Optimasi Blog

Membuat Link Nofollow Untuk Posting Dan Komentar Blog Dengan Plugin

Untuk blog yang sering memanfaatkan program affiliate atau banyak menggunakan banner sponsor, sangat dianjurkan untuk membuat link nofollow. Link sponsor bisa saja berada ditengah postingan atau sesuai dengan keinginan kita sewaktu memasangnya.

Ini akan sangat merepotkan apabila kita harus membuat link nofollow secara manual, seperti kita tahu bahwa antar muka untuk membuat posting (Kolom posting) ada dua macam, yaitu visual dan teks. Otomatis apabila akan memberi tag nofollow kita harus merubah ke mode teks atau html.

Nah, sebelum sampai kepada pembahasan membuat link nofollow..saya akan memberi sedikit penjelasan. Setidaknya kita akan tau apa itu link nofollow.

Menggunakan rel=”nofollow” untuk tautan khusus

Link atau tautan khusus yang mengarah keluar dari blog anda akan diartikan oleh mesin telusur (google) sebagai “yang direkomendasikan”. Artintya jika Anda memasang link blog lain dipostingan, berarti Anda merekomendasikan URL blog tersebut untuk mesin telusur.

Nah, hal ini tidak akan menjadi masalahan jika blog yang Anda rekomendasikan tersebut mempunyai reputasi yang bagus pula dimata google. Artinya bukan blog yang mempunyai konten dewasa, spammer ataupun hal-hal yang membuat blog tersebut bereputasi buruk.

Dalam hal ini Anda juga tidak akan melakukan pengecekan satu-persatu terhadap keseluruhan blog yang akan Anda rekomendasikan atau memberi link pada Artikel yang Anda buat.

Untuk itu Anda bisa membuat link nofollow pada postingan jika Anda tidak yakin pada reputasi blog tersebut baik atau buruk dimata mesin telusur. Menggunakan rel=”nofollow” adalah suatu pilihan yang tepat.

Dengan atribut rel=”nofollow” berarti Anda sudah memerintahkan pada mesin telusur agar tidak mengikuti (merayapi) tiap tautan keluar pada laman tersebut.

Baca sumber resmi

Cara Membuat Link Nofollow Dengan Mudah

Seperti yang saya jelaskan diatas, untuk membuat link nofollow bisa dilakukan dengan cara manual, tetapi jika Anda pengguna WordPress bisa membuatnya dengan bantuan sebuah plugin. Dan link dengan atribute Nofollow ini juga bisa diterapkan pada komentar secara otomatis.

Membuat link nofollow secara manual.

Sebelum <a href=”http://hostingmurah.com/”>Hosting Lokal</a>

Sesudah <a href=”http://hostingmurah/” rel=”nofollow”>Hosting Lokal</a>

Sangat mudah kan sebenarnya, tetapi jika dilakukan secara manual tentunya kita akan bolak-balik pada tampilan teks dan visual pada kolom posting. Repot juga kan?

Membuat link nofollow dengan plugin.

Dengan bantuan sebuah plugin pekerjaan membuat link nofollow akan menjadi lebih mudah, selain itu kita bisa menerapkan atribut nofollow juga pada setiap komentar dari pengunjung. Jadi tidak perlu khawatir jika ada komentar Spam dari pengunjung.

Instal dan aktifkan Ultimate Nofollow plugin.

Setelah itu Anda hanya tinggal setting plugin ini dibagian pengaturan, jika akan menerapkan nofollow pada komentar tinggal dicentang saja, seperti gambar dibawah ini.

membuat link nofollow

Dan untuk membuat link nofollow pada postingan lakukan seperti biasa layaknya membuat link/tautan. Nantinya ultimate nofollow plugin akan mengatur rel=”nofollow” secara otomatis, kita tinggal centang saja, seperti gambar dibawah ini.

membuat link nofollow

 

Dengan ultimate nofollow plugin, semua perkerjaan membuat link nofollow menjadi sangat mudah.

Tetapi ingat, tidak semua link harus berstatus nofollow. Karena link dari website yang berkualitas dan satu niche dengan blog kita akan menambah reputasi blog menjadi lebih baik pula.

Baca juga : Menggunakan Outbound Link Untuk Meningkatkan Peringkat Website Anda

Nah..Gunakan dengan bijak atribut rel=”nofollow” untuk keperluan posting di blog Anda, tidak selamanya link yang mengarah keluar dari blog kita itu buruk dimata search engine google.

 


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

16 Comments

  1. gan berapa batas menggunakan link nofollow di suatu artikel blog gan?

  2. Wah ini nih yang saya cari, untuk komentar link no follow dan di link posting ada pilihan, terima kasih mas. Terbaek…

  3. gan untuk membuat link text no follow pada postingan sepertinya saya sudah bisa yang sy tanyakan bagaimana membuat link dari post tersebut menjadi no follow tetapi tidak untuk semua postingan hanya link postingan tertentu saja

  4. Ini pluginnya pas dan berguna banget…

    Saya masih di hosting gratis mas jadi untuk mengatur rel masih secara manual….

  5. rel nofollow kadang salah di artikan juga dengan rel dofollow mas, banyak blogger pemula dengan memasang rel dofollow maka link yang diarahkan akan mendapatkan backlink dofollow, padahal itu kan sama saja dengan link biasa bukan ?!

    1. Biasanya kalau link dofollow akan memberi nilai lebih, karena akan mengisyaratkan mesin telusur untuk ikut merayapi link. Lain halnya jika noffolow, maka perintahnya akan mengabaikan link tersebut.

  6. Saya dulunya banyak menggunakan link seperti tuan Gani maksudkan. Di Malaysia kami menyebutnya sebagai “anchor” iaitu meletakkan link keluar pada teks. Tkasih atas pencerahan tuan gani $

    1. Yaak..anchor link ataupun link eksternal sama juga Tuan Aree. rel nofollow sangat cocok diterapkan bagi internet marketer yang banyak memasang program affiliate 😀 $

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close