Artikel Adsense

Custom Channel : Membuat Saluran Khusus Adsense Agar Iklan Lebih Maksimal

Custom channel atau sering disebut saluran khusus adsense. Fungsi dari saluran khusus ini adalah untuk lebih memaksimalkan pendapatan adsense. Kenapa demikian? Dengan membuat custom channel (saluran khusus), iklan yang kita pasang akan lebih tertarget, karena dalam saluran khusus tersebut kita hanya mengisi kategori iklan yang sesuai dengan kehendak kita, biasanya di sesuaikan dengan niche blog kita masing masing. Misalnya kategori kesehatan, bisnis online, wisata, hiburan dan sebagainya.

Saluran khusus ini nantinya akan di lihat oleh pihak pengiklan (advertiser) untuk lebih fokus dengan jenis iklan yang dia iklankan, sehingga akan terjadi penawaran. Jika pihak pengiklan merasa cocok dengan saluran khusus yang kita buat, dia akan berani membayar lebih tinggi untuk CPC nya.

Nah ini adalah keuntungan bagi kita sebagai penayang iklan, karena otomatis nilai iklan kita akan menjadi lebih tinggi. Itulah fungsi sebenarnya membuat saluran khusus adsense, nilai CPC iklan akan lebih optimal. Dengan begitu pendapatan adsense kita akan lebih meningkat.

Fungsi lain dari saluran khusus adalah kita bisa memantau kinerja iklan dari masing masing saluran. Karena terdapat laporan tersendiri dari setiap saluran khusus. Dengan begitu kita akan mengetahui jenis iklan yang kinerjanya kurang memuaskan, dan kita bisa mengganti agar lebih maksimal.

Cara membuat saluran khusus

Untuk membuat saluran khusus adsense ini lebih universal, ganti dashboard adsense anda dengan menggunakan bahasa inggris.

Di halaman pertama dashboard, pilih my Ads. Pada menu disamping pilih custom channel.

membuat saluran khusus
Gambar dokumentasi pribadi

Kemudian pilih New custom channel, maka akan muncul halaman baru yang berisi tab untuk mengisi kelengkapan chanel baru tersebut, bisa di tunjukkan melalui gambar di bawah ini.

membuat saluran khusus adsense
Gambar Dokumentasi Pribadi

Keterangan gambar

  1. Pada bagian ini isilah dengan kategori yang akan di buat, pada bagian ini akan dilihat oleh pihak pengiklan (Advertiser) Jadi buatlah nama yang singkat dan padat, sesuai dengan kategori yang di ajukan. Contoh punya saya adalah Blog And Adsense.
  2. Pada kolom ini adalah daftar iklan yang kita buat di dashboard unit iklan. Pilih add untuk memasukkan kedalam daftar.
  3. Daftar unit iklan yang kita tawarkan ke pihak pengiklan.
  4. Beri tanda centang pada bagian ini.
  5. Ini adalah Iklan yang akan di munculkan berdasarkan kategori yang kita pilih, contoh dalam blog saya adalah iklan di artikel blog dan artikel adsense. (gunakan bahasa inggris)
  6. Pilih Multiple locations jika space iklan yang diberikan lebih dari satu.
  7. Kolom deskripsi untuk menambahkan secara spesifik tentang blog yang anda tulis.
  8. Pada site language, pilih indonesia. Jika blog anda berbahasa indonesia.
  9. Setelah selesai, simpan untuk mengubah pengaturan.

Pada tahap ini anda sudah selesai membuat saluran khusus iklan adsense, kita bisa lihat beberapa saat untuk mengetahui status dari saluran khusus tersebut. Jika terlihat tulisan aktif (pada gambar pertama) maka anda sudah berhasil.

Penutup

Pihak pengiklan atau advertiser akan memilih dan menempatkan iklan yang sudah dia bayar untuk di tayangkan kepada blog yang benar benar sesuai dengan kategori iklannya. Dengan kata lain, pihak pengiklan ingin iklannya benar benar tertarget, dan di lihat oleh pengunjung sesuai dengan kategori blog yang sedang di baca.

Pihak pengiklan akan merasa di untungkan, karena iklannya di lihat oleh orang (pengunjung) yang tepat, begitu juga pihak penayang iklan (publisher) akan merasa di untungkan juga, karena nilai iklan tertarget akan lebih tinggi nilai CPC nya dari pada iklan yang tidak di targetkan melalui saluran khusus. Semoga bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

147 Comments

  1. Wah mas gani hebat ilmunya sangat membantu blooger indonesia..semga sedekah ilmunya mas dibalas Sama Allah. Maklum mas masih nwe be jadi masih nyimak dan masih banyak belajar salam
    Dari bloganya sampean

  2. Kalo udah menerapkan saluran khusus apakah unit iklan yanh terpasang akan beralih fungsi (masih aktif)

  3. Mautnya kak, sya sdah bkin satu tema blognya kok masih sdikitya jmlah klicknya? Bgtu juga kadang ada kkick yg mlah sama sekali tidak dpt penghasilan alias 0. Lalu gmana untuk crnya sya mengoptimasi iklan dan dblog sya?

  4. makasih mas gani, saya baru banget di dunia blog, baru keterima adsense bingung mau diapain, ngebantu banget artikelnya mas

  5. Iya,, mas gani,, dri awal ane diterima adsense mpe skrg blon nyoba n blon paham guna nya saluran khusus,, ehhh malah nyangkut mari,, ane cob mas tekniknya,, moga ad perbaikan n peningkatan,

      1. Alhamdullillah,, bru kmrin cob xperimen dgn custom cannel,, hri ini mulai keliatan bpknya mas,, emnk bener2 gurih meski blog indo, cumn gx kalah lah sama blog bule,,,

        yahhh lumyan bpkny, cuman gtuhhhh kliknya dpetnya kecil banget,, coba aja dpet klik di atas 40-50 klik/day,,
        Bakal tinggal ongkang2 dah ane

        Moga bsa bertahan awet hehe,, sukur2 malah naek trus bpkny,, NGAREP

  6. wahh informasi yang sangat membantu min, sudah saya langsung praktekkan di blog saya Laptop Si Ipat untuk bisa meningkatkan penghasilan adsense dengan membuat saluran khusus, maklum baru diterima adsense jadi harus baca 2 dulu hehe, eh ternyata ketemu artikel dari klikmania jadi bisa tau mengenai saluran khusus adsense.

  7. terimakasih banyak atas tipsnya, saya sebagai newbie baik itu blog yang masih baru dan baru diterima adsense jadi sangat termotivasi…

    saya sudah menulis dengan niche khusus,, baru saja saya diterima GA, tapi di awal ini saya fokuskan untuk meningkatkan visitor terlebih dahulu

  8. mas gani kenapa di costum chanel susah disave…mf mas sy baru mulai ngeblog…

  9. Jadi intinya jika kita punya blog lebih dari satu maka dibuat saluran khusus sesuai jumlah blog yang kita punya dan unit iklan bisa satu saja untuk digunakan di semua blog kita atau bisa juga unit iklannya dibuat satu per satu untuk masing2 blog. Betul tidak mas gani? Mohon dikoreksi kalo salah

  10. Setelah menerapkan custom channel, Alhamdulillah sukses mas gani. Sy mendapat penawaran cpc yg tinggi.
    Sekarang web sy dikelola dgn custom channel.

  11. Tksh mas Gani, sy baru praktekan (baru 3 hari), dan sy sudah lihat iklan2 yg muncul dalam postingan sy skrg sudah sesuai dengan isi postingan. Keren bangt, sekarang tinggal tunggu hasilnya nanti gimana.
    Btw, blog saya isinya campur2 tapi mayoritas pengunjung ke postingan soal imigrasi/ mix marriage, jd custom channels sy ttg imigrasi dan mix marriage.

  12. Mau tanya kalau kita sudah pasa iklan kusus saluran…itu akan muncul di bloq kita ya mas..

  13. wah ternyata ada banyak cara untuk memaksimalkan penghasilan adsense. semoga dengan adanya pembahsan ini pendapatan kita dari adsense bisa meningkat… Amin

  14. ternyata selama ini ane kurang tepat masang custom channel mas gani, waduh..
    ane pasang per posisi iklan bukan per kategori artikelnya,,
    Nyoba rombak ulang dah,,
    per custom channel bisa banyak kan iklan yang dimasukkinnya ya

  15. Mas, saya sudah punya 3 buah iklan “gambar&teks”. Lalu kalau saya tambah dengan iklan saluran khusus nanti iklan gambar&teks nya malah jadi 4. Dan itu melanggar kebijakan adsense. Gimana solusinya mas?

  16. Akhirnya mengerti juga tentang custom chanel, barusan sudah diterapkan dan tinggal nunggu hasilnya, mudah-mudahan ada perkembangan.. terima kasih mas gani

  17. Bos ganisebastian tutorial ini bisa di terapkan di adsense YouTube juga gak ya, soalnya saya coba di yt kok gak bisa ya, atau adakah tutorial buat adsense YouTube, saya udah nyari2 blm ketemu,please infonya, trims

      1. Halo Mas gani. Setting custom channels buat youtube adsense kyk gimna ya. Thx

        1. Saya belum pernah menerapkannya dalam youtube mas, tapi untuk membuat saluran khusus intinya sama seperti tutorial diatas.

  18. mas gani di situ kan ada tuh yourdomaindotcom>> blog article dst……. nah itu yang yourdomain itu gmna mas..maksudnya kan kita ga memasukkan domain kita apakah otomatis kode yang di domain kita dengan kategori yang di tambahkan akan judi custom iklanya mas?

  19. Mas gani apakah dengan custom channels ini malah akan membuat iklan muncul hanya terbatas pada kategori tertentu, apakah iklan dengan kategori yang sesuai content tersebut memiliki harga lebih tinggi ?. Makasih baru nyoba mas semoga berhasil adanya peningkatan penghasilna di web saya.

    1. Tujuannya agar pihak Advertiser lebih bisa memilih web dengan kategori, sesuai dengan diskripsi saluran khusus yang kita buat mas surya.

  20. Setelah Saya mencoba saluran khusus selama 2 hari pertama kok malah bpknya jadi turun yaa???
    Apakah kita harus menunggu beberapa hari agar bpk saluran khusus jadi naik???? Thank

      1. URL ini hanya untuk URL blog aja mas gani ?
        atau bisa untuk URL Channel Youtube ?

  21. Semogah dengan menerapkan saluran khusus google adsense di blog saya bisa meningkat nilai kliknya, terima kasih mas atas ilmunya.

  22. terimaksih atas share yang sangat menarik ini, langsung uji coba. CPC Saya cuma o.o1. padahal udah blog bahasa inggris

  23. Sudah menerapkan seperti pada tutorial,, tinggal nunggu hasilnya + posting 😀

    Nuwun mas Gani 😀

  24. mas punya saya kok belum ada Ads Unitsnya ya, cuma ada Search, Ads Styles sama Other Products. Apa masih tahap review ya. thanks

  25. terimakasih ilmunya mas
    tak cobain dulu, soalnya belum ngerti kali sma adsense baru belajar saya
    walau masih bingung coba-coba aja lah, gimna-gimananya ntar tanya lagi kesini ya mas 🙂

    1. Custom channel yang sudah selesai dibuat akan segera masuk daftar pencarian pengiklan yang nantinya akan dilihat oleh calon Advertiser, biasanya membutuhkan waktu antara 3 sampai 7 hari.

  26. Saya mencoba menerapkannya. Hasilnya memang jauh berbeda.

    Oya, saya ingin mengucapkan banyak terimakasih untuk artikel-artikelnya. Menurut saya benar-benar bermanfaat. Sukses selalu buat Mas.

  27. wah ini sepertinya luar biasa neh… pemilik artikel ini menjawab semua pertanyaan dari pengunjungnya…. SALUT buat mas ganisebastian.. semoga makin SUKSES…….dan artikelnya makin mudah untuk di pahami sama pembacanya….

  28. Mas mau bertanya dong saya punya akun adsense dari yt memakai email sama dengan blog. Saya pasang tu di blog iklannya. Iklan nya kagak muncul gmananya mas

    1. Bisa mas, harus menggunakan domain TLD dan melakukan pengajuan review ke pihak adsense untuk mendapat akun nonhosted.

  29. mas, kalau buat ads unit nya. itu di buat dulu ads unit nya smpai aktif(persetujuan GA) atau kita buat trus copy code nya dan masukkan ke blog?
    mohon pencerahaannya mas. tks

  30. di google ads saya kok muncul di kolom no 2 ya? tidak ada adds nya yg muncul cuman tulisan ” No ad unit to add” kenapa itu ya bang?

      1. Mas, saya sudah buat unit iklan… sudah mau muncul di kolom no 2 itu. sekarang masalahnya iklan nya tidak muncul di website yg saya pasangin iklan nya. hanya blank space. memang isi nunggu ya biar keisi iklannya? ini udah 24jam saya tunggu belum berisi iklan nya.. mohon bantuanya mas.. trims 🙂

        1. Pertanyaannya…Apa Adsense sudah Full Approved/sudah disetujui?
          Sudaj menerima persetujuan melalui email atau belum? 😀

  31. kok saya ga bisa edit ad location ya, walaupun sdh diganti menjadi “top left” dll lalu di save tetap saja yg muncul “multiple location”. Itu kenapa ya mas?

  32. Sebagai newbie dan belum berpengalaman ditambah belum diterima cintanya cuma bisa baca2 dulu,,, sukses yang sedang dalam proses increase $….

  33. Ada ga mas cara membuat Saluran Khusus untuk Blog Gado-Gado, solanya saya pahami artikle daitas Saluran Khusus Blog Khusus satu atau dua Kategori… sedangkan Blog saya sudah terlanjur Banyak Kategori.. Tolong ya mas buatkan Tutorialnya

        1. Yang di artikel ini adalah saluran khusus Adsense yang dibuat pada umumnya mas, kalau mau modifikasi bisa tambhakan lagi saluran khusus lainnya.

          1. Masalahnya Bagaimana Jika lebih dari satu Blog… saya kebingungan dalam membuatnya..?? Apakah setiap Blog Mempunyai Unit Iklan Masing-masing

            1. Tidak masalah mas, kan setiap blog pasti lain niche-nya.Betul buat unit iklan dan saluran sendiri-sendiri mas. Itu akan lebih baik, sekaligus bisa menganalisa hasil kinerja iklan.

              1. terimakasih gan sarannya.. sekarang saya mau memaksimalkan penghasilan Adsense saya.. karena penghasilannya belum seberapa dibandingkan penghasilan adsense agan..

              2. sebab ada keanehan di blog saya dengan trafik 2.993/hari cuma menghasilkan 1 s.d 3 dolar mas…

      1. Iya nih mas saya tunggu juga artikel selanjutnya…. Saya juga pgend nyoba tapi blog saya nyh gado2

  34. Artikel yg bagus tuan gani….segalanya sudah saya praktikan..sekarang lagi mudah disebabkan pada bahagian posting sudah ada HTML jadi saya ambil channel terus copy code pada HTML untuk bahagian tengah posting…tkasih tuan $

  35. Artikel yang bagus mas Gani dan patut diterapkan untuk dapat meningkatkat penghasilan dari adsense.
    Terimakasih untuk artikelnya.
    semoga makin sukses dan bisa segera berkumpul bersama di tanah air.

  36. Mau ikutan buat costum channel mas…kalo blog gado2 berarti kita buat costum channel per kategori dengan unit iklan yang sama bisa?

    1. Owh, tentu bisa mas Jimmy..1 unit iklan bisa digunakan sampai 3 kategori, selanjutnya untuk kategori lain buat unit iklan baru. begitu seterusnya sampai semua kategori mendapatkan Custom channel, Sedikit ribet yan mas,,,tapi bisa dilihat hasilnya untuk 10 hari kedepan, asalkan pengisian kategori bisa lebih spesifik.

  37. Akhirnya ketemu juga artikel ini. Patut dicoba dan semoga bisa memberi dampak positif bagi Advertiser dan Publisher. Terima kasih sudah sharing ‘Resep’ nya mas Gani

  38. saya baru mau coba menerapkan ini mas.. semoga penghasilan meningkat ya..
    soalnya selama 1 bulan penghasilan ini flat alias disitu2 aja penghasilan perharinya haha..

    1. Buat saluran khusus untuk tiap-tiap kategori mas, beri deskripsi untuk masing-masing kategori pula. Kesannya ribet ya, tapi inilah satu-satunya cara untuk memaksimalkan nilai atau harga iklan.

  39. mas, kenapa ya pas saya mau add ad units ga bsa? krna ad units nya kosong?

      1. jadi, pas saya creaste custom channel. ad unitsnya ga ada, kosong. kaya di tahap 2 artikel ini, kan ada isinya tuh, atas. atas header dan sbagainya, di tmpt saya ga ada mas. tulisannya. no ad units to add

        1. Sudah buat unit iklan apa belum? Jadi ada berapa iklan yang sekarang ada di blog mas Rakka ? ukuran sapa saja yang diterapkan?

  40. Permisi mas, boleh gak kita buat custom channel lebih dari satu untuk satu unit iklan? Jadi kita buat multiple channel untuk 1 unit aja. Boleh gak? Mohon jwbnnya soalnya masih bingung.

  41. mas blog saya gado gado dan ga nyambung..
    misal kategori kesehatan, fashion dan blogging

    apakah cukup menulis di kolom ads appear on “health articles, fashion articles, blogging articles” ?

    Atau harus membuat custom channel satu per satu?
    CPC masih sering 0.01$
    CTR juga setengah persen 🙁

    1. Iya betul, buat channnel satu persatu menurut kategory. Memang agak sedikit repot, tapi itu adalah cara yang paling efektif dalam meningkatkan nilai BPK.

  42. Jadi dengan seting itu, semua ads unit yang udah kita buat akan tertarget seperti itu ya bang?
    misal kita ada blog 2 biji. satu mbahas soal kesehatan, satunya lagi soal internet marketing.. untuk membedakannya seperti apa..?

    1. Buat masing-masing sebuah saluran khusus adsense. Jadi kita akan membuat 2 buah saluran khusus, 1 untuk internet marketing, satunya untuk kesehatan. unit iklan boleh sama, tetapi salurannya berbeda. Nanti iklan yang akan menyesuaikan. Jika mamepunyai 2 blog yang berbeda bisa di daftarkan melalui URL Khusus untuk mengecek performa masing-masing iklan di masing-masing situs.

      1. sik, tak pelajari lagi mas.. ntar kalo bingung nanya kesini lagi. hehehe.. maklum mas, baru aja mainan adsense non hosted,

  43. Wah,… sementara saya nyimak dulu…
    Apalagi kalau lihat komentar Mas Syamsu… ngiler deh..,
    Yang penting tetap optimis… 😀
    Walaupun hati kecil berkata ( …. )

    1. Optimis lah..jangan mudah putus asa..Ada calon publisher yang di tolak berkali kali, akhirnya di terima juga mas dedy.

  44. Saluran khusus Adsense memang memudahkan para publisher mengecek kinerja iklan dengan optimal ya mas?, selain itu juga bisa meningkatkan penghasilan Adsense kita, karena dengan kita memasang saluran khusus, para pengiklan bisa bersaing dengan pengiklan lainnya untuk memasang iklan bertarget di web/blog kita. He he, dengan lantaran saluran khusus, blog saya juga pernah mendapatkan rejeki nomplok $145 dalam hari keberuntunganku waktu itu dan di hari yang lain juga lumayan lah

      1. he he, hanya faktor rejeki dan keberuntungan mas,,,karena saya juga baru kemarin sore mulai ngeblognya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close