Cara Sederhana Membuat Konten Viral Agar Trafik Blog Melambung

Loading...

Salah satu  cara yang paling efektif untuk meningkatkan trafik blog Anda adalah membuat konten viral, secara sederhana tehnik ini tidak membutuhkan keahlian secara khusus, tetapi mempunyai efek yang sangat luar biasa terutama untuk menarik visitor.

Dalam definisinya..Konten viral adalah potongan media yang menjadi sangat populer dan terkenal hanya dalam waktu singkat, yang bisa berbentuk video youtube, post facebook, tweet, ataupun konten social media yang dibagikan beribu-ribu kali.

Mari Flashback Sejenak….

Anda mungkin bosan untuk membaca, apalagi harus memahami secara detail sebuah tulisan. Ya, jaman sekarang memang dituntut praktis termasuk dalam urusan membaca konten, kebanyakan orang memilih “To the point” dan tidak berbelit-belit.

Disinilah peran membuat konten viral diperlukan agar pengunjung Anda juga ikut serta dan mampu menjadi bagian dalam konten Anda. Inilah bagian yang paling penting untuk mendistribusikan konten Anda secara luas, dengan begitu akan menjadi sebuah generator trafik untuk blog Anda.

Konsep Dan Materi Untuk Membuat Konten Viral

Jika Anda seorang jurnalis yang mempunyai pekerjaan mencari berita, tentu saja tidak akan menemui kendala untuk mendapatkan konsep artikel, sebab kejadian disekeliling Anda adalah bahan artikelnya.

Tetapi jika Anda hanya seorang blogger biasa, manfaatkan media online dan sumber terpercaya untuk mendapatkan ide menulis artikel. Apakah ini menyalahi aturan? Oh,tentu saja tidak, asalkan Anda tidak menjiplak artikel tersebut secara mentah-mentah.

Seorang blogger yang kreatif mampu memanfaatkan media online terkini dan membuat konten viral dari informasi tersebut. Sederhana saja, kita akan membuat yang “lebih” untuk mendapatkan pembaca yang tertarik dengan judul artikelnya.

Apa Hanya Itu Saja?

Tentu saja tidak, apapun bisa menjadi Viral..bahkan kejadian biasa bisa menjadi hal yang luar biasa dimata orang lain. Karena pada dasarnya viral adalah sesuatu yang sangat unik dan masih jarang dijumpai menurut pengalaman pembaca.

Contoh Foto Selfie Unik Yang Menjadi Viral

membuat konten viral

Diskripsi foto :  Pria bernama Gil Solano ini mengunggah sebuah foto selfie dirinya sedang tersenyum lebar saat istrinya sedang kesakitan saat proses melahirkan sang anak. Alhasil ekspresi yang kontras ini telah dilihat oleh 3 juta orang sejak diposting melalui Imugr. dan dibagikan ulang ke media sosial lain sampai berjuta-juta dalam waktu yang singkat.

Contoh Foto Yang Menjadikan Konten Berita Viral

membuat konten viral

Diskripsi foto : Foto ini diambil ketika suporter sepak bola Arema (bonex) ikut mendukung jalannya sebuah pertandingan. Karena fotonya unik (dengan asesoris suporter dan penampilan anak punk) maka konten berita ini semakin menarik perhatian. Dan dalam waktu yang sangat singkat dibagikan sampai ribuan diberbagai media sosial.

Contoh video iklan viral sepanjang masa

Diskripsi video : Video yang diperankan oleh aktor legendaris Van Damme ini hanya berdurasi 1:16 menit saja, tetapi video iklan kreatif dari produk Volvo Truck ini sudah ditayangkan lebih dari 87 juta kali dan dibagikan hingga beribu-ribu di media sosial. Video ini menjadi viral diantara video iklan lainnya.

Menerapkan Judul Dalam Membuat Konten Viral

Lantas bagaimana jika kita tidak mempunyai foto atau media lain untuk membuat konten viral? Nah, disini seorang blogger dituntut agar lebih kreatif, dengan membuat judul posting yang lebih unik.

Pengertian unik disini adalah lebih membuat judul lebih hidup dengan melibatkan rasa tertarik pengunjung agar membuka posting yang Anda share ke media sosial.

Ya, betul..media sosial yang akan menjembatani konten Anda untuk menjadi viral dengan harapan dibagikan berulang-ulang oleh pembaca konten Anda.

Baca konten ini untuk lebih jelasnya : Dahsyatnya Efek Tombol Sosial Media share Untuk Menciptakan Trafik Blog

Contoh Judul Posting Yang bisa membuat konten menjadi Viral

  • Heboh, sepak terjang gubernur ahok membuat lawan politiknya kalang kabut.
  • Gara-gara haji lulung sekarang kali di jakarta jadi bening (contoh kontroversial)
  • Jangan tiru politikus ini, sebab janjinya terjun dari monas nggak bakalan ditepati.

Contoh diatas adalah keyword viral 2016, carilah judul keyword serupa dengan memanfaatkan kondisi sekarang.

Anda bisa menerapkan judul dengan tetap berpedoman pada kata kunci, kalimat yang diatas hanya sebagai contoh saja. Anda bisa mengembangkan sendiri sesuai dengan kemampuan mengolah kata.

Tetapi ingat, jangan membuat konten menipu atau berita hoax yang isinya sama sekali tidak sesuai dengan judul, karena bisa saja konten yang Anda share ke media sosial menjadi bahan buly netizen.

Nah, sederhana bukan? Hanya saja butuh praktek langsung untuk membuat konten viral..Cobalah beberapa kali share ke media sosial atau ke forum yang satu niche dengan blog Anda. Selamat mencoba.



Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

22 comments

  1. Terima kasih ilmunya Mas. Bikin konten viral ternyata emang susah ya. 😀 meskipun kita sudah buat konten yang berpotensi viral, tapi terkadang kendalanya jumlah share di media sosial sedikit. XD

  2. #curhat
    gue paling benci kalo ngeliat judul sama isi posting berbeda, dan juga di FB rata rata beritanya hoax semua. tapi gue heran kenapa masih aja banyak yang share. penerapan judul emg cara paling jos utk dapet trafik dari sosial media, tapi isi konten harus sesuai juga.

  3. banyak banget berita viral yang tersebar seperti di facebook misalnya. berita tersebut banyak yang hoax atau menipu, tapi saya heran kok yang menyukai, membagikan ulang post nya kok banyak ya ?! walaupun di kolom komentar nya banyak yg menanggapi berita tersebut dengan negatif, seperti menyatakan admin penipu, cuma cari sensasi, berita palsu cuma cari pengunjung dan sebagainnya ..

    1. Nah, itulah pentingnya menjaga kredibilitas,,jangan asal mencari popularitas dengan jalan membuat berita kebohongan, apalagi sekarang bulan puasa 😀
      Satu hal penting lain, jika berita memang menarik dan bisa dipercaya, pengunjung pasti akan dengan sukarela menjadi subscriber, dan tak jarang konten akan dibagikan ulang,,,itu nilai plus buat kita 😀 Thanks mas Muzaku atas atensinya.

  4. wah kelihatannya saya tidak cocok dengan konten viral mas gani..hehehhe..

    owyaw saya sudah ada artikel dengan panjang kata hingga 6000 kata..kira kira bisa tembus page one tidak ya mas?

    1. Hehe..Susah juga untuk membuat konten viral mas 😀
      Untuk 6000 kata bisa berpeluang nembus page one mas, asalkan dioptimasi juga terus menerus setelah selesai posting..misalnya diperkuat dengan internal link diposting lain. Saya saja butuh waktu sekitar 2 bulan, itupun masih diurutan ke 2 page one 😀

          1. Nyamber nanya, Mas Gani. Dua bulan itu waktu yang dibutuhkan untuk satu artikel masuk ke page one ya? Jadi selama 2 bulan itu Mas terus2an optimasi gitu? Hehe…maaf, banyak nanya. Maklum, lagi belajar, Mas. Makasiiiih 🙂