Adsense Di Youtube

Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO

Membuat banyak saluran baru di satu akun youtube bertujuan untuk membedakan atau mengelompokkan jenis video agar sesuai dengan kategori atau niche video. Ini berguna sekali bagi para youtuber yang mempunyai banyak video yang beragam, selain terlihat lebih rapi, orang lain akan dapat mudah mencari jenis video yang sama dalam satu chanel/saluran.
 
Hanya di perlukan satu email saja atau satu akun youtube saja untuk membuat banyak saluran, dan anda pun bebas membuat saluran sebanyak mungkin. Lantas bagaimana agar saluran tersebut menjadi SEO?
 
Apa pentingnya membuat saluran Youtube menjadi SEO? Jawabannya hanya satu, agar video tersebut mudah di ketemukan dalam mesin pencarian,baik di pencarian google maupun pencarian youtube. Dan menjadi video yang populer dan di minati banyak penonton.
 

Dengan memaksimalkan atau optimasi video youtube, di harapkan dapat bersaing mendapatkan pengunjung/penonton yang lebih banyak mengingat sekarang persaingan video juga semakin banyak, ada jutaan video setiap harinya yang di unggah ke youtube. 

Video baru tanpa di optimasi akan mendapatkan peluang yang lebih sedikit, kecuali anda sudah mempunyai subscriber/pelanggan yang banyak atau channel Anda sudah populer.

Sebelum menentukan nama chanel/saluran, kita akan riset kata kunci terlebih dahulu untuk memilih nama saluran yang tepat, dan dapat bersaing di halaman pencarian. Untuk itu kita akan memanfaatkan layanan gratis dari menggunakan Google Keyword Planner, jika anda  belum familiar dengan tool ini, bisa simak artikel sebelumnya.

Baca : Riset Kata kunci Menggunakan Google Keyword Planner

  • Masuk dan login ke Google AdWords.
  • Pilih pada menu Tool  > keyword planner.
Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO

Pilih menu "Find new keywords" seperti gambar di atas.

  1. Masukkan kata kunci yang anda targetkan, untuk contoh di atas saya menggunakan kata kunci "wisata indonesia".
  2. Pada kolom your landing page/Laman Landasan masukkan url https://www.youtube.com.
  3. Pada kolom your product category, isi dengan Travel & Tourism (sesuaikan dengan kategori saluran video anda)
  4. Isi kolom targeting dengan All location, kolom ke dua isi dengan indonesia. Target video kita adalah seluruh dunia (All location) karena video youtube bersifat universal, untuk bahasa bisa kita masukkan bahasa indonesia atau bahasa inggris, karena mewakili tempat video tersebut di upload.
  5. Pilih costumize your search, centang pada kotak Medium, Low untuk mendapatkan persaingan yang rendah dan pencarian yang paling tertinggi, Setelah itu klik save.
Setelah semua kolom terisi, silahkan klik get ideas untuk mendapatkan pilihan kata kunci yang kita targetkan, seperti gambar di bawah ini.
Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO

Kita bisa tentukan target kata kunci yang akan kita pilih dengan mengetahui jumlah pencarian terbanyak dan persaingan (competition) rendah. Perlu di ketahui jika banyak pencarian akan tetapi persaingan rendah akan berpeluang untuk medapatkan posisi yang terbaik dalam hasil pencarian.

logikanya begini, banyak yang mencari tetapi yang tersedia hanya sedikit, kita bisa mengisi kekosongan tersebut. jangan memaksa dalam hasil pencarian tertinggi dengan persaingan tinggi, karena peluang akan semakin sulit dan bahkan tidak muncul dalam hasil pencarian.

Setelah kita dapatkan kata kunci yang di maksud, bisa kita beri variasi kata pendek untuk lebih membedakan dalam hasil pencarian dengan target kata kunci yang sama, misalnya Tempat wisata murah, tempat wisata favorit, tempat wisata keluarga, Sesuaikan dengan hasil riset kata kunci yang anda masukkan, atau yang anda targetkan.

Loading...

Membuat saluran/chanel youtube baru

Setelah nama chanel yang kita pilih sesuai dengan kategori video dari riset di atas, saatnya kita membuat chanel/saluran youtube yang baru.

1. Pastikan anda sudah login ke akun youtube, setelah itu pergi ke  youtube chanel switcher.

Membuat Chanel/Saluran Baru Youtube Menjadi SEO

2. Pilih pada "Buat saluran baru", dan beri nama sesuai dengan kata kunci yang telah anda pilih dan tetapkan sebelumnya menggunakan google Keyword Planner

Sekarang anda sudah mempunyai chanel/saluran baru yang SEO dalam hasil pencarian sesuai dengan kategori  video anda, usahakan dalam mengupload video juga harus video yang satu kategori dengan nama Chanel/saluran.

Setelah mengupload video,anda bisa mengoptimasi dengan diskripsi,category serta tag dalam dashboard saluran/chanel youtube yang baru.

Baca : Optimasi video youtube yang paling tepat

Dengan demikian, membuat saluran/chanel youtube anda yang baru sudah selesai, dan anda siap bersaing dengan video video lain di youtube, kesempatan untuk mendapatkan penonton akan lebih besar, karena akan muncul dalam hasil pencarian terutama pencarian di halaman youtube.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

102 Comments

  1. Mas mau nanya bagai mana cara memberi tag pada URL CANNEL KITA KLO YANG LAIN URL CANNEL NYA ADA TAG NYA TAPI SAYA GA AD CUMA URL VIDIO AJAH YANG AD TAG NYA GIMNA CARA PASANG TAG DI URL CANNEL KITA

  2. kalau sekarang channel youtube yang akan di monetise GA syaratnya agak menantang mas, tapi cukup lumayan juga untuk memeras otak. Tapi llebih enak santai saja. yang penting tetap berkarya ya bang.

  3. Mas? Cara mengaitkan akun adsense dengan web bagaimana caranya? sedangkan saya tidak punya website

  4. Tanya mas
    Kalau mengiklankan channel youtube di adworld apakah nantinya mempengaruhi monetisasi adsense nya apa tidak ?

  5. Permisi Mas Gani Assalamualaikum.
    saya mau nanya mas, cara untuk meminta izin lagu yang ada di video youtube saya gimana mas, agar tidak terkena copy right. mohon jawabannya mas

  6. Sumpah,,, mas gani ini udah master banget,, boleh nanyak nggak mas,, klw buat chanel youtube Itu,, biar pengunjung yg bukan dari indonesia aja yg lihat gimana ya mas,, kata kunci pencarian biar orang luar negeri juga lihat,,, ribet banget ya bahasa gue,,, salam dari blog siratu kusut,, please bls mas,, nggak nerti salanhya,, makasih

  7. Asalmualaikum :).
    Mas mas, saya juga boleh nanya donk hehe..
    Kalo misal nya mau masang iklan di video youtube kita itu gimana mas??

    Eh mas maaf yh pertanyaan nya satu lagi..
    Kalo misal nya monetisasi nya itu tidak aktif, cara ngaktifin lagi nya gimana?
    Sedangkan monetisasi sebelum nya, ada tulisan “layak”,”tidak layak” gimana sih saya bingung masa,,
    Mohon mas kasih tau saya ๐Ÿ™‚
    Makasi jg mas atas sharing yg di atas semoga bermanfaat,, amiin
    Asalmualaikum selmat malam sukses selalu mas ๐Ÿ™‚

  8. Mass Gani, aku mau tanya,kalau kita bikin email baru, terus kita membuat chanel dan mengupload sebuah vidio,,,apakah saya harus mendaftarkan akun sy ke adsense atau nunggu sampai 10.000 view dulu,,karna udah ada peraturan baru……Mohon Bantuannya Mas Gani?
    Terima Kasih

  9. Mas Gani, mau nanya dong !
    Saya udah terlanjur duluan upload videonya di youtube tanpa buat nama2 chanelnya terlebih dahulu.
    Nah, yg menjadi prtanyaan saya :
    Bagaimana caranya saya menempatkan beberapa video yg udah saya upload di youtube ke dlm beberapa chanel, sementara videonya tu beda2 ragamnya.
    Saya tggu balasannya mas Gani … !!!

  10. Mas saya mau tanya, Apakah mendaftar SEO itu dipungut biaya? Terimakasih ๐Ÿ™‚

  11. mas gani sebastian, saya mau tanya, saya punya chanel youtube dan akun adsense dengan 1 email, maksudnya emailnya sama, apakah pengaruhnya ke monetisasi video channel saya mas?

  12. hallo kang gani. mau nanya nih. saya punya 3 channel dalam 1 akun. nah yang jadi pertanyaan saya. kenapa channel baru (channel ketiga tidak muncul gambar dolar untuk di Monetization. itu kenapa ya ? terima kasih sebelumnya

  13. Mas mau nanya..sya ada masalah 4 akun youtube di suspend / ditangguhkan dihari yg sama.dalam 4 akun yt itu hanya 1 dapat teguran komunitas.yg lain belum sama sekali & video semua ori.pertanyaannya kenapa tiba2 di suspend dengan alasan pedoman komunitas dll tidak bisa menggunakan produk google.pas kemarennya lagi nyoba bikin email baru trus dftarin ke yt ,ke suspend juga mas.pdhal masih baru n blm ada videonya.
    Pertanyaan kedua saya pake browser yang sama sewaktu log in gantian 4 akun yt tadi.tanpa hapus cokie dan history.,apa itu berpengaruh ?
    Ketiga sebelum suspend mmg modem saya kadang wifi nya putus nyambung(maslah signal?,apa berpengaruh ?
    Keempat pas sering upload kadang anti virus scan sendiri,kayak ada virus gitu,apa berpengaruh
    Kelima tiap akun yt upload 4 vudeo,ganti ke akun lain ,upload lagi dan gitu trus .kalo selesai upload akun 1 log off n lagsung log in akun yt 2,upload lagi.apa berpengaruh.
    Maaf sebelumnya pertanyaanx hampir 2 KM ๐Ÿ˜€

  14. Mas gani, ada gak panduan untuk membuat akun di google adword untuk tahun 2016. Tq mas sebelumnya

  15. Mohon maaf mas… Kok buat akun di goole adword ribet banget mas, soalx baru kali ini mau buat mas.