membuat evergreen content

Tips Sederhana Membuat Evergreen Content Untuk Menghasilkan Trafik Blog Anda

Apa yang dimaksud dengan Evergreen content? Defenisinya sangat sederhana, yaitu blog yang mempunyai konten yang akan relevan walaupun dibaca kapan saja. Mengapa jenis konten ini akan menghasilkan trafik blog secara real time?

Dengan membuat evergreen content pada blog merupakan strategi yang tepat untuk mendatangkan pengunjung sepanjang waktu. Ini merupakan bagian posting natural yang bersifat peka jaman, artinya dibutuhkan kapanpun juga nilai informasinya adalah sama.

Beberapa evergreen content yang mengalami perubahan tidaklah begitu signifikan, hanya merupakan bentuk update dan pembaharuan sesuai dengan sumber informasi yang telah diperbaharui.

Beberapa Manfaat Membuat Evergreen Content Dalam Blog

Visibilitas blog

  • Evergreen content akan membuat blog terlihat hidup dari masa ke masa, karena sifat content yang tahan lama dan peka jaman. Pengunjung dari masa yang akan datang akan menganggap blog tersebut masih tetap ada, jika artikel tersebut mempunyai daya tarik yang kuat dan banyak mendatangkan manfaat.

Peluang mendapatkan backlink natural

  • Informasi itu akan menjadi sangat menarik walaupun itu sebuah artikel usang (lama), tetapi apabila di sajikan dengan gaya informatif dan kreatif oleh penulis blog tak jarang akan mendapat applause (tanggapan) yang positif.
  • Ini adalah peluang untuk mendapatkan backlink secara natural jika artikel yang kita buat di referensikan oleh blog lain.

Peluang bertahan di SERP google untuk waktu yang lama

  • Salah satu faktor penentu SERP (Search engine result page) adalah jika halaman itu sering di buka dan di kunjungi orang melalui search engine terutama google. Dengan halaman sering dibuka otomatis SERP akan meningkat dan punya peluang berada di halaman teratas google.

membuat evergreen content

Tips Membuat Evergreen Konten Untuk Jangka Panjang

Loading...

Beberapa dibawah ini mungkin bisa untuk anda jadikan alternatif untuk membuat Evergreen konten, bisa untuk niche blog yang keseluruhan menggunakan evergreen content ataupun sebagian artikel saja.

Biasanya jenis evergreen content ini lebih bersifat artikel tutorial, atau artikel yang mempunyai manfaat dan memecahkan masalah bagi pengguna atau pencari artikel di internet.

Cari referensi artikel

Untuk mencari sumber referensi artikel bisa menggunakan pengalaman pribadi atau setidaknya sudah pernah melakukan uji dan membuahkan hasil.

Sebagai bahan referensinya bisa disertakan link sumber untuk menguatkan artikel tersebut. Orang akan semakin yakin jika artikel tersebut relevan dan bisa dipercaya.

Tulis artikel selengkap mungkin

Untuk membuat evergreen content tak jarang bisa memakan waktu yang cukup lumayan lama, karena evergren content yang bagus memiliki muatan artikel yang cukup memadai beserta informasi selengkap-lengkapnya.

Tak heran kalau beberapa jenis artikel evergreen content mempunyai jumlah kata yang cukup banyak, bisa 1500- 4000 karakter kata.

Gunakan gambar yang akurat dengan artikel

Bukan sekedar informasi yang disampaikan, tapi penggunaan gambar yang akurat adalah sangat penting. Gambar yang digunakan adalah sebagai pengait informasi dan lebih memperjelas keberadaan artikel yang dimuat.

Gunakan navigasi yang bagus untuk artikel panjang

Navigasi yang dimaksud adalah penggunaan paragraf yang jelas yang membedakan isi artikel satu dengan artikel penjelasan lain dalam satu posting. Sebagai contoh adalah penggunaan H1. H2 (subjudul) dan seterusnya..

Atau penggunaan paragraf dengan huruf besar yang membedakan sub judul dengan uraian artikel. Ini sangat penting, selain pembaca bisa lebih jelas dan lebih memahami…artikel juga terlihat rapi dan tidak acak-acakan.

Update artikel jika ada tambahan informasi terbaru

Selalu update artikel jka ada informasi terkait yang berubah atau ada pembaharuan yang menyempurnakan artikel. Tujuannya adalah untuk lebih membuat artikel lebih relevan dengan keadaan informasi yang telah diperbaharui.

Seperti informasi yang ada di wikipedia yang selalu update jika ada sumber terkait yang lebih baru.

Baca : Update artikel tanpa membuat artikel

Sebagai tambahan…

Agar artikel terlihat baru anda bisa menghilangkan tanggal posting dari hasil pencarian google, ini banyak digunakan untuk niche blog tutorial. Jadi artikel akan terlihat selalu baru dimata pengunjung.

Baca : Menghilangkan tanggal blog dari pencarian google

atau

Baca : Menghilangkan tanggal posting di wordpress

Demikian tips membuat evergreen content untuk menghasilkan trafik blog anda secara real time, untuk saat ini saya masih mengandalkan trafik blog ini dengan cara tersebut.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    yosan

    ( - 03:12)

    Terimakasih artikelnya sangat membantu. Saya mau tanya, jika niche nya bisnis, apakah ada konten evergreen nya ? biar tidak usah update untuk kedepannya lagi. Mungkin bisnis apa yang tidak akan termakan zaman. Jadi kan nanti artikelnya itu aja. Terimakasih.

    Avatar

    Wah akhirnya saya bisa mengerti apa itu yang namanya konten evergreen. Tapi apa ada artikel evergreen yang tidak perlu ada update walau sudah termakan zaman?

    Avatar

    ahmed

    ( - 05:41)

    mantap mas juosssshh gandos kotos kotos

    Avatar

    Makasih mas infonya…
    Lgi belajar ekstra keras banget, apalagi sekarang saya lgi kena penyakit malas ngeblog. Udh lama gk da inspirasi.. Hahha

    Punya artikel yg berkaitan dengan penyakit malas ngeblog gk mas? Heheh

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 13:29)

      Wah nggak ada artikel begitu mas, soalnya berobat ke puskesmas juga nggak sembuh.

    syafar syafi

    syafar syafi

    ( - 15:31)

    untuk sementara aku nyimak dulu, masih blm begitu faham juga. sambil belajar sambil ngopi…..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 16:08)

      Boleh kang..monggo 😀

        Syafar syafi

        Syafar syafi

        ( - 04:28)

        Mau tanya nih kang.apakah evergren conten itu adalah artikel yang intinya adalah walaupun dari zaman orla sampai orba isi dari artikel itu sendiri tidak ada perubahan dalam arti perubahan yg sangat signifikan.contohnya kayk artikel tutorial dari jaman dulu yg namanya bikin teh manis kan cuman ada air panas gula sama teh.pa itu yg di maksud dng evergren contants…..? Dan apakah artikel yang seperti ada pd blog aku bs tetgolong evergren…? Karena dari zaman adam sampai sekrg.yng haram tetp haram.yg halal juga tetep.mksh kang.ma’af agak gak jelas pertanyaan saya.

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 05:15)

          Betul kang Syafar, tetapi ada jenis artikel yang membutuhkan update informasi menurut kesesuian yang diterapkan atau pembaharuan yang berlaku. Misalnya membuat teh manis pakai air panas dan gula ditambah susu dan jahe. Jadinya teh susu jahe.
          Kalau semisal artikel baku yang tidak bisa dirubah memang dari sananya tidak bisa dirubah, contohnya adalah artikel mengenai sejarah.

    Avatar

    Isrofi Achmad

    ( - 12:47)

    Mantap mas, saya punya artikel tentang tumbuhan “Lebih tepatnya tentang tumbuhan aren” mas, dan setiap hari pasti ada saja yang klik artikel tersebut, apakah artikel tersebut bisa dikategorikan artikel evergreen mas Gani?…

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 13:17)

      Nah, itu juga termasuk salah satu evergreen content mas, informasi tidak akan berubah dari waktu ke waktu. Kecuali ada pembiakan pohon aren secara modern 😀

    Avatar

    Gen Jutsu

    ( - 12:15)

    Membuat evergreen content bukan hal mudah. Jadi harus benar-benar fokus. Dan saya masih belum paham membuatnya. Tapi terimakasih info nya mas…

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 12:29)

      Bisa gunakan pengalaman pribadi membuat blog 😀 atau artikel sejenis tutorial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *