupa. Lebih baik lagi jika akun gmail kalian dipasang foto dan nama akun gmail itu sekalian menjadi nama channel youtube kalian.

So setelah itu kalian login ke youtube dan selamat kalian sudah mempunyai akun youtube alias channel sendiri. Yup! Sebagai seorang youtubers jelas hal yang utama di perlukan adalah konten.

Karena jika channel kalian tidak mempunyai konten percuma saja kalian membuat google adsense untuk youtube karena menurut pengamatan saya akun google adsense blog sama google adsense youtube berbeda. Karena jika disingkronkan ke blog bakal ada sedikit problem saat pemunculan iklan di blog alias iklan kalian tidak keluar.

Tapi tenang saja akun di youtube kalian sudah pasti ada iklan. So lanjut. Setelah kalian buat video. Saatnya kalian bersiap untuk membuat akun google adsense untuk youtube.

Youtubers pemula tidak disarankan membuat adsense?

Sebenarnya saya tidak menyarankan hal ini untuk youtubers muda karena konten baru yang mesti di fokuskan bukan untuk mencari uang. Melainkan untuk mencari viewers atau respon terhadap konten kalian.

Tapi jika kalian penasaran banget bagaimana caranya. Oke akan saya jelaskan. Santai saja.

Baca sumber resmi: Kriteria monetisasi video

Lanjut.

1. Jadi pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah tekan garis tiga dipojok kiri atas samping logo youtube. Nanti ada banyak pilihan disana. Kalian pilih My channel. Terus kalian masuk ke channel kalian.

  • Disarankan juga sebelum itu kalian membuat channel art. Untuk membahas kelengkapan channel akan saya bahas dipostingan selanjutnya.

2. Oke! Setelah itu kalian lihat dibagian atas ada pilihan video manager. Nah kalian klik itu.

3. Setelah masuk ke video manager kalian bisa lihat dideretan kiri ada dasboard dll.

4. Pilih channel, Setelah itu kalian akan masuk ke bagian channel disitu banyak pilihan.

5. Disini kalian lihat ada pilihan monetize? Nah disanalah letak kunci pengaktivan google adsense. Kalian bisa langsung klik enable.

Bisa lihat gambar dibawah.

akun adsense youtube

Lanjutkan ke tahap berikutnya, seperti gambar dibawah

akun adsense youtube

Setelah itu kalian tinggal ikuti prosedur membuat akun adsense youtube (bisa dilihat gambar), sampai semua tahapan selesai.

akun adsense youtube

Setelah itu akun google adsense anda akan aktif .

Eit’s sebelum itu kalian harus melinkkan akun youtube kalian. Biasanya setelah kalian mengikuti prosedur tadi ada pilihan warna biru seperti digambar. Kalian bisa langsung klik link my account.

Jika tidak ada kalian bisa pergi ke bagian channel diawal terus pilih monetize lagi.

akun adsense youtube

Maka kalian akan langsung didirect kedalam google adsense. Disinilah kalian akan tahu perbedaan yang ada diantara google adsense blog dan google adsense youtube. Sebentar lagi kalian akan siap untuk mengaktifkannya.

Santai saja. bisa sembari ngopi-ngopi dulu atau minum es teh biar pikiran jadi seger. Oke lanjut lagi. Setelah terdirect kedalam google adsense tekan yes. Meskipun kalian sudah punya akun google adsense saya tidak menyarankan menggunakannya lebih baik buat baru. Tapi jika mau mencobanya silahkan.

Karena saya tidak tahu apakah sistem pembagiannya akan bercampur pada uang blog sobat. Tapi tidak ada salahnya juga mencoba. Oke lanjut.

Baca : Civil war! Adsense Youtubers Vs Adsense Blogger

Disini perbedaannya antara proses pembuatan google adsense blog dan google adsense youtube. Pada youtube google adsense akan otomatis medeteksi link akun youtube kalian. Yang kalian perlukan hanya melakukan beberapa penyesuaian yang disarankan oleh google adsense untuk pendataan selanjutnya.

 

4

Setelah itu selesai. Kalian akan didirect balik ke akun youtube kalian. Berarti tandanya kalian sudah berhasil dalam membuat akun google adsense versi youtube kalian. Selamat.

Akun Adsense Youtube Tidak bisa terbuka?

Mungkin buat kalian ada yang bertanya. Kok akunnya nggak bisa terbuka? Ya tidak bisa. Karena dari pihak google adsensenya masih memproses akun youtube kalian. Bisa kalian ketahui akun google adsense youtube tidak cerewet seperti akun google adsense blog.

Dimana seperti kenyataannya dunia youtube sedang berkembang pesat sehingga google adsense youtube sangat mengsupport para youtubers muda untuk berkarya dan jelas untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Yes! Betul sekali.

Jadi sobat pemabaca Klik Mania tidak perlu khawatir jika akun adsense youtube kalian akan ditolak. Karena saya sudah sering membuat akun google adsense untuk youtube dan selalu diterima dalam jangka waktu yang cepat.

Ya kira-kira satu hari. Nanti google adsense youtubenya akan mengirimkan kalian email tanda akun sudah aktif. Setelah akun aktif kalian harus memonetize video kalian. Caranya ada di video manager. Kalian bisa klik edit video. Dan di bagian pilihan desctiption ada bagian monetize kalian bisa pilih iklan mana saja yang mau kalian tampilkan.

Untuk informasi, tiap-tiap iklan mempunyai harga yang berbeda. Perlu diingat juga bahwa tidak semua iklan yang tampil di videomu akan menghasilkan rupiah. Maka dari itu dibutuhkan beberapa konten yang menarik. sehingga peluang iklannya lebih banyak.

Lanjut lagi!

Biasanya jika kalian sudah mempunyai konten maka pada saat proses singkronisasi akan otomatis termonetize sendiri jadi tidak perlu repot-repot untuk  memonetize video kalian. Tapi disarankan untuk tetap mengecek lagi apakah benar video kalian sudah termonetasi dengan akun adsense youtube

Kan sayang kalau belum dimonetasi tapi videonya sudah mendapat jutaan view.

Baca juga nih : Youtuber Pemula Jadi Jutawan? Bisa!

Gimana sobat Klik Mania? Tidak sulit kan dalam membuat akun adsense untuk youtube. Selamat berkarya di youtube. Buat akun yang semenarik mungkin biar google adsensenya jalannya lancar juga. Oke?

-RJ-



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Artikel terkait

29 Comments

  1. mohon maaf mas saya mau tanya.. saya sudah daftar 2 mngguan di google absense tpi $ nya belum nyala hijau .. bgamana mas apa ada yg salah .. trms
    atau bgman presedurnya..

  2. gan saya mau nanya, saya dan temen lagi mau buat channel youtube yang isinya tentang membuat sketsa/gambar wajah, kalo misalnya video itu gak ada musiknya kayaknya gak seru gitu. saya juga baca diatas komennya, katanya boleh pakai lagu instrument, emang benarkah bgitu?

  3. Proses berhenti pada tahap save n continue knpa…pada tahap your website mohon pencerahan. Padahal udah ganti pake browser lain..komputer lain. Laptop lain…koneksi oke..tp stuck disitu terus…

    Help.send to my email
    Thanks.

  4. Proses berhenti pada tahap save n cobtinue knpa…pada tahap your websute mohon pencerahan. Padahal udah ganti paje browser lain..komputer lain. Laptop lain…koneksi oke..tp stuck disitu terus…
    Help.send to my email
    Thanks.

  5. mas, saya berencana membuat video lirik lagu di youtube, internation/indonesia. tapi saya baca di persyaratannya tidak boleh menyertakan lagu yang dari itunes. itu gimana mas ?
    thanks infonya

    1. Untuk membuat lirik lagu itu ide yang bagus. namun jika lagu yang sobat pakai adalah lagu mentah maka tidak saya anjurkan (kecuali lagunya hanya instrument atau yang sering di sebut dengan lagu no vocal) kenapa? karena jika sobat menggunakan lagu mentah nanti ada kemungkinan besar lagu sobat kena copyright dan tidak bisa di monetize 🙂 semoga membantu.

      -Thanks For Reading (Richard Goodboy)

      1. kalo buat video sajano audio, tetapi lagu/vocal di sambugkan ke video resminya apa bisa, dan andai saja bisa. apakah diperbolehkan oleh google adsense kalo akun kita di sambungkan ke google andesense ?

  6. asslm mas, jika kita belum pernah upload video, bisa gak dapat pin dari google asedense???

    1. Bisa, namun jika tidak ada konten sama saja tidak ada penghasilan yang sobat dapatkan, ingat adsense youtube dan blog berbeda ya 🙂

      -Thanks For Reading (Richard Goodboy)

  7. ASSLM mas, jadi kalau belum upload video, bisa gak dapat pin dari google adsense????

      1. Malam Mas Gani, mau tanya. untuk google adsense youtube apa perlu verifikasi pin / scan KTP ? terimakasih +ganisebastian @ganisebastian (saya ingin mention Mas Gani)

  8. Mas Gani yang ganteng yang ganteng boleh ga kalo dalam satu video kita menulis tag seperti ini,
    Ariel noah 2016
    Ariel noah sajadah panjang
    Ariel noah separuh aku
    Ariel noah feat judika, dll
    Cm di akhir aja saya bedakan tp d awal tag kita tulis Ariel Noah terus, yang ingin saya tanyakan
    1.Apakah aman mas tag seperti itu?
    2. jika video kedua dalam satu channel masih tentang ariel saya kasih tag seperti video pertama apakah boleh mas??
    Mohon pencerahan mas