SEO YOUTUBE

Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO

Membuat banyak saluran baru di satu akun youtube bertujuan untuk membedakan atau mengelompokkan jenis video agar sesuai dengan kategori atau niche video. Ini berguna sekali bagi para youtuber yang mempunyai banyak video yang beragam, selain terlihat lebih rapi, orang lain akan dapat mudah mencari jenis video yang sama dalam satu chanel/saluran.
 
Hanya di perlukan satu email saja atau satu akun youtube saja untuk membuat banyak saluran, dan anda pun bebas membuat saluran sebanyak mungkin. Lantas bagaimana agar saluran tersebut menjadi SEO?
 
Apa pentingnya membuat saluran Youtube menjadi SEO? Jawabannya hanya satu, agar video tersebut mudah di ketemukan dalam mesin pencarian,baik di pencarian google maupun pencarian youtube. Dan menjadi video yang populer dan di minati banyak penonton.
 

Dengan memaksimalkan atau optimasi video youtube, di harapkan dapat bersaing mendapatkan pengunjung/penonton yang lebih banyak mengingat sekarang persaingan video juga semakin banyak, ada jutaan video setiap harinya yang di unggah ke youtube. 

Video baru tanpa di optimasi akan mendapatkan peluang yang lebih sedikit, kecuali anda sudah mempunyai subscriber/pelanggan yang banyak atau channel Anda sudah populer.

Sebelum menentukan nama chanel/saluran, kita akan riset kata kunci terlebih dahulu untuk memilih nama saluran yang tepat, dan dapat bersaing di halaman pencarian. Untuk itu kita akan memanfaatkan layanan gratis dari menggunakan Google Keyword Planner, jika anda  belum familiar dengan tool ini, bisa simak artikel sebelumnya.

Baca : Riset Kata kunci Menggunakan Google Keyword Planner

  • Masuk dan login ke Google AdWords.
  • Pilih pada menu Tool  > keyword planner.
Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO

Pilih menu "Find new keywords" seperti gambar di atas.

  1. Masukkan kata kunci yang anda targetkan, untuk contoh di atas saya menggunakan kata kunci "wisata indonesia".
  2. Pada kolom your landing page/Laman Landasan masukkan url https://www.youtube.com.
  3. Pada kolom your product category, isi dengan Travel & Tourism (sesuaikan dengan kategori saluran video anda)
  4. Isi kolom targeting dengan All location, kolom ke dua isi dengan indonesia. Target video kita adalah seluruh dunia (All location) karena video youtube bersifat universal, untuk bahasa bisa kita masukkan bahasa indonesia atau bahasa inggris, karena mewakili tempat video tersebut di upload.
  5. Pilih costumize your search, centang pada kotak Medium, Low untuk mendapatkan persaingan yang rendah dan pencarian yang paling tertinggi, Setelah itu klik save.
Setelah semua kolom terisi, silahkan klik get ideas untuk mendapatkan pilihan kata kunci yang kita targetkan, seperti gambar di bawah ini.
Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO

Kita bisa tentukan target kata kunci yang akan kita pilih dengan mengetahui jumlah pencarian terbanyak dan persaingan (competition) rendah. Perlu di ketahui jika banyak pencarian akan tetapi persaingan rendah akan berpeluang untuk medapatkan posisi yang terbaik dalam hasil pencarian.

logikanya begini, banyak yang mencari tetapi yang tersedia hanya sedikit, kita bisa mengisi kekosongan tersebut. jangan memaksa dalam hasil pencarian tertinggi dengan persaingan tinggi, karena peluang akan semakin sulit dan bahkan tidak muncul dalam hasil pencarian.

Setelah kita dapatkan kata kunci yang di maksud, bisa kita beri variasi kata pendek untuk lebih membedakan dalam hasil pencarian dengan target kata kunci yang sama, misalnya Tempat wisata murah, tempat wisata favorit, tempat wisata keluarga, Sesuaikan dengan hasil riset kata kunci yang anda masukkan, atau yang anda targetkan.

Loading...

Membuat saluran/chanel youtube baru

Setelah nama chanel yang kita pilih sesuai dengan kategori video dari riset di atas, saatnya kita membuat chanel/saluran youtube yang baru.

1. Pastikan anda sudah login ke akun youtube, setelah itu pergi ke  youtube chanel switcher.

Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO

2. Pilih pada "Buat saluran baru", dan beri nama sesuai dengan kata kunci yang telah anda pilih dan tetapkan sebelumnya menggunakan google Keyword Planner

Sekarang anda sudah mempunyai chanel/saluran baru yang SEO dalam hasil pencarian sesuai dengan kategori  video anda, usahakan dalam mengupload video juga harus video yang satu kategori dengan nama Chanel/saluran.

Setelah mengupload video,anda bisa mengoptimasi dengan diskripsi,category serta tag dalam dashboard saluran/chanel youtube yang baru.

Baca : Optimasi video youtube yang paling tepat

Dengan demikian, membuat saluran/chanel youtube anda yang baru sudah selesai, dan anda siap bersaing dengan video video lain di youtube, kesempatan untuk mendapatkan penonton akan lebih besar, karena akan muncul dalam hasil pencarian terutama pencarian di halaman youtube.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Wandy

    ( - 04:41)

    Mas mau nanya bagai mana cara memberi tag pada URL CANNEL KITA KLO YANG LAIN URL CANNEL NYA ADA TAG NYA TAPI SAYA GA AD CUMA URL VIDIO AJAH YANG AD TAG NYA GIMNA CARA PASANG TAG DI URL CANNEL KITA

    Avatar

    kalau sekarang channel youtube yang akan di monetise GA syaratnya agak menantang mas, tapi cukup lumayan juga untuk memeras otak. Tapi llebih enak santai saja. yang penting tetap berkarya ya bang.

    Avatar

    Arii

    ( - 00:09)

    Mas? Cara mengaitkan akun adsense dengan web bagaimana caranya? sedangkan saya tidak punya website

    Avatar

    choiron

    ( - 12:08)

    Tanya mas
    Kalau mengiklankan channel youtube di adworld apakah nantinya mempengaruhi monetisasi adsense nya apa tidak ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:11)

      Tidak, justru kemungkinan penghasilan akan naik karena bertambahnya pengunjung.

    Avatar

    ricky

    ( - 12:48)

    Permisi Mas Gani Assalamualaikum.
    saya mau nanya mas, cara untuk meminta izin lagu yang ada di video youtube saya gimana mas, agar tidak terkena copy right. mohon jawabannya mas

    Avatar

    Sumpah,,, mas gani ini udah master banget,, boleh nanyak nggak mas,, klw buat chanel youtube Itu,, biar pengunjung yg bukan dari indonesia aja yg lihat gimana ya mas,, kata kunci pencarian biar orang luar negeri juga lihat,,, ribet banget ya bahasa gue,,, salam dari blog siratu kusut,, please bls mas,, nggak nerti salanhya,, makasih

    Avatar

    maxsi.id

    ( - 09:30)

    oke deh mantep banget artikel nya,,
    ijin mempraktekan

    Avatar

    ahmad luay

    ( - 20:01)

    Asalmualaikum :).
    Mas mas, saya juga boleh nanya donk hehe..
    Kalo misal nya mau masang iklan di video youtube kita itu gimana mas??

    Eh mas maaf yh pertanyaan nya satu lagi..
    Kalo misal nya monetisasi nya itu tidak aktif, cara ngaktifin lagi nya gimana?
    Sedangkan monetisasi sebelum nya, ada tulisan “layak”,”tidak layak” gimana sih saya bingung masa,,
    Mohon mas kasih tau saya πŸ™‚
    Makasi jg mas atas sharing yg di atas semoga bermanfaat,, amiin
    Asalmualaikum selmat malam sukses selalu mas πŸ™‚

    Avatar

    Adrianus Wayan

    ( - 11:11)

    Mass Gani, aku mau tanya,kalau kita bikin email baru, terus kita membuat chanel dan mengupload sebuah vidio,,,apakah saya harus mendaftarkan akun sy ke adsense atau nunggu sampai 10.000 view dulu,,karna udah ada peraturan baru……Mohon Bantuannya Mas Gani?
    Terima Kasih

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:50)

      Betul mas. harus menunggu viewer mencapai 10.000 baru bisa didaftarkan Adsense.

    Avatar

    Zurey

    ( - 09:20)

    Mas Gani, mau nanya dong !
    Saya udah terlanjur duluan upload videonya di youtube tanpa buat nama2 chanelnya terlebih dahulu.
    Nah, yg menjadi prtanyaan saya :
    Bagaimana caranya saya menempatkan beberapa video yg udah saya upload di youtube ke dlm beberapa chanel, sementara videonya tu beda2 ragamnya.
    Saya tggu balasannya mas Gani … !!!

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 15:25)

      Bisa ditambahkan tag/kategorimas, tidak masalah. Masuk ke video creator dan edit kembali.

    Avatar

    Rafi Abbyan

    ( - 00:09)

    Mas saya mau tanya, Apakah mendaftar SEO itu dipungut biaya? Terimakasih πŸ™‚

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:31)

      Untuk menggunakan Adwords dengan fitur keyword palnner sekarang memang tidak gratis lagi.

    Avatar

    yeyen aji

    ( - 23:24)

    mas gani sebastian, saya mau tanya, saya punya chanel youtube dan akun adsense dengan 1 email, maksudnya emailnya sama, apakah pengaruhnya ke monetisasi video channel saya mas?

    Avatar

    Erpra

    ( - 22:26)

    hallo kang gani. mau nanya nih. saya punya 3 channel dalam 1 akun. nah yang jadi pertanyaan saya. kenapa channel baru (channel ketiga tidak muncul gambar dolar untuk di Monetization. itu kenapa ya ? terima kasih sebelumnya

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:51)

      Apabila video tidak sesuai kebijakan komunitas youtube, maka iklan tidak akan tayang mas.

    Avatar

    hadhie

    ( - 03:05)

    Mas mau nanya..sya ada masalah 4 akun youtube di suspend / ditangguhkan dihari yg sama.dalam 4 akun yt itu hanya 1 dapat teguran komunitas.yg lain belum sama sekali & video semua ori.pertanyaannya kenapa tiba2 di suspend dengan alasan pedoman komunitas dll tidak bisa menggunakan produk google.pas kemarennya lagi nyoba bikin email baru trus dftarin ke yt ,ke suspend juga mas.pdhal masih baru n blm ada videonya.
    Pertanyaan kedua saya pake browser yang sama sewaktu log in gantian 4 akun yt tadi.tanpa hapus cokie dan history.,apa itu berpengaruh ?
    Ketiga sebelum suspend mmg modem saya kadang wifi nya putus nyambung(maslah signal?,apa berpengaruh ?
    Keempat pas sering upload kadang anti virus scan sendiri,kayak ada virus gitu,apa berpengaruh
    Kelima tiap akun yt upload 4 vudeo,ganti ke akun lain ,upload lagi dan gitu trus .kalo selesai upload akun 1 log off n lagsung log in akun yt 2,upload lagi.apa berpengaruh.
    Maaf sebelumnya pertanyaanx hampir 2 KM πŸ˜€

    Avatar

    Askar

    ( - 23:55)

    Mas gani, ada gak panduan untuk membuat akun di google adword untuk tahun 2016. Tq mas sebelumnya

    Avatar

    Askar

    ( - 23:49)

    Mohon maaf mas… Kok buat akun di goole adword ribet banget mas, soalx baru kali ini mau buat mas.

    Avatar

    Doni dharma

    ( - 10:40)

    Mas Gani Mau nanya saya punya 1 adsense dan punya beberapa channel youtube dengan email yg berbeda beda dan sudah di hubungkan ke adsense tersebut, pertanyaanya
    apakah semua penghasilan saya akan masuk ke adsense itu atau cuma yang masuk hanya channel yang di hubungkan dengan email adsense?
    Lalu saya punya beberapa channel youtube yang tidak bisa di tambahkan iklannya kadang jg tidak bisa di pasang iklan tapi monetisenya aktif, itu masalahnya gmna ya mas?
    Terimakasih sebelumnya

    Avatar

    asep

    ( - 19:59)

    mas saya punya channel awal bikin enak ada di halaman 1 kadang 2 , saya buat terus channel lagi banyak tapi makin kesini makin jauh halamannya. . itu harus gi mana ya biar bisa naik tiap channenya??????

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:20)

      jalan satu-satunya adalah giat berpromosi mas Asep πŸ˜€

    Avatar

    Lou

    ( - 06:18)

    Permisi mas.. Mau tanya
    Misalnya saya mau bikin video di youtube nih, itu enaknya pake email asli (yang terhubung dengan twitter, facebook, dll.) atau lebih baik kita bikin email sendiri khusus youtube ya?
    Makasih sebelumnya..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:56)

      Bisa menggunakan email apa saja mas, yang penting belum pernah didaftarkan ke Adsense πŸ˜€

        Avatar

        Lou

        ( - 04:45)

        Tapi prefer ke email asli atau bikinan mas? Soalnya saya masih labil di sini sebelum belajar ke yang lebih jauh wkwkwk

    Avatar

    mar'i

    ( - 13:22)

    kalo misal ganti sedikit “keyword channel” pengaruh ngga ya. makasih

    Avatar

    1001 obat

    ( - 03:13)

    Ternyata begitu cara bikin seo youtube, sebuah pencerahan yang baru buat saya

    Avatar

    Carce

    ( - 03:10)

    Ooo ternyata begitu cara bikin channel youtube yang seo, Terima kasih sharingnya

    Avatar

    Bagus

    ( - 14:20)

    mau tanya mas. kalo seo ini bisa diberlakukan untuk channel yang sudah jadi, maksudnya sebelumnya saya sudah punya channel. gtu mas. mohon pencerahannya.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:40)

      Bisa mas, tapi lebih baik buat video baru saja, lengkapi diskripsi sesuai dengan judulnya. Jangan lupa tambahkan Tag video.

    Avatar

    gery putra

    ( - 10:40)

    Mas saya mau taya, akun adsense saya kan satu terus saluran baru saya ada 3 terus udah di verifikasi no telpon, nah yang jadi pertayaan saya itu apa view yang ada di saluran baru akan otomatis nambah di saluran pertama kita, mohon penjelasanya ya

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 12:07)

      Untuk setiap saluran baru harus dikaitkan secara manual ke akun Adsense mas, caranya seperti menautkan Adsense untuk pertama kalinya.

    Avatar

    usep

    ( - 09:17)

    Assalamualaikum mas gani, saya mo tanya mungkin ada pencerahan dari mas gani, saya sudah mengganti nama saluran youtube beberapa kali tapi nama saluran baru yg diganti di youtube search blm muncul, malah yang mucul nama saluran lama tapi nama saluran baru yg saya ganti sudah berubah divideo saya, itu kenapa mas gani..? terus apakah mengganti nama saluran berpengaruh ke akun adsense atau tidak ?
    terima kasih mas gani..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:00)

      Butuh waktu sekitar 30 an hari untuk mengindex nama saluran baru mas Usep, mengganti nama saluran tidak akan berpengaruh pada akun Adsense.

    Avatar

    Sweet Sunday

    ( - 21:50)

    Blog yang sederhana namun kaya MANFAAT..
    SUKSESS ya buat Mas Ganis..
    Terus Berbagi Mas Demi Masadepan Sumber Daya Manusia Indonesia Yg Lebih Baik

    Avatar

    evi

    ( - 11:10)

    mas mau tanya kalau videonya yg diupload berbeda2 (campur2) itu bagaimana memberi nama channelnya…?? kalau video ttg masak memasak itu jelas sdh pasti nama channelnya yg brhubungn dg msak mmsak…tp kalau videonya campur2 itu gmn mas…maaf sy br mau blajar mengupload video ke youtube…trimksh sebelumnya

    Avatar

    Mad Rizal

    ( - 16:21)

    mas gani, saya mampir lagi mas! hehe. izin tanya ya mas.. apa bisa menautkan channel youtube yg memiliki gmail berbeda dengan adsense? mohon penjelasannya mas.. channel youtube saya masih dbanned nihh,

    Avatar

    Dina

    ( - 11:31)

    Mas berapa maksimal saluran dalam 1 akun,
    Trus apa semua saluran bisa di gabungkan ke satu adsense utama..
    Mohon pencerahannya mas. trimakasih sebelumnya

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 15:33)

      Saya sendiri menggunakan banyak saluran khusus mbak Dina πŸ˜€ , untuk maksimalnya bisa digunakan sampai dengan 500 Saluran. Bisa digabungkan, makismal hanya 3 per unit iklan dalam satu saluran, jadi harus buat unit iklan baru untuk saluran khusus lain.

    Avatar

    aceputama

    ( - 21:27)

    mau nanya ni gan… saya punya dua channel… tapi saya kaitkan dg adsense yang ada jadi satu adsense… bisa seperti itu gan?? dan apakah masing-masing saluran channel itungan adsensenya sendiri apa jadi satu adsense gan pada saat WD??? Terima kasih gan.. maklum pemulah

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:38)

      Bisa dijadikan satu mas, Untuk 1 akun Adsense bisa digunakan untuk 500 Channel sekalgus dan Withdrwawl/payout dengan satu alamat penerima saja, bisa dengan Western Union ataupun transfer bank.

    Avatar

    kata googlenya sih bakalan dibalikin setelah 30 hari , nah pertanyaan saya apa aja dampak setelahnya ? apakah sub saya nanti 0 lagi ? atau earnnya 0 lagi atau bagaimana ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:47)

      Kalau hanya penangguhan selama 30 hari ridak akan berdampak apapun mas. Itu hanya sebagai bentuk hukuman/peringatan saja.

      Hanya dalam 30 hari itu tidak akan mendapatkan eraning, karena iklan nonaktif sementara.

    Avatar

    Pukara

    ( - 03:23)

    Saya mau tanya nich bang gani..channel youtube abang apa ya?boleh donk di share..

    Avatar

    Yudhi

    ( - 16:44)

    Malam mas gani… saya mau tanya ni, saya punya 2 saluran youtube,. salah satu saluran udah oke, tapi yang satunya bereputasi buruk dan byk pelanggaran hak cipta, apakah itu berpengaruh kepada saluran yg satunya? yang lebih ssaya takutkan akun adsense nya sama, apakah bisa berpengaruh kepada adsense..? mungkin kena banned atau kemungkinan buruk lainnya mas..?? mohon penjelasnnya mas, atau ada saran dari mas gani.. mksh..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:26)

      Reputasi buruk hanya akan berpengaruh pada video dalam satu channel, jadi channel lain tidak menjadi masalah. Akun adsense relatif aman, karena jika channel sudah dalam kondisi berutasi buruk (sangat buruk) maka fitur monetisasi akan nonaktif dengan sendirinya.

      Banned akun adsense bukan karena kondisi channel yang bermasalah, tetapi bisa terjadi karena kegiatan Invalid Activity.

        Avatar

        Yudhi

        ( - 21:23)

        Jadi separah apapun reputasi akun youtube kt, gk berpengaruh pada chanel youtube yg lain,apalagi adsense ya mas.. kecuali invalid activity. tapi saya pernah baca, reputasi buruk pada chanel youtube,baik satu atau lebih chanel yg bereputasi buruk, dapat mengakibatkan adsense disable.. tpi lupa baca dimana..

          Ganisebastian

          Ganisebastian

          ( - 21:56)

          Teorinya bagaimana mas? apa hanya sekedar menulis tanpa praktek? πŸ˜€ setiap channel memiliki URL yang berbeda-beda, kalau imbasnya ke semua video dalam channel jelas itu..

          seperti halnya dalam blogspot..kita gunakan satu email..tetapi kita bisa membuat puluhan blog dengan URL yang berbeda. Nah jika salah satu blog dibanned Adsense apakah blog yang lain akan dibanned juga? Tentu tidak..hanya keseluruhan isi dalam blog dianggap melanggar..karena 1 atau bagian URL yang melanggar ketentuan Adsense.

          Begitu pula dengan kondisi reputasi (sangat) buruk dalam youtube..fitur monetisasi akan deactive dengan sendirinya..jadi sudah tidak terhubung dengan Adsense lagi.

          Bahkan beberapa video dalam channel saya dihapus oleh pihak youtube karena melanggar pedoman komunitas …Adsense tetap aman-aman saja.

          Nah..teori dalam artikel tidak bisa diperkuat tanpa adanya Trial dan eror.. πŸ˜€
          Banyak yang membuat artikel…tapi pada dasarnya mereka belum melakukan sesuatu πŸ˜€

            Avatar

            Yudhi

            ( - 12:18)

            Siiippp… ini baru jawaban sang master,hehehe…
            kemungkinan besar blog yg sya baca dibuat tanpa trial and error,
            sebenarnya blog itu bs dilihat kebenaran dan meragukannya, cm terkadang krn kt blm mengalami, dan takut mengalami hal terburuk, jadi kepikiran juga..
            tapi dengan jawaban mas gani, saya jadi paham… makasih mas…
            jgn bosan sama pertanyaan2 berikutnya ya mas..hehehe////…

              Avatar

              Yudhi

              ( - 11:14)

              maaf mas.. ada satu pertanyaan lagi..
              mana yang lebih baik bikin saluran baru dengan email yang sama, atau beda email..??
              tujuannya sama dg pertanyaan diatas, saya takut saluran yang baik jadi terganggu..

                ganisebastian

                ganisebastian

                ( - 14:20)

                Bisa juga dengan email yang lama mas, agar mudah untuk mengelola..sebaiknya memang harus diperhatikan pedoman komunitas youtube agar semua akun aman πŸ˜€

                  Avatar

                  Yudhi

                  ( - 16:19)

                  tapi klo email yg sama dg yg lama.. klo yg satu kena pedoman komunitas reputasi buruk, bahkan sampai dibanned chanelnya, apa berpengaruh buruk pada chanel yg lama?? kan satu email mas..

                    ganisebastian

                    ganisebastian

                    ( - 18:59)

                    Seharusnya tidak mas Yudhi,,karena channel berbeda URL nya. Berbeda pula dashboard di youtube dan berbeda pula jumlah subscribenya πŸ˜€

                      Avatar

                      Yudhi

                      ( - 04:56)

                      pertanyaan terakhir untuk hari ini mas..hehehe
                      klo video yg lama dihapus, apa view dan earning nya berkurang juga mas??? makasih mas

                      ganisebastian

                      ganisebastian

                      ( - 05:00)

                      kalau salah satu video dihapus, view jelas akan hilang..tetapi earning yang dihasilkan tidak akan hilang dan tercatat dai dashboard Adsense yang akan dilaporkan setiap tanggal 15.

                      Avatar

                      Yudhi

                      ( - 06:27)

                      Ooo… berarti tidak mempengaruhi gaji dari adsense ya mas?.. klo earning berkurang gk masalah asal jgn earning di adsense.hehehe

    Avatar

    Tyas

    ( - 16:16)

    Maaf kk msh pemula..
    Tyas mo tanya cara membuat album di yutub gemana yaaah kk?? Soalnya tyas baca artikel kk g maksud2.. trimakasih sebelumnya salam sukses selalu.. by tyas

    Avatar

    indria poetri

    ( - 01:54)

    oke dech om saya on the way ke youtube dulu, mau buat chanel baru

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 05:24)

      Hehe…siplah, buat dari video original biar cepat diterima πŸ˜€

    Avatar

    parno

    ( - 10:19)

    selamat sore mas. kalau boleh, saya mau tanya tentang chanel saya kok kena banned ya? bahkan semua akun saya, padahal tidak mengandung konten dewasa, kekejaman, sara dll. Dalam laporannya saya melanggar pp #4 pasal H.
    soal apa ya mas saya belum paham sama jawaban email youtube.
    kira2 apakah salah satu aktifitas saya berikut yang melanggar:
    1 saya menggunakan beberapa akun youtube dalam satu search angine dan sering sweet akun tampa menghapus cache(histori) ?
    2 apakah karena saya menggunakan anonimox ?
    3. apakah karena mengedit judul dan deskripsi lebih dari satu kali?
    4. apakah karena tag video lebih dari 1,biasanya 5-10
    mohon sekali atas bantuanya, terimasih sebelumnya.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:49)

      Selamat malam mas parno πŸ˜€
      Satu-satu pertanyaannya yah..
      1. Menggunakan banyak akun youtube dalam satu browser tidak menjadi masalah, sama halnya menggunakan banyak akun google dalam satu perangkat.
      2. Anonymox atau Easy anonymous web browsing tidak ada pengaruhnya sama banned youtube juga.
      3. mengedit judul dan diskripsi sebaiknya dilakukan satu kali saja, saya juga belum menemui kasus banned karena mengganti judul youtube πŸ˜€
      4. tag judul bisa ditambahkan sampai lebih dari 5 kali, asalkan sesuai dengan isi dan materi video.

      SEbaiknya mengajukan banding ke youtube perihal kesalahan yang kita tidak pahami, asalkan video milik sendiri besar kemungkinan gugatan banding akan dikabulkan mas. Pelanggaran hak cipta atau menggunakan video yang berlisensi Content ID akan memicu banned akun.

        Avatar

        parno

        ( - 00:06)

        maaf kalau tanyanya kebanyakan hehe,, sepertinya bukan masalah content nya mas, lebih tepatmya seperti ini youtube mengirimkan pesan :

        Halo,
        Akun ini ditemukan melanggar PP #4 Pasal H
        “Anda setuju untuk tidak menggunakan atau meluncurkan sistem otomatis, termasuk tanpa dibatasi pada, “robot”, “perayap/spider”, atau “pembaca offline”, yang mengakses Layanan dengan cara mengirimkan pesan permintaan yang lebih banyak kepada server YouTube dalam periode waktu tertentu dibandingkan yang dapat selayaknya dilakukan oleh manusia dalam periode yang sama menggunakan browser web online konvensional. Namun demikian, YouTube memberikan izin kepada operator mesin penelusuran publik untuk menggunakan spider untuk menyalin materi dari situs dengan tujuan semata-mata untuk membuat indeks materi yang dapat ditelusuri oleh publik, dan bukan untuk membuat cache atau arsip materi tersebut. YouTube berhak mencabut pengecualian ini baik secara umum maupun dalam kasus-kasus tertentu. Anda setuju untuk tidak mengumpulkan atau mengambil informasi pribadi yang dapat diidentifikasi, termasuk nama akun, dari Layanan, atau menggunakan sistem komunikasi yang disediakan oleh Layanan (misalnya, komentar, email) untuk tujuan permintaan secara komersial. Anda setuju untuk tidak meminta hal apa pun kepada setiap pengguna Layanan sehubungan dengan Konten mereka untuk tujuan komersial.”

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 06:59)

          Wah..panjang bener. Ya mungkin ditemukan lalulintas yang tidak valid mas, atau bisa jadi menggunakan trafik pihak ke 3 seperti trafic exchange.

          Saya dulu dapat teguran semacam itu, tapi kalau masalah ini saya kurang yakin juga mas, soalnya konten tidak bermasalah. Bisa jadi trafik lalulintas video.

            Avatar

            parno

            ( - 09:54)

            masnya juga pernah ngalamin ya.. maaf banget mas kalau kepanjangan soalnya lw disingkat sulit ngejelasinnya.
            makasih atas pencerahannya mas sebastian,
            mungkin hrus buat akun lgi hehe..

              ganisebastian

              ganisebastian

              ( - 10:52)

              Memang main youtube sekilas sangat mudah mas Parno, tetapi sangat sensitif sekali. Oks Thanks juga sudah berbagi pengalaman mas πŸ˜€ lain waktu teman-teman bisa lebih berhati-hati.

    Avatar

    lia

    ( - 23:01)

    selamat pagi saya mau tanya mas, itu kalau kita bergabung google adwords kita harus bayar dulu gak untuk mencari kata kunci untu chanel youutube yang akan dibuat soalnya dalam proses pendaftaran kok ada biaya berharinya ?
    itu apakah digunakan jika menggunakan fitur campaign. atau emang harus bayar dulu baru bisa cari kata kunci? maaf newbe jadi masih bingung.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:09)

      Owh tidak, seharusnya melakukan riset kata kunci dulu sebelum berkampanye iklan. Untuk riset kata kunci bisa menggunakan google keyword planner dan gratis kok mbak Lia πŸ˜€

        Avatar

        lia

        ( - 11:22)

        gitu to kang. maaf tanya lagi boleh?
        kalau saya sudah terlanjur buat chanel bisa di ganti gak nama saluran saya?
        satu lagi sebenarnya yang penting itu nama saluran / kata kunci saluran, ketaka meverisikasi monitize ada di suruh memasukan kata kunci saluran gitu, dan saya lihat saluran yang terkenal itu jauh dari kata kunci contohnya : saluran “tegesan” yang mengcover video lucu, dalam judul videonya kayaknya gak dituliskan kata “tegesan” mohon bantuannya kang. terimakasih?

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 13:29)

          Sama halnya dengan Klik Mania, blog ini juga tidak menyarankan klik Iklan yang dibaca pengunjung :D. Salah satu cara membuat saluran lebih populer adalah Isi dari konten, misalnya video lebih menarik pemirsa, oleh karena itu banyak penonton yang berlangganan.

          Saluran atau nama chanel hanya sebagai pendukung saja, bisa kok merubah nama saluran di youtube, periksa di pengaturan.

    Avatar

    Jzlyric

    ( - 03:38)

    Mantap gann!!

    Avatar

    Admin Izin Numpang Nanya.

    Saya Sudah Membuat Nama Saluran Channel , .
    Dan Pertanyaannya Apakah Boleh Menganti lagi Nama Channelnya Kalo Saya Ganti Lagi Dengan Nama Channel Yang Baru dan Menurut Saya Itu Nama Channelnya Udah Bagus dan Mudah DI Ingat ?? apakah boleh mastah ( Mengganti nama Channel yang SUdah DI BUAT ? )

    Admin Fast Respon Ya .. Saya TUNGGU jawabannya dari sekarang.

    Salam Jomblo dari blognya pcunik pengalaman cerita unik hehe.

    Avatar

    Rama Fitrah

    ( - 14:45)

    Mas, minta bantuannya dong, caranya supaya pas diketik kata2 Youtube.com/KazeXXXXXXXXX trus nanti langsung keluar channel kita itu caranya gimana sih mas?? Kaya Youtube.com/LRanXX trus lngsung keluar Channelnya dia,nahh cara bikin Youtube.com/ nya itu gimanasih caranya??saya udh berusaha tpi msih gkngerti caranya dan gkada pas saya ketik
    Mohon bantuannya
    Atau Via Email ke: [email protected]

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 15:34)

      Itu namanya URL khusus youtube mas, temukan jawabannya disini

        Avatar

        paijo

        ( - 10:01)

        itu nanti klu url di ganti mempengaruhi pendapatan adsense gak mas

    Avatar

    Putra Purnama

    ( - 04:12)

    Ternyata untuk membuat channel youtube menjadi seo caranya lebih kurang sama dengan yang diterapkan di blog. Research keyword selalu menjadi bagian utama. Benar kata agan kita harus pandai memanfaatkan pencarian yang banyak tapi tingkat persaingan masih kecil.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:35)

      Setidaknya persaingan pencarian bisa diminimalisir sehingga berpeluang di temukan di hasil pencarian πŸ˜€

    Avatar

    idyn

    ( - 15:19)

    bermanfaat banget thanks.. om

    Avatar

    Youlie R

    ( - 05:15)

    Kalau saya uploud youtube pakai foto editor yang serring sy pakai apakah itu melanggar pedoman youtube mas .

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:46)

      menggunakan video editor tidak melanggar pedoman youtube mas, yang penting videonya original, termasuk background musiknya.
      Kebanyakan orang menggunakan musik yang mempunyai hak cipta, nah itu yang menjadikan video dicekal dibeberapa negara dan tidak bisa dipasang iklan adsense. πŸ˜€

    Avatar

    abiel accoustic

    ( - 12:59)

    Masss, ouh mas….
    Sy mw buat channel baru di saluran youtube yg ad.. Chnel 1 buat gitar, chnl 2 buat biola, chnel 3 buat tutorial drum..
    Pertanyaan’a : itu kalo buat channel baru, tanda SUBCRIBE’a d masing2 channel or ttp Subcribe dr channel induk mas??
    Apakah jumlah pelanggan’a per masing2 channel??
    Trus itu sudah TERKAIT kah dgn adSense awal?
    Kalau belum terkait, gmn cara mengaitkannya??
    Mohon pencerahan mas..tengkyu yo

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:40)

      Wah, sebaiknya dibuat playlist karena masih dalam satu kategori. Jadi video bisa dikumpulkan dalam satu kategori.

      Kalau buat channel baru sudah berbeda lagi. Tombol subscribe otomatis akan terpisah. Dan setiap channel mempunyai profil sendiri-sendiri.

    Avatar

    abiel accoustic

    ( - 12:14)

    Seharian sy keliling blog mas,dan ini pun lg membaca.
    Sy mw buat channel baru di saluran youtube yg ad.. Chnel 1 buat gitar, chnl 2 buat biola, chnel 3 buat tutorial drum..
    Pertanyaan’a : itu kalo buat channel baru, tanda SUBCRIBE’a d masing2 channel or ttp Subcribe dr channel induk mas??
    Apakah jumlah pelanggan’a per masing2 channel??
    Trus itu sudah TERKAIT kah dgn adSense awal?
    Mohon pencerahan mas..tengkyu yo

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:51)

      Ohh..tidak
      Pelanggan untuk chanel baru mulai dar nol.. brati masing masing chanel punya pelnggan sendiri sendiri..

      Fungsunya agar tidak membuat email baru saja..

      Klo mau mengelompokkan video berdasarkan kategori drum..guitar..piano dalam satu channel, sebaiknya di buat playlist saja.

      Nanti pengaturan tampilan bisa di buat..malah enakan yg playlist kalo video masih 1 niche musik.

      Gitu…ο»Ώ

      Kalau mengaitkan adsense ya harus per chanel…di buat manual di dashboard chanel masing masingο»Ώ

    Avatar

    katespra

    ( - 06:10)

    Masih blm phm juga bos

    Avatar

    Irman

    ( - 14:57)

    Jiaaah… lagi cari cara buat chanel baru mas, rupanya web ini punya bg Gani, yang selalu saya tanya mengenai keluhan adsense, dan ini juga sangat bermanfaat bagi saya, satu hal lagi melihat bg Gani lansung ga mikir lagi, selain dapat saya belajar di sini juga dapat berkonsultasi langsung melalui Google plus nantinya hehehee…
    thx infonya bg

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 04:20)

      Ok…sama sama mas irman, hehe serin main ke IAPD juga ya

        Avatar

        Sorry ka , mau nanya nih
        Akun youtube saya belum lama ini kena suspend dari google , nah pertanyaan saya waktu sudah dikembalikan akunnya apa saja dampak setelahnya ? apakah subscribernya 0 lagi ?
        Thanks

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 04:10)

          Kalau kena suspend berarti melakukan pelanggaran serius terhadap pedoman komunitas youtube, biasanya tidak akan bisa diakses jika melakukan tindakan pelanggaran berat.

        Avatar

        bayu

        ( - 09:40)

        Mas mau nanya.kalau ngedit poto.didalam nya mengunakan instrumental.musik tanpa lagu.apakah nelanggar kebijakan google

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 11:05)

          Apabila lagunya bukan material yang dilindungi hak cipta tidak jadi masalah mas, tapi apabila lagu berhak cipta maka akan mendapatkan teguran. (tidak diperbolehkan mengedit, megubah ulang atau memodifikasi lagu berhak cipta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *