membuat surat kuasa

Definisi Dan Contoh Membuat Surat Kuasa Sesuai Prosedur

Bagi seseorang yang sudah familiar atu sudah terbiasa membuat surat kuasa tentunya tidak akan mengalami kendala. Lain halnya jika kita baru pertama kali, tentu akan merasa kebingungan harus memulai dari mana. Berikut ini saya memberi penjelasan tentang definisi atau jenis surat kuasa yang umum menurut penggunaanya, dan contoh membuat surat kuasa sesuai prosedur yang baik dan benar.

Pengertian surat kuasa secara umum

Surat kuasa adalah surat yang berisi pelimpahan wewenang atau kekuasaan dari seseorang untuk orang lain yang sudah dipercaya agar bisa mewakili orang yang sudah memberi wewenang. Hal ini disebabkan karena orang yang memberikan kekuasaan dianggap tidak bisa melaksanakannya sendiri. Bisa di sebabkan sakit, atau tidak berada di tempat atau hal lain yang meyebabkan seseorang tersebut tidak bisa hadir.

Oleh sebab itu, dibuat surat kuasa sebagai salah satu bukti bahwa orang tersebut ( yang ada dalam surat kuasa ) telah mempunyai hak dan kewajiban agar bisa melakukan tindakan sesuai dengan yang tercantum di dalam surat kuasa tersebut. Nah kira kira sudah tau kan definisi dan pengertian surat kuasa.

Untuk membuat surat kuasa tidak boleh main asal asalan karena harus mempuyai bukti yang kuat sebagai perwakilan orang yang di tunjuk secara resmi. Sehingga memberi nilai dan membuat yakin kepada pihak yang akan membacanya. Ini penting, karena surat kuasa yang tidak sah, tidak akan bisa di pergunakan sebagaimana mestinya.

Membuat surat kuasa sesuai prosedur dan jenisnya

Di bawah ini adalah jenis surat kuasa yang di buat sesuai dengan prosedur dan fungsinya.

  • Surat kuasa personal atau perorangan – Surat kuasa yang diberikan kepada seseorang secara pribadi untuk orang lain yang bermanfaat untuk melaksanakan kepentingan yang sifatnya pribadi. Contohnya : Surat kuasa mengambil dana pensiun, surat kuasa untuk mengambil gaji, surat kuasa untuk mengambil uang di bank.
  • Surat kuasa dinas – Surat kuasa yang dibuat untuk perusahaan atau instansi atau pejabat atau pimpinan yang ditujukan kepada bawahannya agar dapat melaksanakan tindakan yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan.
  • Surat kuasa istimewa – Surat kuasa yang telah diberikan kepada seseorang untuk pihak lain misalnya pengacara yang berguna untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pengadilan dan ranah hukum.

Bagian yang di tulis dalam membuat surat kuasa

Loading...
  • Membuat judul “Surat Kuasa” pada bagian atas surat.
  • Tuliskan pihak yang ikut terlibat dalam pelimpahan kuasa. Pada bagian pertama, tulis secara singkat profil yang pemberi kuasa selanjutnya tulis profil penerima kuasa secara singkat.
  • Tuliskan Kata Penutup Surat.
  • Tuliskan tempat dan tanggal  surat kuasa dibuat.
  • Isi dengan halaman bagian tanda tangan dan nama pemberi kuasa serta penerima kuasa.
  • Isi dengan halaman bagian untuk materai.
  • Untuk surat kuasa dinas biasanya tertera nomor surat/NIP/Jabatan (bagi instansi)

Contoh surat kuasa personal umum

membuat Surat Kuasa
contoh surat kuasa personal

Contoh surat kuasa dinas

membuat surat kuasa
Contoh surat dinas dari kab. Sukoharjo

Dengan memahami contoh gambar di atas, di harapkan agar bisa membuat surat kuasa berdasarkan jenis dan kegunaanya. Masih banyak contoh surat kuasa lain yang mempunyai fungsi yang sama, Yaitu mewakilkan seseorang, memberi mandat, memberi perintah atau memberi kuasa sepenuhnya dalam batas untuk satu kegiatan saja.

Surat kuasa akan di anggap syah apabila ada tanda tangan antara kedua belah pihak yang bersangkutan, dan biasanya di beri materai untuk keabsahan serta memberi kekuatan hukum.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *