Optimasi Blog

Pentingnya Membuat Sub Judul Di Artikel Untuk Memaksimalkan Hasil Pencarian Google (H1. H2, H3….)

Membuat sub judul atau sering disebut dengan subheading (H1, H2, H3…) sangat penting untuk memaksimalkan hasil pencarian di google, tapi hal ini terkadang sangat disepelekan dan bahkan jarang diterapkan.

Tetapi banyak di antara blogger yang sudah memahami cara membuat sub judul justru menerapkannya secara berlebihan, nah bingung juga kan.

Ini adalah pelajaran klasik SEO, tetapi kita juga harus berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak menjadi bumerang atau malah dianggap spam oleh google.

Bagaimana cara membuat sub judul yang paling tepat?

Biasanya kebanyakan orang selalu menempatkan kata kuci pada sub judul yang akan dibuat, ini tidak salah..tapi juga tidak sepenuhnya benar.

Google akan menyebutnya sebagai spam karena di anggap menempatkan keyword stufing, yaitu kata kunci berulang-ulang pada judul, karena subheading juga di merupakan judul.

Jadi membuat sub judul dengan penempatan kata kunci dengan jumlah yang sewajarnya saja.

Kecuali konten yang dibuat memadai dan panjang (di atas 1000 kata), kita bisa menempatkan kata kunci secara langsung di beberapa sub judul sekaligus.

membuat sub judul
membuat sub judul

Membuat sub judul untuk penargetan variasi kata kunci

Menurut saya ini yang paling efektif, yaitu membuat sub judul dengan kata yang variatif untuk menunjang kata kunci utama.

Loading...

Yang pasti ini sangat tepat diterapkan pada artikel yang tidak terlalu panjang, tujuannya adalah mendongkrak kata kunci utama dengan pilihan kata yang tepat.

Yang saya maksud pemilihan kata yang tepat adalah kata atau kalimat yang secara langsung berhubungan dengan kata kunci utama.

Sebagai contoh : Artikel dengan judul dibawah ini.

“Membuat kerajinan tangan yang menjual”

Kita masih tetap bisa variasikan kata kunci utama yaitu “kerajinan tangan” dengan kata kunci penunjang.

Hasilnya adalah :

  • Manfaat kerajinan tangan untuk mencari penghasilan tambahan
  • Berkarya dengan kerajinan tangan untuk mengurangi pengangguran
  • Menghasilkan uang dengan kerajinan tangan yang laku dijual

Atau terus kembangkan kata kunci utama dengan kata variatif lainnya untuk ditempatkan pada sub judul atau subheading.

Jangan menerapkan kata kunci membuat kerajinan tangan, setelah itu pada paragraf lain menuliskan membuat kerajinan tangan dan di subheading lain membuat kerajinan tangan lagi.

Dengan begitu kata kunci tidak akan variatif dan justru akan di anggap tindakan spaming oleh google.

Penempatan sub judul sesuaikan dengan panjang artikel

Tidak terlalu sulit untuk membuat sub judul yang variatif, kita bisa menggunakan kata atau kalimat yang kemungkinan banyak dicari orang. Tentu saja kita harus pandai-pandai dalam memilih kata yang tepat dan masih berhubungan dengan judul utama.

Untuk penempatan sub judul bisa disesuaikan dengan panjang artikel, jangan terlalu mengulang atau membuat sub judul dalam rentang yang berdekatan, misalnya untuk artikel yang pendek.

Nah panjang artikel ini juga akan menentukan variatifnya kata kunci dan kemungkinan kata atau kalimat yang sering banyak dicari orang.

Ini berdasarkan pengalaman dan semua penerapan sub judul yang ada di blog ini, untuk lebih jelasnya saya sudah buatkan sebuah video untuk lebih memperjelas.

Silahkan anda simak semoga mudah untuk dipahami.

Itulah cara sederhana membuat sub judul di artikel untuk lebih memaksimalkan hasil pencarian di google, buatlah SEO secara natural dan sewajarnya saja agar terhindar dari pinalty google. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

22 Comments

  1. Mas mau nanya kenapa ya kok di menu readbility untuk sub judul ada tulisan kira kira 1 sub heading mengikuti yang lainnya, max yang di rekomendasikan adalah 300 kata. Mungkin maksudnya kelebihan kan. Udah saya otak atik tapi tetep tidak bisa mas masih muncul tulisan itu. Itu gimana ya mas? Mohon pencerahaannya mas

  2. Alhamdulilaaaaah…. Seneng bgt gw baca ini wkwkwk brarti kl sisipin backlink2 di artikel.gk penting2 amat yah gan kl mau no satu? Buat artikel yg bagus aja bisa nomer satu. Buka kursus gk gan? Hehe

  3. mau tanya mas, untuk penempatan subjudul berada dibawah judul posting gimana ya??
    contohnya :
    Cara Posting (judul utama)
    Posting artikel dengan label (subjudul)

    Kira-kira begitu, terimakasih..

  4. Mantap bang.! Kalo vidio kita gampang dilihat gimana y bang pencerahan

  5. bukannya h1 itu sama aja dengan judul om? CMIIW
    itu digambar 1 (membuat sub judul) h1 ada dibawahnya judul
    contohnya di artikel ini :
    h1 = Pentingnya Membuat Sub Judul Di Artikel Untuk Memaksimalkan Hasil Pencarian Google (H1. H2, H3….)
    h2 = Bagaimana cara membuat sub judul yang paling tepat? ; Membuat sub judul untuk penargetan variasi kata kunci ; Penempatan sub judul sesuaikan dengan panjang artikel

    h1 h2 h3 dalam satu post maksimal jumlahnya berapa om?

    1. Betul mas Andi, gambar sebagai ilustrasi saja…sebenarnya perlu diralat. 😀
      Tapi kalau melihat penjelasan ARtikel dan Video sudah dijabarkan secara rinci kok mas.

      Untuk maksimalnya tidak ditentukan mas,,bisa buat menurut panjang artikel, Btw thanks atas koreksinya mas Andi.

  6. ijin belajar mas, Ternyata begitu cara membuat sub heading, nyari kesana kemari kayaknya salah alamat paparan diblog lain bikin bingung he he, makasih sangat membantu

    1. Selamat siang mas Widodo, maaf baru balas soalnya waktu banyak disita buat kerja, SEO tool hanya menganalisa post konten, jadi H3. H4 yang ada di widget tidak terdeteksi, kalau mau ditampilkan bisa pakai Semrush yang SEO analyzer premium mas.

        1. Tidak harus juga mas, hanya sekedar analisa saja. Yang terpenting adalah peran dari H1 dan H2..sampai H3. Itu yang paling umum digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *