Membuat toko distro

Membuat Toko Distro Tanpa Modal, Begini Caranya

Mungkin bagi anda yang punya hobi berkreasi dengan karya grafis dan mempunyai keahlian untuk mendesain pakaian yang menarik pernah membayangkan untuk memiliki toko distro sendiri. Lalu bagaimana cara membuat toko distro sendiri ?

Bagi anda yang punya modal besar mungkin tidak menjadi masalah ketika harus mendirikan toko distro sendiri. Tapi buat yang hanya punya modal pas-pasan tentunya menjadi masalah tersendiri.

Bisnis toko distro memang memerlukan biaya produksi yang cukup besar. Sepuluh desain grafis yang hendak dijadikan kaos paling tidak membutuhkan dana jutaan. Dari mulai biaya pembelian bahan, model kaos dengan berbagai ukuran hingga biaya cetak sablon.

Tapi, jangan khawatir….
Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini dan aneka layanan yang ditawarkan dunia maya, anda bisa memproduksi karya dalam aneka bentuk merchandise atau apparel (aksesoris busana) tanpa harus mengeluarkan dana. Jadi, dalam sekejap anda bisa membuat toko distro sendiri secara online.

Cara membuat toko distro online

Membuat toko distro

Cafepress.com adalah salah satu situs yang menyediakan layanan untuk melakukan produksi sekaligus menjual karya desain anda. Konsep dari cafepress.com adalah memberikan servis jasa untuk memproduksi aneka bentuk merchandise (kaos, mug, jam, poster, pakaian anak hingga topi dan tas).

Ongkos produksi keseluruhan ditanggung situs tersebut, dimana barang akan diproduksi setelah ada yang memesan atau membelinya. Peran anda disini adalah menciptakan desain yang akan diterakan atau didisplay pada produk-produk tadi.

Tidak hanya membuat desain, anda sendiri akan membuat toko distro online sendiri (sebagai subsitus dari cafepress.com) yang akan menjual produk dengan desain karya anda sendiri. Barang yang dijual, andalah yang menentukan dengan pilihan produk yang telah tersedia di Cafepress.com. Dan satu lagi, hak cipta desain anda 100% milik anda.

Loading...

Keuntungan membuat toko distro online

Sistemnya bukan bagi hasil karena keuntungan anda yang menentukan. Situs layanan ini hanya memberi harga dasar untuk setiap produk yang terpilih untuk diperdagangkan. Anda bisa menaikkan harga tersebut untuk meraih laba.

Harga dasar plus laba tersebut yang nantinya akan menjadi harga retail untuk pengunjung toko. Anda tidak perlu khawatir mengenai pengiriman barang, karena ini sudah ditangani oleh Cafepress.com. Jangkauan pengiriman saat ini sudah ke seluruh dunia. Menarik bukan ?

Lalu bagaimana cara membuat toko distro sendiri ?

Situs dengan layanan produksi clothing and merchandise sekaligus penjualan seperti Cafepress.com ini bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan. Contohnya anda memiliki sebuah komunitas dengan hobi tertentu. Demi kekompakan, komunitas anda ingin membuat kaos untuk para anggotanya.

Untuk menghemat biaya, anda cukup membuat desain logo komunitas anda tersebut lalu kirim ke Cafepress.com dan minta kepada rekan-rekan anggota komunitas anda untuk membelinya di situs tersebut. Lebih praktis, anda pun dapat keuntungan.

Baca juga : Melirik Peluang Sukses Melalui Internet

Bagaimana cara membuat toko distro secara online ?

Kunjungi situs Cafepress.com dan mendaftarlah sebagai member (anggota) dengan klik Sign In/Join.

Setelah anda melakukan maka langkah selanjutnya adalah mulai membuat toko distro anda.
Silahkan klik menu Start Selling dibagian atas untuk memulainya.

Membuat toko distro

  • Setelah masuk dengan akun anda silahkan klik pada menu SHOPS di bagian kiri halaman kemudian pilih Open a Shops.
  • Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman Open a Shops yang terdiri dari 4 steps (tahap).

Step 1 Silahkan anda isi formulir yang disediakan

membuat toko distro

  • Untuk kolom Name your shop, silahkan isi dengan nama toko yang akan anda buat, misalnya DISTROKU.
  • Untuk kolom Create your unique Shop ID, silahkan anda isi dengan alamat toko anda yang nantinya menjadi submenu dari Cafepress.com, misalnya anda isi dengan DISTROKU maka nanti alamatnya menjadi cafepress.com/distroku.
  • Untuk kolom yang lainnya silahkan anda pilih sesuai selera anda.
  • kemudian klik Save and Next.

Selanjutnya masuk ke step 2 Choose a Theme

membuat toko distro

Silahkan anda pilih theme yang akan anda gunakan untuk toko distro anda. Disana ada beberapa pilihan kategori dan preview dari masing-masing theme yang dapat anda pilih dan gunakan.
Setelah anda memilih jangan lupa klik Save and Next.

Masuk ke step 3 Choose a Product Set

membuat toko distro

Silahkan anda pilih produk-produk yang akan anda tampilkan di toko distro anda nantinya. Ada beberapa pilihan produk yang tersedia, anda juga dapat membuat jenis produk sendiri.

Pilih jenis produk yang sesuai dengan tujuan toko distro anda kemudian klik Choose This Set. Kalau anda mau membuat jenis produk sendiri silahkan pilih kolom menu Build Your Own Set dan klik Build Your Own.

Masuk ke step 4 Add Your Design

membuat toko distro
Anda bisa memilih Upload New Image, jika anda sudah mempunyai desain sendiri sebelumnya atau anda pilih Create a Design untuk mengkreasikan desain produk anda melalui cafepress.com.

Kalau anda pilih menu Create a Design, anda akan dibawa ke halaman editor seperti di bawah ini.

membuat toko distro
Silahkan anda berkreasi semenarik mungkin. Setelah selesai silahkan klik I’m Finished.
Maka anda akan masuk ke halaman produk yang anda buat tadi, silahkan anda isi beberapa kolom yang tersedia kemudian klik Create My Shop.

Anda akan menuju ke halaman Manage Your Shop seperti dibawah ini.

membuat toko distro
Dan selamat, anda telah memiliki toko distro sendiri tanpa modal.
Silahkan anda mengunjungi toko distro anda dengan mengklik menu Visit Your Shop.

Demikian beberapa tahap membuat toko distro sendiri tanpa modal. Sekarang tinggal anda promosi kepada rekan-rekan anda untuk membeli produk-produk di toko distro anda tersebut.


Loading...

Bagikan

muhfaiz

Penulis

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *