Membuat Blog Terkenal dan Menghasilkan

20 Rahasia Membuat Blog Terkenal dan Menghasilkan

Membuat dan mengelola blog hingga terkenal dan menghasilkan merupakan impian semua blogger. Oleh karenanya, seorang blogger diharuskan mengetahui “Rumus-rumus” dalam mempercepat perkembangan blog yang dikelolanya.

Kebanyakan blogger yang masih pemula, mereka tidak mengetahui atau bahkan tidak memperdulikan “Rumus-rumus” yang mampu mempercepat perkembangan blog hingga terkenal dan menghasilkan. Untuk mereka yang tidak mengetahui hal ini, mereka akan mengira menulis, menerbitkan dan promosi saja sudah cukup.

Menulis, menerbitkan dan melakukan promosi memang sudah sangat cukup untuk membuat blog terkenal dan menghasilkan. Tetapi tulisan dan teknik berpromosi juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, karena jika dilakukan dengan asal-asalan justru akan membuat blog anda semakin jauh dari kata terkenal dan menghasilkan.

Seperti apakah “Rumus” yang bisa dilakukan untuk membuat blog kita terkenal ?

Rumus tersebut masih seputaran menulis, menerbitkan, dan mempromosikan. Tetapi pelaksanaannya tidak boleh secara asal-asalan, ada rahasia untuk membuat tulisan-tulisan tersebut menjadi sebuah magnet untuk menarik jutaan pengunjung dan membuat blog anda menjadi terkenal.

Di artikel ini, saya akan menjabarkan beberapa rumus rahasia yang dapat anda coba untuk membuat blog yang anda kelola menjadi lebih terkenal dan mampu menghasilkan uang untuk anda.

Ingat: segalanya memiliki RAHASIA.

Baca Juga : 21 Blog dengan Penghasilan Terbesar

Rahasia Membuat Blog Terkenal dan Menghasilkan

Rahasia Membuat Blog yang Terkenal dan Menghasilkan
Static via https://pixabay.com

1# Menulislah dengan hati

Karena tujuan utama dari menjadi penulis blog, yaitu untuk memberikan informasi kepada mereka yang membutuhkan informasi tersebut, dan mereka yang mengunjungi blog anda tentunya hanya akan membaca dan menyukai tulisan yang benar-benar bermanfaat untuk mereka.

Loading...

Oleh karena itu, hal pertama yang perlu dilakukan dalam menulis, yakni pergunakanlah hati anda.

Tulisan merupakan sebuah karya, maka akan sia-sia karya tersebut apabila tidak diciptakan dengan hati.

Menulis dengan hati, tentu saja tidak dalam artian yang sebenarnya. Menulis dengan hati memiliki arti yang sangat luas, tetapi dapat juga diartikan sebagai menulis dengan tulus, serta memastikan bahwa tulisan tersebut benar-benar memiliki manfaat untuk siapa saja yang membaca.

2# Pilihlah topik berdasarkan hobi atau apa yang anda sukai

Untuk membuat blog yang besar, terkenal dan menghasilkan uang untuk anda, tentu saja anda perlu membuat blog tersebut kaya akan konten. Blog yang kaya akan konten memiliki jumlah pengunjung lebih banyak ketimbang blog yang miskin akan konten, hal tersebut dikarenakan blog anda akan berkesempatan “Merajai” halaman pertama mesin pencari untuk berbagai macam kata kunci yang akan membawa pengunjung organik untuk anda.

Namun menulis artikel dalam jumlah yang banyak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih untuk anda yang masih pemula dalam urusan tulis-menulis. Maka dari itu, memilih topik berdasarkan hobi atau berdasarkan apa yang anda sukai di Dunia nyata berfungsi untuk mempermudah dalam membuat tulisan meskipun dalam jumlah yang banyak.

Menulis hal-hal yang berkaitan dengan hobi atau kesukaan akan mempermudah anda dalam mencari bahan tulisan, bahkan memudahkan anda dalam mencari ide-ide baru untuk membuat sebuah tulisan.

3# Tentukan ciri khas sejak pertama kali blog anda dibangun

membuat blog anda memiliki ciri khas tersendiri
Birds via https://pixabay.com

Banyak orang yang memutuskan untuk menjadi seorang blogger, hal tersebut tentu saja akan menciptakan persaingan yang semakin ketat. Lebih lagi, dari sekian banyak orang yang menjadi blogger, kemungkinan yang sangat besar apabila mereka menggunakan topik yang sama seperti yang anda gunakan.

Bagaimana jadinya jika blog anda memiliki kesamaan topik dengan blog yang sudah berdiri lebih dahulu ?

Selama anda dan blog anda memiliki ciri tersendiri, maka kesamaan topik bukanlah hal yang perlu ditakutkan lagi. Mulailah membangun ciri khas blog anda, malahan akan lebih baik bila ciri khas tersebut telah diterapkan dari awal membangun blog.

Ciri khas memiliki fungsi sebagai pembeda antara blog anda dan blog pesaing anda, ciri khas ini mampu membuat orang merasa berbeda saat mengunjungi dan membaca tulisan anda, bahkan presentase pengunjung tersebut menjadi pengunjung setia sangat besar apabila blog anda mempunyai apa yang tidak dipunyai blog lain.

Penerapannya sendiri bisa melalui berbagai aspek, seperti gaya penulisan yang berbeda, teknik penyampaian yang detail, bahkan desain template bisa juga menjadi ciri khas dalam blog anda.

4# Tulislah hal-hal yang sudah atau sedang populer

Menjadi seorang penulis blog bukanlah sebuah alasan untuk tidak membaca blog orang lain. Anda dapat keliling dari satu blog ke blog yang lain (Blogwalking) untuk mendapat informasi baru dan menjadikannya sebagai bahan refrensi untuk tulisan anda. Selain mendapatkan informasi dari blog orang lain, anda juga bisa mendapatkan informasi dan bahan refrensi melalui media Televisi.

Intinya anda harus mengetahui hal apa yang sedang populer atau sudah populer di masyarakat, lalu merangkum dan menjadikannya sebagai tulisan anda.

Hanya saja, menulis sesuatu yang sedang populer atau sudah populer akan menjadi tantangan tersendiri karena anda harus bersaing dengan jutaan blog yang membahas hal yang serupa dengan anda. Oleh karena itu, anda perlu menyiasati hal tersebut dengan menuliskan topik populer tersebut dengan bahasa dan cara penyampaian anda sendiri, dan yang paling penting usahakan untuk tidak melakukan cara curang (Copy paste).

5# Menulis artikel yang berisi tips akan lebih baik ketimbang artikel berita

Saya telah membaca banyak mengenai kisah sukses blogger, terutama untuk mereka yang merupakan blogger Indoensia. Faktanya dari 10 blogger yang telah sukses, 8 di antaranya lebih memilih untuk menulis artikel yang berisikan tips ketimbang artikel berita.

Mengapa artikel tips dan trik menjadi primadona blogger ?

Artikel yang berisikan tips menjadi primadona bagi kalangan blogger dikarenakan topiknya yang tidak mudah basi. Hal berbeda jika seorang blogger lebih memilih untuk menulis artikel berita, tentu saja mereka harus mencari berita-berita dan mereka harus menulis berita baru setiap harinya (Beda hari, beda pula beritanya).

Artikel yang berisikan tentang tips dan trik tentu akan lebih bertahan lama ketimbang artikel berita, masyarakatpun saya rasa lebih suka membaca tips ketimbang membaca berita, terlebih bila tips tersebut merupakan hasil dari pengalaman pribadi sang penulis.

Selain itu, dalam menulis artikel mengenai tips dan trik, anda tidak perlu menulis dan menerbitkan artikel setiap hari, ya karena beda hari belum tentu tipsnya berbeda.

6# Lakukan sebuah pengamatan dan olah menjadi sebuah tulisan

Membuat tulisan berdasarkan hasil pengamatan
Binoculars via https://pixabay.com

Poin ini merupakan rahasia untuk mendatangkan pengunjung. Mengapa harus sebuah pengamatan (Survey), karena pengguna internet akan lebih mudah tertarik untuk membaca sesuatu yang berasal dari kenyataan, dan survey tentu saja merupakan sebuah kenyataan yang benar-beanr terjadi.

Untuk memulai sebuah survey atau sebuah pengamatan bisa dicoba dengan mengamati hal-hal kecil, namun memiliki tingkat ketertarikan yang tinggi bagi para pembaca. Mungkin anda dapat membuat sebuah survey kecil-kecilan mengenai blogger dengan penghasilan terbesar,

Setelah data-data terkumpul barulah anda lanjutkan dengan mengolah hasil pengamatan tersebut menjadi sebuah tulisan yang layak untuk dibaca. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan judul yang dipergunakan, sangat disarankan untuk membuat judul tulisan yang mampu membuat pengunjung tertarik untuk membuka dan membaca tulisan tersebut.

7# Buatlah tulisan dengan topik kontroversial

Eeits, nanti dulu. Dalam membuat tulisan dengan topik kontroversial, pastikan anda telah mengetahui tentang apa yang anda tulis sampai ke akar-akarnya, karena jika tidak maka blog anda akan dibenci atau malah anda sebagai penulisnya yang akan dibenci atau bahkan di bully oleh mereka yang telah membaca tulisan tersebut.

Membuat tulisan kontroversial memang sangat ampuh dalam mendatangkan pengunjung, serta membuat blog anda semakin terkenal. Selain itu, lonjakan pengunjung yang datang dari tulisan kontroversial anda ini mungkin saja akan melihat iklan anda dan menambah penghasilan Google Adsense anda (Jika anda memiliki akun GA).

Untuk amannya, anda bisa membuat topik kontroversial namun tidak menyinggung masalah seputaran Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (SARA), atau intinya jangan membuat topik yang dapat merugikan orang lain atau instansi.

Terlepas dari itu semua, banyak sekali saya menemukan tulisan kontroversi yang hanya membahas seputaran bahaya merokok, namun berhasil mengundang puluhan bahkan ratusan pengunjung dan rata-rata mereka akan menanggapi tulisan tersebut melalui komentar, meskipun apa yang disampaikan dalam tulisan tersebut tidak terlalu banyak, namum pengunjung akan saling memperdepatkan pendapat mereka masing-masing.

8# Fasilitaskan pengunjung dengan hal-hal gratis

Memberikan hal gratis kepada pengunjung
Ilustrasi : http://www.shutterstock.com

Setiap orang pastinya senang dengan hal-hal yang berbau gratisan, begitu pula dengan pengguna internet yang berpotensi menjadi pengunjung blog anda. Memfasilitaskan pengunjung dengan hal-hal yang berbau gratisan, juga merupakan salah-satu teknik berpromosi yang paling ampuh.

Hal yang dapat anda berikan secara gratis ini pula bisa berasal dari berbagai macam, seperti informasi yang benar-benar bermanfaat untuk pengunjung, membagikan template blog secara gratis, atau bisa juga dengan membagikan E-book dengan kualitas premium tetapi anda bagikan kepada mereka secara cuma-cuma.

Selain membuat blog anda terkenal dan mendapatkan banyak pengunjung, teknik promosi dengan cara ini bisa juga menjadi ciri khas blog anda di mata pengunjung. Mereka yang senang dengan tulisan, template, atau E-book yang anda bagikan bisa saja menjadi pelanggan tetap anda,

Bahkan mereka bisa juga mengajak teman-teman mereka untuk ikut merasakan fasilitas gratis yang diberikan pada blog anda, sehingga anda benar-benar tidak akan kehilangan pengunjung.

Atau untuk anda yang membagikan template dengan kualitas premium secara cuma-cuma, bisa juga mendapatkan keuntungan dari pemasangan credit link yang akan menambah jumlah backlink untuk blog anda.

9# Tulislah artikel secara rutin

Selanjutnya untuk membuat blog anda terkenal dan menghasilkan, sangat disarankan untuk menulis dan menerbitkan artikel secara rutin. Menulis artikel secara rutin bukan hanya bermanfaat untuk memberikan banyak informasi kepada pengunjung blog anda, tetapi akan memberikan sinyal kepada robot penjelajah mesin pencari bahwa blog yang anda kelola merupakan blog dalam keadaan aktif sehingga akan mempermudah robot menjelajahi situs anda.

Sedangkan untuk anda yang tidak dapat menulis secara rutin dikarenakan kesibukan lain, mungkin dapat menuliskan artikel yang berisi tips dan trik seperti yang sudah saya jelaskan pada poin ke 5. Karena artikel yang berisikan tips tidak akan cepat basi ketimbang menulis artikel berita.

10# Ketahui waktu terbaik untuk menerbitkan artikel

Waktu terbaik untuk menerbitkan artikel
Clock via https://pixabay.com

Tidak sedikit blogger yang meremehkan hal ini, mereka beranggapan bahwa menerbitkan artikel bisa dilakukan kapan saja. Hal tersebut ada benarnya, menerbitkan artikel blog tidak memerlukan waktu khusus dikarenakan pembaca blog yang bisa datang dari mana saja.

Lalu apa gunanya menerbitkan artikel dengan melihat waktu terbaik ?

Hal ini sebenarnya lebih ditujukan untuk pengunjung yang datang dari media sosial tempat anda menyebarkan link pada saat menerbitkan artikel. Tentu saja dengan membagikan artikel yang baru terbit ke media sosial akan sangat berpengaruh untuk mendongkrak pengunjung blog anda.

Sehingga melihat waktu dimana kegiatan online sedang intens pada media sosial tersebut akan sangat berpengaruh untuk membuat tulisan anda dilihat oleh pengguna sosial media tersebut. Waktu terbaik adalah pada saat orang banyak melakukan kegiatan online, yakni pagi dan sore hari.

11# Lakukan wawancara dengan blogger lain dan olah menjadi sebuah tulisan bermanfaat

Poin ini agak mirip dengan melakukan pengamatan atau survery, namun bedanya di sini anda akan melakukan wawancara dengan blogger lain untuk sekedar bertanya-tanya tentang tips, lalu menjadikannya sebagai bahan tulisan yang bermanfaat dan menginsiprasi untuk pengunjung blog anda.

Jujur saja saya belum pernah mempraktekkan poin ini, namun ada sebuah blog yang saya rasa cukup bagus, yakni panduanIM yang telah melakukan wawancara dengan blogger lain dan menjadikannya sebagai sebuah tulisan bermanfaat untuk pengunjung.

Bahkan tulisan tersebut menjadi salah-satu yang mampu menyedot pengunjung untuk membaca tulisan tersebut dan menjadikan blog tersebut semakin tekenal.

12# Tulislah sebuah artikel utama pada blog anda

Untuk membuat blog cepat terkenal dan menghasilkan untuk anda, ada sebuah rahasia yang bisa dilakukan untuk menarik pengunjung dan membuat durasi kunjungan tersebut semakin lama. Rahasianya adalah membuat sebuah artikel pokok atau artikel utama yang mencakup sebagian besar artikel yang ada pada blog anda.

Artikel utama memiliki fungsi sebagai “Jembatan” kepada pengunjung untuk menjelajahi lebih banyak lagi artikel yang anda miliki. Dengan teknik seperti ini anda akan mendapatkan pengunjung serta membuat mereka lebih lama dalam menelusuri dan membaca tiap-tiap artikel yang anda sediakan.

13# Jangan pernah melakukan tindakan curang atau copy paste tulisan orang lain

Makin kesini tindakan curang dengan melakukan copy paste sembarangan semakin marak terjadi, entah apa yang dipikirkan oleh blogger dengan pola pikir seperti ini. Melakukan tindakan copy paste sembarangan memang memudahkan dalam mengisi dan memperbanyak konten pada blog, namun tindakan tersebut justru tidak ada manfaatnya karena konten anda akan dianggap buruk oleh Google.

Selain dianggap buruk oleh mesin pencari, tindakan copy paste juga merugikan untuk orang yang tulisannya anda copy paste tanpa ijin, mereka akan merasa tidak dihargai oleh tindakan yang anda lakukan. Bukan hanya merugikan orang lain, melakukan tindakan copas juga merugikan untuk diri anda sendiri, karena anda yang telah terbiasa melakukan copy paste tidak akan mengalami perkembangan skill dalam menulis, dan kemampuan untuk menciptakan ide-ide baru.

Namun untuk anda yang terpaksa melakukan copy paste, saya sangat menyarankan untuk tidak melakukan copy paste secara keseluruhan, melainkan dengan menjadikan tulisan orang lain sebagai refrensi dan menuangkannya kembali dengan cara penyampaian dan sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu anda tidak akan merugikan orang lain, kemampuan menulis anda juga akan terasah.

14# Jangan lupakan SEO

selalu optimalkan seo blog anda
SEO via https://pixabay.com

Ya. .

Jangan pernah lupa untuk menerapkan SEO pada setiap aspek dalam blog anda. Karena blog untuk membuat blog mendapatkan pengunjung, serta mampu menghasilkan uang dibutuhkan “Kerja sama” dengan mesin pencari, sehingga mengoptimalkan blog agar mudah dijelajahi oleh robot mesin pencari merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Oleh karena itu, anda harus sering-sering membaca berbagai macam tips mengenai optimasi SEO, dan beruntun karena di Klikmania.net anda bisa mendapatkan informasi seputaran optimasi SEO dan tutorial untuk blogger pemula.

15# Promosikan blog anda dengan membuatkan baju atau stiker

Untuk membuat blog dikenal luas oleh masyarakat. terutama pengguna internet tentu diperlukan yang namanya promosi. Dan karena tidak semua orang menyukai hal-hal yang berbau promosi, maka anda haruslah teliti dalam memilih teknik berpromosi.

Kita semua sudah mengetahui bahwa promosi dengan menyebarkan link (SPAM) di kotak komentar blog orang lain, atau di sosial media merupakan cara promosi yang buruk, oleh karena itu mencoba teknik promosi yang tidak biasa bisa anda lakukan dengan membuatkan kaos bertulisan blog anda, dan juga mencetak stiker yang berisikan alamat blog anda lalu menempelkannya pada tempat-tempat yang berpotensi untuk dilihat orang banyak.

Modal yang diperlukan untuk melakukan promosi dengan cara ini tidaklah banyak, biaya design dan sablon kaos satuan saja kurang lebih 80 ribuan, dan untuk stiker bisa di dapatkan dengan harga mulai dari 5 ribuan untuk stiker cutting, dan 20 ribuan untuk stiker sablon kualitas rendah.

Dengan menggunakan kaos yang berisikan atribut blog anda,  orang yang melihat akan penasaran lalu membuka alamat blog anda dan mungkin saja mereka menyukai apa yang anda bahas dan menjadi pengunjung setia blog anda.

16# Beriklan pada blog lain yang menyediakan slot iklan mandiri

Membuat blog yang terkenal dan menghasilkan sebenarnya tidak memerlukan modal, hanya saja memerlukan waktu yang sangat lama. Dengan melakukan promosi atau mengiklankan blog anda dengan layanan yang berbayar tentu saja akan membuat blog lebih cepat terkenal dan menghasilkan untuk anda.

Salah-satu cara mempromosikan blog, yaitu dengan mencari blog lain yang sudah terkenal dan menyediakan slot iklan mandiri. Jika anda telah menembukan blog yang menyediakan iklan mandiri, langkah selanjutnya adalah menghubungi admin blog tersebut untuk melakukan perjanjian dan negosiasi harga pemasangan iklan pada blog tersebut.

Dengan mengiklankan blog anda menggunakan layanan iklan mandiri pada blog orang lain, bukan hanya akan membuat blog anda cepat terkenal dan menghasilkan keuntungan untuk anda saja, tetapi akan membantu blog lain yang diajak kerja sama, dan menjalin silaturahmi antara sesama blogger.

17# Adakan kontes atau perlombaan untuk menarik minat pengunjung

mengadakan kontes untuk menarik minat pengunjung
Prizes via https://pixabay.com

Untuk membuat blog semakin terkenal dan mampu menghasilkan uang untuk anda, tidak ada salahnya anda mengeluarkan sedikit modal untuk membuat kontes atau perlombaan dengan tujuan menarik minat banyak pengunjung, bahkan untuk blog yang masih terbilang barupun dapat mencoba cara ini.

Tidak perlu membuat kontes dengan hadiah besar, cukup membuat kontes dengan hadiah pulsa atau E-book saja anda dapat membuat kontes yang tidak memakan banyak modal, namun dapat menarik minat pengunjung untuk berpartisipasi.

Dulu sekitaran tahun 2012 saya pernah membuat lomba menulis cerpen untuk pengunjung blog saya, dan memberikan hadiah pulsa sebesar 50ribu saja untuk pemenangya, tetapi terbukti banyak yang berminat untuk perpartisipasi dalam lomba tersebut, dan saya juga mendapatkan lonjakan pengunjung atas perlombaan tersebut, namun blog itu hanya tinggal kenangan karena saya telah menghapus alamat blog tersebut.

18# Rayakan hari jadi blog anda

Ulang tahun bukan hanya dirayakan oleh manusia saja, untuk anda yang memiliki blog yang sudah mendekati hari jadinya bisa membuat sedikit perayaan yang melibatkan pengunjung blog tersebut. Salah satu contohnya anda dapat membuat artikel atau video tentang perjalanan blog dari awal di bangun hingga saat itu, dan dalam tulisan maupun video yang anda sajikan pastikan juga untuk memberikan pertanyaan dan mempersilahkan pengunjung memberikan kesan-kesan pada blog anda.

Menyematkan pertanyaan dan kesan-kesan bertujuan untuk memancing interaksi dari para pengunjung blog anda. Sehingga anda dapat mengetahui siapa saja yang merupakan pengunjung setia blog anda, dan bagaimana kesan mereka terhadap blog yang anda miliki.

19# Maju terus dan jangan putus asa

Maju terus dan jangan berputus asa
Audience via https://pixabay.com

Dalam segala upaya yang anda lakukan untuk membuat blog menjadi terkenal dan menghasilkan, jangan pernah berpikiran untuk menghentikan langkah yang telah anda mulai sebelum berhasil mencapai tujuan dari apa yang anda lakukan. anda benar-benar harus konsisten dalam mengelola blog tersebut karena hal tersebut merupakan kunci untuk meraih kesuksesan.

Jangan hiraukan pesaing anda yang telah lebih dulu terkenal dan sukses, atau jangan takut kalah saing hanya karena memilih topik yang sudah umum digunakan. Anda perlu yakin bahwa blog anda merupakan blog yang berbeda dari blog lain, dan anda perlu yakin bahwa anda akan segera meraih kesuksesan dalam blog tersebut.

20# Jangan lupa mengikuti program atau layanan penghasil uang

Rahasia terakhir untuk membuat blog dapat menghasilkan uang, yakni dengan mendaftarkan blog anda pada layanan-layanan atay program yang bisa membuat blog anda menghasilkan uang,

Layanan ini bisa seperti PPC atau sebagainya, dan yang saat ini sedang booming yaitu Google Adsense. Oleh karena Google Adsense akan membayar anda tergantung dari jumlah klik pada iklan yang sudah disediakan, maka mencari dan memperbanyak jumlah kunjungan menjadi hal utama yang perlu dilakukan jika ingin mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta dari layanan ini.

 

Baca Juga : 10 Cara Menangkal Stress Bagi Kalangan Blogger

Itulah sedikit artikel mengenai rahasia dalam membuat blog cepat terkenal dan menghasilkan uang untuk anda.  Sebenarnya masih banyak lagi rahasia yang tidak sempat saya bagikan dalam artikel ini, namun 20 yang sudah saya bagikan tersebut merupakan rahasia-rahasia yang sangat perlu untuk diketahui oleh blogger, terutama untuk yang masih pemula.

Semoga artikel saya ini dapat memberikan manfaat untuk anda sekalian dalam mengelola dan menjadikan blog anda sebagai blog yang terkenal dan menghasilkan. 🙂



Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Komentar

    Avatar

    kembar

    ( - 12:58)

    kalo bisa tukar link, enak ya dengan KlikMania …. tambah asik and semangt dari aku, Melajah . com

    Avatar

    Nani

    ( - 23:31)

    Setelah membaca disini saya semakin terinspirasi terimakasih 😉

    Avatar

    Mien Hessel

    ( - 00:56)

    Sangat brmanfaat bahasannya. Bikin aku tambah semangat.

    Avatar

    Farel

    ( - 06:21)

    Setelah membaca postingan ini, saya. Semakin semangat untuk menulis di blog dan semakin berfokus, semoga saya bisa menulis semakin bagus kedepanya.. Aminn.. Mungkin saya akan mengingat nanti hari ulang tahun blog saya disini lagi, Terimakasih atas tips yang sangat berguna ini.

    Avatar

    Trimkasih ntuk tips dan trik yang di berikan, akan saya terapkan pada blog pribadi saya. Sangat membantu bagi blogger pemula seperti saya semoga tahun berikutnya saya sudah bisa menjadi blogger terkenal seperti anda dan blogger – blogger lain hehheheh…. Amin

    Avatar

    Andi bastian

    ( - 23:33)

    Paling susah kalau lawan nya blog sudah ada dengn topik sama dan umur blog lebih lama

    Avatar

    terimakasih infonya semoga saya bisa mengamalkannya

    Avatar

    Sangat bermanfaat, terima kasih

    Avatar

    harus konsisten aja dan menulis artikel bagus dan ti asal copas

    Avatar

    ya… sangat bermanfaat informasinya

    Avatar

    Dandi Prima

    ( - 07:55)

    tachimataru.blogspot.com

    Avatar

    yuka

    ( - 15:44)

    Tulisan saya akan terlihat menarik, ketika saya dalam suasana hati yang damai.

    Avatar

    M. Moko

    ( - 14:30)

    Menurit saya, untuk awal-awal, baiknya gak usah mikirin monetasi dulu, yg penting bisa share sesuatu yang bermanfaat aja buat orang lain. Nanti juga ada saatnya kok blog kita bisa menghasilkan

    Avatar

    Panji

    ( - 21:38)

    Mantap tipsnya bro,,

    Avatar

    Doninurdians

    ( - 21:32)

    Ulasannya lengkap. Tp memang butuh waktu panjang jika tidak ada modal untuk beriklan.

    Makasih share nya mas

    Avatar

    Zafran

    ( - 14:44)

    thanks mas atas info dan saran nya salam kenal aja dari Sumatera Selatan

    Avatar

    Sudah banyak membaca cara mendapatkan pengunjung banyak di blog, hampir semua artikel isinya sama :3 Intinya cuman harus konsisten aja dan menulis artikel bagus NO COPAS 😀 Saran mas… itu gambarnya diuploud ulang yaaa

    Avatar

    ramadhan

    ( - 23:21)

    (y)

    Avatar

    Handrik

    ( - 17:23)

    susah juga sih gan kalau bagi pemula kaya saya,, tapi tetep berusaha hehe,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *